Ini Arti Tangisan Newborn_1

Ini Arti Tangisan Newborn yang Perlu Diketahui Orangtua

Menjadi orang tua berarti harus siap berinteraksi dan berkomunikasi dengan bayi. Beda dengan orang dewasa atau anak yang sudah lebih besar dan bsia berkomunikasi menggunakan kata-kata, hanya ada satu cara bayi untuk mengkomunikasikan keinginannya pada orang tua, yaitu dengan tangisan.

Tak usah keburu frustrasi dulu kalau bayi tiba-tiba menangis ya Bu! Ketika menangis, sebenarnya bayi mencoba memberitahu sesuatu kepada orangtuanya. Ibu hanya perlu mencari tahu mengapa bayi tersebut menangis dan bagaimana cara mengatasinya. Tenang dan dengarkan intuisi Ibu ya, agar lebih mudah mempertimbangkan apa yang dipikirkan oleh bayi ketika menangis.

Nah, ini dia beberapa hal yang mungkin coba diungkapkan oleh bayi ketika menangis adalah:

Bayi Lapar[1]

Pada umumnya, bayi yang baru lahir akan makan setiap beberapa jam. Beberapa bayi merasakan panik ketika merasa lapar, dan akan menangis ketika mereka terlambat diberi makan.

Jika Ibu masih menyusui, rasa susu yang dihasilkan mungkin akan berubah sebagai respon dari apa yang Ibu konsumsi. Apabila ibu melihat bayi lebih gusar daripada biasanya setelah Ibu mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, hindarilah mengonsumsinya. Kemudian, lihat selama beberapa hari apakah terdapat perbedaan pada si Kecil.

Bayi Ingin Mengisap Sesuatu1

Bagi kebanyakan bayi, mengisap sesuatu adalah refleks alami dan aktivitas yang menghibur serta menenangkan. Apabila bayi tidak lapar, mungkin ibu dapat memberikannya dot atau mengarahkan jari atau jempolnya ke mulut agar ia tetap tenang. Pastikan jari dan dot bayi sudah benar-benar bersih ya Bu!

Bayi Merasa Kesepian1

Sama seperti orang dewasa, bayi juga kadang butuh me time. Namun tentu saja, mereka juga ingin mendengar suara atau pun merasakan pelukan dari orangtuanya setelah bermain selama beberapa waktu dan merasa kesepian. Nah, tangisan bisa jadi cara bayi untuk menyampaikan bahwa ia kesepian dan butuh kehadiran Ibu atau Ayah. Dengan tenang dan perlahan, pegang Si Kecil ke dada. Lalu posisikan bayi di sebelah kiri agar pencernaannya tidak terganggu. Melakukan tepukan lembut di punggung juga dapat menenangkan bayi yang menangis.

Bayi Kelelahan[2]

Bayi yang merasa kelelahan akan lebih rewel, karena bayi membutuhkan lebih banyak waktu tidur. Bayi yang baru lahir dapat tidur hingga 20 jam per hari dan terpecah-pecah dalam beberapa periode 20 menit hingga 4 jam[3]. Kadang orangtua tidak menangkap maksud bayi kalau dia lelah dna kebanyakan bermain. Maka, dia menangis untuk menyampaikan kalau dia lelah dan butuh istirahat.

Popok Bayi Basah1

Bayi dapat menangis apabila ia merasakan popoknya basah atau kotor. Untuk itu, orangtua harus sering mengecek secara berkala apakah popoknya basah atau ia buang air besar. Jika itu yang terjadi, segera ganti popok si Kecil agar tidak iritasi ya Bu!

Bayi Merasa Bosan[4]

Bayi juga bisa merasa bosan lho Bu! Biasanya hal ini terjadi saat mereka sedang bermain atau bahkan digendong Ib. Ketika bayi merasa bosan bermain sendiri, ia biasanya akan meminta digendong atau mengubah posisi dan akan menyampaikan keinginannya dengan tangis. Cobalah letakkan bayi di kasur yang dapat diayun dan ayunkan secara perlahan. Ibu juga dapat menggendongnya hingga tangisannya reda. Nah, kalau si Kecil ternyata bsoan sata digendong, Ibu bsia mencoba posisi gendongan yang lain ya!

Bayi Lebih Suka Dibedong1

Sebagian bayi merasa lebih merasa aman ketika ia dibedong. Jika ini yang diinginkannya, bedong bayi dengan selimut kecil agar ia merasa hangat dan nyaman.

 

Nah, itu dia Bu arti tangisan newborn yang perlu diketahui orang tua. Semoga membantu Ibu dalam memecahkan arti tangisannya ya!