Tinggi Anak 1 Tahun yang Ideal dan Cara agar Tumbuh Tinggi

Tinggi badan anak Indonesia di usia 1 tahun rata-rata 75,7 cm dan anak perempuan 74 cm. Jika tinggi badan anak kurang dari rata-rata, coba ajak bermain permainan yang bisa menguatkan tulang.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
27 Jun 2024
Tinggi anak usia 1 tahun - Bebeclub


Wajar bagi orang tua baru bila mempertanyakan berapa tinggi anak usia 1 tahun yang ideal. Yuk, ketahui jawaban lengkap dan cara agar anak tumbuh tinggi dalam artikel ini!

Tinggi Anak Usia 1 Tahun yang Ideal

Rata-rata tinggi badan anak 1 tahun yang ideal menurut WHO dan Kemenkes RI adalah:

  • Anak laki-laki: 71 - 78,1 cm, dengan berat badan sekitar 7,7-10.8 
  • Anak perempuan: 68,9 - 76,6 cm, dengan berat badan sekitar 7,0 - 10.1 kg.

Namun, tidak perlu khawatir jika tinggi si Kecil masih belum menyentuh angka batas minimalnya. Tinggi badan anak masih bisa dioptimalkan lewat asupan nutrisi dan stimulasi yang tepat.

Cara agar Anak 1 Tahun Tumbuh Tinggi

Tinggi anak usia 1 tahun seharusnya bertambah minimal 1 cm dari bulan lalu. Ibu bisa bantu menambah tinggi badan anak 1 tahun dengan berbagai cara berikut:

1. Penuhi Kalsium, Protein, dan Vitamin D

Beberapa nutrisi penting yang dapat bantu anak tumbuh tinggi adalah kalsium, protein, dan vitamin D karena bagus untuk pertumbuhan tulangnya.

Asupan kalsium dan vitamin D bisa Ibu dapatkan dari keju, brokoli, yogurt, ikan salmon, ikan tuna, jeruk, dan susu. 

Makanan tinggi protein akan membantu pertumbuhan otot sehingga anak bisa tumbuh tegap dan kuat. Ibu bisa berikan telur, daging merah, daging ayam, seafood, serta tahu dan tempe.

Baca Juga: Berapa Berat Badan Ideal Anak Usia 1 Tahun?

2. Optimalkan Probiotik dan Prebiotik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu meningkatkan pertumbuhan fisik anak. Probiotik bisa Ibu dapatkan dari makanan fermentasi seperti yogurt dan tempe.

Probiotik telah terbukti mengurangi risiko diare akibat infeksi yang dapat menyebabkan defisiensi gizi dan menghambat penyerapan nutrisi tertentu (kalsium, seng, dan vitamin B12).

Penting juga memberikan makanan sumber prebiotik seperti pisang dan kedelai serta gandum untuk optimalkan pertumbuhan probiotik di dalam usus.

3. Berikan Susu Pertumbuhan

Selain dari menu makan harian yang bergizi seimbang, Ibu bisa lengkapi dengan pemberian susu pertumbuhan terfortifikasi untuk mengoptimalkan tinggi anak usia 1 tahun.

Berbagai nutrisi penting di atas bisa si Kecil dapatkan dari susu Bebelac 3 GroGreat+. Sebagai Ahli Pencernaan No. 1, Bebelac 3 dilengkapi dengan prebiotik FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis secara internasional bantu optimalkan kesehatan pencernaan anak. 

Ada pula kandungan Triple A (DHA, LA, dan ALA) serta 14 vitamin & 9 mineral penting untuk optimalkan tumbuh kembang si Kecil mulai usia 1 tahun. 

4. Cukupi Waktu Tidur Anak

Biasakanlah anak tidur teratur dan tepat waktu setiap malam agar cepat tumbuh tinggi. Anak usia 1 tahun ke atas disarankan mendapatkan durasi tidur selama 11-14 jam per hari.

Jumlah waktu tidur ini baiknya dipenuhi semua dari waktu tidur malam. Jadi, pastikan anak mulai tidur di pukul 8 malam.

Saat tidur, tubuh memproduksi lebih banyak hormon pertumbuhan (Human growth hormone) untuk membantu anak tumbuh tinggi.

5. Skipping

Skipping atau lompat tali bisa menjadi salah satu ide aktivitas fisik untuk menambah tinggi anak usia 1 tahun. 

Gerakan yang dilakukan berulang-ulang dalam aktivitas skipping dapat merangsang proses pertumbuhan dan pembentukan tulang, sehingga tumbuh lebih panjang. 

6. Main Basket

Kegiatan yang melibatkan peregangan, berlari, dan lompatan secara teratur efektif membantu anak tumbuh lebih tinggi dengan merangsang pertumbuhan tulang. Salah satunya adalah bermain basket. 

Ibu bisa tempatkan tiang hoop basket khusus anak-anak di garasi atau taman belakang rumah, dan ajak si Kecil melompat untuk memasukkan bola. Ajak teman yang lain bermain bersama.

Baca Juga: 9 Permainan Anak-Anak untuk Optimalkan Tumbuh Kembangnya

7. Rajin Berenang

Berenang banyak menggunakan gerakan untuk meregangkan otot dan tulang yang dapat bantu merangsang pertumbuhan tinggi anak.

Selain itu, berenang mampu memperbaiki postur tubuh dengan memperkuat otot-otot punggung, perut, dan kaki sehingga badan anak terlihat lebih tegap dan kokoh.

8. Berjemur di Pagi Hari

Ajak si Kecil berjemur setiap pagi agar bisa mendapatkan asupan vitamin D yang lebih optimal untuk menambah tinggi badannya.

Vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan otot dan tulang yang membantu meningkatkan tinggi badan anak. Vitamin D juga membantu tubuh lebih baik menyerap kalsium dari makanan dan susu.

Ajak anak berjemur sambil bermain setiap pukul 9-10 pagi, cukup selama 10 hingga 15 menit.

Dengan asupan nutrisi dan stimulasi yang tepat, diharapkan tinggi anak usia 1 tahun bisa mencapai angka idealnya. Lalu, akan bertambah berapa tinggi badan anak usia 2 tahun?

Yuk, monitor terus perkembangan hebat si Kecil di Bebeclub. Dengan jadi member Bebeclub, Ibu bisa dapatkan panduan tumbuh kembang dan informasi parenting lebih lengkap!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Nair, A. (2018, June 26). How to Increase Height in Kids? FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-8-ways-to-increase-height-in-children/
  2. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf.
  3. Silver, N. (2017, April 17). How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/how-to-increase-height#how-to-increase-height
  4. Barrell, A. (2020, January 17). What factors influence a person’s height? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327514#how-to-increase-height-during-development


Artikel Terkait