Berat Badan Anak 1 Tahun yang Ideal dan Cara Menambahnya

Berat badan anak 1 tahun laki-laki dan perempuan yang ideal ada di rentang 7-10 kg. Jika berat badan anak belum ideal, haruskah menambah porsi makan anak jadi 2 kali lipat dari biasanya?

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
24 Dec 2023
Berat badan ideal anak 1 tahun - Bebeclub


Jika standar berat badan anak 1 tahun sudah tercapai, itu menandakan anak mendapatkan nutrisi yang cukup. Jika berat badannya belum ideal, apa yang harus dilakukan? Ibu bisa temukan kiat-kiatnya di sini!

Berat Badan Anak 1 Tahun yang Ideal Menurut WHO

Berat badan (BB) anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya jenis kelamin dan usia. Menurut tabel berat badan yang diterbitkan WHO, berat badan ideal anak 1 tahun adalah: 

  • Anak laki-laki : sekitar  7,7 - 10,8 kg.

  • Anak perempuan : sekitar 7,0 - 10,1 kg. 

Lalu, normalkah anak 1 tahun berat badanya 6 kg? Berat badan anak 1 tahun hanya 6 kg bisa dikatakan tidak normal dan termasuk sangat kurang (severely underweight).

Meski demikian, setiap anak bisa tumbuh dengan kecepatan yang berbeda-beda. Agar Ibu yakin BB anak sudah ideal, timbang secara berkala tiap tiga bulan sekali sampai usianya 3 tahun. 

Baca Juga: Tinggi Anak 1 Tahun yang Ideal dan Cara agar Tumbuh Tinggi

Cara Menambah Berat Badan Anak

Apabila BB anak belum sesuai standar, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Sementara itu, di rumah Ibu bisa menerapkan tips berikut untuk bantu si Kecil mencapai BB ideal: 

1. Beri Makanan Bergizi Seimbang

Supaya BB-nya ideal, dalam satu hari anak 1 tahun perlu 3-4 kali makan berat (nasi dengan lauk pauk sehat yang bergizi lengkap dan seimbang).

Berikut adalah panduan isi piring anak 1 tahun untuk satu kali makan berdasarkan rekomendasi Kemenkes:

  • Nasi putih = 5 sdm (55 gram).

  • Lauk protein = daging ayam 60 gram/ikan 60 gram/telur ayam 1 butir ukuran sedang/daging sapi 50 gram. (utamakan protein hewani daripada protein nabati untuk menambah BB anak)

  • Lauk sayur = 20 gram (2 sdm).

Anak usia 1-5 tahun dianjurkan makan 300-400 gram porsi sayuran dan buah-buahan per hari, yang bisa dibagi menjadi 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah dalam 1 hari.

2. Sajikan Camilan Tinggi Kalori

Untuk menambah berat badan anak 1 tahun, sediakanlah camilan anak yang sehat dan tinggi kalori sebanyak 1-2 kali dalam sehari. Berikan snack 2 jam sebelum atau setelah waktu makan beratnya.

Contohnya roti panggang isi alpukat dan telur, mac & cheese isi daging cincang, pancake selai kacang, baked potatoes, atau yogurt bark (yogurt yang dibekukan seperti coklat batangan) diisi topping pisang dan kurma.

Ibu juga bisa jadikan waktu camilan untuk memenuhi porsi makan sayur anak, misalnya memberikan smoothies wortel, jasuke (jagung susu keju), atau ubi panggang cilembu.

Baca Juga: 4 Bahan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak GTM

3. Berikan Buah Tinggi Kalori

Buah-buahan tinggi kalori seperti alpukat, pisang, daging buah kelapa, mangga, kurma kering, kismis, dan plum kering juga bisa menjadi salah satu sumber makanan untuk menaikkan berat badan anak. 

Ibu bisa menyajikannya dalam bentuk buah potong segar, smoothies dengan taburan keju, sup buah dengan kuah susu, salad buah dengan tambahan greek yogurt, atau es krim.

4. Sajikan Variasi Makanan

Ibu juga perlu menyajikan menu makan anak 1 tahun yang bervariasi agar anak semakin semangat untuk makan.

Menyajikan makanan dengan tampilan yang menarik juga bisa meningkatkan nafsu makan anak, Bu. 

Sebagai contoh, membentuk makanan secara kreatif seperti wortel dipotong bentuk bunga, nasi dicetak bentuk beruang, dan lain-lain.

5. Batasi Waktu Makan

Sebaiknya jangan biarkan anak berlama-lama makan supaya jadwal makan berikutnya tidak terganggu. Idealnya, Ibu perlu membatasi waktu makan si Kecil maksimal 30 menit saja. 

Meski tidak habis pun, tetap sudahi waktu makannya setelah 15 menit ia tampak rewel, tidak betah, bosan atau membuang-buang makanannya.

Melakukan ini tidak membuat anak kelaparan, tapi justru akan meningkatkan selera makannya di waktu selanjutnya.

6. Ciptakan Waktu Makan yang Menyenangkan

Mengubah waktu makan menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan bisa meningkatkan nafsu makan anak, lho. 

Selain itu, suasana makan yang hangat dan santai dapat menciptakan momen yang menyenangkan, sekaligus memperkuat bonding antara anak dan anggota keluarga lainnya.

Oleh karena itu, ajarkan anak table manner yaitu membiasakan makan dengan duduk di meja dan menggunakan peralatan makan yang benar. 

7. Biarkan Anak Ambil Makan Sendiri

Supaya motivasi makan si Kecil semakin tinggi, biarkan ia mengambil makanan sendiri. Ibu hanya perlu menyediakan sejumlah makanan sehat di meja makan dan mengawasi si Kecil.

Hindari memberikan komentar negatif mengenai porsi yang diambil atau menu apa saja yang dipilih. Sebab, umumnya anak akan mengambil porsi tambahan jika masih lapar.

Di tengah waktu makan, sebaiknya jangan tawarkan minuman sampai anak benar-benar memintanya, misal karena tersedak, kesulitan menelan, atau kepedasan.

Minuman yang boleh diberikan pun hanya air putih, tidak boleh jenis cairan lain agar anak tidak cepat kekenyangan.

Baca Juga: 13 Cara agar Anak Mau Makan Lahap Tanpa Dipaksa

8. Pastikan Anak Istirahat Cukup

Tidur memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan mendukung pertambahan berat badan anak 1 tahun.

Saat anak tidur, tubuh melakukan pemulihan dan produksi hormon pertumbuhan yang penting bagi pertumbuhan tinggi dan berat badan si Kecil. 

Pola tidur dapat bervariasi tergantung pada usia dan karakteristik individu anak. Namun, umumnya anak usia 1 tahun membutuhkan sekitar 10 hingga 12 jam tidur setiap malam. 

9. Dukung dengan Susu Pertumbuhan

Ibu juga dapat lengkapi asupan nutrisi harian si Kecil dengan memberikan susu Bebelac 3 GroGreat+ yang diperkaya FOS:GOS 1:9 teruji secara internasional & Triple A (DHA, LA, ALA) untuk optimalkan pencernaan si Kecil yang jadi kunci kehebatannya.

Pencernaan yang sehat adalah salah satu indikator tumbuh kembang anak yang penting karena dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan secara lebih optimal.

Itulah sejumlah cara yang dapat Ibu coba terapkan di rumah untuk bantu naikkan berat badan anak 1 tahun. Mungkin prosesnya tidak mudah, namun Ibu tidak boleh menyerah, ya!

Jangan lupa daftar di Bebeclub untuk dapatkan berbagai artikel tumbuh kembang dan pemenuhan gizi anak yang terverifikasi dokter ahli.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Weight-for-age. (2024). Who.int. https://www.who.int/tools/child-growth-standards/standards/weight-for-age

  2. IDAI | SULIT MAKAN PADA BAYI DAN ANAK. (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/sulit-makan-pada-bayi-dan-anak

  3. IDAI | Pentingnya Mengatur Jadwal Makan Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pentingnya-mengatur-jadwal-makan-anak

  4. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi?utm_source=newsletter&utm_medium=email&utm_campaign=idai-newsletter&utm_content=Booklet+Pemberian+Makanan+Pendamping+Air+Susu+Ibu+%28MPASI%29

  5. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak

  6. ‌Raman, R. (2019, July 5). 11 Healthy, High-Calorie Fruits to Help You Gain Weight. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/high-calorie-fruits

  7. IDAI | Pentingnya Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak (Bagian 1). (2016). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/pentingnya-memantau-pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-bagian-1

  8. ‌Your Child’s Growth (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/childs-growth.html

  9. ‌Failure to Thrive (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/failure-thrive.html

  10. ‌Children's Health Team. (2020, August 19). 10 Possible Reasons Why Your Child Isn’t Growing. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/10-possible-reasons-why-your-child-is-not-growing/

  11. ‌IDAI | Tips Memilih Snack Sehat Untuk Anak. (2015). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/tips-memilih-snack-sehat-untuk-anak

  12. ‌IDAI | Kurva Pertumbuhan WHO. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/professional-resources/kurva-pertumbuhan/kurva-pertumbuhan-who



Artikel Terkait