Ajari Anak Makan Sendiri, Dukung Imajinasi dan Kreativitas Si Kecil

Ibu, kenapa penting untuk ajari anak makan sendiri sejak dini? Ternyata, hal ini dapat mendukung si Kecil mengawali perjalanannya menjad...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
27 Sep 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK
ajari anak makan sendiri


Ibu, kenapa penting untuk ajari anak makan sendiri sejak dini? Ternyata, hal ini dapat mendukung si Kecil mengawali perjalanannya menjadi mandiri dan kreatif, lho.

Tidak hanya itu, kemampuan makan sendiri akan membantu si Kecil mengembangkan keterampilan motorik halus, mengembangkan kemandiriannya, dan membiarkan anak belajar mengatur nafsu makannya sendiri, lho. Berikut ini berbagai manfaat makan sendiri untuk anak dan tips mengajarkannya. Yuk, kita bahas bersama, Bu!

Manfaat Anak Makan Sendiri 

1. Penerimaan Tekstur Makanan yang Lebih Baik

Salah satu manfaat dari ajari anak makan sendiri adalah membantu si Kecil menjadi lebih nyaman dengan berbagai tekstur makanan yang berbeda, Bu.

Ketika si Kecil memiliki kebebasan untuk menyentuh, merasakan, dan mencicipi makanan dengan caranya sendiri, lambat laun ia menjadi lebih terbuka untuk mencoba berbagai tekstur.

Menurut penelitian, anak-anak akan lebih mungkin menerima peningkatan tekstur makanan saat mereka memiliki kesempatan untuk makan sendiri dibandingkan ketika disuapi oleh orang tua atau pengasuh.

2. Lebih Banyak Variasi Nutrisi

Ketika aktif terlibat dalam memilih dan makan, si Kecil lebih cenderung mengeksplorasi berbagai jenis makanan.

Studi menunjukkan bahwa sebagian besar anak yang yang memulai makan sendiri pada usia dini, cenderung memiliki asupan energi dan nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak makan sendiri.

3. Keterampilan Motorik yang Lebih Baik

Membiarkan si Kecil makan sendiri juga membantu mengembangkan koordinasi tangan dan mata, serta keterampilan motorik halusnya. Anak yang masih disuapi oleh orang lain cenderung lebih sulit belajar mengontrol seberapa cepat makanan masuk ke mulutnya. 

Sementara itu, jika anak diberikan kesempatan untuk makan sendiri, ia akan belajar mengukur berapa banyak makanan yang dapat masuk ke dalam mulutnya. Si Kecil juga akan belajar kapan saat yang tepat untuk menambah lebih banyak makanan secara nyaman. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengajarkan Table Manner pada Anak Sejak Dini

4. Menumbuhkan Kreativitas dan Kemandirian

Ketika si Kecil diberi kesempatan untuk makan sendiri, ini adalah salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas dan kemandirian anak, Bu. 

Saat anak mengeksplorasi dan bermain dengan makananannya sendiri, ia akan mencoba berbagai cara makan, seperti menggabungkan makanan yang punya cita rasa dan tekstur berbeda. Hal ini bisa merangsang imajinasi anak sehingga waktu makan dapat menjadi petualangan menyenangkan baginya. 

Makan sendiri pun bisa melatih si Kecil dalam membuat keputusan tentang makanannya. Misalnya, bisa memilih sendiri menu makanan yang dinginkan, atau saat ia memutuskan apakah ingin menambahkan bumbu atau tidak pada hidangannya. Nah, hal ini kemudian membantu menumbuhkan kepercayaan diri yang lebih baik juga pada si Kecil.

Tips Ajari Anak Makan Sendiri Agar Lebih Mandiri dan Kreatif 

1. Jadwal Makan Konsisten

Ketika si Kecil sudah terbiasa makan pada waktu yang sama setiap hari, ia akan dapat mengetahui kapan merasa lapar. Saat lapar, anak akan lebih siap dan tertarik untuk mencoba makan sendiri. Ibu bisa mulai mengatur waktu makan si Kecil saat ia lapar dan tidak terlalu lelah. 

2. Makan Bersama

Posisikan kursi makan si Kecil di meja makan keluarga agar ia dapat melihat bagaimana orang lain makan.

Anak-anak adalah peniru yang ulung, Bu. Meniru kebiasaan makan orang lain dapat membantu mengajarkan anak makan sendiri dengan baik. 

3. Gunakan Peralatan Makan Ramah Anak

Umumnya, si Kecil masih belum dapat menggunakan sendok atau garpu dengan baik sampai usia sekitar 18 bulan. Namun, tidak apa-apa, Ibu bisa membiarkan si Kecil makan menggunakan tangannya terlebih dulu. 

Barulah saat ia sudah tertarik mencoba menggunakan peralatan makan, pilih yang memang didesain khusus untuk anak ya, Bu. Piring dan sendok garpu khusus anak dirancang agar pas di tangan si Kecil, selain itu juga minim bahaya seperti tertusuk atau yang lainnya.

4. Biarkan Anak Memilih

Ibu juga bisa ajari anak makan sendiri dengan meletakkan beberapa jenis makanan dalam porsi kecil di piring saat makan. Biarkan si Kecil memilih apa yang akan dimakan.

Cobalah berikan makanan dengan berbagai rasa dan tekstur agar anak tertarik dan mau coba-coba. Secara bertahap, kurangi bantuan yang Ibu berikan dan biarkan si Kecil mengambil dan menjelajahi makanan dengan tangannya, ya.

Kemampuan makan sendiri menandai awal mula kemandirian anak dan kebiasaan makan yang sehat, lho. Ibu dapat ajari anak makan sendiri ini sambil menumbuhkan kepercayaan diri dan kesenangannya dalam mencoba makanan baru.

Baca Juga: 6 Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Tahukah Ibu bahwa kemampuan makan sendiri ini adalah kemampuan yang perlu dikuasai anak di usia tertentu? Temukan tips perkembangan anak di segala tahap usia dan tips seputar parenting lainnya di laman Ibu Perlu Tahu. Gratis! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Bu!


Referensi:

  1. Bushell, S. (2021, July 5). 8 tips to encourage your toddler to self feed. The Children’s Nutritionist. https://childrensnutrition.co.uk/full-blog/self-feed/
  2. Raising Children Network. Children learning to feed themselves. (n.d.). (Diakses Agustus 2023). https://raisingchildren.net.au/babies/breastfeeding-bottle-feeding-solids/solids-drinks/learning-to-feed-themselves
  3. Moding, K., Carney, E., Fisher, J., & Johnson, S. (2020). The Role of Self-Feeding in Food Acceptance Among Toddlers. Current Developments in Nutrition, 4(Supplement_2), 1042–1042. https://doi.org/10.1093/cdn/nzaa054_114
  4. Carruth, B. R., Ziegler, P. J., Gordon, A., & Hendricks, K. (2004). Developmental milestones and self-feeding behaviors in infants and toddlers. Journal of the American Dietetic Association, 104(1), 51–56. https://doi.org/10.1016/j.jada.2003.10.019
  5. Australia, H. (2021, December 27). Toddler development: Learning to feed themselves. www.pregnancybirthbaby.org.au. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/toddler-development-learning-to-feed-themselves


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait