15 Stimulasi Bayi 5 Bulan yang Mudah Dilakukan

Stimulasi bayi 5 bulan yang bagus adalah bermain cilukba, tengkurap sambil bercermin, juga membacakan dongeng. Ibu bisa menstimulasi bayi dengan cara-cara seru lainnya.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
14 Oct 2022
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Bayi 5 bulan tersenyum


 

Memasuki bulan ke-5 pasti sudah banyak perkembangan yang dicapai si Kecil. Maka, cara stimulasi bayi 5 bulan harus tepat agar manfaatnya optimal untuk tumbuh kembangnya. Cek selengkapnya yuk, Bu!

Ide Stimulasi Bayi 5 Bulan agar Cerdas

Jadi, stimulasi apa yang sebaiknya Ibu berikan pada bayi 5 bulan? Ada tummy time dan ajak bercermin, ketahui lebih lengkap di bawah ini:

1. Teruskan Tummy Time

Tummy time adalah cara menstimulasi bayi 5 bulan agar cepat tengkurap sendiri.

Latihan tengkurap dapat menguatkan otot lengan hingga perut dan kakinya, sebagai ‘bekal’ agar ia kuat menopang badan saat duduk.  

Coba gantungkan mainan favorit yang warnanya mencolok atau bisa mengeluarkan suara selagi tummy time, untuk memancingnya bergerak dan meraih, Bu.

Baca Juga: Penyebab Bayi 5 Bulan Belum Bisa Tengkurap dan Stimulasinya

2. Melatih Duduk

Ibu juga bisa mendorong si Kecil punya kemampuan baru. Salah satunya, menstimulasi bayi 5 bulan agar cepat duduk.

Jadi, ajak bayi sesekali bermain dalam posisi duduk dipangku Ibu, atau dudukkan bayi di lantai beralaskan selimut dan topang sisi-sisi badannya dengan bantal untuk menahan posisinya.

Jika bayi belum bisa duduk tegak, pegang badannya. Bila ia sudah bisa duduk tegak, dudukkan di tempat tidur, atau lantai beralaskan selimut dan bantal tanpa penyangga.

3. Ajak Mengobrol

Sering-sering ajak si Kecil mengobrol dapat melatih kemampuan bicara bayi, karena usia 5 bulan sudah bisa berceloteh untuk merespon atau menarik perhatian Ibu.

Ajak si Kecil ngobrol kapan pun, Bu. Misalnya, saat memandikan bayi, mengganti popok, menyuapkan makanan, atau berjemur. Jangan lupa panggil nama si Kecil juga, ya.

Langkah ini juga berguna untuk membantu bayi mengekspresikan perasaan. Ini juga merupakan cara stimulasi bayi 5 bulan untuk merespon ketika dipanggil namanya.

4. Bercermin

Menempatkan cermin di hadapannya bisa menstimulasi bayi 5 bulan dari segi kecerdasan emosionalnya dengan mengenal berbagai macam emosi dan ekspresi.

Biarkan si Kecil mengamati refleksi dirinya sendiri dan membuat ekspresi-ekspresi lucu. Ibu juga bisa ajak Ayah bercanda di pantulan cermin untuk menarik perhatian si Kecil.

5. Nyanyikan Lagu

Sering-seringlah menyanyikan lagu anak-anak atau menyetel musik di speaker untuk menghibur si Kecil.

Perhatikan responnya, ia mungkin akan tersenyum senang, bertepuk tangan, hingga menggoyangkan badannya.

Menyetel lagu bagus untuk memperkaya kosakata bayi dan membantunya belajar tentang intonasi, meski belum mengerti betul arti lagu tersebut. 

6. Bermain Cilukba

Permainan cilukba bagus untuk mengasah kemampuan penglihatan dan interaksi sosial si Kecil. 

Caranya juga mudah, pertama-tama pancing si Kecil supaya fokus memandangi wajah Ibu lalu tutup mata atau seluruh wajah Ibu dengan tangan. Buka dan katakan “Ciluk?ba!”. 

Permainan ini mengajarkan kepermanenan objek sejak dini. Ini adalah pemahaman konsep bahwa suatu objek akan terus ada bahkan ketika ia tidak dapat melihatnya.

7. Letakkan Mainan di Dekatnya

Koordinasi tangan, kaki, dan penglihatan bayi 5 bulan semakin membaik. Ini ditandai dengan kemampuannya meraih dan memegang benda di sekitar yang menarik perhatian.

Maka itu, Ibu bisa meletakkan berbagai mainan di dekat bayi sebagai cara stimulasi bayi 5 bulan. Pastikan Ibu memilih mainan yang tidak membahayakan.

Contohnya, benda-benda berujung runcing, bersuhu panas, atau yang ukurannya kecil.

8. Sembunyikan Barang

Ide permainan berikutnya yang cocok buat bayi 5 bulan adalah menyembunyikan mainan dan ajak si Kecil untuk mencarinya.

Permainan ini bantu stimulasi rasa ingin tahu si Kecil dan juga belajar memahami kepermanenan objek (object permanence).

Sembunyikan mainan favoritnya di balik punggung Ibu atau di balik bantal. Kalau ia berhasil menemukan mainan, apresiasi dengan berikan respon yang meriah dan pujian.

9. Main Bubble Soap

Bermain gelembung sabun adalah sensory play yang bagus untuk stimulasi bayi 5 bulan agar cerdas. Bermain gelembung sabun pun dapat melatih koordinasi mata dan perkembangan kognitif bayi.

Ibu bisa membuat air sabun lalu tiup gelembung ke berbagai arah di dekat si Kecil. Namun, jauhi area wajahnya ya, Bu. 

Lalu, lihat bagaimana responnya usai Ibu meniup gelembung.

Baca Juga: 11 Mainan Bayi 5 Bulan untuk Stimulasi Perkembangannya

10. Bacakan Buku Cerita

Stimulasi bayi 5 bulan yang tidak boleh dilewatkan adalah membacakan buku cerita. Mendongeng bantu mengasah perkembangan bahasa bayi, imajinasi, juga fungsi kognitifnya.

Bacakanlah buku cerita dengan gambar dan warna-warna menarik. Bacakan juga dengan suara lantang, serta mimik wajah dan gestur ekspresif agar si Kecil senang mendengarkan suara Ibu.

11. Bermain Bola

Bermain bola dapat merangsang keingintahuannya dan memahami konsep sebab-akibat.

Tunjukkanlah padanya cara melempar bola, dipantulkan, dijatuhkan ke lantai, atau digelindingkan ke arah si Kecil.

Namun, pastikan agar bola yang digunakan tidak berukuran terlalu kecil agar tidak dimasukkan ke dalam mulutnya. 

12. Bermain Boneka Tangan

Aktivitas bermain boneka tangan juga dapat mendukung si Kecil belajar berkomunikasi dan menambah kosakata baru. 

Ibu bisa memainkan boneka tangan di depan bayi dan buat dialog percakapan simpel supaya si Kecil memahami kata-kata yang Ibu ucapkan. 

Lalu, biarkan ia meraih boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus, imajinasi, dan kreativitasnya. 

13. Cium Aroma Buah dan Sayur

Meski usia ini secara umum si Kecil belum waktunya MPASI, namun Ibu sudah bisa memperkenalkan aroma buah dan sayur, lho.

Manfaatnya untuk melatih indera penciuman si Kecil. Tak cuma itu, tapi membuatnya kelak dapat mengenal serta menghargai makanan, terlebih yang realfood.

Caranya, Ibu dapat menyajikan buah dan sayur dengan aroma segar seperti mentimun, pisang, juga mangga. Jangan lupa, beri tahu dia kalau Ibu akan memberikannya saat usia 6 bulan, ya.

14. Ikuti Objek

Cara stimulasi bayi 5 bulan yang bagus dan tentunya sangat penting berikutnya adalah meningkatkan pergerakan mata serta melatih fokus.

Ayah atau Ibu cukup menggerakan mainan yang menarik perhatiannya perlahan ke kiri dan kanan, lalu biarkan mata si Kecil mengikuti objek. Cukup simpel kan, Bu?

15. Isi Kotak Mainan

Mengisi kotak atau container kosong dengan mainan, dapat jadi aktivitas menyenangkan sekaligus bermanfaat baik, karena melatih keterampilan motorik bayi.

Caranya ibu bisa mengakali kotak dengan bukaan berisi mainan, kemudian miringkan sampai mainan terjatuh, lalu minta si Kecil masukkan mainan tadi ke kotak.

Psst, pada momen ini, Ibu juga bisa sekalian mengajari si Kecil untuk membereskan mainan yang berserakan ke dalam kotak, deh!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Bayi 6 Bulan

Tips agar Stimulasi Bayi Efektif

Selain menyesuaikan usia bayi sehingga stimulasi yang cocok dapat diberikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar stimulasi dapat efektif. Antara lain:

1. Jadwalkan Waktu Bermain

Seperti jadwal makan, waktu bermain juga bisa Ibu jadwalkan agar si Kecil lebih ‘terlacak’ kapan saja mendapat stimulasinya. Cara ini memungkinkan bayi agar tidak sampai overstimulasi.

2. Gonta-ganti Jenis Permainannya

Manfaatnya agar si Kecil dapat mengasah berbagai keterampilan juga menjaganya agar tidak bosan. Tentu saja Ibu dan Ayah dapat mempraktikan ide stimulasi bayi 5 bulan di atas secara bergantian.

3. Harus Ada Pengawasan Orang Dewasa

Pastikan ada Ayah, Ibu, atau orang dewasa lain saat menstimulasi si Kecil yang masih berusia 5 bulan.

Pasalnya di usia ini, si Kecil memang sudah mulai bisa berguling, tengkurap, dan duduk, tetapi masih dengan bantuan, agar si Kecil tidak sampai terjungkal ke belakang.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa stimulasi bayi perlu disesuaikan dengan usianya. Ibu bisa pantau milestone si Kecil di usia 6 bulan nanti dan seterusnya lewat BebeJourney, lho.

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Verywell. (2018). Your 5-Month-Old Baby’s Development & Milestones. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-5-month-old-baby-development-and-milestones-4172566#toc-5-month-old-baby-milestones
  2. Your baby’s growth and development - 5 months old. (2023, April 3). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/babys-growth-and-development-5-months-old
  3. 5-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/5-month-old-baby-milestones-and-development_720
  4. WebMD. (2006, March 8). Baby Spitting Up. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/spitting-up
  5. Earley, B. (2021, September 20). Best Activities for a 5-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-5-month-old-baby
  6. Rohit Garoo. (2014, September 11). 17 Fun And Interesting Activities For 5-Month-Olds. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/learning-activities-for-your-5-month-old-baby_0091518/


Artikel Terkait