Perkembangan Bayi 10 Bulan, si Kecil Sudah Bisa Apa?

Bayi usia 10 bulan sudah bisa berdiri, mulai berjalan dengan dibantu Ibu, dan makan sendiri. Waspada bila di usia ini si Kecil belum bisa duduk sendiri tanpa disangga.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
08 Aug 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Perkembangan bayi 10 bulan - Bebeclub


Di usia 10 bulan, bayi mulai suka meniru ucapan orang tua, mengambil bola untuk dilempar, dan makan finger food secara mandiri. Lalu, apa lagi perkembangan bayi 10 bulan?

Perkembangan Bayi 10 Bulan

Perkembangan fisik tidak hanya menjadi satu-satunya tolak ukur tumbuh kembang bayi usia 10 bulan. Berikut adalah berbagai milestone yang dicapai bayi di bulan ke-10:

1. Berdiri Sendiri

Sekarang otot-otot kaki bayi Ibu semakin kuat. Ia pun sudah mampu mengangkat tubuhnya sambil berpegangan untuk bangkit berdiri. 

Bayi umumnya menarik badan untuk berdiri dengan berpegangan pada furnitur, namun tentu saja Ibu dapat membantunya dengan mengulurkan tangan. 

2. Berjalan dengan Ditatih

Pada usia 10 bulan, sambil terhuyung-huyung si Kecil akan mulai berjalan dengan merambat pada furnitur yang sejajar dengan tinggi tubuhnya. 

Selain dengan merambat pada furnitur di sekitarnya, bayi juga bisa belajar berjalan dengan menggandeng tangan Ibu. 

Di umur ini, si Kecil akan dengan semangat mengelilingi seisi rumah. Ini tandanya ia minta dibimbing untuk belajar berjalan tanpa henti. 

Baca Juga: Cara Melatih si Kecil Berjalan dengan Aman

3. Mengambil Benda-Benda Kecil

Di usia ini bayi sudah memiliki kemampuan untuk mengambil benda-benda kecil dengan jempol dan jari telunjuknya (pincer grasp). 

Meski terlihat sederhana, kemampuan ini merupakan tonggak perkembangan motorik halus yang sangat penting bagi si Kecil. 

Maka, Ibu perlu ekstra waspada dalam meletakkan benda-benda kecil seperti manik-manik atau kancing baju untuk menghindari insiden si Kecil tersedak benda-benda yang tidak diinginkan. 

4. Pintar Makan Sendiri

Di usia perkembangan bayi 10 bulan, ia sudah bisa makan sendiri. Ibu bisa mulai beri finger food atau makanan seukuran jari tangan dan biarkan ia menyuapkan makanan sendiri ke mulut. 

Setelah dari finger food, perlahan bayi mampu makan MPASI dengan sendok. Untuk melatihnya, Ibu bisa memberikan sendok dengan pegangan besar sehingga mudah untuk ia pegang. 

5. Malu Bertemu Orang Baru

Ibu mungkin saja terkejut, sebab bayi 10 bulan dapat terlihat sangat supel dan selalu tersenyum lebar kepada siapa saja yang ia jumpai. 

Meski begitu, bayi juga dapat menunjukkan sikap malu-malu. Contohnya, ia dapat menyembunyikan wajah saat ada orang asing yang mencoba menyapa atau mendekatinya untuk bermain. 

6. Meniru Ucapan dan Tindakan Orang Tua

Bayi usia 10 bulan sudah dapat menyerap berbagai perkataan dan tindakan di sekitarnya. Terutama ucapan dan tindakan Ibu dan Ayah. 

Contoh, bayi mungkin akan mengambil kain dan mencoba membersihkan debu perabotan rumah seperti Ibu, atau memegang telepon di telinganya dan meletakkan kembali seperti Ayah. 

Baca Juga: Ide Sensory Play Mudah untuk Bayi Usia 10 Bulan

7. Senang Mengoceh

Pada perkembangan bayi 10 bulan, ia semakin senang berceloteh dan mungkin akan mengucapkan kata pertamanya.

Di umur bayi belajar bicara, ia akan mengucapkan kata sederhana seperti “cu-cu” untuk minta susu, “ma-ma” ketika ingin dipeluk Ibu, atau berkata “mpus” saat melihat kucing di depan rumah.

8. Paham Kata-Kata Sederhana

Di usia ini pula, bayi sudah bisa memahami kata-kata sederhana yang Ibu ucapkan seperti “No” dan saat Ayah melambaikan tangannya sambil berkata “Da-da”. 

Selain itu, bayi juga mungkin akan mulai merespon instruksi sederhana yang Ibu berikan, apalagi jika instruksi tersebut disertai dengan bahasa tubuh yang jelas. 

Misalnya saat Ibu berkata, “Sini!” sambil menggerakan tangan menandakan si Kecil untuk mendekat. 

9. Komunikasi dengan Gestur Tubuh

Tidak hanya sekadar memahami kata-kata sederhana, bayi Ibu juga sudah bisa menunjuk apa yang diinginkan dengan jari telunjuknya. 

Ia juga mampu melambaikan tangan tanda perpisahan, atau menggelengkan kepala sebagai pertanda “tidak mau”.

10. Meniru Suara Binatang

Mulai usia 10 bulan, bayi sudah bisa menirukan suara binatang. Jadi, saat Ibu mengenalkan nama binatang dan suara yang dikeluarkan, si Kecil bisa meniru suara-suaranya. 

Ibu bisa memotivasi si Kecil untuk menirukan suara binatang dengan mengajukan pertanyaan seperti, “Suara ayam seperti apa?” atau “Gimana suara kambing?

Baca Juga: Cara Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 10 Bulan

11. Penasaran Terhadap Banyak Hal

Jika diperhatikan, perkembangan bayi 10 bulan akan mulai menunjukkan rasa penasaran terhadap banyak hal di sekitarnya. 

Ia akan mulai mengeksplorasi bagaimana suatu benda bekerja seperti bagaimana roda mobil mainannya bisa bergerak berputar-putar. 

Mendatangi dan mengambil benda yang membuatnya penasaran, atau justru melempar benda tersebut untuk melihat apa yang terjadi.

12. Menangis Saat Ditinggal Ibu

Beberapa bulan lalu, mungkin si Kecil tidak terlalu peduli ketika Ibu meninggalkan ruangan sebentar untuk mematikan kompor atau mengambil selimut. 

Namun di perkembangan bayi 10 bulan, si Kecil mungkin akan menunjukkan beberapa tanda separation anxiety sehingga mereka akan menangis saat tidak melihat fisik Ibu langsung. 

Hal ini normal terjadi sebab si Kecil belum memahami konsep object permanence. Menurut mereka, ketika Ibu tidak terlihat mata berarti Ibu menghilang dan tidak ada lagi untuk mereka. 

13. Menggoyangkan Tubuh Saat Dengar Lagu

Menginjak usia 10 bulan, si Kecil sudah mulai mengenal musik dan akan menggoyangkan tubuh mungilnya mengikuti irama saat diperdengarkan lagu. 

14. Takut dengan Suara Kencang

Beberapa bayi usia 10 bulan kerap memperlihatkan rasa takut atau terkejut saat mendengar suara kencang. Misalnya, suara vacuum cleaner, bel pintu pagar, hingga suara petir. 

15. Main Susun Balok

Perkembangan bayi 10 bulan berikutnya adalah bayi sudah bisa bermain susun balok berdasarkan ukurannya dari kecil sampai besar. 

Hal ini menandakan bahwa bayi Ibu sudah memiliki koordinasi tangan dan mata yang sempurna. 

Baca Juga: 16 Ide Aktivitas Bayi di Rumah dengan Space Terbatas

Ibu juga bisa terus rutin monitor perkembangan si Kecil setiap bulan sesuai acuan WHO lewat Growth Tracker di Bebe Journey, lho!

Waspada Tanda-Tanda Keterlambatan Perkembangan Bayi

Ibu perlu waspada apabila bayi 10 bulan menunjukkan sejumlah tanda keterlambatan perkembangan, seperti belum bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Merespon Ibu dan Ayah. 
  • Makan makanan padat. 
  • Babbling, berceloteh, atau mengeluarkan suara apa pun. 
  • Bayi belum bisa duduk tanpa disangga. 
  • Berusaha menarik tubuh untuk berdiri.
  • Bermain dengan kedua kaki.
  • Mengambil benda dalam jangkauannya dengan kedua tangan. 
  • Tidak tertarik dengan mainan atau benda-benda berukuran kecil.

Baca Juga: Berat Badan Bayi 10 Bulan dan Cara Menaikkannya agar Ideal

Perkembangan Bayi 10 Bulan Menuju 11 Bulan

Menuju usia 11 bulan, bayi mulai bersemangat untuk terlibat dalam pembicaraan Ibu dan Ayah. Rasa takutnya berangsur hilang saat bertemu orang asing atau orang yang jarang ditemuinya. 

Di perkembangan bayi 11 bulan nanti, si Kecil sedang senang-senangnya bermain sembunyi dan temukan barang. 

Ia juga masih dalam tahap penasaran akan berbagai hal sehingga akan berusaha mengambil dan menggunakan barang, kemudian membuangnya. Lalu, bayi 11 bulan bisa apa lagi?

Jika Ibu masih punya pertanyaan soal perkembangan bayi lainnya di bulan ke-10 ini, tanyakan langsung dengan tim Bebecare yang siap merespon dengan cepat.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. 10-11 months: baby development. (2024, March 4). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/10-11-months
  2. Your baby’s growth and development — 10 months old. (2023, March 31). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-10-months-old
  3. Your 10-month-old baby’s growth and development. (2023). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/10-month-old-baby-milestones-and-development_714
  4. Watson, S. (2009, October 21). Baby Development: Your 10-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-10-month-old


Artikel Terkait