16 Ide Aktivitas Bayi di Rumah dengan Space Terbatas yang Perlu Ibu Tahu

Tahukah Ibu? Selain nutrisi seimbang, stimulasi dan interaksi yang tepat sangat penting untuk perkembangan si Kecil, bahkan saat bayi be...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi., Psikolog., CPC

4 min
20 Sep 2023
Profile Irma Gustiana A, S.Psi., M.Psi.,  Psikolog., CPC
Ide aktivitas bayi di rumah dengan space terbatas


Tahukah Ibu? Selain nutrisi seimbang, stimulasi dan interaksi yang tepat sangat penting untuk perkembangan si Kecil, bahkan saat bayi berada di rumah dengan ruang terbatas, lho. Stimulasi seperti aktivitas fisik membantu bayi mengembangkan keterampilan motorik, sensorik, berbahasa, hingga kognitifnya.

Melalui permainan sederhana, si Kecil akan belajar tentang bahasa baru, mengasah kemampuan memecahkan masalah, dan merangsang kreativitas mereka. Berikut adalah beberapa ide aktivitas bayi di rumah dengan space terbatas. Mari simak, Bu!

Ide Aktivitas Bayi di Rumah dengan Space Terbatas

Ibu tetap bisa menstimulasi motorik si Kecil dengan aktif berkegiatan, meskipun berada di rumah dengan ruang yang terbatas. Berikut ide kegiatannya yang bisa Ibu dan si Kecil coba:

1. Membaca Buku

Walaupun si Kecil belum bisa memahami cerita, membacakan buku dengan gambar-gambar ceria sejak usia dini dapat membantu merangsang perkembangan visual dan memperkenalkannya pada bahasa ya, Bu. Sediakan buku papan atau kain dengan gambar yang cerah serta menarik. Bacakan cerita sederhana kepada si Kecil sambil menunjuk gambar-gambar di buku.

2. Senam Pagi Bersama

Ibu bisa mengajak si Kecil melakukan peregangan sederhana setiap pagi di dalam rumah sambil mendengarkan musik yang disukai. Lakukan peregangan lembut pada tangan, kaki, dan tubuh bayi. Ini membantu menjaga fleksibilitas otot-ototnya.

Baca Juga: 5 Senam Ringan Bayi Sederhana yang Menyehatkan

3. Menyanyikan Lagu

Bernyanyi dengan nada lembut dan lagu kesukaan si Kecil bisa menghibur dan merangsang pendengaran serta perkembangan bahasa lho, Bu.

4. Menjelajahi Tekstur

Dengan pengawasan yang ketat, biarkan si Kecil menyentuh tekstur benda-benda seperti kain, kulit, atau benda-benda berbulu lembut. Ini bisa menjadi pengalaman sensorik yang menarik bagi mereka.

5. Bermain dengan Cermin

Bayi sering kali tertarik pada refleksinya di cermin, Bu. Biarkan si Kecil melihat wajahnya sendiri dan berinteraksi dengan bayangan yang muncul di cermin.

6. Main Pasir Biji Bersama Ibu

Isi wadah dangkal dengan pasir cincau atau biji-bijian (seperti beras atau kacang polong kering). Biarkan si Kecil merasakannya dan menjelajahi tekstur. Ini dapat merangsang indera peraba dan memberikan pengalaman sensorik bagi bayi.

7. Berburu Mainan

Sembunyikan beberapa mainan di sekitar ruangan dan biarkan si Kecil mencari. Ini bisa merangsang perkembangan keterampilan motorik, pemahaman konsep, dan juga memberikan kesenangan pada si Kecil.

8. Taman Boneka

Ibu bisa buat taman boneka sederhana dengan meletakkan beberapa boneka atau mainan binatang di area tertentu. Biarkan si Kecil menjelajahi dan bermain dengan boneka-boneka tersebut.

9. Corat-coret Kertas

Berikan si Kecil kertas berukuran besar dan krayon yang aman. Biarkan ia mencoret-coret kertas, walaupun mungkin hasilnya hanya coretan acak. Ini adalah cara bagus untuk merangsang kreativitas dan perkembangan motorik halus si Kecil lho, Bu.

10. Aktivitas Mandi yang Seru

Jika memungkinkan, isi wadah dengan air hangat dan berikan mainan mandi seperti boneka bebek atau gelas plastik yang aman untuk bayi. Aktivitas ini bisa menjadi pengalaman menyenangkan dan merangsang indera peraba si Kecil.

11. Papan Peraga Gambar

Ibu bisa buat papan peraga gambar dengan menempelkan gambar berupa binatang atau benda. Gambarnya bisa dicetak sendiri ataupun digunting dari majalah. Kemudian, ajak si Kecil mengenal gambar-gambar tersebut dan beritahu nama-nama objek yang ada di dalamnya, Bu. 

12. Bermain Keseimbangan

Jika Ibu memiliki meja yang cukup rendah, tuntun bayi berdiri atau berjalan di sekitar meja sambil memegangnya. Ini bisa membantu perkembangan keseimbangan dan keterampilan berjalan.

Baca Juga: 6 Ide Permainan Outbound yang Seru dan Edukatif untuk Anak

13. Mainan Musik

Berikan mainan musik seperti drum mini, xilofon kecil, atau shaker. Ini membantu si Kecil mengenal suara dan irama, serta merangsang koordinasi tangan dan pendengaran.

14. Bermain “Imajinasi”

Mainkan permainan imajinasi seperti menelepon dengan remot TV seakan-akan "telepon genggam", atau "bermain rumah-rumahan" untuk merangsang imajinasi dan interaksi sosial si Kecil.

15. Bermain dengan Kardus

Kardus bekas bisa menjadi sumber hiburan yang seru juga lho, Bu. Biarkan si Kecil menjelajahi dan merangkak di sekitar kardus. Ibu bisa menghiasi kardus menggunakan cat warna-warni yang menarik dan aman untuk si Kecil.

16. Main Masak-Masakan

Jika memungkinkan, sediakan mainan masak-masakan yang aman untuk si Kecil. Biarkan bayi bermain dengan panci, sendok, dan wadah kecil sambil berpura-pura memasak.

Nah, itu dia berbagai ide aktivitas bayi di rumah dengan space terbatas yang bisa dicoba. Jika ingin mengetahui informasi seputar perkembangan si Kecil lainnya, Ibu bisa mengunjungi BebeJourney. Di sini, Ibu bisa ukung awal kehebatan si Kecil melalui cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai usia atau belum, hingga fitur parenting lainnya. Gratis!

Semoga bermanfaat, Bu!


Referensi:

  1. Raising Children. (2022). 10-11 months: baby development. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/10-11-months
     
  2. Tresillian. (2023). Play 9-18 months. https://www.tresillian.org.au/advice-tips/play/9-18-months/
     
  3. UNICEF. (2020). Indoor play ideas to stimulate young children at home. https://www.unicef.org/mena/stories/indoor-play-ideas-stimulate-young-children-home
     


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait