Kembali ke Ibu Perlu Tahu

Perbedaan Bebelac dan Bebelac Gold yang Perlu Ibu Pahami

Ibu, di masa pertumbuhan, si Kecil membutuhkan asupan nutrisi penting agar tumbuh kembangnya berlangsung optimal. Bebelac sendiri merupa...

4 min
11 May 2022

9 ibu tandai artikel ini bermanfaat

Ibu, di masa pertumbuhan, si Kecil membutuhkan asupan nutrisi penting agar tumbuh kembangnya berlangsung optimal. Bebelac sendiri merupakan susu pertumbuhan yang dapat membantu Ibu memastikan si Kecil tercukupi kebutuhan nutrisinya. Tapi, mungkin masih banyak di antara ibu yang bingung memilih susu yang tepat. Terutama jika bicara tentang kandungan serta perbedaan nutrisi dalam masing-masing varian. Mari cari tahu lebih lengkap perbedaan Bebelac dan Bebelac Gold yang sama-sama bisa diberikan kepada anak di atas usia 1 tahun.

Kandungan Nutrisi Bebelac Core

Bebelac merupakan susu pertumbuhan untuk si Kecil yang berusia di atas 1 tahun. Ada dua varian rasa Bebelac yang bisa menjadi pilihan, yaitu vanilla dan madu. Keduanya sama-sama lezat, sehingga membuat si Kecil semakin semangat minum susu.

Lalu, apa saja kandungan nutrisi di dalam Bebelac? Yang pasti, Bebelac mengandung beragam nutrisi penting yang dibutuhkan anak di atas usia 1 tahun untuk mendukungnya tumbuh hebat. Yuk, simak, Bu!

1. Minyak Ikan

Minyak ikan sudah terkenal sejak lama sebagai suplemen untuk anak yang dapat membantu meningkatkan perkembangan kognitif hingga membantu perkembangan fisik dan motoriknya. Di dalam minyak ikan, terkandung asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata anak, kemampuan sosial, tingkat fokus anak, serta membantu meningkatkan skor tes intelegensi anak.1

Nah, untuk membantu si Kecil mendapatkan manfaat tersebut, susu pertumbuhan Bebelac mengandung minyak ikan yang di dalamnya terdapat kandungan omega 3 (83 mg/saji) dan omega 6 (1021 mg/saji). 

Baca Juga: Pengaruh Pencernaan terhadap Daya Tahan Tubuh Anak

2. FOS dan GOS

Kesehatan pencernaan si Kecil salah satunya dipengaruhi oleh asupan seratnya sehari-hari. Beberapa sumber serat yang Ibu tahu, di antaranya adalah sayuran dan buah. Selain itu, ada pula FOS (fructo-oligosaccharides) dan GOS (galacto-oligosaccharides) yang merupakan jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna.  FOS atau secara alami terdapat pada tanaman, sedangkan GOS atau secara alami terdapat pada susu.2,3

Nah, susu Bebelac mengandung jenis serat FOS GOS 1:9 yang dapat membantu mencukupi kebutuhan serat si Kecil. 

3. 13 Vitamin dan 9 Mineral

Vitamin dan mineral adalah dua nutrisi mikro yang penting dikonsumsi setiap hari oleh si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya. Dalam susu pertumbuhan Bebelac 3, terkandung 13 vitamin penting seperti vitamin A, D3, E, K1, C, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, serta 9 mineral yaitu kalsium, fosfor, magnesium, besi, zink/seng, iodine, selenium, natrium, dan kalium.

Kandungan Nutrisi Bebelac Gold

Bebelac Gold merupakan susu tinggi serat yang bisa Ibu berikan kepada si Kecil di atas usia 1 tahun. Sama seperti Bebelac, ada dua varian rasa yang bisa dipilih si Kecil, yaitu vanilla dan madu.

Lalu, apa saja nutrisi yang terkandung dalam Bebelac Gold? Simak daftar nutrisinya di bawah ini, ya, Bu!  

1. Serat

Bebelac Gold merupakan susu tinggi serat dan satu-satunya yang memiliki kombinasi 4 jenis serat sekaligus, yaitu FOS, GOS, Inulin, dan pati jagung.

Serat sendiri diperlukan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan si Kecil, salah satunya mencegah konstipasi. FOS dan GOS sebagai salah satu jenis serat dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar atau BAB dan membuat feses lebih lunak.4 

2. Minyak Ikan

Minyak ikan bisa didapat si Kecil dari beberapa jenis makanan seperti ikan tuna, ikan kembung, atau ikan salmon yang biasa Ibu berikan pada si Kecil.1 Selain itu, si Kecil juga bisa mendapatkan minyak ikan dari asupan Bebelac Gold, lho. Di dalamnya terdapat kandungan DHA (14,5 mg/saji), omega 3 (114 mg/saji), dan omega 6 (1273 mg/saji).

3. 13 Vitamin dan 7 Mineral

Daya tahan tubuh si Kecil tergantung pada kecukupan asupan vitamin dan mineralnya. Meski termasuk nutrisi mikro, atau hanya dibutuhkan sedikit saja oleh tubuh, manfaat vitamin dan mineral tak bisa dianggap sepele.5

Bebelac Gold mengandung 13 vitamin serta 7 mineral, seperti vitamin C, vitamin E, dan zinc yang diperlukan si Kecil untuk membantu menjaga daya tahan tubuhnya. Selain itu, Bebelac Gold juga mengandung 0 g sukrosa sehingga aman untuk si Kecil.

Nah, Bu, dari penjelasan mengenai perbedaan Bebelac dan Bebelac Gold di atas, Ibu pasti kalau keduanya sama-sama bagus untuk anak. Hanya saja, perbedaannya terletak pada jumlah omega 3 dan omega 6 di dalam minyak ikan, kandungan serat, serta vitamin dan mineralnya. Bebelac Gold mengandung  omega 3 dan omega 6 yang lebih tinggi, serta kandungan serat yang lebih lengkap. Sedangkan pada jumlah vitamin dan mineral, ada sedikit perbedaan jumlah dan jenis mineral pada varian Bebelac Core.

Meski begitu baik Bebelac maupun Bebelac Gold, keduanya memiliki kebaikan yang sama bagi si Kecil. Namun, Bebelac Gold merupakan susu tinggi serat yang punya tambahan manfaat membantu menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Bebelac Gold merupakan satu-satunya susu tinggi serat dengan kombinasi 4 jenis serat.

Pastikan Ibu memberi si Kecil 3 gelas Bebelac atau Bebelac Gold sehari untuk memastikan kebutuhan nutrisinya tercukupi, ya, Bu.


Referensi:

  1. Vincent Iannelli. 2020. Is Fish Oil Supplementation Right for Kids? Diambil dari: https://www.verywellfamily.com/is-fish-oil-supplementation-right-for-kids-2634437 [Diakses 21 Desember 2021]
  2. V Sridevi. 2014. Fructooligosaccharides – Type Prebiotic: A Review. Diambil dari: https://www.researchgate.net/publication/301693191_Fructooligosaccharides_-_type_prebiotic_A_Review [Diakses 19 Desember 2021].
  3. Seema A Belorkar and AK Gupta. 2016. Oligosaccharides: a boon from nature’s desk. Diambil dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5047869/ [Diakses 19 Desember 2021].
  4. Petra AMJ Scholtens, et al. 2014. Stool characteristics of infants receiving short-chain galacto-oligosaccharides and long-chain fructo-oligosaccharides: A review. Diambil dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4188896/ [Diakses 19 Desember 2021].
  5. Sarah Rautio. 2017. Food micronutrients explained — The necessary essentials. Diambil dari: https://www.canr.msu.edu/news/food_micronutrients_explained_the_necessary_essentials [Diakses 20 Desember 2021]


Artikel Terkait