3 Resep MPASI tinggi Protein untuk Bayi 10 Bulan

Memasuki bulan ke-10, Ibu pasti akan semakin dibuat kagum oleh keterampilan makan bayi yang semakin baik. Untuk itu, Ibu perlu meningkat...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
17 Feb 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi usia 10 bulan sedang makan sendiri


Memasuki bulan ke-10, Ibu pasti akan semakin dibuat kagum oleh keterampilan makan bayi yang semakin baik. Untuk itu, Ibu perlu meningkatkan tekstur MPASI dan porsinya di bulan ini. Bukan hanya untuk bisa mencukupi kebutuhan gizi si Kecil yang makin tinggi, tapi juga untuk melatih keterampilan mulut dan rahangnya untuk mengunyah. 

Terlebih, bayi usia 10 bulan sebenarnya sudah bisa makan sendiri dengan tangannya dan mulai belajar minum sendiri dari cangkir bayi. Nah supaya tidak salah, yuk pahami dulu aturan pemilihan makanan, jadwal, porsi, hingga tekstur MPASI 10 bulan dalam artikel ini!

Aturan Pemberian Makan MPASI Bayi 10 Bulan

Semakin besar usia bayi, kebutuhan gizi dan energinya akan ikut bertambah, Bu. Inilah alasannya pemberian ASI eksklusif perlu ditambah dengan makanan pendamping. 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan World Health Organization (WHO) sendiri merekomendasikan bayi 10 bulan mendapatkan asupan gizi sebanyak 50% dari ASI dan 50% lainnya berasal dari MPASI.

Lalu, seperti apa aturan pemberian makanan untuk bayi di bulan ke-10 ini? Karena si Kecil butuh tambahan energi yang lebih banyak dari bulan sebelumnya, Ibu bisa meningkatkan pemberian MPASI jadi sebanyak 3-4 kali dalam sehari dengan takaran per porsinya setengah mangkuk berukuran 250 ml untuk satu kali makan.

Di antara jadwal makan utamanya, Ibu bisa memberikan 1-2 kali makanan selingan (snack) dengan tetap rutin memberikan ASI.

Masih menurut IDAI, bayi di umur 10 bulan sekarang sudah bisa makan makanan yang dicincang halus (minced), dicincang kasar (chopped), atau makanan seukuran jari yang bisa dipegang oleh anak (finger foods). 

Baca Juga: Resep MPASI 9 Bulan dan Aturan Pemberiannya

Kebutuhan Gizi Bayi 10 Bulan

Namun, memberikan makanan untuk MPASI bayi pada usia ini tentu tidak boleh sembarangan. Menu MPASI 10 bulan yang berkualitas sebaiknya mengandung gizi seimbang, yakni meliputi karbohidrat, protein (terutama sumber hewani), lemak (minyak goreng, santan, mentega), serta buah atau sayur. 

Untuk bayi berusia 10 bulan, IDAI menyarankan agar asupan karbohidrat, protein, dan lemak diberikan dengan komposisi sebagai berikut. 

  • Komposisi karbohidrat: 100-180 kkal/hari. Sebagai perbandingan, ¾ gelas belimbing (100 gram) nasi mengandung 175 kalori.

  • Komposisi protein: 30-35 kkal/hari. Sebagai perbandingan, satu potong daging ayam tanpa lemak ukuran sedang seberat 40 gram mengandung 50 kkal.

  • Komposisi lemak: 90-130 kkal/hari. Sebagai perbandingan, satu potong daging sapi tanpa lemak sebesar 35 gram mengandung 5 kkal.

Selain itu, menu MPASI 10 bulan yang bagus juga harus mencukupi kebutuhan berbagai mikronutrien lain. Misalnya, zat besi, zinc (seng), kalsium, asam folat, serta ragam vitamin (seperti vitamin A, C, D, E, B6, dan B12). 

Seperti Apa Jadwal Makan Bayi 10 Bulan?

Idealnya, berikanlah si Kecil makan sesuai sinyal lapar dan kenyang yang ia tunjukkan, Bu. Artinya, berilah bayi makan ketika lapar dan selesaikan makanan ketika anak sudah merasa kenyang. Jika belum waktunya makan besar dan si Kecil menunjukkan tanda-tanda lapar, Ibu boleh saja memberikan camilan 1-2 kali di sela waktu makannya.

Lebih detailnya, berikut adalah contoh jadwal makanan bayi 10 bulan yang bisa Ibu jadikan sebagai panduan sehari-hari:

  • Pukul 06.30 pagi: minum ASI setelah bangun tidur. 

  • Pukul 08.30 pagi: sarapan MPASI. 

  • Pukul 10.00 pagi: minum ASI. 

  • Pukul 12.00 siang: MPASI siang.

  • Pukul 13.30 siang: berikan makanan selingan. 

  • Pukul 15.00 sore: minum ASI. 

  • Pukul 18.00 sore: MPASI malam.

  • Pukul 19.30 malam: minum ASI.

Memberikan MPASI sesuai jadwalnya sangat penting bagi si Kecil untuk membiasakan perutnya agar tidak “kaget” dengan perubahan pola makan ini. 

Di samping itu, membuat jadwal makan juga dapat membantu bayi mengenali tanda lapar dan kenyang sehingga ia tidak terbiasa makan berlebihan.

Baca Juga: Cara Menghangatkan MPASI dan Menyiapkan Makanan Bayi

Bayi Usia 10 Bulan Sudah Boleh Makan Apa Saja?

Pilihan makanan untuk MPASI 10 bulan ini sudah lebih beragam daripada bulan sebelumnya, Bu. Jadi, Ibu jangan ragu untuk memperkenalkan bayi usia 10 bulan dengan berbagai jenis pilihan MPASI lainnya yang mungkin belum pernah dicicipinya, ya.

Apabila bayi sudah cukup familiar dengan beberapa lauk, buah, dan sayur-sayuran di usia 10 bulan ini, sekarang saatnya memperkenalkan makanan baru. Yang paling penting adalah tetap perhatikan beberapa jenis makanan yang memiliki tekstur terlalu keras agar tidak berisiko membuat bayi tersedak.

Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan jenis makanan yang bisa Ibu berikan pada si Kecil:

  • Aneka buah-buahan, seperti pisang, pir, peach, stroberi, anggur, pepaya, buah naga, mangga, dan lain sebagainya. 

  • Sayuran yang telah dimasak matang, misalnya wortel, buncis, kacang panjang, bayam, dan labu.

  • Makanan bertepung sebagai pelengkap karbohidrat, seperti roti, nasi, pasta, dan kentang sebagai sumber energi.

  • Makanan yang mengandung protein, seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan yang berguna untuk tumbuh kembang anak.

  • Produk olahan susu, seperti keju atau yoghurt terpasteurisasi. 

Saat memasuki usia 10 bulan, terkadang si Kecil sudah bisa menunjukkan rasa suka atau tidak suka terhadap sesuatu, termasuk makanan. 

Jadi mungkin Ibu akan mungkin perlu 10 kali percobaan atau bahkan lebih sampai si Kecil mau dan terbiasa dengan makanan, rasa, dan tekstur baru. Akan ada hari-hari ketika mereka makan lebih banyak, kemudian hari lainnya makan lebih sedikit dan bahkan menolak makan sama sekali.

Jangan khawatir, Bu, karena ini adalah bagian normal dari perkembangan bayi. Di usia ini, bayi suka mengeksplorasi dan mempelajari hal-hal yang baru, jadi sabar saja dan terus tawarkan berbagai makanan dan biarkan mereka terbiasa dengan waktu mereka sendiri.

Menawarkan berbagai macam makanan yang berbeda sangat penting untuk memastikan si Kecil mendapatkan energi dan nutrisi yang cukup. 

Baca Juga: Menambahkan Bumbu Aromatik (Bumtik) dalam MPASI, Amankah?

Rekomendasi Resep Menu MPASI untuk Bayi 10 Bulan

Setelah mengetahui beberapa bahan makanan untuk menu MPASI si Kecil, ada beberapa rekomendasi resep makanan bayi 10 bulan yang sangat mudah untuk Ibu buat di rumah. Yuk, lihat resepnya di bawah ini!

1. Telur Orak-Arik Keju

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 butir telur ayam.

  • 1 sendok teh air.

  • ¼ keju cheddar parut.

  • 1 sendok teh minyak zaitun.

  • 1/2 ikat bayam yang sudah dipotong kecil-kecil

Cara membuat:

  1. Dalam sebuah mangkuk kecil, kocok telur, air, dan bayam.

  2. Panaskan minyak zaitun di atas wajan. Tuang telur, aduk rata menggunakan spatula secara perlahan sampai menjadi orak-arik. 

  3. Sebelum matang sepenuhnya, masukkan parutan keju. Lalu, masak kembali hingga matang sempurna. 

  4. Angkat dan tuang ke piring saji. 

Baca Juga: 11 Manfaat Keju untuk Bayi MPASI dan Tips Penyajiannya

2. Sup Ayam Kentang

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah kentang berukuran sedang, kupas kulitnya dan potong dadu.

  • ½ cangkir daging ayam tanpa kulit.

  • ½ buah bawang bombay.

  • ½ cangkir keju cheddar parut.

  • 2 siung bawang putih.

  • 2 sendok makan butter.

  • 2 gelas air. 

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, panaskan butter di atas wajan atau pan terlebih dahulu.

  2. Tumis bawang bombay dan masak sampai harum. Kemudian, masukkan bawang putih, lalu masak selama beberapa menit. 

  3. Tambahkan potongan kentang, lalu masak kembali. Angkat dan sisihkan. 

  4. Rebus air dalam panci dan tuang tumisan bawang bombay, bawang putih, kentang, dan keju yang telah diparut. Gunakan api kecil dan tunggu sampai mendidih. 

  5. Masukkan daging ayam. Tutup panci dan biarkan mendidih selama kurang lebih 10 menit sampai benar-benar matang. 

  6. Angkat sup dan sajikan selagi hangat.

Baca Juga: 12 Resep MPASI untuk Bayi Sembelit

3. Spaghetti Saus Daging

Bahan yang dibutuhkan:

  • ¼ bawang bombay cincang.

  • 1 siung bawang putih cincang.

  • 2-3 sdm daging sapi giling.

  • 2-3 buah tomat.

  • 2 gelas susu cair putih.

  • ¼ blok keju cheddar parut.

  • ¼ minyak goreng.

  • ¼ sdt margarin.

  • Segenggam spaghetti (sesuaikan dengan porsi anak).

Cara membuat:

  1. Rebus tomat terlebih dulu. Lalu, buang kulit dan bijinya. Kemudian, haluskan dan sisihkan.

  2. Masak air sampai mendidih. Lalu, masukkan spaghetti. Taburi sedikit garam serta minyak goreng agar pasta tidak lengket. Masak selama 10-12 menit. 

  3. Panaskan margarin dalam wajan. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi. 

  4. Masukkan daging dan tomat yang telah dihaluskan. Aduk sampai merata. Beri sedikit air.

  5. Tunggu sampai airnya habis, masukkan pasta yang sudah matang. Aduk sampai merata. 

  6. Taburi keju parut dan sajikan. 

Nah, itu dia beberapa resep MPASI yang mudah Ibu buat di rumah untuk bayi 10 bulan. Selamat mencoba, ya!

Jangan lupa, Ibu juga bisa mengakses lebih banyak lagi inspirasi MPASI bayi sesuai tahapan umurnya di Bebe Journey. Di sini, Ibu juga bisa mengecek informasi dan fitur edukatif yang dapat dilakukan si Kecil setiap bulannya untuk mendukung tumbuh kembang hebatnya.

Semoga informasi ini dapat membantu ya, Bu!

Baca Juga: Resep MPASI 11 Bulan dan Aturan Pemberiannya

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi. Diakses pada 28 Desember 2022.
  2. Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/nutrisi-pada-bayi-dan-batita-di-era-new-normal-pandemi-covid-19. Diakses pada 28 Desember 2022.
  3. Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/kemampuan-motor-bayi-terkait-dengan-keterampilan-kemampuan-makan. Diakses pada 28 Desember 2022.
  4. Ikatan Dokter Anak Indonesia. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pentingnya-mengatur-jadwal-makan-anak. Diakses pada 28 Desember 2022.
  5. Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/10-month-old-baby-food-amazing-ideas-chart-recipes-and-more/#tastyrecipesthatyoucantry. Diakses pada 28 Desember 2022.
  6. Flo. https://flo.health/being-a-mom/your-baby/baby-care-and-feeding/10-month-olds-feeding-schedule. Diakses pada 28 Desember 2022.
  7. Baby Center. https://www.babycenter.com/baby/schedules/sample-baby-schedules-for-11-and-12-month-olds_3657182#sample-11monthold-feeding-schedule. Diakses pada 28 Desember 2022.


Artikel Terkait