Berat Badan Bayi 8 Bulan yang Ideal dan Cara Menambahnya

Berat badan bayi 8 bulan normal untuk laki-laki adalah 6,9-9,6 kg dan 6,3-9 kg untuk perempuan. Untuk menambah berat badannya, Ibu bisa berikan MPASI berkalori dan lanjutkan pemberian ASI.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
09 Jul 2024
Ilustrasi berat bayi 8 bulan - Bebeclub


Pertambahan berat badan berkaitan dengan tumbuh kembangnya. Lalu, berapa berat bayi 8 bulan yang ideal dan cara efektif menaikkan bobot tubuhnya? 

Berapa Berat Badan Bayi 8 Bulan?

Jenis kelamin dapat memengaruhi bobot tubuh bayi. Menurut WHO dan Standar Antropometri Anak Kemenkes RI, berat badan bayi 8 bulan adalah sebagai berikut:

  • Bayi laki-laki: 6,9 – 9,6 kg dengan panjang badan mencapai 66,2 – 77,2 cm
  • Bayi perempuan: 6,3 – 9,0 kg dengan panjang badan mencapai 64 – 75,8 cm.

Perlu diketahui, nyatanya tidak semua bayi dapat bertumbuh kembang dengan kecepatan sama. 

Jadi, pastikan Ibu memantau berat dan panjang badan bayi setiap bulannya secara rutin, untuk mengecek apakah pertumbuhan dan kesehatannya tergolong normal atau tidak. 

Untuk memantau pertumbuhan si Kecil, Ibu juga bisa memanfaatkan BebeJourney, lho. Yuk, cek sekarang!

Cara Menambah Berat Badan Bayi 8 Bulan

Jika berat badan bayi usia 8 bulan belum mencapai angka di atas, tak perlu khawatir. Ibu bisa menambah berat badannya dengan melakukan langkah berikut:

1. Berikan MPASI Penambah Berat Badan

Salah satu kunci menambah berat bayi 8 bulan adalah dengan memberikan MPASI penambah berat badan. 

Ibu bisa memberikan MPASI penambah berat badan yang berasal dari pasta, mie, roti, singkong, dan ubi. 

Berikan pula MPASI dari protein hewani untuk menambah kalori tubuh. Misalnya, dengan mengolah bahan makanan seperti ayam, telur, salmon, pisang, dan alpukat.

2. Sajikan Lemak Sehat

Cara menaikkan berat bayi usia 8 bulan selanjutnya, yakni menyajikan lemak sehat ke dalam menu makanan MPASI atau bisa juga ke camilannya. 

Pilih asupan lemak sehat, seperti alpukat, minyak zaitun, butter, keju, krim susu, dan ikan salmon. 

Baca Juga: Berat Badan Ideal Bayi Menurut WHO, Ibu Perlu Tahu!

3. Penuhi Asupan Gizi Seimbang Lainnya

Supaya berat bayi 8 bulan mencapai ideal, Ibu dapat penuhi asupan gizi seimbang dengan memberikan nutrisi dari MPASI mengandung tinggi serat, untuk jaga kesehatan pencernaannya.

Selain itu, berikan juga sumber makanan prebiotik dan asam lemak esensial (omega 3&6) seperti salmon, alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Berikan Camilan Berkalori Tinggi

Memberikan camilan berkalori tinggi juga dapat bantu menambah berat badan bayi. Namun, pastikan camilan yang diberikan harus sehat ya, Bu. 

Ibu bisa berikan yoghurt, smoothies atau jus buah, hingga buah-buahan segar yang dipotong seukuran genggaman bayi di antara waktu makanan utamanya. 

5. Teruskan Pemberian ASI

Walaupun bayi sudah konsisten makan MPASI dan sebagian besar kebutuhan nutrisi terpenuhi dari asupan tersebut, namun pemberian ASI tetap bisa dilanjutkan.

Keberlanjutan ini bisa dijaga sampai si Kecil berusia 24 bulan atau bisa juga lebih, Bu. 

6. Jadwalkan Waktu Makan dan Menyusu

Cara menambah berat badan bayi 8 bulan agar ideal berikutnya adalah dengan mengatur waktu makan dan menyusu si Kecil secara rutin dan konsisten. 

Di usia ini, Ibu bisa menjadwalkan waktu makan utama bayi setiap 3 kali sehari (pagi, siang, dan sore) serta menyusuinya di antara waktu tersebut. 

Berikan pula camilan untuk bayi usia 8 bulan sebanyak 2 kali sehari. 

7. Pastikan Bayi Tidur Cukup

Tidak hanya dari asupan nutrisi, penting bagi Ibu untuk memastikan si Kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup sebagai cara menambah berat bayi 8 bulan. 

Jika si Kecil memiliki waktu tidur yang cukup, pertumbuhan fisiknya dapat berjalan optimal. Pasalnya saat tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan. 

Baca Juga: Kenali Weight Faltering, Gagal Tumbuh yang Berisiko Stunting pada Bayi

Itulah uraian mengenai berat bayi 8 bulan yang normal dan sejumlah cara menambah BB bayi

Jangan lupa, pantau terus pertambahan berat badan bayi dan hebatnya pertumbuhan si Kecil di bulan-bulan selanjutnya bersama Bebeclub. 

Bila ada pertanyaan ataupun kekhawatiran mengenai tumbuh kembang bayi, segera konsultasikan dengan tim Bebecare yang siap menjawab pertanyaan Ibu dengan cepat. 

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2023). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2034/bagaimana-mengatasi-berat-badan-kurang-pada-anak
  2. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2020. (2020). http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__2_Th_2020_ttg_Standar_Antropometri_Anak.pdf
  3. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
  4. Paediatrics -How to gain weight in babies. (n.d.). https://www.uhcw.nhs.uk/download/clientfiles/files/Patient%20Information%20Leaflets/Clinical%20Support%20Services/Dietetics/Paediatrics%20-%20How%20to%20gain%20weight%20in%20babies.pdf


Artikel Terkait