8 Kegiatan Seru untuk Mengisi Waktu Luang Anak

Pada masa-masa golden age, si Kecil akan terlihat semakin aktif dan mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar. Sebagian besar waktu an...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
04 Jul 2023
Kegiatan mengisi waktu luang anak.


Pada masa-masa golden age, si Kecil akan terlihat semakin aktif dan mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar. Sebagian besar waktu anak dihabiskan untuk bermain pada usia ini. Untuk itu, Ibu harus pintar-pintar mengisi waktu luang si Kecil dengan berbagai macam kegiatan yang menarik dan bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Sebab, penting bagi anak mendapatkan berbagai jenis pengalaman baru yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Pada artikel ini akan membahas lengkap beragam rekomendasi kegiatan seru dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang anak. Yuk, simak penjelasannya, Bu.

Pilihan Kegiatan untuk Mengisi Waktu Luang Anak

Mengisi waktu luang anak dengan kegiatan yang bermanfaat sangat penting dalam membantu mereka mengembangkan keterampilan, serta meningkatkan kreativitas dan kecerdasan anak.

Selain bermain di rumah, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh anak untuk mengisi waktu luangnya. Ibu bisa mencoba kegiatan ini yang dapat menyenangkan dan juga mengedukasi si Kecil. Berikut daftarnya:

1. Kegiatan Berkebun

Berkebun merupakan kegiatan di luar rumah yang mempunyai banyak manfaat untuk mengisi waktu luang si Kecil. Anak-anak biasanya sangat senang ketika melakukan kegiatan menggali tanah, menyiram tanaman, dan melihat tanaman tumbuh. Mengajak berkebun dapat memberikan kesempatan pada si Kecil untuk berinteraksi dengan alam dan mengajarkannya tentang proses tumbuh kembang tanaman.

Kegiatan ini juga dapat mengembangkan keterampilan baru si Kecil seperti bertanggung jawab, meningkatkan rasa percaya diri, mencintai alam sekitar, dan memahami tentang sebab dan akibat. Ibu dapat mengajak si Kecil untuk berkebun di halaman rumah atau mengunjungi tempat wisata berkebun.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Keberanian Si Kecil 

2. Berkunjung ke Kebun Binatang

Setiap orang tua pasti sudah mengenalkan binatang pada si Kecil sejak bayi melalui buku atau mainan. Untuk itu, anak-anak pasti sangat senang jika melihat binatang secara langsung, apalagi jika bertemu dengan binatang favoritnya.

Kegiatan ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang si Kecil dan cara yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, dengan berkunjung ke kebun binatang dapat menciptakan kenangan pada anak yang akan selalu diingatnya.

Saat melihat binatang, akan ada percakapan antara Ibu dan si Kecil, Ibu dapat memperkenalkan setiap binatang kepada si Kecil mulai dari jenisnya, makanan yang dikonsumsi, dan lainnya. Dengan demikian, perkembangan bahasa si Kecil akan semakin meningkat supaya mendapatkan banyak kosa kata dan pengetahuan baru.

3. Bermain di Taman

Salah satu kegiatan bermanfaat anak paling sederhana yang bisa Ibu lakukan yaitu mengajaknya bermain di taman. Saat di taman, si Kecil dapat berlarian, bermain ayunan, dan berinteraksi dengan anak-anak lainnya. 

Selain itu, bermain di taman juga membantu anak mendorong perkembangan sosial seperti berbagi, bekerja sama, dan berkomunikasi dengan baik.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika anak bermain di taman. Bahkan, kemandirian si Kecil juga akan semakin terlatih ketika bermain. Membiasakan si Kecil bermain di taman juga dapat menghindari penggunaan gadget berlebihan bagi anak. 

Maka dari itu, penting untuk Ibu memberikan waktu bermain di taman bagi si Kecil. Yang penting Ibu harus memastikan keamanan dan keselamatan si Kecil ketika bermain di taman.

Baca Juga: Hobi yang Bermanfaat untuk Tumbuhkan Jiwa Leadership Anak 

4. Berenang

Saat memiliki waktu luang, sebaiknya Ibu mengajak si Kecil melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuhnya secara keseluruhan seperti mengajak berenang. 

Kegiatan ini bukan hanya menyehatkan tetapi juga menyenangkan, karena anak-anak pasti suka bermain air. Berenang dapat menjaga kebugaran dan kesehatan fisik pada anak, juga mengajarkan anak keterampilan keselamatan ketika berada di dalam air.

Saat berenang si Kecil akan melatih perkembangan motorik, koordinasi tubuh, dan kesehatan jantung. Akan  tetapi, ketika mengajak si Kecil berenang Ibu harus memastikan keamanan kolam renang dan dapat mengajarkan si Kecil berenang secara bertahap. 

Jangan sampai si Kecil menjadi trauma ketika terjadi hal yang tidak diinginkan saat berenang. Pastikan si Kecil mempunyai kesiapan ketika ingin memulai berenang.

5. Mengunjungi Museum

Mengisi waktu luang anak tidak hanya harus dengan bermain. Ibu juga dapat mengajak si Kecil berkunjung ke museum untuk memperluas wawasan dan mengeksplorasi hal baru. 

Saat berada di museum, si Kecil dapat belajar tentang sejarah, seni, sains, budaya. Mengunjungi museum juga dapat membantu anak mengembangkan rasa ingin tahunya ketika melihat hal baru.

Si Kecil dapat memiliki kesempatan untuk bertanya dan berinteraksi untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Selain itu, museum dapat menjadi sumber informasi baru untuk si Kecil. Sebagian besar museum menawarkan kegiatan yang menarik bagi anak-anak yang secara positif akan mempengaruhi keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan memecahkan masalah.

6. Meronce

Meronce dapat menjadi salah satu kegiatan untuk dukung perkembangan si Kecil. Kegiatan kreatif ini melibatkan anak untuk membuat bentuk dan pola menggunakan kain, benang, dan manik-manik. 

Meronce dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus, meningkatkan imajinasi, mendorong koordinasi mata dan tangan, meningkatkan kreativitas, dan melatih konsentrasi anak saat memasukkan manik-manik ke dalam benang. 

Ketika si Kecil selesai menghasilkan karya dari meronce, pasti akan meningkatkan rasa percaya diri dan kepuasan karena karyanya telah selesai dibuat

7. Memasak Bersama

Ibu ingin melakukan kegiatan menyenangkan di waktu luang si Kecil? Cobalah mengajaknya memasak bersama. Memasak tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memperkenalkan anak pada keterampilan memasak dan kebiasaan makan yang sehat.

Ada banyak manfaat bagi si Kecil ketika memasak yang mampu meningkatkan kemampuannya untuk memasuki masa sekolah, seperti membangun keterampilan matematika dasar dengan melakukan hal sederhana yaitu menghitung jumlah telur atau menuangkan air ke dalam gelas ukur. 

Selain itu, memasak juga dapat membantu anak untuk mengeksplorasi dengan indera mereka, seperti menumbuk adonan, mencium aroma makanan, dan mencicipi makanan yang sudah matang.

Baca Juga: Manfaat Smell Sensory Play dan Ide Permainannya 

8. Melukis

Melukis merupakan kegiatan kreatif yang memungkinkan anak-anak mengekspresikan diri dan mengembangkan imajinasinya. Kegiatan ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang si Kecil karena mempunyai beragam manfaat, seperti mengembangkan keterampilan motorik halus, pengamatan visual, dan keterampilan memecahkan masalah. Selain itu, melukis juga dapat membantu si Kecil untuk mengungkapkan emosi.

Setelah si Kecil menyelesaikan lukisannya, Ibu jangan lupa memberikannya apresiasi atas karyanya. Ibu bisa mengajak si Kecil untuk membingkai hasil lukisannya dan dipajang di sudut rumah sehingga rasa percaya dirinya akan meningkat.

Dalam mengisi waktu luang anak, kegiatan-kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat untuk si Kecil. Selain memberikan kesempatan untuk bermain dan bersenang-senang, kegiatan tersebut juga mampu memperkaya pengetahuan dan keterampilan si Kecil. Nah, dari rekomendasi di atas, kegiatan mana yang mau Ibu lakukan bersama si Kecil?

Bu, selain melakukan berbagai kegiatan di atas, maksimalkan juga aktivitasnya dengan Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil melalui pemberian susu Bebelac 3 GroGreat+ yang dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) untuk mendukung saluran cerna si Kecil (happy tummy). Ketika pencernaannya baik, anak juga akan bisa lebih aktif dan berpikir kreatif (happy brain), serta ceria dan bersemangat untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjang perkembangannya sambil bermain bersama teman-teman (happy heart).

Dapatkan juga lebih banyak informasi dan tips seputar perkembangan tumbuh kembang si Kecil dengan mendaftar member Bebeclub.

Ibu bisa pula menstimulasi kognitif, fisik, sosial emosional si Kecil semakin tumbuh hebat di usia 3 tahun ini dengan men-download flashcard eksklusif Belajar di Rumah secara gratis! 


Referensi:

  1. Why play is important. (2022, April 19). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/play-learning/play-ideas/why-play-is-important
  2. ‌Health. (2015). Gardening for children. Vic.gov.au. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/gardening-for-children
  3. ‌Ravi, A. (2020, November 10). Top 10 Benefits Of Outdoor Play For Kids And Tips To Follow. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-outdoor-play-activities-for-kids_00674358/
  4. ‌Verywell. (2022). Age-by-Age Guide to Swimming Lessons for Kids. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/swim-lessons-for-kids-2632446
  5. ‌Benefits of macaroni threading. (2019, May 30). Growing Early Minds. https://growingearlyminds.org.au/activities/macaroni-threading/
  6. ‌Cooking With Preschoolers (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2021). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/cooking-preschool.html
  7. ‌Mcilroy, T. (2020, December 31). The 12 Biggest Benefits of Painting for Children + 15 Easy Painting Ideas. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-painting-for-children/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait