10 Ide Menu Bekal 4 Sehat 5 Sempurna untuk Anak

Bekal 4 sehat 5 sempurna untuk anak tidak melulu harus pakai nasi. Supaya lebih variatif dan tidak bikin bosan, Ibu bisa ganti nasi dengan sumber karbohidrat lain yang lebih kaya gizi.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
11 Jul 2024
bekal 4 sehat 5 sempurna-bebeclub


Bekal 4 sehat 5 sempurna terdiri dari nasi untuk sumber karbohidrat, lauk protein, lauk sayur, buah untuk pencuci mulut, dan susu sebagai pelengkap. Apa saja ide bekalnya untuk anak?

Ide Menu Bekal 4 Sehat 5 Sempurna

Membawakan bekal jauh lebih baik dibanding jajan, karena Ibu bisa menjamin kesegaran bahan, kandungan gizi, dan higienitas pengolahannya. Berikut berbagai ide menu bekalnya:

1. Nasi Goreng Telur, Semangka, Susu

Ini contoh bekal nasi goreng untuk anak: 

  • Nasi goreng telur dengan frozen vegetables (jagung, wortel, kacang polong). Masak dengan margarin/butter.
  • Potongan semangka segar 
  • Susu Bebelac 4 GroGreat+ hangat di dalam tumbler.

Untuk memenuhi prinsip 4 Sehat 5 Sempurna, sajikan nasi goreng dengan isian potongan sayuran beku sebagai sumber serat serta telur orak-arik dan smoked beef untuk lauk proteinnya. 

Telur juga tinggi kolin untuk perkembangan otak dan vitamin D untuk bantu penyerapan kalsium dari susu.

2. Nasi Capcay Ayam + Mangga 

Berikut rekomendasi isi bekalnya: 

  • Nasi putih 
  • Tumis capcay berisi wortel, kacang kapri, kembang kol, ayam, dan tahu. 
  • Buah mangga potong
  • Susu Bebelac 4 GroGreat+ hangat di dalam tumbler.

Nasi Capcay adalah ide bekal 4 sehat 5 sempurna yang bagus karena mencakup semua makronutrien wajib, yaitu serat dari sayur, protein dari ayam dan tahu, dan nasi sebagai karbohidrat.

Protein ayam juga bisa Ibu ganti dengan fillet daging sapi, udang, atau cumi.

3. Nasi Butter, Telur Dadar Kornet, dan Pisang 

Kalau anak bosan nasi putih dan nasi goreng, coba bawakan nasi butter yang sama gurihnya. Telur dan kornet adalah protein hewani yang mudah diolah untuk anak.

Seperti ini ide bekal menu 4 sehat 5 sempurna untuk si Kecil: 

  • Nasi butter (gunakan unsalted butter karena omega 3-nya lebih tinggi)
  • Telur dadar kornet, tambahkan parutan keju, irisan jamur, dan brokoli
  • Pisang 
  • Susu Bebelac 4 GoGreat+ hangat di dalam tumbler.

Baca Juga: 7 Nutrisi Otak untuk Anak Agar Daya Tangkapnya Lebih Baik di Sekolah

4. Nasi, Nugget Ikan, Stup Wortel, dan Edamame 

Berikut daftar menu bekalnya: 

  • Nasi mentega 
  • Nugget ikan 
  • Stup Wortel Jagung 
  • Edamame rebus 
  • Susu Bebelac 4 GroGreat+ 

Daripada menyajikan nugget frozen siap masak, nugget daging ikan homemade pasti tinggi DHA seperti salmon, ikan kembung, ikan patin, atau bandeng. 

Edamame rebus bisa disajikan sebagai sayuran pelengkap karena termasuk jenis makanan tinggi serat dan protein juga asam lemak omega-3.

5. Nasi Putih, Oseng Tempe, dan Buncis 

Tempe bisa dikreasikan jadi berbagai hidangan misalnya oseng tempe, tempe goreng, atau tempe bacem. Tempe adalah protein nabati khas Indonesia yang kaya vitamin B12 dan probiotik. 

Berikut ide bekal untuk anak dari tempe: 

6. Kimbap (Nasi Gulung) Tuna dan Melon 

Nori (rumput laut) yang digunakan untuk pembungkus kimbap mengandung omega-3 dan yodium yang membantu optimalkan perkembangan otak anak. 

Kimbap dilengkapi juga dengan aneka sayur sehingga nutrisinya jadi lebih lengkap. Ibu bebas menambahkan protein yang disukai anak, misalnya, tuna, daging, telur, atau keju. 

Ini inspirasi menu kimbap untuk bekal 4 sehat 5 sempurna anak: 

  • Kimbap tuna (berisi nasi, wortel, timun, telur, tuna) 
  • Buah-buahan, seperti melon, buah naga, dan stroberi 
  • Susu Bebelac 4 GroGreat+

7. Roti Selai Kacang dan Apel 

Begini ide bekalnya:

  • Roti gandum 
  • Selai kacang 
  • Potongan apel 
  • Susu Bebelac 4 GroGreat+ 

Roti gandum dan apel adalah makanan sumber karbohidrat sekaligus serat prebiotik yang bagus untuk memelihara koloni bakteri baik (probiotik) dalam usus.

Selai kacang menjadi sumber protein, lemak sehat, vitamin, dan magnesium yang bermanfaat bagi tumbuh kembang si Kecil. 

Baca Juga: ​​4 Menu Makanan Enak untuk Solusi Anak GTM

8. Kroket Kentang Daging, Sup Sayur, dan Buah Naga

Olah daging cincang dan kentang bersama susu Bebelac 4 GroGreat+ supaya kroketnya makin bergizi. Tambahkan potongan wortel dan kacang polong dalam adonannya agar anak mau makan sayur.

Dengan cara ini, si Kecil bisa mendapatkan karbohidrat, serat dan protein hewani sekaligus dalam satu menu. Protein hewani mengandung asam amino, mineral, dan vitamin untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Bawakan juga sup sayur dan buah naga untuk tambahan asupan serat anak.

9. Sandwich Keju dan Alpukat

Roti gandum adalah sumber serat prebiotik yang bagus untuk mendukung pencernaan. Isiannya cocok pakai keju karena keju merupakan sumber protein, kalsium, vitamin D, dan probiotik.

Untuk sumber seratnya, tambahkan irisan alpukat sebagai isiannya karena tinggi omega-3 atau pisang yang juga tinggi prebiotik.

Jangan lupa bawakan susu Bebelac 4 GoGreat+ untuk melengkapi bekal si Kecil, ya.

10. Mi Goreng Udang Brokoli 

Mi goreng sangat praktis untuk bekal sekolah si Kecil. Tapi, gunakan mie telur basah, ya, bukan mie instan kemasan. Udang adalah lauk protein yang juga menjadi sumber lemak sehat, DHA & EPA, serta kalium. 

Supaya penuh serat, tambahkan sayuran seperti brokoli, sawi, tauge, kailan, atau bok choy. Lengkapi gizi bekal anak dengan susu pertumbuhan Bebelac 4 GroGreat+

Bebelac adalah Ahli Pencernaan No. 1 yang mengandung nutrisi lanjutan untuk anak usia 3-5 tahun, seperti serat prebiotik FOS:GOS 1:9 untuk mendukung pencernaan dan Triple A (DHA, ALA, LA) untuk tingkatkan daya pikir kreatif dan stimulasi kemampuan bersosialisasinya.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Susu Pertumbuhan yang Bagus untuk Anak 3 Tahun

Itu dia beragam pilihan menu untuk bekal sekolah si Kecil yang memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna. Namun, akan lebih baik jika Ibu bisa membawakan bekal yang bergizi seimbang.

Konsep bekal 4 sehat 5 sempurna menekankan pada “komposisi” menu makan yang harus terdiri dari nasi, lauk protein, lauk sayur, buah, dan susu sebagai penyempurna

Sementara itu, konsep gizi Seimbang lebih menekankan susunan menu makan sehari-hari yang mengandung variasi zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Yuk, daftar jadi member Bebeclub untuk dapatkan beragam promo dan penawaran berhadiah hebat dari setiap pembelian produk Bebelac!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Cibdol. “Which Butter Is High in Omega-3?” Www.cibdol.com, 29 Aug. 2023, www.cibdol.com/blog/1441-which-butter-is-high-in-omega-3. Accessed 14 June 2024.
  2. Dinkes Gunungkidul. “Batasi Gula Garam Lemak Dengan G4 G1 L5.” DINAS KESEHATAN Kabupaten Gunungkidul, dinkes.gunungkidulkab.go.id/batasi-gula-garam-lemak-dengan-g4-g1-l5 .
  3. Gunnars, Kris. “Proven Health Benefits of Eating Eggs.” Healthline, 19 Dec. 2022, www.healthline.com/nutrition/proven-health-benefits-of-eggs.
  4. Kompas . “5 Pilihan Ikan Lokal Tinggi Omega 3, Makan Minimal 2 Porsi Seminggu Halaman All.” KOMPAS.com, 23 Apr. 2024, www.kompas.com/tren/read/2024/04/24/063000965/5-pilihan-ikan-lokal-tinggi-omega-3-makan-minimal-2-porsi-seminggu?page=all.
  5. Medical News Today. “15 Omega-3-Rich Foods: Fish and Vegetarian Sources.” Www.medicalnewstoday.com, www.medicalnewstoday.com/articles/323144.
  6. Nutrionex Foods. “Is Peanut Butter Healthy for Kids? The Surprising Truth | Nutrionex Foods.” Nutrionexfoods.com, nutrionexfoods.com/pages/is-peanut-butter-healthy-for-kids-the-surprising-truth.
  7. Palsdottir, Hrefna. “11 Probiotic Foods That Are Super Healthy.” Healthline, 2018, www.healthline.com/nutrition/11-super-healthy-probiotic-foods.
  8. Sehat Negeriku. “Bekal Sehat Gizi Seimbang.” Sehat Negeriku, 12 Apr. 2018, sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/blog/20180412/5225523/bekal-sehat-gizi-seimbang/.
  9. ---. “Cegah Stunting Pada Anak Dengan Protein Hewani.” Sehat Negeriku, 25 Jan. 2023, sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20230125/5042277/cegah-stunting-pada-anak-dengan-protein-hewani/.
  10. ---. “Inilah Perbedaan “4 Sehat 5 Sempurna” Dengan “Gizi Seimbang.”” Sehat Negeriku, 5 May 2016, sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20160505/5214922/inilah-perbedaan-4-sehat-5-sempurna-dengan-gizi-seimbang/.
  11. Semeco, Arlene. “The 19 Best Prebiotic Foods You Should Eat.” Healthline, Healthline Media, 8 June 2016, www.healthline.com/nutrition/19-best-prebiotic-foods.


Artikel Terkait