5-Ide-Camilan-dari-Sayuran-Tinggi-Serat

5 Ide Camilan dari Sayuran Tinggi Serat yang Disukai Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Setiap waktu makan tiba, mungkin Ibu tak pernah absen menyajikan makanan dengan sayuran tinggi serat untuk si Kecil. Ada sup wortel, sayur bayam jagung,  tumis buncis dan brokoli rebus. Tapi sayangnya, kadang tak mudah membuat si Kecil menyantap sajian sayuran tersebut. Entah rasanya yang tidak senikmat pizza atau karena si Kecil tidak suka mengunyah tekstur sayuran yang berserat.

Meski sering mendapat penolakan, sebaiknya Ibu terus mencoba. Kenapa? Karena sayuran merupakan sumber serat, serta vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, termasuk di dalamnya ada potasium alias kalium, zat besi, fosfor, asam folat alias vitamin B9, vitamin A, vitamin E, dan vitamin C.1,2. Sebagian dari vitamin dan mineral tersebut bahkan juga berperan sebagai antioksidan2.

Agar si Kecil tertarik makan sayur dan mendapatkan semua kebaikan yang ada di dalamnya, sulap sayuran tinggi serat jadi camilan lezat yang menggiurkan. Kalau menyantap camilan, biasanya si Kecil akan lebih bersemangat. Berikut 5 inspirasi camilan yang bisa Ibu praktikkan weekend ini. Simak, yuk, Bu!

 

1. Kentang Tumbuk Brokoli

 

Bagaimana kalau sayurnya sudah ditumbuk halus bersama kentang? Si Kecil pasti tidak ngeh kalau sedang makan brokoli. Satu porsi Kentang Tumbuk Brokoli ini mengandung 2.8 gram serat dan 4.4 protein lho, Bu. Bahan-bahannya tidak ribet. Ibu tinggal menyiapkan kentang, brokoli, minyak zaitun, dan garam.

Cara membuatnya super mudah. Rebus dan cincang brokoli, kemudian campur dengan kentang kukus yang sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air, minyak zaitun, garam, dan susu Bebelac Gold. Aduk-aduk hingga semua tercampur rata. Voila! Seporsi camilan lezat yang mengandung sayuran tinggi serat siap disajikan!

 

2. Pizza Mie

Ibu bisa membuat Pizza Mie dari brokoli dan wortel yang dicampur dengan telur dan misoa. Bumbunya cukup garam dan merica saja. Cara membuatnya praktis. Tinggal campur dan aduk semua bahan, kemudian masak di atas wajan datar yang telah dioles minyak. Mudah, kan?

 

3. Sandwich Telur dan Bayam

Si Kecil sudah sarapan tapi lapar lagi? Sandwich Telur dan Bayam ini bisa jadi alternatif camilannya. Sesuaikan saja porsinya dengan kebutuhan si Kecil. Untuk manfaatnya, telur dapat menguatkan otot, menjaga kesehatan otak, memproduksi energi, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan bayam penting untuk kesehatan kulit, rambut, dan tulang3. Bahan-bahan yang diperlukan adalah roti tawar, bayam, telur, garam, merica, dan keju Cheddar parut. Telurnya diorak-arik, bayamnya ditumis hingga matang, kemudian diselipkan di antara 2 lembar roti tawar. Jangan lupa untuk menaburi garam, merica, dan keju parutnya!

 

4. French Toast Frittata

 

Si Kecil belum menyentuh sayurnya dari pagi? Saatnya membuat French Toast Frittata dengan bahan utama bayam yang mengandung vitamin A, C dan magnesium. Tekstur rotinya yang crunchy berpadu dengan lembutnya telur dan gurihnya keju. Terbayang, kan, nikmatnya? Bahan-bahan yang diperlukan adalah roti (white bread), telur, daun bawang, keju, bayam, dan butter. Caranya, potong-potong roti, kemudian masukkan ke dalam telur kocok. Tambahkan daun bawang, keju, dan bayam yang sudah direbus dan dicincang halus. Masak di atas wajan datar, seperti membuat dadar telur. Jika mau, Ibu bisa menambahkan cincangan smoked beef atau smoked salmon untuk variasi rasa. Yuk, coba resep French Toast Frittata ini.

 

5. Zucchini Stick

 

ketagihan, Bu. Zucchini Stick ini mengandung serat, protein, karbohidrat, vitamin C, A, folat dan kalium. Potong-potong zucchini berbentuk stik, balut  dalam adonan tepung bumbu, kemudian lumuri dengan tepung roti. Goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. 

Untuk cocolannya, Ibu bisa membuat mayones sendiri, menggunakan susu Bebelac Gold kesukaan si Kecil. Caranya, larutkan susu Bebelac Gold dalam air hangat, tambahkan minyak sayur, garam, dan sedikit air jeruk lemon. Campur semuanya dalam blender hingga tercampur rata dan teksturnya kental seperti mayones. Sajikan Zucchini Stick ini dengan cocolan homemade mayones.

Sudah tak sabar untuk membuat 5 camilan dari sayuran tinggi serat di atas, Bu? Selamat bereksperimen, ya! Jangan lupa, untuk melengkapi kebutuhan serat dan nutrisi si Kecil, berikan juga segelas Bebelac Gold, satu-satunya susu tinggi serat yang mengandung FOS GOS dengan rasio 1:9, sumber serat yang baik untuk mendukung kesehatan pencernaannya. Bebelac Gold juga mengandung minyak ikan yang kaya omega-3, omega-6, 13 vitamin, dan 6 mineral. Semua kandungan ini akan mendukung tumbuh kembang si Kecil.


 

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Nutrisi dalam Sayur-sayuran. Retrieved from http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/page/18/nutrisi-dalam-sayur-sayuran [Accessed on April 24, 2020]
  2. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Selain buah-buahan, sayuran juga merupakan sumber vitamin dan mineral terutama karoten, vit A, vit C, zat besi dan fosfor. Retrieved from http://p2ptm.kemkes.go.id/preview/infografhic/selain-buah-buahan-sayuran-juga-merupakan-sumber-vitamin-dan-mineral-terutama-karoten-vit-a-vit-c-zat-besi-dan-fosfor [Accessed on April 24, 2020]
  3. Resep Sandwich Telur dan Bayam. Retrieved from https://bebeclub.co.id/resep/detail/menu-sehat-cepat-saji/sarapan/sandwich-telur-dan-bayam [Accessed on April 21, 2020]