manfaat minyak ikan untuk kesehatan, manfaat minyak ikan untuk anak, manfaat minyak ikan untuk balita

Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan dan Kecerdasan Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Selama ini, minyak ikan sering dijadikan suplemen tambahan untuk anak. Diekstraksi dari jaringan ikan, seperti ikan kod, ikan herring, ikan lemuru, dan ikan pelagis yang banyak terdapat di Indonesia, manfaat minyak ikan bagi kesehatan diakui lantaran kandungan Omega 3 yang tinggi1.

Pada minyak ikan, terkandung tiga jenis Omega 3, yaitu2:

  • Docosahexaenoic Acid (DHA)
  • Eicosapentaenoic acid (EPA)
  • Alpha-linolenic acid (ALA)

Jenis omega 3 EPA dan DHA lebih banyak ditemukan pada berbagai jenis ikan, sementara ALA sering ditemukan dalam biji-bijian, seperti chia dan kenari2.

Sayangnya, Omega 3 tidak dapat produksi di dalam tubuh, dan hanya bisa didapat dari makanan2. Oleh karena itu, penting sekali bagi si kecil untuk memenuhi kebutuhan Omega 3-nya, salah satunya melalui minyak ikan.

Lalu, apa saja manfaat minyak ikan untuk kesehatan si Kecil? Selama ini, manfaat minyak ikan sangat terkait dengan kecerdasan anak. Memang benar. Tapi, tak hanya itu saja, karena minyak ikan juga berkontribusi pada kondisi kesehatan fisik maupun mental si Kecil, yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kecerdasannya. Mau tahu apa saja manfaat minyak ikan untuk anak? Yuk, cari tahu di bawah ini!

Mencegah Gangguan Mood

Apakah si Kecil mudah tersinggung, memiliki suasana hati yang berubah-ubah, dan mendadak mogok sekolah? Selain mendukung pencernaan yang baik, ternyata Omega 3 juga dapat membantu memperbaiki suasana hati si Kecil4. Ini dikarenakan Omega 3 memiliki komponen penting bagi membran sel, hormon, dan sistem saraf untuk mengatur suasana hati5. Pada dasarnya asam lemak Omega 3 ini bekerja melindungi otak dan sel-sel tubuh, yang nantinya berpengaruh dalam meningkatkan mood.

Bahkan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa Omega 3 dapat membantu meredakan beberapa gejala depresi, meski masih diperlukan studi lebih lanjut mengenai dosis dan jenis Omega 3 mana yang bermanfaat - apakah EPA saja atau kombinasi EPA dan DHA.

Jangan biarkan suasana hati si kecil yang berubah-ubah ini mengganggu performa belajar si kecil. Ibu dapat membantu memperbaiki suasana hati si Kecil dengan asupan Omega 3 yang cukup. Selain itu, Omega 3 ini juga bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan depresi, lho4.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur pada anak sangat berpengaruh pada kecerdasannya. Kualitas tidur yang tidak mencukupi atau buruk, juga dikaitkan dengan kinerja sekolah yang buruk dan menyebabkan penurunan pada memori atau daya ingat6.

Studi menunjukkan bahwa kualitas tidur ini juga dipengaruhi oleh kecukupan Omega 3-nya, terutama DHA, yang ada di minyak ikan. Disebutkan bahwa DHA dapat meningkatkan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur jam biologis, termasuk waktu tidur6. Sehingga manfaat minyak ikan untuk balita yang satu ini dapat membantunya meningkatkan kualitas tidur.

Studi lain juga menunjukkan bahwa masalah tidur jarang ditemukan pada anak-anak dengan kadar Omega 3 yang lebih tinggi6.

Menjaga Kesehatan Mata

Selain mengandung Omega 3, minyak ikan juga kaya akan vitamin A dan D. Kedua vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang7.

Selain itu, kandungan Omega 3 yang tinggi pada minyak ikan juga membantu meningkatkan aliran darah ke mata, sehingga menjaga penglihatan si Kecil tetap sehat.

Mencegah Infeksi

Vitamin A tak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, tetapi juga dapat membantu meningkatkan imunitas si Kecil. Begitu pula dengan vitamin D, yang selain menjaga kesehatan tulang, ternyata juga ampuh dalam menjaga daya tahan tubuh si Kecil7.

Itu sebabnya, manfaat minyak ikan untuk anak kali ini adalah dapat membuat si kecil lebih tahan terhadap penyakit infeksi7. Artinya, si Kecil akan lebih jarang berkunjung ke dokter, dan lebih jarang izin dari sekolah gara-gara sakit.

Selain minyak ikan, si Kecil juga membutuhkan nutrisi lain untuk dukung tumbuh kembang optimalnya. Ibu bisa lengkapi nutrisinya dengan menambahkan susu Bebelac Gold, satu-satunya susu tinggi serat yang diperkaya kandungan minyak ikan. Susu ini juga mengandungi  Advansfibre yang merupakan kombinasi 3 jenis serat penting, yaitu prebiotik FOS GOS dengan rasio 1:9 dan corn starch untuk mendukung perut hebat si Kecil.

Membiasakan makanan yang tinggi nutrisi sangatlah penting ditanamkan sedari dini, salah satunya adalah minyak ikan. Berikan asupan yang mengandung minyak ikan untuk si Kecil, ya, Bu. Nutrisi yang tepat ini bisa mendukung proses tumbuh kembang si Kecil dengan maksimal. Selain asupan yang bernutrisi, masih ada faktor lain yang memengaruhi kesehatan dan kecerdasan anak yang bisa dibaca di sini.

 


Referensi:

  1. Farah Zhafirah. 2018. Manfaat Minyak Ikan. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/325203072_Manfaat_Minyak_Ikan. Accessed March 2021.
  2. Vincent Iannelli. 2020. Is Fish Oil Supplementation Right for Kids? Retrieved from: https://www.verywellfamily.com/is-fish-oil-supplementation-right-for-kids-2634437. Accessed March 2021.
  3. Edward Hallowellm et al. 2021. Can a Daily Fish Oil Supplement Help Curb Symptoms of ADHD? Retrieved from: https://www.additudemag.com/fish-oil-for-adhd-symptoms/. Accessed March 2021.
  4. Li Zhang, et al. 2019. Omega-3 fatty acids for the treatment of depressive disorders in children and adolescents: a meta-analysis of randomized placebo-controlled trials. Retrieved from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6744624/. Accessed March 2021.
  5. Jianghong Liu, et al. 2017. The mediating role of sleep in the fish consumption – cognitive functioning relationship: a cohort study. Retrieved from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5740156/. Accessed March 2021.
  6. Jacquelyn Cafasso. 2016. Cod Liver Oil for Kids: 5 Healthy Benefits. Retrieved from: https://www.healthline.com/health/parenting/cod-liver-oil-kids. Accessed March 2021.
  7. 7.  Jacquelyn Cafasso. 2016. Cod Liver Oil for Kids: 5 Healthy Benefits. Retrieved from: https://www.healthline.com/health/parenting/cod-liver-oil-kids. [Diakses 13 Maret 2021]