Cara Membiasakan Hidup Sehat Pada Si Kecil

Banyak manfaat yang dirasakan anak saat mulai menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Selain tumbuh kembangnya jadi lebih optimal, kuali...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
04 Mar 2022
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK


Banyak manfaat yang dirasakan anak saat mulai menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Selain tumbuh kembangnya jadi lebih optimal, kualitas hidupnya membaik, dan bisa tumbuh menjadi anak hebat yang cepat tanggap.

Tak hanya soal makanan, anak pun perlu juga menerapkan kebiasaan sehat sejak dini. Untuk mulai membiasakannya, Ibu bisa mencoba cara-cara ini:

  • Batasi waktu penggunaan gadget
    Walau anak bisa bermain atau belajar hal baru dari gadget, namun terlalu banyak menggunakan gadget salah-salah membuat anak mengalami gangguan perilaku, kegemukan, atau gangguan waktu tidur1. Untuk itu, orang tua wajib mendampingi anak dengan bantu menyeleksi aplikasi yang diakses anak, membatasi jam penggunaannya, dan ajak anak berdiskusi tentang apa yang disaksikannya. Aktifkan fitur parental lock pada aplikasi bila tersedia.
  • Membiasakan aktif bergerak
    Membiasakan anak aktif sejak dini bisa dimulai dengan beraktivitas sederhana yang tidak terasa seperti olah raga bersama keluarga, seperti berjoget mengikuti lagu kesukaan, main di luar ruangan, bersepeda, atau berenang.2 Jika anak sudah terbiasa bergerak, waktunya meningkatkan skill olah raga dasar mereka dengan latihan menendang, melompat, atau lompat tali di taman dekat rumah.
  • Terapkan kebiasaan makan sehat di rumah
    Kebiasaan makan sehat tidak hanya soal menyajikan makanan bernutrisi, tapi juga waktu makan. Agar anak tertarik mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, jadilah contoh yang baik dengan makan makanan bergizi bersamanya3. Berikan anak makanan sesuai porsinya, dan biasakan membuat waktu makan bersama keluarga jadi menyenangkan.

Baca Juga: Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat dan Makanan Sehat Bergizi untuk Anak

Agar si Kecil tumbuh sehat, Ibu tentu harus memperhatikan kelengkapan nutrisi dan serat anak untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Ingat, anak usia 1-3 tahun memerlukan asupan serat harian sebanyak 16 gram4 atau setara 1 kg pepaya matang.

Namun, Ibu harus ingat bahwa setiap anak itu unik. Mereka memiliki kesukaan dan kemampuan yang berbeda, serta tumbuh kembang yang berbeda. Maka, selalu konsultasikan dengan tenaga medis profesional atau dokter anak untuk saran yang tepat ya Bu!

 


 

  1. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/children-and-tv/art-20047952
  2. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/children-keeping-them-active
  3. https://www.webmd.com/parenting/guide/food-smart-kids#1
  4. https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/PMK No. 75 ttg Angka Kecukupan Gizi Bangsa Indonesia.pdf


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait