Berat Badan Bayi 6 Bulan yang Ideal dan Cara Menambahnya

Berat bayi laki-laki 6 bulan rata-rata adalah 7,9 kg dan rata-rata berat bayi perempuan di angka 7.3 kg. Lalu, apakah normal jika BB bayi di bulan ini masih 5 kilogram?

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
26 Jun 2024
Berat badan bayi 6 bulan - Bebeclub


Berat badan bayi 6 bulan idealnya naik 400-450 gram dari bulan lalu. Jadi, berapa rata-rata berat bayi di usia 6 bulan dan bagaimana cara menambahnya jika memang belum sesuai?

Berapa Berat Badan Bayi 6 Bulan?

Rata-rata berat badan bayi usia 6 bulan yang ideal menurut Standar Antropometri Anak Kemenkes RI adalah:

  • Bayi laki-laki: 6,4 - 8,8 kilogram (kg) dengan panjang badan 63,3 - 69,8 cm.
  • Bayi perempuan: 5,7 - 8,2 kilogram (kg) dengan panjang badan 61,2 - 68,0 cm.

Untuk mengetahui apakah si Kecil sudah bertumbuh sesuai usia, Ibu bisa pantau terus pertumbuhannya setiap bulan di Bebe Journey, lho!

Data perubahan berat badan bayi dari bulan ke bulan akan tersimpan di akun Ibu, yang selanjutnya bisa dikonsultasikan ke dokter jika diperlukan.

Lalu, apakah normal bayi 6 bulan BB-nya 5 kg? BB setiap bayi pasti berbeda, tidak ada yang sama persis. Namun menurut Z-score WHO, BB bayi 6 bulan hanya 5 kg termasuk sangat kurang (severely underweight).

Baca Juga: Waspada Weight Faltering, Penyebab BB Bayi Tidak Naik-Naik

Cara Menambah Berat Badan Bayi 6 Bulan

Jika berat bayi 6 bulan belum ideal, jangan khawatir karena pertambahan berat badan bisa dikejar dengan cara yang tepat. Berikut cara menambah berat badan bayi usia 6 bulan:

1. Tetap Lanjutkan Pemberian ASI

Walaupun sudah boleh makan MPASI, pemberian ASI tetap harus dilanjutkan untuk bantu optimalkan asupan gizi bayi. Berikanlah ASI 1-2 jam setelah MPASI agar si Kecil tetap mau menyusu.

2. Jadwalkan Pemberian ASI dan MPASI

Membuat jadwal MPASI dan pemberian ASI secara teratur dan konsisten dapat bantu menambah berat badan bayi 6 bulan jika belum ideal.

Untuk bayi 6 bulan, berikan makanan utama sebanyak 3 kali sehari (pagi, siang, dan sore) dengan selingan pemberian ASI di antaranya sesuai kebutuhan bayi.

Ibu juga bisa selipkan jadwal makan camilan untuk bayi 6 bulan sebanyak 2 kali sehari, asalkan tidak terlalu dekat dengan jadwal MPASI atau jadwal menyusui.

Baca Juga: 15 Pilihan Finger Food untuk Cemilan Bayi 6 Bulan

3. Berikan MPASI Tinggi Protein

Untuk menambah berat badan, bayi membutuhkan total 200 kkal setiap hari dengan perbandingan 70% ASI dan 30% MPASI. 

Jumlah kalori ini bisa berasal dari menu MPASI bayi 6 bulan yang tinggi protein hewani dari daging sapi, ayam, ikan, telur, dan produk olahan susu (butter, yogurt, keju, dan krim).

Penting juga penuhi kalori bayi dengan sumber karbohidrat dari kentang, ubi, mie, dan roti, serta protein nabati dari buah seperti alpukat, kacang-kacangan, dan olahan kedelai seperti tempe dan tahu.

4. Optimalkan Asupan Lemak Sehat

Menambahkan sumber lemak sehat dalam menu MPASI sehari-hari juga menjadi salah satu cara menambah berat badan bayi 6 bulan.

Lemak sehat bisa Ibu dapatkan dari keju, krim susu, ikan salmon, mayones (sebaiknya yang buatan sendiri tanpa pengawet), minyak zaitun, butter, dan alpukat. 

5. Kreasikan Makanan agar Menarik

Bayi umumnya lebih mudah bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Untuk itu, Ibu perlu memperkenalkan variasi rasa dan tekstur makanan guna meningkatkan pengalaman makan si Kecil. 

Bila perlu, buat makanan dengan tampilan menarik, serta sajikan dalam piring atau wadah yang lucu. Dengan begitu, minat bayi untuk makan bisa meningkat. 

Baca Juga: Cara Menerapkan Responsive Feeding agar si Kecil Lahap Makan

6. Berikan Minum Setelah Makan

Jangan berikan bayi minum di tengah waktu makannya karena asupan cairan bisa membuat bayi kembung sehingga merasa kenyang sebelum waktunya.

Jadi, berikanlah minum setelah si Kecil benar-benar selesai makan.

7. Pastikan Tidur Cukup

Tidak hanya dari makanan, penting juga untuk membiasakan jadwal tidur teratur untuk menambah berat badan bayi 6 bulan.

Durasi tidur siang dan tidur malam yang cukup berperan penting mengoptimalkan pertumbuhan fisiknya. Sebab selama tidur, tubuhnya akan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. 

Jika BB si Kecil tidak kunjung bertambah setelah melakukan berbagai cara di atas, segera konsultasikan ke dokter. 

Lalu, akan berapa banyak pertambahan berat badan bayi usia 7 bulan? Yuk terus monitor hebatnya pertumbuhan si Kecil bersama Bebeclub!

Jangan ragu pula bertanya kepada tim Bebecare yang siap memberikan respon cepat untuk setiap pertanyaan dan kekhawatiran Ibu.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak
  2. IDAI | ASI Eksklusif pada Ibu yang Bekerja. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/asi-eksklusif-pada-ibu-yang-bekerja
  3. Your Baby’s Growth: 6 Months (for Parents). (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/growth-6mos.html


Artikel Terkait