6 Tips Memilih Susu Formula Terbaik untuk Anak 1 Tahun

Nutrisi yang terkandung di dalam susu formula dapat bantu dukung pembentukkan otak anak yang optimal, Bu, sehingga kedepannya ia dapat t...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
03 Feb 2023
Anak perempuan sedang minum susu di gelas


Nutrisi yang terkandung di dalam susu formula dapat bantu dukung pembentukkan otak anak yang optimal, Bu, sehingga kedepannya ia dapat tumbuh hebat dengan akal kreatif, keterampilan motorik, dan keterampilan sosial-emosional yang baik.

Oleh karena itu, memasuki usia 1 tahun, penting bagi si Kecil untuk meneruskan pemenuhan nutrisi melalui melalui pemberian susu formula yang telah difortifikasi berbagai nutrisi esensial. 

Lantas, bagaimana cara memilih susu formula terbaik untuk anak 1 tahun? Ibu bisa mendapatkan informasi selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Cara Memilih Susu Formula Terbaik untuk Anak 1 Tahun

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik untuk bantu melengkapi kebutuhan gizi harian si Kecil.  Akan tetapi, Ibu perlu jeli dalam memilih susu pertumbuhan yang bagus dan tepat sehingga si Kecil mendapatkan manfaat terbaiknya.

Berikut cara memilih susu formula yang bagus untuk anak 1 tahun: 

1. Pastikan Sesuai Usia Anak

Setiap anak memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda di setiap tahun usianya, Bu. Mari kita ambil contoh berdasarkan AKG (Angka Kecukupan Gizi) yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan. 

Menurut AKG, kebutuhan kalsium anak usia 1-3 tahun adalah 650 miligram (mg) per hari sedangkan untuk usia 4-6 tahun adalah 1000 gram per hari. 

Perbedaan kebutuhan asupan gizi tersebut dipengaruhi banyak hal, salah satunya adalah tingkat aktivitas anak. 

Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk memilih susu pertumbuhan yang sesuai dengan usia si Kecil saat ini. Sebab, setiap jenisnya sudah diformulasikan mengikuti kebutuhan anak di masing-masing usianya.

Jadi, apabila si Kecil baru berusia 1 tahun, artinya Ibu perlu memilih susu pertumbuhan yang memiliki label “untuk usia 1 tahun”.  Begitu pula seterusnya. 

Baca juga: Manfaat Kalsium untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dan 12 Sumber Terbaiknya

2. Pilih yang Diperkaya FOS:GOS

Agar nutrisi yang dikonsumsi dapat diserap secara optimal oleh tubuh, si Kecil harus memiliki sistem pencernaan yang sehat. 

Oleh karena itu, Ibu perlu memilih susu formula yang telah difortifikasi kombinasi serat FOS:GOS dalam rasio 1:9 yang sudah teruji klinis menjaga kesehatan pencernaan anak. Apa sih, yang dimaksud dengan FOS:GOS? 

Pada dasarnya, FOS dan GOS adalah jenis serat yang tidak bisa dicerna oleh lambung sehingga akan langsung dikonsumsi oleh koloni bakteri baik dalam usus yang kita kenal sebagai probiotik. Koloni bakteri baik inilah yang bertanggung jawab memelihara kesehatan organ pencernaan anak. 

Selain itu, FOS:GOS juga ternyata berperan penting untuk mendukung perkembangan otak anak yang optimal. Sebab, adanya asupan FOS:GOS membantu jalur komunikasi antara perut dan otak untuk saling bertukar informasi. 

Jika Ibu belum tahu, saraf-saraf di usus memang bisa terhubung secara langsung dengan bagian otak yang mengatur fungsi kognitif dan emosi anak. Menariknya lagi, karena bisa berkomunikasi langsung dengan otak, saluran pencernaan bisa memberi tahu otak untuk memproduksi hormon yang sedang dibutuhkan si Kecil, salah satunya hormon serotonin yang menghasilkan perasaan senang dan nyaman. 

3. Pilih yang Tinggi DHA

Tiga tahun pertama usia anak sering juga disebut dengan the golden age, Bu, karena pada rentang masa ini otak anak sedang bertumbuh kembang dengan pesat. 

Pertumbuhan pesat ini akan terus berlanjut hingga mencapai 90% ukuran maksimalnya saat anak mencapai usia 5 tahun. 

Untuk mendukung perkembangan otak seoptimal mungkin, anak membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi dari susu formula yang difortifikasi DHA, Bu. 

Kenapa, ya, DHA sangat penting bagi pertumbuhan otak anak?

DHA atau asam dokosaheksaenoat adalah menyusuk sekitar 30% komponen otak dan berfungsi sebagai pendukung kerja neurotransmitter agar menjadi lebih optimal. 

Neurotransmitter sendiri merupakan senyawa kimia dalam tubuh yang berfungsi untuk membawa dan mengirimkan pesan antar saraf otak atau dari saraf otak ke berbagai jaringan tubuh. 

Misalnya perintah dari saraf otak ke sistem pencernaan untuk menggiling makanan atau ke otot tangan dan kaki supaya si Kecil bisa bergerak.

Menariknya lagi, asupan DHA dari susu formula juga dapat bantu mengoptimalkan keterampilan sosial emosional anak sehingga ia mampu berinteraksi secara positif dengan orang lain dan teman-temannya. 

4. Pilih Susu yang Rasanya Mirip ASI

Tahukah Ibu kalau susu sapi dan ASI ternyata memiliki rasa dan tekstur yang cukup berbeda? 

ASI memiliki rasa yang lebih manis dan dengan tekstur sedikit lebih encer dan ringan dibandingkan dengan tekstur yang sedikit lebih encer susu sapi. 

Sedangkan dari sisi aroma, dikatakan ASI memiliki bau yang hampir mirip dengan susu sapi, namun baunya lebih lembut, manis, dan memiliki aroma khas masing-masing Ibu. 

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa bau ASI agak mirip bau sabun. Hal tersebut dipengaruhi oleh tingginya kandungan enzim lipase di dalam ASI. 

Nah, rasa dan tekstur ASI yang berbeda dengan susu sapi itulah yang membuat sebagian anak menolak untuk minum susu formula. Oleh karena itu, Ibu bisa Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil dengan susu formula yang rasanya mendekati ASI, yaitu tidak terlalu manis, seperti Bebelac 3 GroGreat+.

Susu Bebelac 3 GroGreat+ dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat, akal kreatif dan hati yang besar! 

Ketika pencernaannya sehat dan moodnya baik, anak juga akan lebih aktif dan bersemangat (happy heart) menjalani berbagai aktivitas yang menunjang perkembangannya!

5. Perhatikan Kondisi Anak

Saat memilih susu formula, Ibu juga perlu memperhatikan kondisi si Kecil dengan seksama, ya. Sebab siapa tahu si Kecil memiliki risiko alergi susu sapi atau intoleransi terhadap laktosa. 

Apabila si Kecil menunjukkan gejala alergi saat minum susu sapi atau produk olahan susu sapi, segera hentikan pemberiannya dan bawa ke dokter anak kepercayaan keluarga.

Jangan lupa untuk mendokumentasikan kondisi si Kecil melalui catatan, video, dan foto, ya, Bu. Nantinya dokumentasi ini akan memudahkan dokter dalam proses pemeriksaan serta pemberian diagnosis. 

6. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Terakhir, jangan lupa cek tanggal kadaluarsanya, ya. Pastikan produk susu formula yang Ibu pilih masih jauh dari masa expired date untuk menjaga kualitas serta manfaatnya tetap optimal. Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah kemasan produk susu masih tersegel rapat, rusak, atau dalam keadaan baik.

Baca Juga: Anak 3 Tahun Harus Sudah Bisa Apa Secara Sosio-Emosional?

Itulah cara memilih susu formula yang bagus untuk anak 1 tahun. Tolong diperhatikan dengan seksama ya, Bu, sebab pemenuhan nutrisi dengan takaran yang tepat pada 3 tahun kehidupan adalah fondasi untuk mengembangkan keterampilan kognitif, motorik, dan sosio-emosional yang akan terus digunakan si Kecil hingga dewasa nanti. 

Nah, Ibu bisa dapatkan lebih banyak lagi informasi tentang  kesehatan pencernaan anak dan tips parenting lainnya dengan mendaftarkan diri Ibu di Bebeclub, gratis!

 

Temukan Topik Lainnya

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3738999/ Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  2. https://www.healthline.com/nutrition/dha-benefits#TOC_TITLE_HDR_15 Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  3. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/article/view/4357/2934 Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  4. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/iron-deficiency/art-20045634#:~:text=Why%20is%20iron%20important%20for,a%20condition%20called%20iron%20deficiency. Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  5. https://raisingchildren.net.au/teens/healthy-lifestyle/nutrients/iodine Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  6. https://kidshealth.org/en/parents/calcium.html#:~:text=We%20only%20get%20one%20chance,prevent%20a%20disease%20called%20rickets. Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  7. https://health.clevelandclinic.org/the-benefits-of-vitamin-c-why-your-child-needs-it/ Diakses pada 14 Oktober 2022
     
  8. https://www.oac.edu.au/news-views/the-importance-of-good-gut-health-in-children/ Diakses pada 14 Oktober 2022
  9. dpowell. (2013). Department of Health | WIC | Breastfeeding Makes a Difference. Nj.gov. https://www.nj.gov/health/fhs/wic/nutrition-breastfeeding/difference.shtml#:~:text=Human%20milk%20is%20sweeter%20and,foods%20easier%20for%20the%20infant.

  10. Annett, J. (2017, June 16). What Does Breast Milk Taste Like? You Asked, We Answered (and More). Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/what-does-breast-milk-taste-like#taste



Artikel Terkait