Cara Jitu Mengatasi Anak yang Tidak Mau Minum Susu

Ibu pasti paham kalau susu merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik bagi anak, karena nutrisinya yang lengkap sangat bermanfaat bagi...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
10 Jun 2024


Ibu pasti paham kalau susu merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik bagi anak, karena nutrisinya yang lengkap sangat bermanfaat bagi proses tumbuh kembang si Kecil. Bahkan, American Academy of Pediatrics merekomendasikan anak-anak untuk minum 2 gelas susu tiap harinya. Namun, ada kalanya anak tidak mau minum susu. Hal ini tentu membuat Ibu khawatir, karena tubuh si Kecil tidak mendapat nutrisi yang cukup. 

Jangan buru-buru putus asa, Bu. Jika anak tidak mau minum susu, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Namun sebelum itu, ketahui dulu penyebab anak tidak mau minum susu formula dalam artikel berikut ini. 

Kenapa Anak Tiba-Tiba Tidak Mau Minum Susu?

Menghadapi si Kecil yang mendadak menolak minum susu terkadang memang bisa membuat frustasi. Tapi, coba Ibu perhatikan kira-kira apa penyebab anak tidak mau minum susu formula dari berbagai macam kemungkinan berikut:

1. Susu Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Kadang, anak bisa menolak minum susu karena saat disajikan suhunya tidak cocok dengan selera anak. Misalnya terlalu terlalu panas atau justru terlalu dingin. Susu yang terlalu panas bisa membuat mulut si Kecil kepanasan, sedangkan susu yang terlalu dingin bisa membuat mual bagi beberapa anak.

2. Rasanya Tidak Seperti Biasa

Selain itu, anak tidak tertarik minum susu bisa juga terjadi karena rasa susunya tidak disukai oleh si Kecil. Perhatikan pula masa kedaluwarsa susu, Bu. Sebab, bila susu sudah kedaluwarsa, bau tengik atau aroma yang tidak sedap pada susu bisa menjadi alasan anak susah minum susu. 

3. Anak Sudah Kenyang

Jika suhu dan rasanya sudah tepat sesuai selera si Kecil tapi ia masih menolak minum, bisa jadi karena ia masih merasa kenyang. Atau, mungkin karena jeda memberikan susu dan waktu makan terakhirnya terlalu dekat. 

4. Ada Distraksi

Apakah anak Ibu minum susu sambil bermain, atau menonton kartun favoritnya di gawai atau televisi? Nah, bisa jadi inilah alasan kenapa anak tidak mau minum susu formula. Oleh karena itu, coba berikan susu di waktu-waktu yang tepat dan tidak banyak kegiatan yang dilakukan si Kecil. Misalkan, sesaat sebelum tidur di malam hari. 

5. Anak Sedang Sakit

Kondisi anak yang sedang sakit atau tubuh tidak fit, seperti karena menderita pilek, radang tenggorokan, demam, hingga infeksi telinga, juga bisa menurunkan nafsu makan dan minum lho, Bu, termasuk minum susu. 

Apakah Minum Susu Masih Penting untuk Anak Balita?

Bu, menginjak usia 1 tahun, anak biasanya akan mulai mengenal berbagai macam makanan dan minuman baru. Sebetulnya tidak apa memang untuk membolehkan anak bereksplorasi mencoba variasi makanan lain. 

Akan tetapi, penting juga untuk Ibu supaya bisa meneruskan pemenuhan nutrisi anak balita agar tumbuh kembangnya optimal lewat asupan makanan bergizi dan pemberian susu. Lantas, apa pentingnya manfaat minum susu untuk anak?

Balita membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Meskipun balita Ibu sudah makan tiga kali sehari dengan menu diet sehat berimbang, susu dan produk olahannya tetap menjadi salah satu sumber kalsium terbaik baginya. 

Tak berhenti sampai di situ, susu juga memiliki banyak manfaat untuk si Kecil. Susu mengandung kalsium, kalium, vitamin D, dan protein yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Jadi, sangat disayangkan jika anak balita tidak mau minum susu, karena manfaat susu sangat baik untuk kesehatan tulang dan giginya. Susu juga baik untuk pembentukan kepadatan tulang selama masa pertumbuhannya. Kalsium pada susu dapat bantu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi si Kecil. Kualitas susu yang baik juga baik untuk menjaga kesehatan tekanan darahnya.

Kandungan vitamin D di dalamnya berfungsi mengatur kebutuhan fosfor dan protein dalam tubuh. Fosfor dan kalsium merupakan salah salah satu zat yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang si Kecil.

Adapun jumlah asupan kalsium yang disarankan bagi batita (1-3 tahun) adalah 650 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 2-3 gelas susu atau produk olahannya per hari. 

 

Baca Juga: Susu dan Pertumbuhan Gigi Anak, Ternyata Saling Berkaitan!

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Minum Susu?

Hampir sebagian besar anak balita akan mengalami fase sulit makan ataupun menolak minum susu. Tapi, tentunya Ibu tak boleh begitu saja menyerah, ya. Apalagi nutrisi yang terkandung di dalam susu tetap penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya saat ini. 

Nah, jika tiba-tiba anak tidak mau minum susu, Ibu bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

  • Hindari memaksa anak minum susu, apalagi dengan membentak-bentak. Coba minta anak secara perlahan-lahan atau dengan cara lebih halus agar mau minum susu.

  • Awali dengan memberikan susu dalam porsi kecil. Jangan langsung memberikan takaran sesuai anjuran atau rekomendasi ideal. 

  • Berikan gelas khusus susu dengan desain dan warna menarik agar anak tertarik meminum susunya. Bila perlu, berikan gelas dengan gambar tokoh kartun favoritnya agar momen minum susu berubah menjadi ritual menyenangkan bagi si Kecil.

  • Sajikan susu sesuai suhu yang disukai anak. Jika anak suka minuman dingin, berikan susu dingin. Sebaliknya, bila ia nyaman dengan susu hangat, berikan susu hangat sesuai seleranya.

  • Berikan susu dalam bentuk smoothie buah-buahan, milkshake, jus buah, menu sereal sarapan. 

  • Coba berkreasi dengan aneka menu makanan atau snack yang menggunakan susu, misalnya krim sup, salad, aneka pasta, puding, permen lolipop, dan lain sebagainya. Jangan bosan mampir ke toko buku atau melihat resep-resep balita agar Ibu makin kreatif.

Baca Juga: Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi pada Anak dan Cara Mengatasinya

Jika alasan si Kecil tidak mau minum susu karena rasa tertentu, Ibu bisa berikan susu Bebelac 3 GroGreat+ yang varian rasa vanila dan madunya pasti disukai anak-anak!

Susu Bebelac 3 GroGreat+ dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil karena dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis, Triple A (DHA yang lebih tinggi, LA, ALA) dan 14 vitamin & 9 mineral penting agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat (happy tummy), akal kreatif (happy brain), dan hati yang besar (happy heart)!

Tertarik mencoba? Yuk, daftar jadi member Bebeclub untuk dapatkan promo dan penawaran menarik lainnya seputar susu Bebelac, Bu!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Garone, S. (2020, December 22). How Much Milk Does a Toddler Need? Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/childrens-health/how-much-milk-should-a-toddler-drink#recommended-amount
  2. WebMD Editorial Contributors. (2021, March 22). Why Does a Baby Refuse a Bottle? WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/baby/why-does-a-baby-refuse-a-bottle#:~:text=If%20your%20baby%20is%20refusing,drink%20at%20their%20own%20pace.
  3. When your child does not drink milk. (n.d.). https://family-medicine.ca/images/doesntdrinkmilkYork1.pdf


Artikel Terkait