inspirasi-menu-makanan-untuk-otak-anak

5 Inspirasi Menu Makanan untuk Perkembangan Otak Anak

detail-fb detail-wa detail-twitter

Seiring pertumbuhan si Kecil, setiap orang tua pasti menginginkan anaknya semakin cerdas dan energik. Untuk itu, memberikan menu makanan untuk perkembangan otak anak seharusnya menjadi prioritas. Saat anak memasuki usia sekolah, pelajaran akan terasa semakin sulit dan berat. Maka salah satu cara yang bisa Ibu berikan untuk mendukungnya adalah menyajikan makanan enak sekaligus bermanfaat untuk memaksimalkan fungsi otaknya. Berikut adalah 5 pilihan menu makanan yang tak hanya lezat, tapi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk perkembangan otak anak. Mari, Bu kita simak apa saja menu-menunya.

1. Salmon Teriyaki

makanan-sehat-untuk-otak-anak

Salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 EPA dan DHA terbaik. EPA dan DHA ini memiliki beberapa manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan, mengurangi risiko kanker dan meningkatkan fungsi sel, kaya antioksidan, serta baik untuk kesehatan jantung. Lebih dari itu, mengonsumsi salmon secara rutin dapat meningkatkan fungsi otak serta mengurangi risiko masalah memori di kemudian hari1.

Mengolah salmon cukup mudah dan praktis. Ibu bisa membuat Salmon Teriyaki. Bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana. Selain 250 gram fillet salmon, Ibu bisa menambahkan brokoli dan zucchini kukus serta mashed potato sebegai pelengkap. Sebelum menumis bumbu, marinasi salmon dengan bawang putih cincang dan jahe geprek sebentar. Salmon teriyaki buatan Ibu dijamin harum dan enak!

2. Overnight Oatmeal Mangga

Pas sekali nih, Bu, musim mangga sudah mulai lagi. Ibu bisa dengan mudah membuat Overnight Oatmeal Mangga yang membuat perut kenyang sekaligus pencernaan sehat! Resep yang cocok untuk sarapan ini mengandung 3 macam bahan yang sangat baik untuk perkembangan otak anak, yaitu oat, yoghurt dan susu. Oat kaya serat, zat besi, kalium, vitamin B, dan E yang merupakan ‘makanan otak’, sedangkan susu dan yoghurt mengandung vitamin B dan D yang sangat penting untuk jaringan otak anak2.

Caranya, masukan oat, jus mangga, yoghurt dan susu Bebelac 5 ke dalam satu wadah lalu aduk rata. Tambahkan potongan mangga di atasnya dan diamkan di kulkas semalaman. Sajikan sebagai menu sarapan si Kecil. Segar!

3. Sup Kacang Merah

sup-kacang-merah

Makanan khas Manado, Sup Kacang Merah atau brenebon, ini juga salah satu pilihan makanan untuk perkembangan otak anak. Kacang merah kaya akan omega-3 yang mendukung fungsi otak2. Pada resep ini, daging yang digunakan adalah daging sirloin alias daging sapi bagian has luar. Pisahkan bagian lemak dan otot yang biasanya ada di permukaan luar daging bagian sirloin, agar si Kecil tak kesulitan menyantapnya. Jika ingin daging lebih lembut, cepat empuk, dan minim lemak, Ibu bisa memilih bagian has dalam yang biasa disebut tenderloin.

Jangan lupa tambahkan pula wortel sebagai pelengkap. Sedangkan bahan lain yang dibutuhkan adalah bawang putih, bawang bombay, butter, garam, kaldu sapi dan air. Cara membuatnya mungkin terlihat lebih panjang, namun teknik membuatnya tidak sulit, kok. Dicoba, ya, Bu!

4. Ikan Kakap Goreng

Kalau Ibu menyajikan sepiring Ikan Kakap Goreng lengkap dengan french fries dan cocolan mayones, si Kecil pasti suka karena mengingatkannya pada makanan favoritnya di restoran. Ternyata membuatnya mudah dan tentu saja lebih hemat bila memasaknya sendiri. Bahan yang dibutuhkan adalah fillet ikan kakap sebanyak 300 gram, tepung terigu, tepung pati jagung alias maizena, putih telur, merica, garam, minyak goreng dan air es sebagai campuran tepung.

5. Kentang Brokoli Keju

Kalau selama ini Ibu hanya memasak kentang jadi bahan sup atau membuatnya jadi french fries, sesekali coba berkreasi dengan mengolahnya menjadi Kentang Brokoli Keju yang kaya nutrisi. Bahan yang perlu disiapkan adalah kentang kukus sebanyak 3 buah, sebonggol brokoli, keju cheddar parut, garam, gula dan butter. Menu ini cocok untuk sarapan, bekal piknik maupun bekal sekolah saat sekolah offline dimulai.

Untuk anak yang picky eater dan suka pilih-pilih sayur, menu ini bisa jadi pilihan karena tekstur dan rasa brokoli bisa tersamarkan oleh gurihnya kentang dan keju. Brokoli kaya antioksidan dan vitamin K yang dapat membuat kinerja memori otak menjadi lebih baik serta melindungi otak dari kerusakan4 Mari jadikan sayuran ini jadi salah satu sayur favorit si Kecil, Bu!

Selain menyajikan makanan untuk perkembangan otak anak seperti di atas, untuk melengkapi nutrisi dan membantu si Kecil lebih fokus serta memiliki konsentrasi belajar yang baik, Ibu juga bisa memberikan Bebelac 5 untuk usia 6-12 tahun. Bebelac 5 mengandung minyak ikan omega-3 dan omega-6, zat besi serta kolin yang membantu meningkatkan fungsi sel otak anak. Si Kecil pun akan tumbuh menjadi anak hebat!