8 Manfaat Minum Susu untuk Anak Usia 3 Tahun ke Atas

Begitu sudah masuk masa preschool, anak biasanya akan mulai mengenal macam-macam jajanan baru di sekitar rumah dan sekolahnya. Tidak apa...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
26 Oct 2022
Anak perempuan sedang minum susu


Begitu sudah masuk masa preschool, anak biasanya akan mulai mengenal macam-macam jajanan baru di sekitar rumah dan sekolahnya. Tidak apa memang untuk membolehkan anak bereksplorasi mencoba variasi makanan lain. Akan tetapi, sangat penting untuk Ibu supaya bisa meneruskan pemenuhan nutrisi anak agar tetap optimal lewat asupan makanan bergizi dan pendampingan dari susu.

Ya! Memasuki masa prasekolah, bukan seharusnya anak otomatis jadi berhenti minum susu. Justru di rentang umur 3-5 tahun inilah manfaat susu menjadi semakin penting untuk membantu memenuhi nutrisi hariannya serta mengawal proses tumbuh kembangnya. Memang, apa saja, sih, manfaat minum susu untuk anak di usia 3 tahun ke atas?

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini, Bu. 

Manfaat Minum Susu Pertumbuhan untuk Anak 3 Tahun ke Atas

Tahukah Ibu? Manfaat minum susu setiap hari ternyata tidak hanya untuk mendukung pertumbuhan tulang dan tinggi badan anak, lho. Nyatanya, susu menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik di 6 tahun pertama kehidupannya. 

Sebab, kandungan nutrisi susu sangatlah beragam dan baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Apalagi kalau kita bicara soal susu pertumbuhan, yang diformulasi khusus sesuai dengan kebutuhan anak pada usia tertentu. 

Pada dasarnya, susu pertumbuhan dibuat dengan kandungan protein dan kalori yang cukup, dan diperkaya lagi oleh dengan sederet vitamin dan mineral yang penting untuk masa pertumbuhan si Kecil.

Penasaran apa saja ragam manfaat ketika anak rutin minum susu, Bu?

1. Menjadi Sumber Energi Setiap Hari

Susu dan produk olahan susu lainnya mengandung makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak yang merupakan sumber kalori energi utama tubuh. Nah, energi tersebut yang nantinya akan si Kecil gunakan untuk bergerak dan berpikir. 

Tentu saja, manfaat minum susu di pagi hari ini akan sangat besar di usia 3 tahun ke atas. Kenapa begitu? Sebab pada masa ini, anak Ibu masih akan aktif bertumbuh kembang dan bereksplorasi sehingga ia membutuhkan asupan energi lebih.

Apabila anak tidak memiliki cadangan energi yang cukup, tubuhnya akan beralih menggunakan massa otot sebagai sumber energi. Itulah kenapa rutin minum susu penting untuk bantu menyediakan cadangan energi untuk tubuh anak.

Susu juga mengandung semua asam amino esensial untuk membangun dan memperkuat otot-otot tubuh si Kecil.

2. Mendukung Perkembangan Otak

Sampai dengan usia 3 tahun, si Kecil mengalami masa periode emas yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan, Bu. Ini karena pada masa-masa tersebut, perkembangan kognitif anak 3 tahun ke atas masih bertumbuh dan berkembang dengan pesat. 

Bu, penelitian menyatakan bahwa otak anak akan mencapai 90% ukuran maksimalnya dalam 6 tahun pertama usianya, lho! 

Itu kenapa penting bagi Ibu untuk bisa melanjutkan memberikan nutrisi lengkap di usia prasekolah lewat susu anak 3 tahun untuk kecerdasan otak yang difortifikasi dengan DHA tinggi guna mempersiapkan mereka belajar di sekolah.

Asam dokosaheksaenoat (DHA) adalah salah satu komponen nutrisi yang baik bagi jaringan otak. DHA dapat memengaruhi neurotransmiter di otak serta membantu sel-sel otak untuk bekerja lebih baik. 

Apalagi di dalam susu formula terbaik untuk anak 3 tahun ke atas juga terdapat kandungan nutrisi lemak yang dikenal baik bagi perkembangan otak kognitif anak di usia ini. 

Baca Juga: Tahapan Perkembangan Kognitif Anak yang Perlu Ibu Ketahui

3. Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional

Menurut penelitian dari jurnal Nutrition Reviews, kekurangan gizi pada anak usia dini cenderung berisiko memengaruhi proses berpikir, perilaku, dan produktivitas anak sepanjang usia sekolah nanti.

Sudah banyak pula penelitian lain yang membuktikan bahwa anak yang tidak mendapatkan cukup nutrisi dari makanan berisiko mengalami penurunan produksi sel otak, keterbatasan fungsi otak, dan keterlambatan perkembangan kognitif. 

Menariknya lagi, asupan nutrisi tidak hanya diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan kognitif anak. Tapi juga keterampilan sosial emosionalnya saat bersekolah nanti. 

Sebab para ahli menyatakan, asupan makanan termasuk dari susu yang difortifikasi DHA diakui penting untuk menjaga perilaku yang baik pada anak usia sekolah dan membantu menjaga kestabilan mood anak.

Hal ini karena omega-3 dapat berinteraksi dengan zat kimiawi dalam otak yang bertanggung jawab mengatur suasana hati anak dan membantu meringankan gejala gangguan mood, serta mengurangi risiko terjadinya perilaku hiperaktif pada anak

Menariknya lagi, asupan DHA dari susu anak 3 tahun untuk kecerdasan otak yang terfortifikasi juga berinteraksi dengan selaput abu otak (gray matter) yang bertanggung jawab langsung untuk mengembangkan keterampilan sosial emosional anak.

Memiliki keterampilan sosial dan emosional akan membantu anak jadi lebih mahir mengekspresikan diri dan mengontrol perasaannya, memahami pikiran serta perasaan diri sendiri, memahami perasaan orang lain, menghargai pendapat orang lain, juga berinteraksi secara positif dengan orang lain di sekitarnya.

4. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Susu merupakan salah satu sumber protein yang dapat dikonsumsi oleh si Kecil. Satu gelas susu (250 ml) setidaknya mengandung protein sebanyak 8 gram.

Nah, kebutuhan asupan protein setiap anak sebetulnya sangat dipengaruhi oleh usia, Bu. Pada masa prasekolah ini, anak usia 4-6 tahun biasanya membutuhkan sekitar 25 gram protein setiap hari.

Kandungan protein berguna untuk banyak proses yang ada dalam tubuh anak. Menurut studi yang dimuat dalam jurnal Food & Function, manfaat protein dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta membantu memperkuat sistem imun tubuh si Kecil. 

5. Mendukung Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Ibu mungkin sudah sering mendengar kalau manfaat minum susu setiap hari dapat mendukung pertumbuhan tulang yang sehat. Ternyata hal ini bukan isapan jempol semata, Bun. 

Selain untuk persediaan energi dan kekuatan tulang, manfaat minum susu lainnya untuk anak adalah menjaga kesehatan gigi berkat kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi.

Tak hanya itu, susu juga mengandung kombinasi berbagai macam nutrisi lain, seperti kalium, protein, vitamin D, vitamin C, vitamin K2, vitamin B12, dan magnesium. Semua ini baik untuk pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat. 

Bahkan, pertumbuhan dan kesehatan tulang yang terjaga sejak dini akan menurunkan risiko osteoporosis di kemudian hari. 

Kandungan protein kasein di dalamnya juga dibutuhkan untuk melindungi permukaan enamel terhadap asam, serta mengurangi risiko gusi bengkak dan gigi berlubang pada anak, Bu.

6. Menjaga Berat Badan

Susu mengandung ragam nutrisi yang dapat berkontribusi untuk menjaga berat badan si Kecil dalam rentang yang sehat, Bu.

Misalnya, protein dalam susu yang dapat membantu anak merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama sehingga mencegahnya makan secara berlebihan. 

Terlebih, sejumlah hasil studi dari Journal of The American Board of Family Medicine dan jurnal Obesity menemukan bahwa anak yang rutin mengonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium, termasuk dari susu formula terbaik untuk anak 3 tahun ke atas, memiliki risiko lebih rendah mengalami obesitas (kelebihan berat badan). 

7. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Anak

Ibu, manfaat minum susu untuk anak ternyata juga berguna untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. 

Apalagi pada usia ini, anak lebih banyak waktu melakukan aktivitas fisik, entah itu bermain atau mulai masuk prasekolah, maka penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anak melalui rutin minum susu, selain dari air putih dan jus buah.

8. Mengurangi Risiko ADHD

Manfaat minum susu pertumbuhan juga pernah diteliti mampu mengurangi risiko ADHD pada anak. Bagaimana bisa?

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah kondisi gangguan perilaku yang membuat anak kesulitan untuk fokus dan konsentrasi, mengeja, membaca, serta menjadikan perilaku anak sulit dikendalikan.

Padahal, kemampuan-kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk membantu kesuksesannya di masa mendatang.

Nah, menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition & Food Sciences suplementasi asam lemak Omega-3 dan 6 yang juga terdapat di dalam segelas susu bisa membantu mengurangi risiko ADHD pada anak.

Sebab, ada semakin banyak bukti bahwa kekurangan asam lemak omega-3 dapat memiliki efek buruk pada perkembangan otak dan perkembangan sarafnya, sehingga berdampak pada kemampuannya untuk belajar dan berfungsi secara sosial.

Bukti-bukti penelitian saat ini menunjukkan, asupan DHA dapat meningkatkan kinerja otak anak, termasuk aspek pembelajaran, memori, dan kecepatan respon otak untuk melakukan tugas-tugas kognitif, seperti membaca dan mengenali angka.

Baca Juga: Manfaat Susu Tinggi Serat untuk Perkembangan Anak

Itulah tadi berbagai manfaat minum susu setiap hari yang bisa diraih oleh anak-anak, terutama di usia 3 tahun ke atas. 

Ingat ya, Bu. pemenuhan nutrisi dalam tiga tahun pertama kehidupan anak menjadi fondasi untuk mengembangkan keterampilan kognitif, motorik, dan sosio-emosional sepanjang masa kanak-kanak dan dewasa nanti.

Jadi, Ibu perlu memastikan si Kecil mendapatkan asupan gizi secara optimal tidak hanya dari makanan tapi juga dampingan susu formula terbaik untuk anak 3 tahun ke atas seperti susu Bebelac 4 GroGreat+

Yuk, Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil dengan susu Bebelac 4 GroGreat+ yang dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat (happy tummy), akal kreatif (happy brain), dan hati yang besar (happy heart)! 

Dengan asupan nutrisi yang optimal dan stimulasi yang tepat, anak akan tumbuh memiliki suasana hati yang ceria sehingga si Kecil jadi makin terpacu untuk bersosialisasi dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekolah nanti.

Kapan Waktu Terbaik Anak Minum Susu?

Menurut The American Academy of Pediatrics (AAP), susu adalah salah satu sumber minuman terbaik sehari-hari bagi anak kecil karena nutrisi pentingnya yang lengkap sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang. 

Meski begitu, berapa banyak jumlah konsumsi susu untuk anak-anak tergantung pada beberapa faktor, Bu. Seperti, usia, tinggi badan, dan apakah si Kecil mengalami intoleransi laktosa atau tidak.

AAP bahkan merekomendasikan anak-anak untuk minum sekitar 2 - 2,5 gelas susu setiap hari, lho! 

Nah, melihat manfaatnya yang banyak bagi tubuh, kebanyakan Ibu pasti bertanya-tanya kapan waktu terbaik minum susu. Apakah sebelum dan sesudah makan, atau bahkan sebelum tidur? 

Pada dasarnya, tidak ada patokan kapan waktu terbaik minum susu kok, Bu. Namun, khusus anak-anak, waktu yang baik untuk minum susu adalah pada pagi hari sebelum bersekolah atau beraktivitas, serta pada malam hari sebelum tidur. Apa alasannya? 

Minum susu di pagi hari sebelum anak pergi ke sekolah dapat memberikan cadangan energi dan ragam nutrisi yang anak butuhkan untuk beraktivitas seharian, Bu. Dengan nutrisi yang tepat, anak juga akan memiliki suasana hati yang juga ceria sehingga si Kecil jadi makin bersemangat untuk bersosialisasi dan mengeksplorasi hal-hal baru di sekolah nanti.

Nah, minum susu sebelum tidur juga dianjurkan karena penyerapan kalsium pada tubuh anak paling baik terjadi pada waktu ini. Selain itu, anak minum susu 2 jam sebelum waktu tidur dapat membuat tidurnya lebih nyenyak, sehingga penting bagi perkembangan fisik dan otak anak. 

Dengan demikian, bisa dibilang proses tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal bila si Kecil minum susu dua kali sehari setiap hari, yaitu di pagi dan malam hari.

Baca Juga: Cara Jitu untuk Mengatasi Anak Mau Minum Susu

Ibu juga bisa dapatkan lebih banyak lagi tips dan informasi terbaru untuk menemani masa prasekolah si Kecil dengan mendaftarkan diri Ibu di Bebeclub, gratis!



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait