9 Rekomendasi Mainan Montessori untuk Anak 1 Tahun

Jengah pasti rasanya, ya, ketika Ibu sudah berkali-kali membereskan rumah, tapi tetap saja terlihat berantakan dengan mainan anak yang b...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
16 Aug 2023
Mainan montessori anak 1 tahun.


Jengah pasti rasanya, ya, ketika Ibu sudah berkali-kali membereskan rumah, tapi tetap saja terlihat berantakan dengan mainan anak yang berserakan. Akan tetapi, jangan jadikan ini alasan untuk tidak lagi memberikan mainan pada si Kecil, ya, Bu! Sebab, mainan yang tepat sangat penting dalam merangsang berbagai aspek perkembangan anak, termasuk keterampilan motorik, kognitif, sensorik, dan sosial-emosional si Kecil di usia 1 tahun ini, salah satunya mainan montessori. 

Nah, untuk mengetahui penjelasan lengkap bermain dengan metode montessori beserta rekomendasi mainannya, simak artikel ini sampai habis, ya, Bu.

Apa Itu Mainan Montessori?

Pada dasarnya, metode montessori mendorong anak untuk melakukan eksperimen. Itulah mengapa mainan montessori haruslah memberikan pengalaman langsung yang melibatkan anak untuk dapat memegang dan menyentuh mainan tersebut. 

Selain itu, mainan montessori juga harus menciptakan kesempatan bagi anak untuk "bekerja" secara mandiri, mengikuti kecepatan perkembangan masing-masing setiap anak, dan menggali kreativitas si Kecil.

Tipe mainan montessori umumnya menggunakan bahan alami seperti kayu, anyaman, kapas, dan logam. Selain nilai pendidikannya, pilihan bahan-bahan ini juga memberikan pengalaman sensorik untuk si Kecil.

Bukan hanya itu, mainan yang terbuat dari bahan alami juga mengajarkan anak tentang konsekuensi. Sebagai contoh, mainan dari bahan plastik cenderung tidak mudah pecah atau penyok saat terjatuh, tetapi mainan yang terbuat dari bahan alami lebih rentan mengalami kerusakan.

Dengan mengalami konsekuensi ini, si Kecil diharapkan bisa belajar untuk memperlakukan mainan mereka dengan hati-hati. 

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Metode Montessori yang Perlu Ibu Tahu

Rekomendasi Mainan Montessori untuk Anak 1 Tahun

Untuk mengenalkan metode montessori ini, Ibu bisa memberikan berbagai permainan. Melalui mainan, anak akan termotivasi untuk berinteraksi, belajar, serta melatih berbagai jenis kecerdasan lainnya.

Banyak sekali mainan yang terinspirasi dari metode montessori sehingga sangat cocok diberikan pada anak sejak dini. Mainan ini memiliki potensi untuk membantu mempersiapkan anak secara lebih baik dalam menghadapi pembelajaran untuk masa depannya.

Berikut pilihan mainan montessori untuk anak 1 tahun yang bisa Ibu jadikan pilihan:

1. Meronce

Permainan montessori yang cukup sederhana tetapi mempunyai banyak sekali manfaat bagi perkembangan si Kecil ialah meronce.

Kegiatan ini merupakan permainan yang melibatkan anak untuk merangkai manik-manik. Meronce dapat melatih koordinasi mata dan tangan, membuat keterampilan motorik semakin terasah.

Ketika Ibu sedang bermain meronce dengan si Kecil, penting untuk memastikan bahwa ukuran manik-manik yang digunakan tidak terlalu kecil agar anak mudah untuk memasukkan manik-manik ke dalam benang atau tali.

Pilihlah penggunaan manik-manik berukuran besar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti si Kecil akan memasukkan manik-manik ke dalam mulut.

2. Busy Board

Busy board merupakan permainan yang cukup familiar dan mempunyai banyak sekali manfaat bagi anak-anak.

Ada banyak sekali permainan maupun aktivitas di dalam busy board sehingga dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar pada si Kecil. Misalkan, anak-anak dapat belajar cara membuka resleting, mengikat tali sepatu, memasukkan kancing, atau membuka perekat.

Selain itu, aktivitas yang ada di busy board dapat mendorong pemikiran logis dan kreativitas si Kecil. Ia akan mencari berbagai cara untuk menyelesaikan setiap tugas yang ada dalam mainan, sehingga merangsang kemampuan berpikir si Kecil. 

3. Blok Palu Mainan

Apakah Ibu sering memperhatikan si Kecil suka memukul-mukul dengan dengan benda lain? Jika iya, Ibu bisa memberikannya blok palu mainan yang tentunya memiliki banyak manfaat untuk perkembangannya.

Salah satunya adalah meningkatkan koordinasi mata dan tangan saat mereka menggunakan palu untuk memukul blok. Selain itu, aktivitas ini juga memberikan latihan menjepit, karena anak perlu memegang palu dengan kuat untuk memukul dengan tepat. 

Tidak hanya bermanfaat untuk motoriknya, tapi juga perkembangan kognitif si Kecil, Bu. Penggunaan blok palu mainan dapat mengembangkan skill anak dalam memecahkan masalah, karena anak perlu memikirkan cara yang efektif untuk memukul benda dengan tepat.

Saat bermain, anak juga memahami konsep sebab dan akibat, sehingga membantu mereka mengerti hubungan antara tindakan dan hasil yang terjadi.

4. Sortir Bentuk

Mainan sortir bentuk dirancang khusus untuk anak, yang membantu mereka dalam menyortir benda berdasarkan warna, ukuran, dan bentuk. Mainan ini terdiri dari permukaan datar dengan lubang-lubang yang memiliki bentuk berbeda, seperti persegi, lingkaran, dan segitiga.

Mainan ini dilengkapi dengan potongan-potongan mainan yang sesuai dengan lubang-lubang tersebut. Anak perlu mengidentifikasi bentuk setiap lubang di permukaan atau kotak, dan memilih potongan mainan yang sesuai dengan bentuk lubang tersebut.

Mainan sortir bentuk memiliki manfaat yang penting dalam mengasah keterampilan motorik halus si Kecil. Selain itu, kemampuan untuk menempatkan bentuk yang tepat ke dalam lubang juga membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik. Melalui mainan sortir bentuk, anak dapat mengembangkan keterampilan ini secara bertahap.

5. Mainan Susun Pelangi

Mainan susun pelangi sepertinya sudah menjadi mainan yang wajib diberikan si Kecil sebagai mainan montessori. Permainan ini akan membantu melatih kecerdasan spasial pada anak untuk memahami ruang dan bentuk, serta mempersiapkan si Kecil mengenali pola dengan lebih baik.

Mainan ini terdiri dari tujuh potongan kayu berwarna yang dapat disusun menjadi pelangi. Bentuk melengkung dan warna-warni dari mainan susun pelangi memungkinkan anak-anak untuk bermain dengan imajinasi dan kreativitas.

Saat bermain, si Kecil dapat menciptakan berbagai bentuk, bangunan, atau desain menggunakan setiap potongan-potongan kayu.

Baca Juga: Manfaat Bermain Pop It dan Cara Seru Memainkannya

6. Cylinder Socket

Permainan cylinder socket adalah mainan montessori yang cocok untuk anak mulai dari usia 1 tahun.

Mainan ini membantu si Kecil meningkatkan pemahaman mereka tentang ukuran dan perbedaan antara objek-objek. Selain itu, anak juga akan belajar mengamati dengan cermat dan memecahkan masalah dengan mencocokkan silinder ke dalam lubang yang sesuai.

Cara bermain cylinder socket ini memang cukup sederhana dan mudah dipahami oleh anak-anak. Ibu dapat mencontohkannya dengan memasukkan silinder ke dalam lubang yang sesuai dengan ukurannya.

Kegiatan ini melibatkan keterampilan motorik halus dan mengenal perbedaan ukuran setiap objek.

7. Alat Musik Mainan

Alat musik bisa menjadi mainan montessori yang cocok untuk diberikan pada anak. Mainan musik bantu mengasah keterampilan mendengarkan anak untuk merespon bunyi-bunyian yang dihasilkan.

Dengan bermain alat musik, anak pelan-pelan akan mengembangkan kesadaran terhadap suara, irama, dan nada. Selain itu, anak juga dapat melatih keterampilan motorik halus dengan memegang dan memainkan alat musik secara tepat.

Manfaat musik juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak. Saat mereka fokus pada memainkan alat musik dan menciptakan suara, maka akan belajar untuk fokus dan meningkatkan konsentrasi.

Ibu bisa memberikan si Kecil beberapa jenis mainan alat musik seperti xylophone atau marakas agar meningkatkan kecerdasan musikalnya. Namun, pastikan setiap alat musik dibuat khusus untuk anak dan aman dimainkan.

8. Sortir Warna

Permainan ini menjadi cara sederhana belajar mengenal warna kepada si Kecil. Ibu dapat mulai mengenalkan dengan warna-warna dasar seperti merah, kuning, hijau, dan biru. Dalam bermain sortir warna, anak akan diajak untuk memisahkan atau mengelompokkan objek-objek berdasarkan warna yang sesuai.

Salah satu mainan montessori ini sangat bagus untuk mengembangkan koordinasi mata dan tangan pada anak. Saat si Kecil memilih dan memindahkan objek berwarna ke tempat yang sesuai, mereka harus menggunakan mata dan tangan secara cermat.

Selain itu, saat bermain, Ibu dapat membantu si Kecil dengan menyebutkan nama-nama warna tersebut. Hal ini akan memperkaya kosakata dan memperkuat pemahamannya tentang warna-warna yang berbeda.

9. Balok Kayu Susun

Bermain dengan balok susun adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi perkembangan anak. Saat anak bermain dengan balok dan mulai menyusunnya, anak seringkali menghabiskan waktu lama untuk menghasilkan kreasi mereka sendiri. Bahkan anak dapat bermain balok susun lebih lama dibandingkan dengan aktivitas lainnya.

Melalui bermain balok susun, anak juga dapat mengembangkan keterampilan motorik halus dan motorik kasar.

Pengembangan keterampilan motorik ini sangat penting bagi anak karena mereka membutuhkannya untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari, seperti mengancingkan pakaian, mengikat tali sepatu, atau menggunting. Selain itu, kemampuan motorik halus yang baik juga menjadi dasar penting untuk kemampuan menulis di sekolah. 

Nah, itu dia beragam permainan montessori yang bisa Ibu pilih untuk si Kecil yang berusia 1 tahun. Dari rekomendasi tersebut, kira-kira mainan mana yang paling cocok untuk si Kecil? Ibu bisa juga, lho, menstimulasi kognitif, fisik, sosial emosional si Kecil agar semakin tumbuh hebat dengan flash card eksklusif Belajar di Rumah secara gratis! 

Baca Juga: Manfaat Smell Sensory Play dan Ide Permainannya 

Sembari memberikan mainan montessori untuk si Kecil, maksimalkan juga aktivitas si Kecil dengan Dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil melalui pemberian susu Bebelac 3 GroGreat+ yang dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) untuk mendukung saluran cerna si Kecil (happy tummy).

Ketika pencernaannya baik, anak juga akan bisa lebih aktif dan berpikir kreatif (happy brain), serta ceria dan bersemangat untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjang perkembangannya sambil bermain bersama teman-teman (happy heart).

Yuk, dapatkan lebih banyak informasi dan tips seputar perkembangan tumbuh kembang si Kecil dengan mendaftar member Bebeclub.


Referensi:

  1. Sue. (2021, November 10). 9 Best Hammering Toys for Babies, Toddlers, and Preschoolers. The Montessori-Minded Mom. https://reachformontessori.com/hammering-toys/
  2. ‌Mead, S. (2023). 12 Montessori Toys to Help Your Child Learn Through Play. Whitbyschool.org. https://www.whitbyschool.org/passionforlearning/12-montessori-toys-to-help-your-child-learn-through-play
  3. ‌Hari, A. (2022, November 29). Shape Sorting Toys For Babies - How it Helps in Baby’s Development. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/shape-sorting-toys-for-babies/
  4. Verywell. (2023). Gardner’s Theory of Multiple Intelligences. Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/gardners-theory-of-multiple-intelligences-2795161
  5. Labuz, M. (2022, December 13). 19 Best Montessori Toys for 1 Year Old Toddlers. Teaching Littles. https://www.teachinglittles.com/montessori-toys-for-1-year-old-toddlers/
  6. ‌Smart Toys for Every Age (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2018). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/smart-toys.html
  7. ‌Kadek Suarca, Soetjiningsih Soetjiningsih, & IGA Endah Ardjana. (2016, December 5). Kecerdasan Majemuk pada Anak. ResearchGate; Paediatrica Indonesiana - Indonesian Pediatric Society. https://www.researchgate.net/publication/312175228_Kecerdasan_Majemuk_pada_Anak


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait