10 Ide Sensory Play yang Seru untuk Anak 1 Tahun

Di usia 1 tahun, anak semakin aktif, ekspresif, dan rasa ingin tahunya meningkat, Bu. Selain perubahan bentuk fisiknya, si Kecil mulai m...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
28 Apr 2023
Anak perempuan bermain pasir.


Di usia 1 tahun, anak semakin aktif, ekspresif, dan rasa ingin tahunya meningkat, Bu. Selain perubahan bentuk fisiknya, si Kecil mulai menguasai keterampilan motorik baru yang akan membantunya menjadi lebih mandiri. Nah, sensory play menjadi aktivitas yang dapat membantu keterampilan motorik si Kecil.

Untuk mengetahui pengertian sensory play, manfaatnya untuk anak, serta contoh aktivitasnya, simak artikel selengkapnya di bawah ini, ya, Bu!

Apa Itu Sensory Play?

Pada dasarnya, sensory play adalah permainan yang melibatkan indra anak seperti sentuhan, bau, penglihatan, suara, dan rasa. Selain itu, sensory play mencakup permainan yang melibatkan gerakan, keseimbangan, dan kesadaran spasial. Kesadaran spasial itu sendiri adalah kemampuan yang dimiliki anak untuk memvisualisasikan suatu objek dengan sangat detail, juga kemampuan untuk menyajikan, membentuk, serta memahami perspektif ruang dan dimensi.

Nah, indera ini merupakan cara mereka belajar dan memahami banyak hal baru yang dialaminya setiap hari. Ketika seorang bayi lahir, indra mereka belum sepenuhnya berkembang

Seiring berjalannya waktu, anak akan menjelajahi dunia sensorik di sekitarnya. Permainan ini memberi kesempatan anak untuk terlibat secara langsung sehingga berdampak pada tumbuh kembang si Kecil. Saat bermain, anak juga mendapat kebebasan untuk bereksplorasi sehingga dapat mendorongnya menjadi anak yang lebih percaya diri dan berani melakukan apa pun. 

Berikut adalah beberapa manfaat sensory play untuk anak usia dini:

  • Mengasah keterampilan motorik: Gerakan seperti mencubit, memutar, menuang merupakan cara anak melatih dan menyempurnakan otot-otot kecilnya, terutama di jari dan tangan. 

  • Mengoptimalkan kemampuan kognitif: Sensory play yang meliputi aktivitas mengamati, mendengar, dan merasakan akan memperluas proses berpikir anak. Si Kecil dapat mempelajari keterampilan pra-matematika, seperti perbandingan ukuran, penyortiran, pola, dan mencocokkan.

  • Menstimulasi kemampuan berbahasa: Dengan melibatkan indra, si Kecil belajar bagaimana mengungkapkan pengalaman yang ia dapatkan saat bermain. Pada akhirnya, anak akan menggunakan kata-kata yang lebih deskriptif untuk berkomunikasi.

  • Mendukung keterampilan sosial: Anak akan belajar cara berkomunikasi, memecahkan masalah, dan belajar beradaptasi dengan cara orang lain bermain. 

Baca Juga: Manfaat Smell Sensory Play dan Ide Permainannya

Ide Sensory Play untuk Anak 1 Tahun

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaatnya, sekarang Ibu bisa memberikan ragam aktivitas sensory play untuk anak 1 tahun yang pastinya seru dan menyenangkan bagi si Kecil. Apa saja, ya?

1. Bermain Mie

Rebus sebungkus mie, dinginkan, letakkan di wadah plastik, lalu biarkan anak bermain sepuasnya.

Sensory play dengan mie dapat membantu si Kecil mengembangkan indra mereka dengan berbagai cara. Tekstur lengket dan kenyal memberikan pengalaman baru pada indra anak yang membantu mereka untuk belajar.

2. Adonan Tepung

Aktivitas sensory play untuk anak 1 tahun berikutnya ialah menggunakan adonan tepung. Ibu cukup mengambil tepung kemudian taruh di atas nampan, lalu bebaskan anak bermain-main dengan tepung. Si Kecil akan senang berkreasi membuat cetakan jarinya sendiri dengan tepung. Tentunya hal ini baik untuk melatih keterampilan seni si Kecil, Bu.

Setelah asyik bermain dengan tepung, Ibu bisa tambahkan sedikit air sehingga menjadi adonan. Ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman berbeda saat si Kecil menyentuhnya. Anak akan melihat eksperimen sains saat menyaksikan bagaimana air mengubah tepung menjadi padat.

3. Lukisan Sidik Jari

Sensory play yang satu ini mungkin terkesan “berantakan”, tetapi melukis dengan jari atau finger painting merupakan pilihan yang baik untuk anak. Si Kecil akan merasakan sensasi dingin pada cat air saat melukis. 

Untuk membuat karya seni yang lebih indah, Ibu bisa ajak anak menempelkan jarinya yang sudah dicelupkan cat air ke kertas karton sampai membentuk kelopak bunga. Anak pastinya akan senang melihat hasil karyanya itu, Bu.

4. Marakas 

Ide sensory play untuk anak 1 tahun yang selanjutnya yaitu membuat alat musik marakas dari bahan-bahan yang ada di rumah. Caranya mudah, Bu, cukup dengan memasukkan beras, kacang hijau, atau pasir ke dalam botol bekas, tutup rapat botol agar lebih aman. 

Biarkan anak mengocok botol tersebut. Si Kecil akan menyadari jika botol berisi beras dan botol berisi kacang hijau menghasilkan suara yang berbeda.

Baca Juga: Pasti Seru! Berikut 14 Mainan Edukasi untuk Anak 1 Tahun

5. Bermain Kertas Basah

Nah, sensory play yang satu ini juga mudah untuk dilakukan, Bu. Caranya yaitu dengan mengisi nampan dengan air, lalu sediakan beberapa kertas untuk dicelupkan oleh anak.

Si Kecil nantinya akan takjub merasakan tekstur baru yang dihasilkan dari kertas basah. Mungkin terlihat sederhana, tapi anak memang punya rasa ingin tahu yang tinggi tentang objek benda sehari-hari.

6. Sortir Bola dengan Sendok

Selanjutnya, menyortir bola dengan sendok juga bisa menjadi rekomendasi sensory play untuk anak 1 tahun. Aktivitas ini baik untuk koordinasi mata dan tangan serta keterampilan motorik halus si Kecil.

Siapkan dua mangkuk, kemudian isi satu mangkuk dengan bola ping-pong atau pom-pom. Kemudian biarkan anak bermain memindahkan bola dengan sendok ke mangkuk kosong.

7. Papan Tekstur Sensorik

Ibu bisa memberikan papan tekstur sensorik untuk si Kecil yang berusia 1 tahun. Mudah saja membuatnya, Bu. Tutupi papan dengan berbagai jenis benda yang memiliki tekstur berbeda-beda seperti bulu palsu, bubble wrap, alumunium foil, amplas, dan kapas.

Biarkan si Kecil menyentuh ragam benda tersebut satu per satu. Nantinya anak akan merasakan tekstur yang berbeda dari setiap benda yang disentuhnya.

Baca Juga: 8 Aktivitas Brain Gym untuk Stimulasi Kecerdasan Anak

8. Bermain Buah dan Sayur

Ajak anak membantu menyiapkan bahan-bahan makanan, seperti sayur-mayur atau buah-buahan. Biarkan si Kecil bermain dengan sisa kulit kentang, wortel, atau apel. Aktivitas ini membuat si Kecil belajar mengenai tekstur dan bau yang berbeda.

9. Bermain Es Batu

Mengajari anak tentang panas dan dingin bisa menjadi pelajaran yang sulit. Namun, Ibu bisa membuat pelajaran tersebut menjadi permainan yang menyenangkan untuk si Kecil.

Caranya, Ibu cukup membekukan beberapa mainan anak ke dalam es, lalu biarkan anak bermain-main dengan mainan bekunya itu. Ibu juga bisa berikan segelas air hangat untuk mencairkan es. Anak akan melihat eksperimen es yang berubah menjadi air.

10. Bermain di Taman

Ide sensory play yang terakhir yaitu mengajak anak bermain di taman. Aktivitas outdoor sangatlah baik untuk melatih sensorik anak, Bu. Anak bisa bebas berlarian, melompat, bahkan berguling. Biarkan anak berjalan tanpa alas kaki untuk mengembangkan sensorik mereka.

Berjalan dan berlari tanpa alas kaki di lantai, pasir, rumput, lumpur, dan sejenisnya akan meningkatkan rasa percaya diri anak untuk menggerakkan tubuhnya.

Itu dia berbagai ide sensory play yang bisa Ibu berikan untuk anak usia 1 tahun. Mana, nih, aktivitas yang menurut Ibu paling seru untuk si Kecil?

Baca Juga: 6 Ide Permainan Outbound yang Seru dan Edukatif untuk Anak

Sambil menemani anak bermain, berikan segelas Susu Bebelac 3 GroGreat+ untuk si Kecil. Susu Bebelac 3 GroGreat+ adalah partner tepat Ibu Hebat untuk tumbuhkan Anak Hebat karena memiliki keunggulan berupa Triple A dengan kandungan DHA yang lebih tinggi serta Asam Alfa Linolenat (ALA) dan Asam Linoleat (LA), untuk mendukung si Kecil berpikir lebih kreatif (happy brain).

Bebelac 3 juga memiliki kombinasi serat FOS dan GOS dengan rasio 1:9 yang satu-satunya teruji klinis mendukung saluran cerna si Kecil (happy tummy). Ketika pencernaannya baik, anak juga akan bisa lebih aktif dan ceria, sehingga makin semangat untuk bermain dan mencoba hal-hal baru bersama teman-temannya (happy heart).

 

Temukan Topik Lainnya

  1. Your toddler’s developmental milestones at 1 year. (2020). Unicef.org. https://www.unicef.org/parenting/child-development/your-toddlers-developmental-milestones-1-year‌
  2. 1-Year-Old Child Development Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/1-year-old-developmental-milestones-289864
  3. BabySparks. (2017). Why Barefoot is Best for Baby. Babysparks.com. https://babysparks.com/2017/08/07/why-barefoot-is-best-for-baby/
  4. ‌Contributing, T. (2021, September 13). Sensory Play Activities for Babies and Toddlers. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/sensory-play-activities-babies-toddlers
  5. ‌Hitchinson, A. (2020, August 4). 50 sensory activities for 1-year-olds to spark play + development – The Ivy Academy of Early Learning. Theivyacademy.org. https://theivyacademy.org/50-sensory-activities-for-1-year-olds-to-spark-play-development/
  6. ‌Pelly, J. (2020, June 15). Sensory Play: 20 Great Activities for Your Toddler or Preschooler. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/childrens-health/sensory-play#activities
  7. ‌25 Sensational Sensory Activities for Toddlers. (2022). Rasmussen.edu. https://www.rasmussen.edu/degrees/education/blog/sensory-activities-for-toddlers/
  8. ‌schneik4. (2022, March 18). What Is Sensory Play? The Benefits for Your Child and Sensory Play Ideas. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-sensory-play-ideas/
  9. Mcilroy, T. (2021, August 13). 10 Benefits of Sensory Play in Early Childhood. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-sensory-play/


Artikel Terkait