10 Manfaat Minum Susu untuk Anak 3 Tahun

Rajin minum susu ternyata tidak cuma membuat anak cepat tumbuh tinggi, tapi juga bagus untuk menjaga pencernaan dan menstimulasi perkembangan otaknya. Kenapa bisa begitu?

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
26 Oct 2022
Manfaat minum susu untuk anak - bebeclub.


Manfaat minum susu menjadi semakin penting ketika si Kecil memasuki masa prasekolah agar ia semakin aktif dan bersemangat untuk bermain sambil belajar. 

Manfaat Minum Susu untuk Anak Umur 3 Tahun

AAP (American Academy of Pediatric) merekomendasikan anak usia 3 tahun butuh minum 2-3 gelas susu tiap hari. Porsi ini disarankan mengingat manfaat susu yang begitu banyak, seperti:

1. Sumber Energi

Susu mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat yang berfungsi sebagai sumber bahan bakar tubuh si Kecil untuk bergerak dan belajar.

Kekurangan asupan energi bisa membuat anak cepat lelah dan mood cepat berubah yang membuatnya enggan bermain dan mengeksplorasi lingkungan.

Kurangnya asupan energi juga dapat memengaruhi kemampuan berpikir, menyebabkan masalah pada perhatian, ingatan, dan prestasi belajar yang lebih buruk di sekolah.

2. Optimalkan Perkembangan Otak

Penelitian menunjukkan, otak anak akan berkembang hingga 90% selama 6 tahun pertama kehidupan.

Susu kaya akan 9 asam amino esensial yang penting untuk mendukung perkembangan otak, sehingga perlu dikonsumsi setiap hari karena tubuh tidak dapat memproduksinya.

Pilihlah susu yang diperkaya nutrisi penting untuk otak seperti DHA, ALA, dan LA karena manfaatnya membantu si Kecil lebih fokus belajar, terampil berpikir kreatif, dan memecahkan masalah.

3. Mendukung Pencernaan

Susu dapat membantu menjaga sistem pencernaan karena mengandung nutrisi penting seperti vitamin (vitamin D, C, dan B) juga serat dan protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna.

Manfaat minum susu akan jadi lebih optimal jika anak diberikan susu terfortifikasi prebiotik yang membantu bakteri baik dalam usus menjaga kesehatan pencernaan, seperti Bebelac 4 GroGreat+.

Bebelac Ahli Pencernaan No.1 karena diperkaya serat prebiotik FOS:GOS 1:9 yang sudah teruji internasional optimalkan pencernaan dan Triple A (DHA, ALA, LA) untuk optimalkan daya pikir kreatif si Kecil.

Bebelac juga diperkaya 14 vitamin & 9 mineral untuk dukung tumbuh kembang si Kecil yang optimal agar siap bersosialisasi di lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: Manfaat Probiotik untuk Anak dan Sumber Makanannya

4. Optimalkan Kecerdasan Sosial Emosional

Minum susu pertumbuhan yang diperkaya dengan DHA serta prebiotik bisa bantu mengembangkan keterampilan sosial-emosional anak juga menjaga mood si Kecil selalu baik. 

Ini karena DHA bereaksi langsung dengan zat kimia dalam otak yang bertanggung jawab mengatur suasana hati.

Prebiotik juga bantu melestarikan mikroba usus untuk meningkatkan produksi neurotransmitter bernama GABA yang mengurangi perasaan takut dan cemas.

5. Mendukung Pertumbuhan Otot

Susu mengandung protein berkualitas tinggi dan komposisi asam amino yang lengkap sehingga bisa lebih optimal membangun dan memperkuat otot. 

Ketika ototnya lebih kuat, si Kecil bisa lebih aktif dan bersemangat bermain untuk mengasah keterampilan motorik dan koordinasi tubuhnya.

Anak juga bisa bertambah tinggi jika sering melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan kekuatan otot untuk melompat dan berlari.

6. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat minum susu yang paling banyak dikenal adalah menguatkan tulang karena susu tinggi kandungan fosfor, kalsium, dan vitamin D. 

Susu juga tinggi protein kasein yang dibutuhkan untuk membentuk lapisan enamel gigi sebagai pelindung terhadap zat asam, sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

7. Menjaga Berat Badan

Protein dalam susu yang dapat membantu anak merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama sehingga mencegahnya makan secara berlebihan. 

Kandungan kalsium yang tinggi di dalam susu juga dikatakan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh dan meningkatkan pemecahan lemak.

Baca Juga: 4 Vitamin yang Penting untuk Dukung Pertumbuhan Fisik Anak

8. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Anak usia prasekolah sedang senang-senangnya bermain di luar rumah. Agar tidak cepat dehidrasi karena keringatan, Ibu bisa bantu penuhi kebutuhan cairan anak dengan memberikan susu. 

Susu lebih awet menghidrasi dibandingkan air biasa karena mengandung lemak, gula laktosa, dan protein yang membantu memperlambat pengosongan cairan dari perut.

Susu juga mengandung sodium dan kalium, dua senyawa elektrolit yang berperan penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

9. Menjaga Tekanan Darah 

Penelitian menunjukkan bahwa minum susu dalam porsi yang cukup mampu mencegah penyakit kardiovaskular di masa depan. 

Manfaat ini dipengaruhi oleh kandungan kalsium, magnesium, dan kalium yang berperan besar menjaga tekanan darah agar tetap normal. 

10.  Mengurangi Risiko ADHD

Menurut studi, manfaat minum susu yang telah difortifikasi omega 3 dan 6 bisa membantu mengurangi risiko ADHD pada anak. 

ADHD adalah gangguan perilaku yang membuat anak kesulitan fokus dan konsentrasi, juga kesulitan menjalin relasi yang baik dengan lingkungan sosialnya. 

Di sisi lain, terkadang anak tidak mau minum susu karena tidak suka dengan rasa atau cara penyajiannya. Jadi, bagaimana caranya agar anak mau minum susu?

Cara Agar Anak Mau Minum Susu Formula Pertumbuhan

Agar anak mau minum susu, pilihlah susu pertumbuhan yang cita rasanya gurih, tidak terlalu manis, dan teksturnya lebih encer daripada susu sapi biasa. Sebagai contoh, Bebelac 4 GroGreat+ yang rasa vanila dan madunya pasti disukai anak-anak.

Suhu susu juga idealnya sesuai suhu tubuh, yaitu sekitar 35-37°Celcius. Ibu bisa cek dulu dengan meneteskan sedikit seduhan susunya ke pergelangan tangan atau punggung tangan.

Kalau sudah terasa suam kuku (tidak hangat tapi juga tidak panas), coba berikan pada si Kecil. Namun, beberapa anak mungkin justru lebih suka susu dingin, seperti baru dikeluarkan dari kulkas.

Jadi jika si Kecil kurang suka minum susu hangat, coba olah menjadi milkshake dingin dengan es batu dan campuran buah seperti pisang, stroberiatau buah naga agar rasanya lebih enak. 

Bu, jangan lupa gabung di Bebeclub sekarang, ya untuk dapatkan promo menarik dari setiap pembelian produk Bebelac dan konten parenting lengkap untuk tumbuhkan Anak Hebat!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Recommended Drinks for Children Age 5 & Younger. (2024). HealthyChildren.org. https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/recommended-drinks-for-young-children-ages-0-5.aspx

  2. Physical activity is important for a child’s growing body. (2015, April 6). MSU Extension. https://www.canr.msu.edu/news/physical_activity_is_important_for_a_childs_growing_body

  3. Office of Dietary Supplements - Dietary Supplements for Immune Function and Infectious Diseases. (2022). Nih.gov. https://ods.od.nih.gov/factsheets/ImmuneFunction-HealthProfessional/#:~:text=Consuming%20adequate%20amounts%20of%20several,5%2C8%2D10%5D.

  4. Probiotics and prebiotics: What you should know. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/probiotics/faq-20058065

  5. Kubala, J. (2018, March 18). 5 Ways That Drinking Milk Can Improve Your Health. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/milk-benefits#TOC_TITLE_HDR_5

  6. Preiato, D. (2021, April 16). Should You Drink Milk If You’re Dehydrated? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/milk-for-dehydration#cows-milk

  7. Marketing and Communication. (2014, September 29). Got Milk? It May Lower Your Blood Pressure. University of Utah Health | University of Utah Health. https://healthcare.utah.edu/healthfeed/2014/09/got-milk-it-may-lower-your-blood-pressure#:~:text=Research%20suggests%20that%20consuming%20milk,associated%20with%20lower%20blood%20pressure.

  8. dpowell. (2017). Department of Health | WIC | Breastfeeding Makes a Difference. Nj.gov. https://www.nj.gov/health/fhs/wic/nutrition-breastfeeding/difference.shtml#:~:text=Human%20milk%20is%20sweeter%20and,foods%20easier%20for%20the%20infant



Artikel Terkait