10 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak di Rumah

Ketika perut anak kembung, cepat redakan dengan cara alami seperti memberikan air minum hangat dan perbanyak asupan serat serta prebiotik.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
14 Feb 2022
perut kembung pada anak


Anak bisa mengalami perut kembung kapan saja. Jadi, Ibu juga harus tahu bagaimana cara mengatasi perut kembung pada anak kalau-kalau hal ini dialami si Kecil. Namun, mari kenali penyebabnya lebih dahulu. Yuk, simak, Bu!

Penyebab Perut Kembung pada Anak

Ketika si Kecil mengeluh perutnya kembung, wajar jika Ibu gelisah melihatnya jadi rewel atau tidak seaktif biasanya. 

Oleh karena itu, ada baiknya Ibu juga perlu mengenali apa saja faktor yang bisa membuat perut anak kembung. Ternyata kadang faktor penyebabnya cukup tak terduga lho, Bu.

Berikut adalah beberapa penyebab perut anak kembung:

  • Terlalu banyak menelan udara saat menangis, cemas karena ketakutan, atau saat makan terburu-buru (misalnya sambil bermain dan lari-larian).

  • Sedang sembelit. Semakin lama feses menumpuk di usus besar, akan semakin lama pula proses fermentasi oleh bakteri sehingga menghasilkan lebih banyak gas yang membuat perut kembung.

  • Intoleransi laktosa. Ketika tubuh si Kecil tidak mampu mencerna gula pada susu sapi, gas yang dihasilkan usus akan menjadi berlebihan.

  • Pencernaannya belum mampu menyerap makanan dengan sempurna, sehingga ada lebih banyak sisa makanan yang menumpuk di usus, tempat makanan difermentasikan oleh bakteri.

  • Perubahan pola makan. Misalnya, jika si Kecil tidak terbiasa makan makanan berserat tinggi dan tiba-tiba diberikan banyak sayuran. Kemungkinan besar ia akan mengalami kembung untuk sementara waktu, hingga akhirnya perut si Kecil mampu beradaptasi.

  • Memiliki IBS (Irritable Bowel Syndrome). Sindrom iritasi usus ini bisa memunculkan gejala berupa perut kembung.

  • infeksi pada saluran cerna yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi.

Sekarang, Ibu juga bisa mengecek kesehatan pencernaan si Kecil melalui tools Tummypedia di website Bebeclub. Hasilnya seperti apa, nanti bisa langsung Ibu download dan simpan. Selanjutnya, Ibu bisa konsultasikan ke dokter atau Tim Bebecare untuk mencari tahu penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada anak, lho!

Baca Juga: Penyebab dan Cara Tepat Mengatasi Sakit Perut pada Anak

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak                     

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut beberapa cara mengatasi perut kembung pada anak yang mudah dan bisa Ibu praktekkan di rumah!

1. Buat Anak Bersendawa

Pertolongan pertama untuk mengatasi perut kembung pada anak adalah membuat si Kecil bersendawa. 

Kalau ia masih kesusahan untuk bisa sengaja bersendawa sendiri, Ibu bisa lakukan hal ini:

  • Minta si Kecil bernapas lewat mulut sambil duduk.

  • Lalu, tunjukkan cara membuang napas melalui mulut dengan cara menutup bagian mulut atasnya menggunakan lidah supaya jalur udara yang keluar lebih sempit.

Lakukan cara ini secara berulang sampai si Kecil bisa sendawa sendiri. 

Cara lainnya untuk menyendawakan anak yang benar adalah dengan memposisikan si Kecil duduk dalam posisi tegak, lalu tepuk-tepuk punggungnya secara lembut. Setelah beberapa menit, biasanya si Kecil akan langsung bersendawa.

2. Berikan Minum Air Putih Hangat

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak yang paling sederhana dan efektif adalah dengan minum air putih.

Minum banyak air sepanjang hari dapat membantu membuang kelebihan natrium dan racun dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kembung. 

Terlebih lagi, rutin minum air putih juga dapat mencegah dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit, yang merupakan penyebab umum perut kembung.

Ibu dapat memberikan si Kecil air putih hangat. Minum air hangat dapat membantu usus berkontraksi untuk memperlancar proses pembuangan. Selain itu, minum air hangat juga bantu melancarkan pergerakan saluran pencernaan.

3. Tawarkan Teh Hangat

Jika si Kecil bosan minum air putih, Ibu bisa tawarkan teh tawar hangat, seperti teh hijau hangat atau teh peppermint hangat. 

Teh mengandung kafein yang merangsang pergerakan saluran pencernaan dan bertindak sebagai pencahar alami untuk mendukung keteraturan frekuensi BAB.

Alternatifnya, Ibu bisa berikan teh jahe hangat atau wedang jahe (air rebusan jahe). Jahe adalah rempah yang dikenal karena kemampuannya untuk meredakan gangguan pencernaan.

Penelitian dari Food Science & Nutrition tahun 2019 menunjukkan bahwa jahe dapat mempercepat proses pengosongan usus untuk mencegah kembung.

4. Mandi atau Kompres Air Hangat

Memandikan si Kecil dengan air hangat termasuk cara mengatasi perut kembung pada anak yang efektif.

Suhu hangatnya bantu melemaskan otot-otot perut bagian luar yang tegang karena kembung. Selain itu, paparan air hangat juga dapat bantu melancarkan pergerakan gas yang terperangkap di usus, sehingga mengurangi rasa “begah” akibat kembung.

Jadi, Ibu bisa ajak si Kecil mandi atau berendam dengan air hangat selama 15-20 menit. Namun jika ingin lebih praktis, Ibu bisa mengompres perut si Kecil dengan botol berisi air hangat yang sudah dibalut waslap tipis.  

Minta si Kecil berbaring telentang dan taruh botol hangat itu di perutnya selama 15 menit sampai ia merasa lebih baikan.

5. Pijat Perut Anak

Memijat perut si Kecil dapat membuat anak lebih nyaman karena bantu melancarkan pergerakan otot-otot usus besar untuk mengangkut feses dan gas yang menumpuk. 

Mulailah memijat dari sisi kanan perut ke bawah dekat tulang panggul si Kecil. Gosok dengan gerakan memutar ringan ke arah sisi kanan hingga mencapai tulang rusuknya. 

Ibu bisa membaluri perut si Kecil terlebih dahulu dengan minyak kelapa, minyak zaitun, minyak telon, atau baby oil. Lalu, lakukan pijatan lembut pada perut dengan gerakan searah jarum jam. Pijat pula hingga ke bagian punggung dan telapak kaki si Kecil. 

Tak terbatas pada masalah perut kembung, terapi pijat bisa meredakan masalah pencernaan lain seperti sembelit dan diare.

6. Kurangi Makanan yang Mengandung Gas

Mengurangi asupan makanan yang mengandung gas alami juga dapat mengatasi perut kembung pada anak.

Beberapa makanan dengan kandungan gas tinggi yang dapat menyebabkan kembung adalah:

  • Kentang.

  • Kol.

  • Buncis.

  • Kacang polong.

  • Brokoli.

Cobalah kurangi porsi dan frekuensi pemberian makanan-makanan ini sampai perut kembungnya mereda. 

7. Berikan Makanan Tinggi Kalium dan Serat

Menambahkan asupan makanan yang mengandung serat dan kalium juga bagus sebagai cara mengatasi perut kembung pada anak.

Sebab, asupan serat dapat meningkatkan kesehatan usus dan melunakkan feses, sementara kalium membantu ginjal membuang kelebihan natrium yang dapat menyebabkan perut kembung. Kalium pun membantu mengatur keseimbangan cairan dan mineral tubuh agar si Kecil terhindar dari dehidrasi.

Jadi agar perut kembung si Kecil cepat sembuh, Ibu bisa berikan makanan-makanan tinggi serat dan kalium ini:

  • Alpukat

  • Stroberi

  • Pisang. 

  • Apel.

  • Kiwi.

  • Pepaya.

Studi menunjukkan serat inulin dalam pepaya bantu mencegah kembung yang diakibatkan sembelit dengan memperlancar frekuensi BAB.

8. Ajak Beraktivitas Fisik

Cukup banyak penelitian yang membuktikan bahwa aktivitas fisik sederhana yang dilakukan rutin dapat membantu mengatasi kembung dan sembelit.

Alasannya adalah karena bergerak aktif bantu mengeluarkan gas penyebab kembung dan membantu melancarkan gerak saluran pencernaan. 

Usahakan ajak si Kecil melakukan aktivitas ringan selama 30 menit, misalnya dengan jalan-jalan atau naik sepeda keliling komplek perumahan. 

Baca Juga: 5 Tanda Pencernaan Anak yang Sehat

9. Atur Porsi Makan Jadi Lebih Kecil

Tahukah Ibu bahwa ternyata jumlah porsi makan dapat memicu perut anak kembung? Keluhan perut kembung dan begah bisa muncul sesaat setelah makan, apalagi jika si Kecil menghabiskan porsi makan yang besar dengan tergesa-gesa. 

Ketika anak menyuap dan mengunyah, ada gas yang tidak sengaja masuk ke dalam mulut, sehingga bisa menambah volume gas di dalam organ cerna. Semakin banyak porsi dan semakin cepat anak melahap makanannya, gas yang masuk ke dalam mulut akan kian banyak juga.

Oleh karena itu, Ibu bisa membiasakan si Kecil makan dengan perlahan dan dalam porsi yang kecil. Hal ini membuat volume gas yang masuk bersamaan dengan makanan pun lebih sedikit. 

10. Beri Asupan Probiotik dan Prebiotik

Cara mengatasi perut kembung pada anak juga bisa dengan meningkatkan asupan probiotik dan prebiotik.

Probiotik adalah bakteri baik yang mendukung sistem pencernaan, sedangkan prebiotik adalah jenis serat khusus yang menjadi sumber makanan bagi bakteri baik.

Probiotik dapat membantu mengatasi kembung, terutama jika kembung anak disebabkan oleh ketidakseimbangan mikrobioma usus. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengatasi kembung jika anak memiliki masalah pencernaan tertentu dengan berupaya mengembalikan mikrobioma usus yang sehat dan seimbang.

Contoh makanan mengandung probiotik adalah yogurt dan tempe, sedangkan contoh makanan tinggi prebiotik adalah pisang, asparagus, dan kacang polong-polongan.

Selain itu, Ibu juga bisa bantu cukupi asupan prebiotik dari susu pertumbuhan seperti susu Bebelac Gold yang sudah difortifikasi dengan zat gizi penting.

Bebelac Gold dilengkapi serat lebih tinggi dari kombinasi FOS:GOS 1:9, Inulin, serta Pati Jagung yang mendukung kesehatan pencernaan si Kecil. Diperkaya juga dengan nutrisi optimal lainnya seperti Omega 3 & Omega 6 serta 13 vitamin dan 7 mineral dengan 0% sukrosa mendukung si Kecil tumbuh dengan 7 kehebatan yang optimal.

Pastikan Ibu mendukung kesehatan pencernaan si Kecil setiap hari, ya. Karena dengan pencernaan yang baik (happy tummy),  si Kecil bisa tumbuh lebih aktif dan ceria (happy heart) untuk terus bermain sambil belajar bersama teman-temannya (happy brain). 

Namun jika perut kembung anak tidak juga reda meski sudah diberikan penanganan di atas, atau disertai gejala lain, seperti nyeri perut yang hebat, mual, muntah, demam, atau penurunan berat badan, segera periksakan anak ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat ya, Bu.

Semoga artikel ini membantu!

 


Referensi tambahan:

  1. Colleen. (2019, May 17). Have a Gassy Baby? What to Know About Infant Gas Symptoms, Remedies and Causes. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/care/gassy-baby/
  2. Bloating: Causes and Prevention Tips. (2021, September 20). Hopkinsmedicine.org. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/bloating-causes-and-prevention-tips
  3. Parents. (2019). 4 Reasons Your Kid May Feel Bloated and How to Help. Parents. https://www.parents.com/recipes/scoop-on-food/reasons-your-kid-is-bloated-and-how-to-help/
  4. (2011, October). LIVESTRONG.COM. https://www.livestrong.com/article/545352-bloating-due-to-dieting/
  5. AboutKidsHealth. (2019). Aboutkidshealth.ca. https://www.aboutkidshealth.ca/article?contentid=822&language=english
  6. Gas and Bloating in Children: Care Instructions - Neotia Bhagirathi Woman and Child Care Centre. (2019, October 21). Neotia Bhagirathi Woman and Child Care Centre. https://www.neotiahospital.com/newtown/gas-and-bloating-in-children-care-instructions/
  7. Villines, Z. (2019, March 18). Causes and how to relieve gas in a baby. Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324725#symptoms
  8. Aparna. (2019, June 15). 10 Home Remedies for Stomach Pain in Toddlers. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/10-best-home-remedies-for-stomach-pain-in-toddlers/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait

Anak Resep

Resep Rendang Daging

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
4 min
20 Apr 2022