Normalkah Bayi 8 Bulan Belum Bisa Merangkak?

Merangkak merupakan salah satu keterampilan yang dipelajari pada tahun awal kehidupan seorang anak. Saat si Kecil mulai bisa merangkak, ...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
29 Mar 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi sedang belajar merangkak di atas lantai.


Merangkak merupakan salah satu keterampilan yang dipelajari pada tahun awal kehidupan seorang anak. Saat si Kecil mulai bisa merangkak, kemampuan motorik halus dan kasar, keseimbangan, serta koordinasi antara mata dan tangannya semakin meningkat. Nah, sebagian besar bayi sudah mulai belajar merangkak di akhir bulan ke-6 bulan usianya. Lalu jika bayi belum bisa merangkak meski usianya sudah mencapai 8 bulan, apakah ini normal atau patut diwaspadai?

Yuk, kenali di umur berapa bayi paling lambat belajar merangkak, tanda-tanda bayi siap belajar merangkak, hingga cara stimulasi bayi agar cepat merangkak di artikel ini!

Normalkah Bayi 8 Bulan Belum Bisa Merangkak?

Merangkak adalah salah satu keterampilan yang menandakan perkembangan motorik kasar bayi berjalan dengan baik. Dengan merangkak, si Kecil dapat berpindah tempat sehingga lebih leluasa mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Merangkak juga menjadi awal dari kemandirian si Kecil. Jadi, sangat penting bagi Ibu untuk memahami setiap tahapan prosesnya. 

Sebelum bisa merangkak, bayi akan belajar untuk duduk dulu. Setelah kira-kira sudah mampu duduk sendiri tanpa bantuan, ia akan belajar merangkak untuk berpindah tempat dan mulai menjelajah lingkungan sekitarnya di sekitar usia 7-10 bulan.

Masing-masing bayi pun memiliki caranya tersendiri untuk belajar merangkak. Ada yang bergerak mundur dulu, ada yang bergeser (ngesot) dengan bokong, dan ada pula yang merayap, yaitu bergerak dalam posisi tengkurap dengan dada dan perut yang tetap menyentuh permukaan lantai. 

Ketika kekuatan tangan, kaki, punggung, dan kontrol kepalanya sudah lebih mantap, si Kecil akan belajar menopang berat tubuhnya dengan kaki dan tangan, lalu bergerak maju menggunakan kaki dan tangannya secara bergantian. Ini yang kita sebut sebagai merangkak.

Jadi jika bayi belum bisa merangkak padahal usianya sudah 8 bulan, cobalah untuk tidak terlalu khawatir. Ini bukan berarti bukan berarti perkembangannya terganggu, kok, Bu.

Sebab, setiap bayi memiliki laju tumbuh kembang yang berbeda, sehingga bisa saja ada bayi yang memang baru bisa merangkak setelah usianya di atas 8 bulan. Bahkan, ada juga yang melewatkan fase merangkak dan langsung belajar jalan. 

Namun, Ibu bisa tetap berkonsultasi pada dokter ahli untuk benar-benar memastikan apakah perkembangan si Kecil sudah sesuai usianya. Nah Selain dari panduan di atas, Ibu juga bisa mengecek tumbuh kembang bayi 8 bulan apakah sudah sesuai dengan tahapan usianya melalui tools Bebe Journey, lho!

Baca Juga: Resep MPASI Bayi 8 Bulan dan Aturan Pemberiannya

Tanda-Tanda Bayi Siap Belajar Merangkak

Si Kecil akan belajar merangkak secara bertahap. Biasanya dimulai dari belajar posisi menungging atau mengangkat pantat, lalu mereka mulai bergerak merayap dengan perut mereka.

Selama mereka terlihat terus menggunakan lengan dan kaki di kedua sisi tubuhnya untuk bergerak, Ibu tidak perlu khawatir, ya. 

Di sisi lain, Ibu juga harus mengenali beberapa tanda bayi siap mulai merangkak supaya stimulasi yang diberikan juga tepat sesuai kemampuan si Kecil.

Berikut adalah beberapa tanda bayi siap merangkak:

  • Bayi bisa berguling dari depan ke belakang dan sebaliknya.

  • Bayi bisa mengubah posisi duduk dengan tangan dan kakinya.

  • Bayi bisa menggeser tubuhnya menggunakan pantat atau perutnya.

  • Bayi akan mulai merayap seperti ulat ketika tengkurap. Lalu, ia akan bersusah payah untuk mengangkat tubuhnya dengan kedua lengannya. 

  • Bayi bisa mengambil benda atau mainannya dari jarak jauh. Ia juga akan bergerak merayap menggunakan perutnya.

Itu dia berbagai tanda yang bisa Ibu perhatikan jika si Kecil sudah bisa diajarkan merangkak. Bila belum terlihat tanda-tanda di atas, jangan panik. Insting untuk mulai belajar merangkak akan pelan-pelan muncul secara alami, kok, Bu. Yang paling penting, Ibu dan Ayah selalu memantau progres perkembangan bayi di usia 8 bulan ini. 

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Jalan dan Bagaimana Melatihnya? 

Cara Stimulasi Bayi 8 Bulan agar Cepat Merangkak

Jika si Kecil mulai banyak bergerak dan berusaha untuk mengangkat badannya, Ibu harus siap untuk menstimulasi si Kecil agar dapat mengikuti fase merangkak.

Membantu belajar merangkak bukanlah tentang mengajarkan si Kecil, tetapi lebih tentang memberi si Kecil kesempatan untuk melatih keterampilan yang mereka butuhkan.

Ibu dapat melakukan beberapa cara stimulasi di bawah ini agar bayi cepat belajar merangkak:

1. Kurangi Waktu di Bouncer dan Kursi Bayi

Cara stimulasi bayi agar cepat merangkak adalah membiarkan si Kecil bereksplorasi di lantai. Apabila si Kecil terlalu lama diletakkan di bouncer atau kursi bayi, ia mungkin akan lebih lama untuk belajar merangkak.

Meletakkan bayi terlalu lama di bouncer, stroller, atau tempat tidur hanya akan mengurung bayi dan membatasi si Kecil untuk bereksplorasi. Sebaiknya biarkan si Kecil bermain lebih lama di lantai yang nyaman dan aman agar ia bebas bereksplorasi di sekitarnya.

2. Sering Tummy Time

Ajak si Kecil melakukan tummy time secara rutin juga bisa menjadi cara stimulasi agar bayi cepat merangkak. Ketika si Kecil menghabiskan waktu berbaring tengkurap, ia akan berlatih mengangkat kepalanya.

Ini akan memperkuat bagian punggung serta membuat anggota tubuhnya bergerak bebas. Kedua aktivitas ini bisa memperkuat otot yang mereka perlukan untuk merangkak.

Selain itu, Ibu juga bisa mencoba tummy time dengan berbaring telentang dan letakkan si Kecil di atas perut Ibu, sehingga Ibu dapat melihat wajahnya saat dia berlatih mengangkat kepalanya.

3. Beri Ruang Gerak yang Luas dan Nyaman

Bu, jangan lupa siapkan ruangan yang nyaman untuk si Kecil agar ia bebas bergerak dengan aman. Berikan mainan untuk si Kecil agar ia lebih tertarik untuk bereksplorasi.

Pastikan juga lantai untuk bermain si Kecil dalam keadaan bersih dan tidak ada benda-benda berbahaya di sekitarnya. Lantai yang tidak dilapisi karpet biasanya akan membuat bayi lebih mudah untuk bergerak.

Baca Juga: 5 Cara Seru Ajarkan Anak Mengenal Warna Sejak Dini

4. Contohkan Cara Merangkak

Merangkak bersama si Kecil dapat menjadi salah satu cara stimulasi agar bayi cepat merangkak. Si Kecil mungkin tidak tahu bagaimana cara mulai bergerak atau merangkak.

Ibu bisa menunjukkan kepada mereka apa yang harus dilakukan. Mungkin si Kecil akan meniru gerakan Ibu dan mencoba bergerak merangkak. Si Kecil mungkin mulai merangkak lebih cepat jika Ibu ikut merangkak bersama.

5. Letakkan Mainan Favorit si Kecil di Sekitarnya

Berikan motivasi si Kecil agar lebih semangat bergerak dengan meletakkan mainan favoritnya saat ia tengkurap. Letakkan mainan itu agak jauh dari jangkauannya, biarkan si Kecil berusaha untuk meraih mainannya itu. 

Selain itu, Ibu juga bisa meletakkan cermin di depan si Kecil. Saat si Kecil melihat pantulan dirinya di cermin, ini bisa memotivasi mereka untuk bergerak merangkan secara bertahap ke objek tersebut.

Selalu ingat bahwa semua bayi memiliki waktu tumbuh kembang yang berbeda-beda, tapi jika Ibu merasa si Kecil memiliki perkembangan yang jauh berbeda dengan anak seusianya, jangan ragu untuk berbicara pada dokter ahli, ya!


Referensi:

  1. Baker, L. C. (2016, August). Simple Steps for Teaching Your Baby to Crawl. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/teaching-baby-to-crawl#Whats-involved-in-learning-to-crawl?
     
  2. WebMD Editorial Contributors. (2021, March 22). When Does a Baby Learn to Crawl? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/when-does-a-baby-learn-to-crawl
     
  3. WebMD. (2011, September 26). Baby Developmental Milestones: By 8 to 12 Months. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-milestones-8-12-months
     
  4. Donovan, L. (2016, February 23). My baby is 8 months old and isn’t crawling yet—is this typical? - ZERO TO THREE. ZERO to THREE. https://www.zerotothree.org/resource/my-baby-is-8-months-old-and-isnt-crawling-yet-is-this-typical/
     
  5. ‌How to Teach a Baby to Crawl. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/at-what-age-will-your-baby-start-to-crawl-5085117


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait