5 Manfaat Buah Naga untuk Anak dan Resep Olahannya

Di luar tampilannya yang “bersisik” buah naga ternyata kaya akan manfaat untuk kesehatan anak. Yuk, kita simak bersama penjelasannya dal...

Ditulis oleh : Tim Penulis

not yet estimated
18 Mar 2024


Di luar tampilannya yang “bersisik” buah naga ternyata kaya akan manfaat untuk kesehatan anak. Yuk, kita simak bersama penjelasannya dalam artikel berikut ini, Bun!

Apa Saja Kandungan Buah Naga?

Buah naga memiliki sejumlah varietas yang memiliki perbedaan warna kulit dan daging buahnya. Di Indonesia sendiri, Ibu pasti sudah sering menemukan dua jenis buah yang umum ditemukan, yakni buah naga merah dan buah naga putih.

Walaupun memiliki warna daging buah yang berbeda, sebenarnya keduanya memiliki kandungan gizi yang hampir serupa, lho. 

Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram buah naga mengandung berbagai nutrisi sebagai berikut: 

  • Air: 85.7 gram

  • Kalori: 71 kkal

  • Protein: 1.7 gram

  • Lemak: 3.1 gram

  • Karbohidrat: 9.1 gram

  • Serat: 3.2 gram

  • Kalsium: 13 mg

  • Fosfor: 14 mg

  • Besi: 0.4 mg

  • Natrium: 10 mg

  • Kalium: 128.0 mg

  • Zinc: 0.4 mg

  • Thiamin (Vit. B1): 0.50 mg

  • Riboflavin (Vit. B2): 0.30 mg

  • Niacin: 0.5 mg

  • Vitamin C: 1 mg

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh Anak

Berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh anak yang patut Ibu dan Ayah simak:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Salah satu manfaat buah naga adalah menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Manfaat ini berasal dari kandungan air dan serat yang lebih banyak di dalamnya.

Dalam 100 gram penyajian buah naga, mengandung sekitar 1,7 gram serat. Baik air dan serat mampu mengontrol gerakan usus dalam mencerna makanan sehingga mampu mengatasi sembelit pada anak sekaligus menjaga kesehatan pencernaan. 

Terlebih, buah naga juga merupakan makanan yang mengandung salah satu jenis prebiotik, Bun. Prebiotik sendiri adalah jenis serat tanaman khusus dari makanan yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. 

Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi saluran pencernaan dan diare pada anak. Ini karena cara kerja prebiotik dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: Kenali Tanda-Tanda Pencernaan Anak Sehat dan Normal

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Mengonsumsi buah naga ternyata dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh si Kecil, Bu. Ini berkat kandungan senyawa antioksidan seperti flavonoid, asam fenolik, dan betasianin. 

Ketiga antioksidan ini berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab penyakit. 

Selain itu, buah naga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak agar ia tidak mudah sakit, serta membantu menyerap zat besi. 

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat buah naga untuk anak selanjutnya adalah memperkuat tulang dan gigi. Tulang dan gigi merupakan struktur tubuh yang paling banyak dibentuk oleh kalsium, di mana 99% asupan kalsium digunakan untuk pembentukan tulang dan gigi.

Buah naga sendiri memiliki kandungan kalsium kurang lebih sebanyak 13 miligram. Nah, Ibu bisa memberikan buah naga untuk si Kecil. Kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. 

4. Mencegah Anemia

Buah naga memiliki kandungan zat besi yang dapat mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga organ-organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. 

Selain itu, zat besi juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mendukung perkembangan otak anak. Anak yang kekurangan zat besi dapat berdampak buruk pada kecerdasan, perilaku, dan kemampuan motorik anak.

Bila kekurangan zat besi, anak rentan mengalami anemia dengan gejala seperti pusing, kelelahan ekstrem, kulit pucat, atau bahkan gangguan pada pernapasan bisa saja terjadi.

5. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Kandungan buah naga, seperti vitamin A dan C, fosfor, kalsium, dan zat besi, sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, Bu. 

Sebagai contoh, vitamin A pada buah naga dapat menjaga kesehatan mata dan kulit. Sementara itu, fosfor dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dan tulang si Kecil.

Resep Olahan Buah Naga untuk Anak 

Berikut berbagai rekomendasi olahan buah naga yang bisa Ibu coba di rumah agar si Kecil tidak bosan mengonsumsinya. 

1. Puding Buah Naga 

Bahan-bahan:

  • ½ buah naga

  • 1 butir telur

  • 2 sdm santan

Cara membuat:

  1. Kupas buah naga, kemudian ambil bagian daging buahnya saja.

  2. Haluskan buah naga menggunakan blender atau bisa juga ditumbuk.

  3. Campurkan buah naga dengan santan pada sebuah mangkuk.

  4. Tambahkan telur pada adonan, campur hingga merata.

  5. Masukkan ke dalam wadah, bagi menjadi dua porsi.

  6. Kukus puding naga kira-kira 15 - 20 menit.

  7. Mama bisa memberikan puding selagi hangat atau bisa juga didinginkan dalam kulkas terlebih dahulu.

2. Es Krim Buah Naga

Bahan-bahan: 

  • 3 buah pisang beku

  • 50 gr buah naga beku

  • 3 sdm susu Bebelac 3

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam food processor. Kemudian, haluskan.

  2. Pindahkan ke kotak es krim dan bekukan dalam kulkas.

  3. Sajikan.

3. Es Loli Buah Naga

Bahan-bahan:

  • ½ buah naga merah

  • 1 sdm yogurt

Cara membuat:

  1. Kupas buah naga, kemudian ambil bagian daging buahnya saja.

  2. Campurkan buah naga dan yogurt menggunakan blender.

  3. Tuang campuran tersebut ke dalam cetakan es atau popsicle.

  4. Masukkan ke dalam freezer, tunggu kurang lebih 1-2 jam.

  5. Es loli buah naga siap dinikmati si Kecil.

Baca Juga: Ketahui Fungsi FOS GOS untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Nah, itulah informasi seputar manfaat buah naga yang perlu Ibu pahami lengkap dengan resep olahannya yang bisa dicoba di rumah.

Dan untuk bantu optimalkan kesehatan pencernaan si Kecil, Ibu dapat memberikan asupan nutrisi optimal dari susu Bebelac 3 GoGreat+ yang dilengkapi FOS:GOS 1:9, Triple A, serta Vitamin dan Mineral lainnya untuk dukung semua kehebatan si Kecil.

Jangan lupa mendaftar jadi member Bebeclub untuk menikmati promo dan fitur menarik lainnya ya, Bu! Ibu juga bisa dapatkan lebih banyak informasi dan tips seputar kehebatan tumbuh kembang si Kecil, lho.

 

Referensi tambahan:

  1. Data Komposisi Pangan Indonesia - Beranda. (2018). Panganku.org. http://panganku.org/id-ID/view
  2. Swati Patwal. (2021, May 28). Dragon Fruit For Babies: Benefits, Precautions And Recipes. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/dragon-fruit-for-babies-benefits-recipes_00737451/
  3. Meixner, M. (2018, May 23). 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/nutrition/dragon-fruit-benefits#TOC_TITLE_HDR_5
  4. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1147/pemenuhan-nutrisi-sebagai-upaya-pencegahan-terjadinya-osteoporosis
  5. Konsumsi kalsium untuk mencapai kepadatan tulang yang optimal - Direktorat P2PTM. (2013). Direktorat P2PTM. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-gangguan-metabolik/konsumsi-kalsium-untuk-mencapai-kepadatan-tulang-yang-optimal
  6. Cherney, K. (2018, August 22). Ten foods that contain iron. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318413
  7. WebMD Editorial Contributors. (2020, October 30). Top Foods High in Iron. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/diet/foods-high-in-iron
  8. Iron deficiency anemia-Iron deficiency anemia - Symptoms & causes - Mayo Clinic. (2022). Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/iron-deficiency-anemia/symptoms-causes/syc-20355034


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait