Lagu Tidur Dinyanyikan Sang Ibu Min_1

Lagu Tidur untuk Bayi, Benarkah Bisa Bantu Si Kecil Tidur Nyenyak?

Mendendangkan lagu tidur sambil menimang bayi sudah menjadi tradisi turun-menurun untuk menidurkan bayi. Alunan lembut dari lagu yang didendangkan Ibu atau Ayah dipercaya akan membuat si Kecil merasa lebih nyaman1, sehingga lebih mudah tidur. Namun, benarkah lagu tidur bisa membantu ia tidur lebih nyenyak?

Pentingnya Aktivitas Tidur untuk Si Kecil

Aktivitas tidur menjadi kegiatan yang sangat penting bagi bayi. Tidur diperlukan si Kecil untuk mendukung perkembangan mental dan fisiknya. Bagi bayi, tidur nyenyak sama pentingnya dengan makan, minum, rasa aman, atau bermain. Kurang tidur tak hanya membuat bayi rewel, tapi juga berdampak terhadap tumbuh kembangnya, baik fisik maupun mental1. Waktu tidur yang cukup juga memainkan peran penting terhadap perkembangan kognitif si Kecil kelak, yaitu terhadap kemampuan untuk berpikir dan memahami, mengolah informasi, dan belajar bahasa.

Itulah sebabnya, bayi perlu tidur cukup tanpa sering terbangun. Masalahnya, saat bayi terbangun di tengah malam, entah karena popoknya basah atau haus, Ayah dan Ibu belum tentu bisa segera menidurkannya kembali. Berbagai cara pun dilakukan untuk mencoba menidurkan kembali si Kecil, mulai dari menyusui, menimang, hingga memperdengarkan lagu tidur.

Lagu tidur atau musik pengantar tidur tak hanya merupakan cara yang populer untuk menenangkan bayi, ini juga menjadi semacam penanda bagi bayi untuk memulai rutinitas tidurnya3.

Efek Lagu Tidur untuk Menenangkan Bayi

Salah satu lagu tidur yang sering didendangkan Ibu atau Ayah saat menidurkan bayi adalah lagu Nina Bobo. Tak harus lagu ini, Ibu dan Ayah bisa memilih lagu tidur favorit yang lain, asalkan lagu tersebut memiliki musik yang lembut, menenangkan, dan santai untuk menciptakan suasana tenang3. Lagu tidur atau musik pengantar tidur yang akrab di telinga bayi akan menjadi semacam sesi terapi musik. Musik yang pelan, lembut dan berulang-ulang dapat memperlambat detak jantung serta memungkinkan bayi bernapas dengan lebih tenang dan dalam.

lagu tidur untuk bayi

Musik pengantar tidur membuat bayi lebih tenang saat tidur. (Foto: Shutterstock)

Dalam penelitian “The Effects of Lullabies on Children” yang dilaporkan dalam International Journal of Business and Social Science, disebutkan bahwa lagu tidur mampu menormalkan kembali tekanan darah dan detak jantung bayi yang meningkat akibat gerakan tiba-tiba atau suara keras, yang bisa membangunkan bayi. Jadi, saat bayi terbangun tengah malam, jangan ragu untuk mendendangkan lagu tidur ya, Bu.

lagu tidur untuk bayi

Ibu menyanyikan lagu tidur untuk membantu bayi tidur nyenyak. (Foto: Shutterstock)

Tak perlu khawatir dan resah bila merasa suara Ibu atau Ayah kurang merdu, sebab menyanyikan lagu tidur bukanlah kontes pencarian bakat. Walau sumbang, suara Ibu atau Ayah yang akrab di telinga bayi justru akan lebih menenangkan dibanding lagu tidur merdu yang dinyanyikan oleh orang lain. Jadi, jangan ragu untuk menyanyikan lagu tidur walau suara Ayah atau Ibu sumbang ya, karena kekuatan suara Ayah dan Ibu memiliki peranan dalam menciptakan suasana tenang agar bayi tidur nyenyak3.

Ayah atau Ibu juga bisa mengombinasikan lagu tidur dengan gerakan konstan, misalnya gerakan mengayun yang lembut. Perpaduan gerakan, irama musik yang lembut, dan suara Ibu atau orang yang akrab dengan si kecil, akan memberi efek menenangkan yang luar biasa.

Setelah mengetahui kaitan antara lagu tidur dan pengaruhnya terhadap tidur nyenyak bayi, mulai sekarang tidak perlu ragu bersenandung dan meninabobokan si Kecil saat ia sulit tidur, Bu. Untuk memaksimalkan manfaatnya, cobalah bersenandung sambil bergerak dengan lembut. Karena sebuah studi juga menunjukkan bahwa saat Ibu dan bayi mengayun bersama sambil mendengarkan musik pengantar tidur, baik Ibu maupun si Kecil akan merasa sangat terhubung satu sama lain4. Hal ini akan semakin memungkinkannya untuk menumbuhkan perasaan dekat dengan Ibu.

 


  1. Ikatan Dokter Anak Indonesia. (2015). Pentingnya Proses Menidurkan Si Kecil. Retrieved from http://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/pentingnya-proses-menidurkan-si-kecil [Accessed March 29, 2020]
  2. Hasan GÜNEŞ & Nadide GÜNEŞ. (2012). The Effects of Lullabies on Children - International Journal of Business and Social Science. Retrieved from http://ijbssnet.com/journals/Vol_3_No_7_April_2012/35.pdf [Accessed March 29, 2020]
  3. Dr. Ibrahim H. Baltagi. (2019). How music affects your baby’s brain: Mini Parenting Master Class. Retrieved from https://www.unicef.org/parenting/child-development/how-music-affects-your-babys-brain-class [Accessed March 29, 2020]
  4. Laura Cirelli, Cognetive Neuroscience Society (2018). From Lullabies to Live Concerts: How Music and Rhythm Shape Our Social Brains. Retrieved from https://www.cogneurosociety.org/from-lullabies-to-live-concerts-how-music-and-rhythm-shape-our-social-brains/  [Accessed March 29,2020]