5 Cara Mengenal Minat Bakat Anak Sejak Dini, Ibu Wajib Tahu!

Menemukan minat dan bakat si Kecil memang bukan hal yang mudah ya, Bu. Apalagi di usianya yang masih dini, ia sering kali menunjukkan ke...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
05 Sep 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK


Menemukan minat dan bakat si Kecil memang bukan hal yang mudah ya, Bu. Apalagi di usianya yang masih dini, ia sering kali menunjukkan ketertarikan yang berubah-ubah. Alhasil, Ibu jadi kebingungan mengenali bakat yang dimiliki si Kecil. 

Namun, jangan khawatir, Ibu bisa mengenal minat dan bakat si Kecil melalui cara sederhana, lho. Penasaran? Simak informasinya di sini, yuk, Bu! 

Pentingnya untuk Mengenal Minat Bakat Anak

Menemukan minat si Kecil merupakan cara untuk membangun kepercayaan diri, meningkatkan harga diri, dan membuat dia menghargai dunia tempat tinggalnya. Selain itu, Bu, mempertimbangkan minat anak dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi dan membuat si Kecil tumbuh dengan baik. Mari gali lebih dalam pentingnya memperhatikan minat anak.

1. Tingkatkan kepercayaan diri dan harga diri yang positif

Mendengarkan si Kecil dan mencatat minatnya adalah salah satu cara paling sederhana untuk memahaminya. Itu membuat dia merasa nyaman dan memungkinkannya memiliki kepercayaan diri untuk meminta bantuan saat membutuhkan. 

Dengan menjaga minatnya, Ibu akan membantu si Kecil mengembangkan harga diri yang positif dengan membiarkannya bekerja untuk mencapai tujuannya. Seorang anak dengan harga diri yang positif merasa dihargai, memiliki rasa kontrol yang kuat, dapat menerima tantangan baru, dan selalu merasa termotivasi.

2. Membangun Keterampilan Komunikasi

Terlibat dengan si Kecil dalam kegiatan rutin berdasarkan minatnya merupakan cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Ia dapat memiliki hasil bahasa dan komunikasi yang lebih baik saat Ibu memasukkan minatnya dalam kegiatan belajar.

3. Mempererat Hubungan 

Hubungan positif dengan anak dapat membantu ia merasa dicintai dan aman sekaligus memungkinkannya memanfaatkan peluang baru dan belajar. Selain itu, juga memudahkan si Kecil untuk menyelesaikan konflik dan masalah dalam keluarga.

Mencatat minat si Kecil itu berarti Ibu menghabiskan waktu berkualitas bersamanya melalui permainan dan bentuk interaksi lainnya. Dengan begitu, Ibu juga dapat memahami dia dengan lebih baik dan memperkuat hubungan dengan si Kecil.

Cara Mengenal Minat Bakat Anak Usia Dini

Ibu, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenal minat dan bakat si Kecil agar ia menjadi anak hebat:

1. Mengenalkan Anak pada Berbagai Bidang

Langkah sederhana yang bisa mempermudah Ibu mengenali minat dan bakat si Kecil adalah mengenalkannya pada berbagai bidang terlebih dulu. Ibu bisa mencoba mengajak anak melakukan berbagai aktivitas seru seperti melukis, memahat, menulis, memainkan alat musik, menari, dan lainnya. Cara ini akan memberikan Ibu gambaran terkait minat si Kecil pada suatu bidang yang mungkin bisa berkembang menjadi bakatnya. 

2. Amati Kebiasaan Anak Saat Bermain

Ibu, bermain adalah waktu yang tepat untuk mengamati apa yang si Kecil sukai. Misalnya, ketika si Kecil diajak menari oleh temannya, ia cenderung langsung bersemangat dan melakukan kegiatan tersebut dengan senang. Nah, ini bisa menjadi tanda bahwa minatnya ada di sana dan berpotensi untuk dikembangkan, lho.  

3. Biarkan Anak Mengeksplorasi Kemampuannya

Anak-anak masih sangat suka mencoba berbagai hal baru, Bu. Maka itu, ini adalah saat yang tepat bagi Ibu membiarkan ia mengeksplorasi kemampuannya. Berikanlah si Kecil apresiasi atas usahanya dan beri tahu ia bahwa tidak apa-apa membuat kesalahan ketika mempelajari hal baru, ya. Ini akan membuat si Kecil berani dan percaya diri untuk lebih banyak mengeksplorasi kemampuannya. 

4. Dukung Minat Anak

Pada saat si Kecil memiliki minat pada kegiatan tertentu, selagi itu masih dalam batas wajar dan aman, sebaiknya Ibu tidak melarang. Sebab, dengan menghargai dan mendukung minat si Kecil, ia akan memiliki rasa percaya diri untuk terus mempelajari hal yang disukainya.

Selain itu, Ibu tidak perlu kaget jika si Kecil memiliki minat yang berbeda dalam jangka waktu dekat, ya. Hal ini karena minat anak biasanya dapat berubah-ubah. Jadi, apabila ini terjadi, Ibu hanya perlu mengetahui alasannya dan mengambil langkah selanjutnya untuk mengeksplorasi kembali minat si Kecil.

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Usia Dini

5. Bangun Komunikasi Positif dengan Anak

Selanjutnya, Ibu juga dapat membangun komunikasi positif dengan si Kecil untuk mengetahui minat dan bakatnya. Ibu bisa mencoba menyisihkan waktu untuk mengobrol dari hati ke hati dengan si Kecil setiap harinya.

Dengan memiliki percakapan hangat, si Kecil dapat mengekspresikan diri lebih bebas, sehingga dapat membantu Ibu mengumpulkan informasi apa yang si Kecil suka melalui bahasa tubuh serta kata-katanya.

Baca Juga: Tips Merespon dan Berkomunikasi dengan Si Kecil

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk mengenal minat dan bakat si Kecil. Ibu bisa mencari aktivitas seru lainnya untuk dukung minat dan bakat si Kecil lewat Ibu Perlu Tahu. Cek juga tips parenting menarik lainnya untuk mengawali kehebatan si Kecil, ya. 

Semoga bermanfaat, Bu!


Referensi:

  1. TheAsianparent. 7 Cara Mengulik Bakat Si Kecil Sejak Dini, Orangtua Milenial Wajib Tahu. https://id.theasianparent.com/cara-mengetahui-bakat-anak
     
  2. Cherish Academy. (2020). The Importance of Talent Interests Tests for Early Childhood. https://cherishacademy.sch.id/en/the-importance-of-talent-interests-tests-for-early-childhood
     
  3. Sun Life. Recognise And Develop Your Child's Potential. https://www.sunlife.co.id/en/life-moments/educating-my-child/5-ways-to-discover-your-childs-talents/
     
  4. Pre-School Rock. Tips To Identify Your Child’s Talents Early On. https://www.preschoolrock.com/identify-your-childs-talents-early-on/
     
  5. Kids Blog. (2021). Why it is Important to Take into Account the Interests of the Child. https://www.kidsworldfun.com/blog/why-it-is-important-to-take-into-account-the-interests-of-the-child/
     


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait