15 Stimulasi Bayi 5 Bulan agar Perkembangannya Optimal

Stimulasi bayi 5 bulan yang bagus adalah bermain cilukba, tengkurap sambil bercermin, juga membacakan dongeng. Ibu bisa menstimulasi bayi dengan cara-cara seru lainnya.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
14 Oct 2022
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi 5 bulan tersenyum


Memasuki bulan ke-5 pasti sudah banyak perkembangan yang dicapai si Kecil. Supaya optimal, ada ragam aktivitas stimulasi bayi 5 bulan yang bisa Ibu lakukan, lho. 

Apa yang Bayi 5 Bulan Bisa Lakukan?

Sebelum mengetahui apa saja stimulasi yang tepat sesuai usia si Kecil, Ibu perlu tahu apa saja perkembangan bayi pada usia 5 bulan ini agar si Kecil tidak sampai overstimulasi, yaitu:

  • Bayi bisa berguling, tengkurap dan duduk meski masih harus dibantu sandarkan.
  • Bayi mampu meraih, memegang, dan menggenggam benda menggunakan kedua tangan.
  • Bayi bisa menggenggam kuat benda atau mainan, bahkan menarik benda supaya lebih dekat dan meraihnya dengan telapak tangan. 
  • Bayi mengikuti benda atau melihat apa pun ke berbagai arah.
  • Bayi bisa menunjukkan emosi sedang senang, sedih, lapar, atau lelah. 

Selain dari panduan di atas, Ibu juga bisa mengecek tumbuh kembang bayi 5 bulan apakah sudah sesuai dengan tahapan usianya melalui tools BebeJourney, lho!

Cara Stimulasi Bayi 5 Bulan

Memberikan stimulasi harus yang sesuai dengan usia si Kecil saat ini. Jadi, stimulasi apa yang bisa Ibu berikan pada bayi 5 bulan agar perkembangannya optimal?

1. Teruskan Tummy Time

Melatih bayi tengkurap bisa menguatkan otot-otot lengan hingga perut dan kakinya agar ia bisa kuat menopang badannya sendiri saat duduk.  

Cobalah gantungkan mainan favoritnya yang warnanya mencolok atau bisa mengeluarkan suara untuk memancing minatnya bergerak dan meraih.

Lalu, ajak bayi sesekali bermain dalam posisi duduk. Jika bayi belum mampu duduk sendiri, coba topang dengan beberapa bantal di sisi-sisinya.

2. Melatih Duduk

Ibu bisa memanfaatkan momen ini untuk melatih bayi duduk sendiri dengan lebih percaya diri. Pertama-tama coba dudukkan si Kecil pada kursi menggunakan sandaran atau bantal.

Atau, bisa pula duduk di lantai beralaskan selimut dan bantal sebagai penyangganya supaya ia tidak jatuh ke belakang. 

Jika bayi belum bisa duduk tegak sepenuhnya, pegang badannya. Bila ia sudah bisa duduk tegak, dudukkan di tempat tidur, atau lantai beralaskan selimut dan bantal tanpa penyangga.

3. Ajak Mengobrol

Sering-sering ajak si Kecil mengobrol atau berbicara untuk melatih kemampuan bicaranya, karena bayi usia 5 bulan sudah bisa berceloteh untuk merespon atau menarik perhatian Ibu.

Ajak si Kecil ngobrol kapan pun dan di mana pun Ibu sempat. Misalnya, saat memandikan bayi, mengganti popok, menyuapkan makanan, atau berjemur.

Langkah ini juga berguna untuk membantu bayi mengekspresikan perasaannya.

Baca Juga: Kenali Fase Babbling, Awal Keterampilan Bicara Bayi

4. Ajak Bercermin

Menempatkan cermin di hadapannya bisa menjadi cara stimulasi bayi 5 bulan yang seru dan menyenangkan. 

Biarkan si Kecil mengamati refleksi dirinya sendiri dan membuat ekspresi-ekspresi lucu. Ibu juga bisa ajak Ayah bercanda di pantulan cermin untuk menarik perhatian si Kecil.

5. Bermain Cilukba

Permainan cilukba juga bagus untuk mengasah kemampuan penglihatan dan interaksi sosial si Kecil. 

Caranya mudah, pertama-tama pancing si Kecil supaya fokus memandangi wajah Ibu lalu coba  tutup mata atau seluruh wajah Ibu dengan tangan. Buka dan katakan “Ciluk?ba!”. 

Ibu bisa juga bersembunyi di balik gorden jendela rumah untuk bermain cilukba bersama si Kecil.

Cilukba mengajarkan kepermanenan objek sejak dini. Ini adalah pemahaman konsep bahwa suatu objek akan terus ada bahkan ketika ia tidak dapat melihatnya.

6. Nyanyikan Lagu

Sering-seringlah menyanyikan lagu anak-anak atau menyetel musik di speaker untuk menghibur si Kecil.

Perhatikan respon si Kecil, ia mungkin akan tersenyum senang, bertepuk tangan, menggoyangkan badannya.

Menyetel lagu bagus sebagai stimulasi bayi 5 bulan untuk bantu memperkaya kosakata si Kecil dan membantunya belajar tentang intonasi bahasa meski belum mengerti betul arti lagu tersebut. 

7. Letakkan Mainan di Dekatnya

Koordinasi tangan, kaki, dan penglihatan si Kecil pada usia 5 bulan ini semakin membaik. 

Ini ditandai dengan kemampuannya meraih dan memegang benda atau mainan di sekitarnya yang menarik perhatian.

Maka itu, Ibu bisa meletakkan berbagai mainan di dekat bayi sebagai cara stimulasi bayi 5 bulan. Pastikan Ibu memilih mainan yang tidak membahayakan dan menarik perhatian si Kecil.

Hindari pula bayi Ibu dari benda-benda yang berisiko membahayakannya. Contohnya, benda-benda berujung runcing, bersuhu panas, atau yang ukurannya kecil. 

Pasalnya, bayi di usia ini sering kali meraih benda-benda yang ada di sekitarnya. Lalu, memasukkannya langsung ke dalam mulut. 

8. Sembunyikan Barang

Ide stimulasi bayi usia 5 bulan berikutnya adalah menyembunyikan mainan dan ajak si Kecil untuk mencarinya.

Permainan ini bantu meningkatkan rasa ingin tahu si Kecil dan belajar memahami kepermanenan objek (object permanence).

Sembunyikan mainan favoritnya di balik punggung Ibu atau di balik bantal, tapi jangan sembunyikan seutuhnya agar masih bisa dilihat bayi.

Kalau si Kecil berhasil meraih atau menemukan mainan tersebut, berikan respon yang meriah dan pujian, ya!

9. Main Bubble Soap

Bermain bubble soap atau gelembung sabun bisa menjadi salah satu tips stimulasi bayi 5 bulan yang efektif.

Stimulasi ini mampu melatih koordinasi mata dan perkembangan kognitifnya. Ibu atau Ayah bisa membuat air sabun, kemudian tiup gelembung ke berbagai arah di dekat si Kecil. 

Misalnya ke atas kepala, lengan, atau kaki secara bergantian. Namun, jauhi meniupkannya ke area wajah ya, Bu. Lalu, lihat bagaimana responnya usai Ibu meniup gelembung. 

Ibu juga bisa mengarahkan tangan si Kecil memencet gelembung untuk memberikan pengalaman sensory play yang seru. 

Baca Juga: 12 Ide Sensory Play yang Seru untuk Bayi dan Manfaatnya

10. Bacakan Buku Cerita

Stimulasi bayi 5 bulan yang tidak boleh dilewatkan adalah membacakan buku cerita. Mendongeng bantu mengasah perkembangan bahasa bayi, imajinasi, juga fungsi kognitifnya.

Bacakanlah buku cerita dengan gambar dan warna-warna menarik. Bacakan dengan suara lantang, serta mimik wajah dan gestur ekspresif agar si Kecil senang mendengarkan suara Ibu.

11. Bermain Bola

Bermain bola merangsang keingintahuannya dan memahami konsep sebab-akibat.

Kemudian, tunjukkan kepadanya bagaimana cara agar bola dilempar, dipantulkan, dijatuhkan ke lantai, atau digelindingkan ke arah si Kecil.

Bila memungkinkan, ajarkan bayi agar mau menggelinding atau menendang bola ke arah Ibu. 

Namun, pastikan agar bola yang digunakan tidak berukuran terlalu kecil agar tidak dimasukkan ke dalam mulutnya. 

12. Bermain Boneka Tangan

Aktivitas bermain boneka tangan juga dapat menjadi stimulasi bayi 5 bulan karena dukung si Kecil belajar berkomunikasi dan menambah kosakata baru. 

Ibu bisa memainkan boneka tangan di depan bayi dan buat dialog percakapan simpel supaya si Kecil memahami kata-kata yang Ibu ucapkan. 

Lalu, biarkan ia meraih boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus, imajinasi, dan kreativitasnya. 

13. Permainan “Nyala” dan “Mati”

Saat Ibu menggendong bayi berjalan-jalan di area rumah, coba tunjukkan padanya bagaimana cara menyalakan lampu, keran air, atau penyedot debu sambil menyebut kata “nyala” dan “mati”.

Misalnya, “Yuk,kita nyalakan lampu!” atau “Wah kalau pencet tombol ini lampunya jadi mati, ya?”

14. Tangkap Mainan

Stimulasi bayi 5 bulan ini bagus untuk mengalihkan perhatian bayi yang sedang rewel.

Pertama, ikat dulu mainan favorit bayi dengan tali panjang dan serahkan ke Ayah. Kemudian, Ibu duduk di lantai beralas karpet sambil menggendong bayi dalam posisi duduk.

Minta Ayah untuk menarik talinya secara perlahan supaya mainannya tampak bergerak di lantai. Ajak bayi untuk menghampiri mainannya dengan berucap, "Wah, itu apa ya? Ayo kita ambil!"

Permainan ini membantu mengasah keterampilan koordinasi otot dan mata serta persepsi visual. Persepsi visual adalah kemampuan otak menerjemahkan apa yang dilihat oleh mata).

15. Kocok Undian Kotak Mainan

Permainan ini menstimulasi keterampilan si Kecil menalar untuk belajar tentang konsep sebab dan akibat.

Caranya, ambil wadah plastik lalu isi dengan beberapa mainan kecil yang biasa dimainkan si Kecil. 

Dekatkan wadah tersebut pada bayi dan miringkan sampai beberapa mainannya keluar dari wadah. Ulangi beberapa kali lalu coba berikan wadah itu pada si Kecil supaya meniru gerakan yang Ibu lakukan tadi. 

Biarkan ia mengocok dan membalik kotaknya sampai ia bisa mengeluarkan semua mainan tersebut.

Baca Juga: Stimulasi Rasa Ingin Tahu Si Kecil

Ibu mungkin perlu melakukan berbagai stimulasi agar tumbuh kembang bayi 5 bulan bisa berjalan optimal. 

Apabila sudah melakukan berbagai cara stimulasi bayi 5 bulan ini, tapi perkembangannya masih belum sesuai milestone, jangan ragu konsultasi dengan dokter, ya, Bu. 

 

Referensi:

  1. Verywell. (2018). Your 5-Month-Old Baby’s Development & Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-5-month-old-baby-development-and-milestones-4172566#toc-5-month-old-baby-milestones
  2. Your baby’s growth and development - 5 months old. (2023, April 3). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-5-months-old
  3. 5-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/5-month-old-baby-milestones-and-development_720
  4. WebMD. (2006, March 8). Baby Spitting Up. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/spitting-up
  5. Earley, B. (2021, September 20). Best Activities for a 5-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-5-month-old-baby
  6. Rohit Garoo. (2014, September 11). 17 Fun And Interesting Activities For 5-Month-Olds. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/learning-activities-for-your-5-month-old-baby_0091518/

 

Temukan Topik Lainnya



Artikel Terkait