10 Keajaiban ASI dan Manfaatnya bagi Bayi

ASI memang asupan terbaik bagi buah hati Ibu. Begitu banyak khasiat terkandung di dalamnya yang akan mendukung berbagai tahapan tumbuh ...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
07 Nov 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


ASI memang asupan terbaik bagi buah hati Ibu.  Begitu banyak khasiat terkandung di dalamnya yang akan mendukung berbagai tahapan tumbuh kembang bayi. Silahkan Ibu simak 10 keajaiban ASI berikut ini, dan pastikan Ibu sudah memberikannya bagi si kecil ya.

  • ASI mengandung zat gizi paling sempurna untuk petumbuhan bayi dan perkembangan kecerdasannya.
  • ASI yang keluar pertama kali usai persalinan mengandung kolostrum untuk meningkatkan daya tahan tubuh lebih baik dibanding ASI berikutnya. Hal ini karena ASI pertama mengandung zat kekebalan tubuh yang lebih tinggi dibanding ASI berikutnya.
  • ASI selalu tersedia, bersih, dan segar.  ASI yang tidak dikeluarkan akan diserap kembali oleh tubuh ibu. Hebatnya lagi, ASI dalam payudara Ibu tak pernah basi! Ibu juga tak perlu memerah dan membuang ASInya sebelum menyusui.
  • Manfaat ASI adalah meningkatkan tumbuh kembang anak bayi. ASI mengandung kalori 67-68 kkal/100 ml yang menjadi sumber energi ideal bagi pertumbuhan bayi.
  • Lemak yang terkandung dalam ASI sangat mudah diserap oleh bayi. Sekitar 90% akan terserap dengan baik oleh bayi Ibu.
  • Air susu Ibu ASI penting bagi bayi karena mengandung zat yang mendukung pertumbuhan sel otak bayi secara optimal lho, Bu.  Manfaat ini terutama karena kandungan protein khusus, yaitu Taurin disamping kandungan laktosa dan asam lemak ikatan panjang.
  • Protein ASI adalah spesifik spesies sehingga jarang menyebabkan alergi untuk manusia
  • ASI memberikan perlindungan terhadap infeksi dan alergi. Juga, akan merangsang pertumbuhan sistem kekebalan tubuh bayi.
  • Pemberian ASI merupakan kunci penting terciptanya ikatan batin yang kuat antara ibu dan bayi. Bayi yang terbiasa memperoleh limpahan kasih sayang, akan tumbuh menjadi individu dengan kecerdasan emosional yang baik dan rasa mengasihi pada sesama mahluk Tuhan.

ASI jarang menyebabkan diare dan sembelit yang berbahaya. Ada banyak manfaat ASI yang akan diperoleh anak bayi, terutama dalam tumbuh kembangnya.

Baca Juga: Terpenuhikah Kebutuhan ASI Bayi Ibu?



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait