9 Cara Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 10 Bulan

Tidak terasa si Kecil sudah menginjak usia 10 bulan, ya, Bu. Setiap harinya selalu ada saja perkembangan baru yang ditunjukkan oleh si K...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
08 May 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi sedang merangkak naik ke atas tangga.


Tidak terasa si Kecil sudah menginjak usia 10 bulan, ya, Bu. Setiap harinya selalu ada saja perkembangan baru yang ditunjukkan oleh si Kecil. Bulan ini merupakan titik di mana bayi membuat peningkatan besar pada pencapaiannya, seperti berdiri, melangkah, dan mulai bisa makan sendiri. Tentunya hal ini akan membuat Ibu semakin bangga pada si Kecil. 

Selain mengamati kemampuan bayi, Ibu juga perlu memberikan stimulasi pada si Kecil agar ia berkembang dengan maksimal. Untuk mengetahui bagaimana cara stimulasi untuk bayi 10 bulan, simak penjelasan selengkapnya di artikel ini, ya, Bu.

Bayi 10 Bulan Sudah Bisa Apa?

Bayi usia 10 bulan kini sedang aktif-aktifnya, Bu. Si Kecil sudah bisa merangkak dengan baik menggunakan tangan dan lututnya. Saat bayi percaya diri, ia akan mulai menambah kecepatan merangkaknya. Si Kecil mungkin akan mulai menjelajahi rumah, bahkan mungkin mencoba merangkak naik turun tangga. Oleh karena itu, Ibu harus selalu awasi si Kecil, ya.

Bayi mungkin akan mencoba menarik dirinya dari posisi duduk ke berdiri. Di usia ini bahkan bayi mulai berjalan melangkah sambil berpegangan pada furnitur. Terkadang ia juga melepas pegangannya dan berdiri tanpa berpegangan. Namun, ia mungkin merasa agak sulit untuk duduk lagi, jadi Ibu harus membantu si Kecil.

Pada usia 10 bulan, koordinasi bayi meningkat dengan pesat. Si Kecil cukup mahir dalam mengambil benda-benda kecil dengan menjepitnya. Selain itu, si Kecil juga mulai mencari tahu cara memasukkan benda yang lebih kecil ke benda yang lebih besar. Ibu bisa berikan si Kecil cangkir plastik dan biarkan bayi menumpuknya.

Bayi pada usia ini adalah peniru. Ibu mungkin akan melihat bayi meniru hampir semua yang Ibu lakukan. Mulai dari menyisir rambut hingga mengangkat telepon. Si Kecil juga akan mendengarkan saat Ibu berbicara dan meniru kata yang Ibu ucapkan. Jadi, pastikan Ibu selalu memberikan kata-kata yang baik atau berbicara mengenai hal-hal yang si Kecil lihat. 

Setiap bayi tentunya memiliki kecepatan yang berbeda dalam tumbuh kembangnya, Bu. Namun, Ibu tetap harus memantau perkembangan bayi apakah sesuai milestone atau tidak. Berikut ini perkembangan bayi usia 10 bulan secara umum, yaitu:

  • Berjalan melangkah sambil memegang tangan atau berpegangan pada furnitur.

  • Menunjukkan rasa ingin tahu dan mengeksplorasi cara kerja sesuatu.

  • Memahami satu perintah sederhana.

  • Dapat melambaikan tangan.

  • Memberi respon saat namanya dipanggil

  • Bisa minum dari cangkir sendiri.

  • Berdiri tanpa bantuan.

Mengetahui seperti apa perkembangan bayi dari bulan ke bulan sangatlah penting, Bu. Karena, idealnya stimulasi yang Ibu berikan harus sesuai dengan usia bayi dan mengikuti tonggak pencapaian si Kecil di tiap bulan usianya.

Sebab, bayi yang mendapatkan stimulasi berlebih yang tidak sesuai usianya bisa membuat si Kecil cepat rewel atau menangis karena kelelahan menerima terlalu banyak rangsangan dan sensasi di luar batas kemampuannya. 

Untuk itu, stimulasi apa pun yang akan Ibu berikan ke bayi sebaiknya selalu disesuaikan dengan kemampuan di usianya, ya!

Baca Juga: Panduan Berat Badan Bayi Normal Usia 0-12 Bulan

Cara Stimulasi Bayi di Usia 10 Bulan

Setelah mengetahui perkembangan umum pada bayi 10 bulan, sekarang giliran Ibu memberikan stimulasi yang sesuai agar kemampuannya berkembang optimal. Berikut ini adalah berbagai ide stimulasi untuk bayi 10 bulan yang bisa Ibu coba, yaitu:

1. Sembunyikan Mainan di Bawah Cangkir

Pertama, cara stimulasi yang bisa Ibu lakukan yaitu menyembunyikan mainan di bawah cangkir. Permainan ini dapat membantu si Kecil mengembangkan keterampilan kognitif penting seperti pelacakan objek.

Selain itu, Ibu juga dapat mengajarkan bahasa preposisi pada bayi, seperti di atas, di bawah, dan di dalam dengan cara ini.

Pertama, tempatkan satu set cangkir susun berbaris di atas meja. Lalu letakkan mainan pada salah satu cangkir. Kemudian acak-acak posisi cangkir dan minta si Kecil menunjukkan cangkir mana yang berisi mainan.

Kemungkinan bayi akan bingung saat pertama kali melakukannya. Namun, Ibu akan melihat mata si Kecil fokus memperhatikan cangkir dan berhasil menemukan mainan di dalamnya.

2. Lempar dan Tangkap Bola

Meluangkan waktu untuk bermain bersama si Kecil dapat bantu mengembangkan keterampilan sosial-emosional, kognitif, bahasa, serta keterampilan fisik si Kecil dengan cara yang menyenangkan. 

Melempar dan menangkap bola merupakan salah satu cara stimulasi dasar, namun dapat membantu memperkuat keterampilan motorik kasar dan halus, serta melatih koordinasi pada si Kecil.

Gunakan bola yang besar, lembut, dan ringan agar cukup aman untuk bayi pada usia ini. Caranya, ajak si Kecil duduk di lantai dengan jarak tidak terlalu jauh dari Ibu.

Setelah itu gulirkan bola menuju ke arahnya. Minta si Kecil untuk menggulirkan bola ke Ibu atau bisa juga dengan dilempar.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Bayi Mau Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasi Sakitnya

3. Membuka Kado

Selanjutnya, cara stimulasi untuk bayi 10 bulan yaitu mengajak si Kecil membuka kado. Tempatkan mainan favorit si Kecil atau buku di dalam kotak karton kosong, tidak perlu sesuatu yang baru, Bu. Setelah itu bungkus dengan kertas warna-warni atau koran bekas.

Tunjukkan pada bayi cara merobek kertas untuk membuka "kado" tersebut, sambil berkata "Ayo dirobek kertasnya, kira-kira apa ya isi di dalamnya?".

Jika si Kecil sudah bisa merobeknya, biarkan ia membuka kotaknya dan menemukan mainan favoritnya di dalam kotak. Kegiatan ini dapat membantu mendorong kemampuan motorik si Kecil, dan juga keterampilan bahasanya.

4. Rutin Membacakan Buku

Membacakan buku pada si Kecil juga stimulasi yang bagus untuk bayi usia 10 bulan, Bu. Bacakan buku bergambar untuk si Kecil, meskipun ia mungkin belum sepenuhnya mengerti apa Ibu katakan.

Namun, Ibu harus selalu membacakannya dengan nada dialog, agar bayi bisa memahami emosi dari cerita tersebut. Dengan membacakan buku, kosa kata si Kecil akan bertambah dan daya ingat pada bayi juga meningkat.

5. Berikan Ruang yang Aman dan Luas

Bayi usia 10 bulan mulai senang mengeksplorasi berbagai hal di sekitarnya, Bu. Oleh karena itu, Ibu bisa memindahkan furnitur atau benda-benda yang dapat membahayakan si Kecil. Dengan begitu, ruangan menjadi lebih luas dan bayi akan bebas merangkak.

Semakin banyak ia merangkak, semakin baik melatih ototnya untuk kemampuan yang akan datang, seperti berjalan. Jika ada tangga di rumah, berikan pagar pengaman untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Keberanian Si Kecil

6. Ngobrol dengan Si Kecil

Selain itu, cara stimulasi yang bagus untuk bayi 10 bulan yaitu melakukan percakapan dengan rutin bersama si Kecil. Ibu dapat membantu bayi memahami arti kata-kata dengan mengobrol saat Ibu melakukan aktivitas sehari-hari.

Misalnya saat memandikan bayi, memakaikan baju, atau mengganti popok. Ibu dapat berkata, "Nak, ayo pakai baju dulu. Ini bajunya lucu, ya, ada gambar kucingnya." Bayi usia 10 bulan tertarik dengan percakapan, jadi semakin banyak bicara akan semakin baik untuk perkembangannya, Bu!

7. Dorong Si Kecil untuk Bergerak

Tahukah Ibu, banyak bergerak dapat membangun kekuatan otot bayi untuk gerakan yang lebih kompleks, seperti menarik badan untuk posisi berdiri dan berjalan. Maka dari itu, Ibu bisa bebaskan si Kecil untuk banyak merangkak.

Jika bayi sedang merangkak, Ibu bisa mencoba ikut turun ke lantai dan merangkak bersama si Kecil. Bisa juga sambil bermain kejar-kejaran merangkak, Bu. Pastinya si Kecil akan bersemangat jika bermain bersama Ibu.

8. Habiskan Waktu Bermain di Luar Ruangan

Jangan lupa ajak si Kecil untuk bermain di luar ruangan, ya, Bu. Sebab bermain di luar itu menyenangkan, dan penting untuk pembelajaran dan perkembangan si Kecil. Bayi akan menikmati visual menarik yang belum pernah ia lihat sebelumnya saat berjalan-jalan di luar ruangan.

Bermain di luar ruangan seperti di kebun atau taman memungkinkan bayi merangkak lebih jauh. Seiring dengan bertambahnya usia, ia akan memiliki ruang untuk berlari bahkan melompat-lompat. Si Kecil juga dapat mengembangkan keterampilan motorik halusnya saat ia mengambil daun-daun kering atau kerucut cemara.

9. Mengenalkan Finger Food

Yang terakhir, yaitu mengenalkan finger food pada bayi dan biarkan ia makan sendiri. Tunjukkan pada si Kecil cara menggenggam makanan dan cara memakannya yang benar.

Ibu bisa mengajak si Kecil makan bersama dengan anggota keluarga lainnya, biarkan bayi memperhatikan cara makan Ibu dan Ayah. 

Pastikan juga menu MPASI si Kecil selalu tinggi DHA yang terbukti optimalkan daya pikir, prebiotik FOS: GOS untuk menjaga pencernaan dan memperkuat daya tahan tubuhnya, serta protein, kalsium, dan zat besi. 

Ingat, Bu, 1000 hari pertama kehidupan merupakan momen yang paling penting dalam perkembangan si Kecil, baik dari segi pematangan fungsi kognitif, fisik, psikologis, sampai perilaku dan pematangan fungsi kognitifnya.

Jangan lupa kunjungi BebeJourney sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, koleksi resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!

Semoga artikel ini membantu, ya, Bu.


Referensi:

  • Trust), C. (2021, June 9). The benefits of outdoor play for children | Baby & toddler articles & support | NCT. NCT (National Childbirth Trust). https://www.nct.org.uk/baby-toddler/games-and-play/benefits-outdoor-play-for-children
  • Verywell. (2018). Your 10-Month-Old Baby’s Development and Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-10-month-old-baby-development-and-milestones-4172871
  • Masters, M. (2018, December 27). 10-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-10.aspx
  • ‌Watson, S. (2009, October 22). Baby Development: Your 10-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-10-month-old
  • ‌10-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/10-month-old-baby-milestones-and-development_714
  • ‌10-11 months: baby development. (2022, December 15). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/10-11-months
  • ‌Arora, M. (2019, July 6). 10 Months Old Baby Milestones. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/10-month-baby-milestones/
  • Rohit Garoo. (2014, October 30). 10-Month-Old Baby: Development, Milestones And Growth. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/babys-10th-month-a-development-guide_00103241/
  • ‌Earley, B. (2021, September 21). Best Activities for a 10-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-10-month-old-baby
  • ‌Khan, A. (2019, November 4). Activities for 10 Months Old Baby. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/learning-and-engaging-activities-for-10-months-old-baby/
  • ‌9-10 months: baby development. (2022, December 14). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/9-10-months

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait