12 Ide Mainan Anak 2 Tahun yang Bisa Dibuat Sendiri (DIY)

Anak anak pasti suka bermain. Yuk, cek rekomendasi mainan anak 2 tahun yang mendidik dan bisa Ibu buat sendiri di rumah untuk optimalkan tumbuh kembangnya.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
09 Mar 2023
Ibu sedang menemani anak bermain wooden toys.


Untuk mengasah kreativitas dan rasa ingin tahu, yuk coba ajak membuat mainan anak 2 tahun dari barang-barang di rumah agar ia tidak melulu terpaku pada gadget!

Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun yang Bisa Dibuat Sendiri

Mainan memiliki peran penting dalam perkembangan kognitif, motorik, sosio-emosional, psikologis, kreativitas, sampai kemampuan berbahasa dan imajinasi anak.

Lalu, apa saja mainan yang bisa dibuat di rumah bersama-sama anak 2 tahun?

1. Kartu Angka DIY

Di usianya yang ke-2 tahun, Ibu sudah bisa mengajarkan si Kecil mengenal angka dengan kartu angka buatan sendiri.

Caranya, siapkan kertas karton atau kertas lipat. Setelah itu, tulis angka dari 1 sampai 10. Ajak si Kecil menyebutkan angka-angka tersebut.

2. Finger Painting

Finger painting mengembangkan motorik halus dan motorik kasar yang dapat membantu meningkatkan kreativitas dan seni pada si Kecil, lho! 

Permainan ini merupakan salah satu cara yang baik untuk si Kecil mengeksplorasi, belajar, dan berkembang melalui permainan sensorik.

Untuk catnya, Ibu bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup dengan bahan tepung maizena, air panas, dan pewarna makanan, lalu campurkan tepung maizena dengan air panas sedikit demi sedikit. 

Setelah itu, aduk sampai berbentuk pasta. Terakhir,, teteskan dengan pewarna makanan sesuai selera.

Baca Juga: 10 Cara Seru Ajak Anak Belajar Mengenal Warna

3. Tumpuk Balok dari Styrofoam

Ibu punya styrofoam yang sudah tidak terpakai? Jangan dulu dibuang ya, karena masih bisa dibuat menjadi mainan anak 2 tahun yang bermanfaat.

Cara membuatnya adalah dengan memotong styrofoam dengan ukuran yang sama besar. Ibu bisa memberikan warna pada styrofoam tersebut agar lebih menarik. 

Kemudian, ajarkan si Kecil untuk bermain tumpuk balok dari styrofoam yang sudah Ibu buat.

4. Balapan di Track 

Si Kecil sudah bosan memainkan mobil-mobilannya? Ibu bisa mengajaknya membuat mainan anak 2 tahun buatan sendiri.

Coba ajak si Kecil membuat track menggunakan lakban. Anak bisa berimajinasi dengan menambahkan beragam aksesoris mainan lainnya seperti balok atau truk. Sederhana tapi menyenangkan, bukan?

5. Obstacle Play

Ajak si Kecil bermain halang rintang dari mainan DIY yang sudah Ibu buat. Cara membuatnya mudah, Bu. Yang dibutuhkan hanya benang rajut atau tali dan selotip. 

Ibu bisa menempelkan benang rajut atau tali pada dinding, mirip seperti sinar infrared. Nantinya si Kecil akan berusaha melewati tanpa menyentuh benang.

6. Puzzle DIY

Bermain puzzle termasuk permainan asah otak si Kecil. Puzzle biasanya dimainkan dengan menyusun potongan gambar menjadi sebuah bentuk atau gambar yang utuh. 

Akan tetapi, Ibu tidak perlu membeli puzzle karena Ibu bisa cetak gambar kemudian potong-potong sesuai pola yang diinginkan.

7. Push-Pop dari Bubble Wrap

Kalau ada bubble wrap bekas, jangan langsung dibuang ya, Bu. Karena barang bekas juga bisa dijadikan kerajinan tangan untuk mainan anak 2 tahun yang bermanfaat.

Ibu bisa memberikan warna yang menarik pada bubble wrap supaya si Kecil semakin semangat untuk bermain. Kemudian, anak bisa menggunakan bubble wrap di tangan atau kaki.

8. Bola Pipa

Untuk bermain bola pipa, Ibu tidak perlu menggunakan pipa sungguhan. Cukup siapkan beberapa gulungan kardus bekas tisu toilet yang sudah tidak digunakan dan lakban. 

Selanjutnya, tempelkan beberapa kardus gulungan bekas tisu toilet ke dinding rumah menggunakan lakban.

Kemudian, luncurkan sejumlah bola kecil ke dalam gulungan kardus tersebut. Dijamin permainan tidak akan membuat si Kecil cepat bosan deh, Bu.

9. Rumah Kardus

Ibu bisa recycle barang bekas jadi rumah-rumahan yang disukai si Kecil.

Pertama, siapkan kardus bekas kemasan berukuran agak besar, kain perca warna-warni, lem dan gunting. 

Cara membuatnya, buatlah pola geometri persegi besar sebagai dinding rumah dengan bentuk segitiga besar di bagian atasnya sebagai atap pada kardus kemasan. 

Jangan lupa, buat pola yang sama pada kain perca. Kemudian, gunting bentuk geometri pada kardus dan kain percanya. 

Di kain perca warna lainnya, buatlah beberapa pola persegi lebih kecil untuk jendela dan pola persegi panjang untuk pintu. Lalu, gunting. 

Tempelkan kain perca persegi dan segitiga besar ke potongan kardus berbentuk rumah. Lalu, tempelkan juga jendela-jendela dan pintu hanya pada satu sisinya saja menggunakan lem.

10. Bowling Botol

Menyiapkan mainan anak 2 tahun buatan sendiri ini sangatlah mudah. Ibu hanya perlu menyiapkan 10 botol plastik kosong dan sebuah bola. 

Susun botol-botol tersebut menjadi bentuk segitiga atau mendatar sama sisi. Buat juga garis pembatas untuk para pemain. 

Untuk memainkannya, Ibu bisa mengajak seluruh anggota keluarga dan buat urutan siapa dulu yang akan memainkannya.

Jangan lupa catat berapa botol yang dijatuhkan oleh setiap pemain untuk menentukan pemenangnya.

11. Alat Musik dari Peralatan Dapur

Ingin mengajak si Kecil menari dan bernyanyi bersama? Ibu bisa membuat mainan alat musik dari peralatan dapur, lho. 

Ibu bisa memanfaatkan bekas wadah keripik, botol bekas, tutup panci, spatula silikon, atau sendok kayu.

Kemudian, isi wadah keripik atau botol bekas menggunakan beras, kacang hijau, ataupun biji jagung. 

Tutup wadah dengan kencang, sampai anak tidak bisa membukanya sendiri. Lalu, mulai mainkan atau goyangkan wadah tersebut. 

12. Playdough Alami

Playdough juga bisa menjadi pilihan mainan anak yang bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya, siapkan tepung, pewarna makanan, wadah baskom plastik, dan minyak sayur. 

Cara buatnya, campurkan semua bahan hingga menjadi adonan yang lengket dan kalis. Setelah itu, ajak si Kecil untuk membuat bentuk atau pola kesukaannya menggunakan playdough. 

Lewat permainan ini, ia akan mengenal berbagai macam tekstur, seperti halus, lunak, dan licin. 

Baca Juga: 14 Aktivitas Stimulasi Otak yang Seru untuk Anak 2 Tahun

Kalau masih butuh lebih banyak ide mainan anak 2 tahun yang seru, Ibu juga bisa unduh flashcard edukatif ini untuk menemani anak belajar sambil bermain, lho!

Sambil menemani si Kecil bermain, jangan lupa penuhi kebutuhan gizinya lewat dua gelas susu Bebelac 3 GroGreat+ tiap pagi dan malam, ya.

Dukung Awal Semua Kehebatannya dengan susu Bebelac 3 GroGreat+ yang dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) serta vitamin dan mineral penting lain untuk mengoptimalkan asupan nutrisinya agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat (happy tummy), akal kreatif (happy brain), dan hati yang besar (happy heart)!

Tertarik mencoba? Jangan lupa daftar jadi member Bebeclub untuk menikmati promo dan fitur menarik lainnya ya, Bu!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. ‌Cetin Dag, N. (2020). Children’s Only Profession: Playing with Toys. Northern Clinics of Istanbul. https://doi.org/10.14744/nci.2020.48243
  2. Choosing Safe Baby Products: Toys (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/products-toys.html
  3. Frank, C. (2007). Choosing the Right Toys for the Right Age. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/features/choosing-right-toys-for-right-age
  4. Smith, L. (2022, May 13). How to Choose Toys for Preschoolers. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/how-to-choose-toys-for-preschoolers


Artikel Terkait