6 Manfaat Membaca Dongeng Sebelum Tidur untuk Perkembangan Anak

Dongeng adalah cerita-cerita naratif yang biasanya mengandung unsur-unsur fantasi, petualangan, dan pembelajaran moral. Dongeng seolah m...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
04 Jul 2023
Anak dan Ibu sedang membaca dongeng.


Dongeng adalah cerita-cerita naratif yang biasanya mengandung unsur-unsur fantasi, petualangan, dan pembelajaran moral. Dongeng seolah menjadi bagian yang penting dalam masa kecil setiap anak, bahkan mungkin saat masih kecil Ibu juga suka membaca cerita dongeng. Membacakan dongeng kepada anak-anak bukan hanya sekadar memberikan hiburan saja, tetapi juga sangat bermanfaat bagi perkembangan si Kecil, lho! 

Lantas, apa saja manfaat membaca dongeng anak sebelum tidur? Untuk mengetahui penjelasan serta rekomendasi dongeng anak yang mempunyai nilai moral sangat bagus, Ibu bisa simak artikel ini sampai habis, ya.

Manfaat Membaca Dongeng Sebelum Tidur

Dongeng adalah cerita khayalan yang sering kali mencerminkan kisah nyata sekaligus memberikan ruang si Kecil untuk berimajinasi. Dalam setiap cerita, anak dapat terlibat dalam petualangan yang menarik dan menemukan pelajaran berharga. Meskipun dunia dongeng bercerita tentang khayalan, pesan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sering kali dapat dihubungkan dengan kehidupan nyata.

Ada banyak sekali manfaat membacakan dongeng untuk perkembangan anak, Bu. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Mendorong Imajinasi Anak

Mendongeng buku cerita yang bergambar ternyata dapat meningkatkan imajinasi anak untuk mengembangkan cerita berdasarkan gambar yang ia lihat. Ketika anak melihat gambar-gambar yang hidup dan penuh warna dalam buku cerita, mereka bisa terinspirasi untuk menciptakan dunia baru, karakter-karakter menarik, dan petualangan yang seru.

Sebagai contoh, saat mendengar cerita dongeng, anak akan membayangkan seorang peri cantik, seekor kancil yang cerdik, atau buaya yang rakus. Secara tidak langsung, melalui dongeng anak belajar mereka menggunakan imajinasi mereka dengan lebih baik dan mengasah kreativitas mereka.

2. Mengajarkan Pesan Moral

Dongeng juga mempunyai manfaat yang besar dalam membantu anak mempelajari nilai moral. Melalui cerita-cerita yang disampaikan, anak-anak dapat terlibat dalam petualangan tokoh-tokoh yang menghadapi berbagai konflik dan tantangan dalam kehidupan. Dari pengalaman tokoh-tokoh ini, anak-anak dapat belajar tentang konsep seperti kebaikan, kejujuran, kerja sama, dan kesabaran.

Selain itu, tokoh-tokoh dalam dongeng sering kali memberikan kesan dan dapat diingat oleh anak-anak hingga mereka beranjak dewasa. Buktinya hingga sekarang, Ibu mungkin masih ingat bagaimana cerita Malin Kundang yang sombong dan durhaka kepada Ibunya. 

Saat membaca dongeng, anak-anak pun dapat merasa terlibat dalam perjalanan tokoh dan mempelajari pelajaran moral yang disampaikan melalui cerita.

3. Memperbanyak Kosakata

Mendongeng dapat meningkatkan kosakata anak, mengajarkan struktur cerita, dan yang terpenting, menciptakan kecintaan membaca. 

Saat anak mendengar dongeng, mereka terpapar pada berbagai kata-kata baru dan istilah yang mungkin belum didengar sebelumnya. Proses ini dapat membantu memperluas kosakata mereka dan memperkaya pemahaman mereka tentang bahasa. 

Anak-anak yang membaca secara aktif memiliki kosa kata yang lebih besar dan lebih berkembang dibandingkan dengan anak-anak yang tidak terbiasa membaca, Bu. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada si Kecil.

Baca Juga: 10 Tips Belajar Membaca Cepat untuk Anak Usia Dini

4. Melatih Berpikir Kritis

Menceritakan dongeng termasuk kegiatan yang melibatkan komunikasi dua arah antara anak dan orang tua. Selama bercerita, anak dapat mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap cerita yang mereka dengar. 

Misalnya, Ibu bisa menanyakan “Kira-kira setelah ini kancil akan pergi ke mana ya, Dik?” Ini menunjukkan kemampuan anak untuk berpikir kritis dan mengeksplorasi pemahaman mereka tentang cerita tersebut.

Penting bagi Ibu untuk merespons pertanyaan anak dengan bijaksana dan memberikan jawaban yang sesuai dengan usia dan pemahaman mereka. Ibu dapat menjawab pertanyaan anak dengan membangkitkan imajinasi mereka, atau mendorong mereka untuk memikirkan solusi atau ide sendiri. Tentu hal ini dapat membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis, rasa ingin tahu, dan pemecahan masalah.

5. Menciptakan Bonding dengan si Kecil

Membacakan dongeng juga bermanfaat untuk meningkatkan bonding antara Ibu dan si Kecil. Ketika bercerita, Ibu dapat berbagi pengalaman, imajinasi, dan emosi dengan si Kecil. 

Hal ini tentu akan menciptakan ikatan emosional antara Ibu sebagai pembaca, serta si Kecil yang menjadi pendengarnya. Melalui pengalaman bersama ini, Ibu dan si Kecil dapat merasakan kebersamaan, saling memahami, dan menciptakan ikatan yang lebih dalam.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Mendengarkan cerita dongeng dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi. Anak-anak yang tertarik pada cerita akan merasa terdorong untuk mendengarkan lebih lama. Mereka ingin tahu apa yang akan terjadi selanjutnya dan ingin mengetahui akhir dari cerita tersebut. Ini dapat membantu meningkatkan rentang perhatian si Kecil. 

Kemampuan ini akan sangat berguna dalam kehidupan si Kecil nantinya, Bu, termasuk dalam pelajaran di sekolah, mengerjakan tugas, atau terlibat dalam aktivitas yang membutuhkan fokus dan perhatian lebih lama.

Rekomendasi Cerita Dongeng untuk Anak

Setelah memahami berbagai manfaat dongeng untuk anak, kini giliran Ibu untuk mengetahui rekomendasi dongeng yang mempunyai pesan moral sangat bagus kepada si Kecil. Berikut ini berbagai rekomendasinya, Bu.

1. Sang Kancil dan Buaya

Dongeng "Sang Kancil dan Buaya" bercerita tentang seekor kancil cerdik yang hidup di hutan. Seekor buaya ingin memakan kancil, tetapi kancil dengan kecerdikannya berhasil mengelabui buaya dengan berbagai trik. Kancil meminta buaya untuk menutup matanya dan menggigit batu yang keras. Ketika buaya menuruti permintaan kancil, kancil berlari menyeberangi sungai dan selamat dari bahaya.

Dongeng ini mengajarkan pentingnya berpikir kreatif dan mencari solusi yang tidak biasa untuk mengatasi masalah. Setelah mendengar dongeng tersebut, anak-anak mungkin akan mengembangkan keterampilan berpikir kritis, karena mereka harus menganalisis situasi, menghubungkan konsep, dan menghasilkan solusi yang efektif. 

Ini membantu si Kecil memperluas kemampuan berpikir mereka dan menjadi lebih terampil dalam menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

2. Bawang Merah Bawang Putih

Dongeng "Bawang Merah Bawang Putih" menceritakan tentang hubungan antara dua saudara perempuan. Dalam cerita ini, Bawang Merah mewakili sifat-sifat negatif seperti iri hati, keegoisan, dan sosok yang jahat. Sementara itu, Bawang Putih mewakili sifat-sifat positif seperti kebaikan hati, kejujuran, dan ketulusan.

Pesan moralnya adalah bahwa sikap yang baik akan selalu membuahkan hasil yang baik, sedangkan sifat-sifat negatif akan membawa konsekuensi buruk. Untuk itu, dongeng ini mengajarkan anak untuk selalu berbuat baik dan menghargai orang lain.

Mengajarkan anak untuk menghargai orang lain adalah sangat penting. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengajari mereka perilaku yang tepat menggunakan 3 kata ajaib seperti "terima kasih" "tolong" dan "maaf".

Dengan mengajarkan anak-anak untuk menjadi sopan dan menghargai orang lain itu artinya Ibu membantu si Kecil untuk menjadi individu yang lebih baik, lebih puas dengan diri mereka sendiri, dan membentuk hubungan yang positif dengan lingkungan sekitarnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Belajar Membaca yang Mengajarkan Kebaikan pada Anak

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai manfaat membacakan dongeng untuk anak serta rekomendasi dongeng yang mempunyai pesan moral sangat bagus. Ibu juga dapat ajarkan si Kecil makna berbagi kebaikan melalui pilihan cerita dari Bebestory. Download dan koleksi semua ceritanya, gratis! Jadi, jangan sampai lupa membacakan buku cerita setiap hari, ya, Bu.

Sambil membacakan dongeng, pastikan juga Ibu memberikan segelas susu Bebelac 3 GroGreat+ sebagai Awal Kehebatan si Kecil. Susu Bebelac 3 GroGreat+ dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) untuk mendukung saluran cerna si Kecil (happy tummy).

Ketika pencernaannya baik, anak juga akan bisa lebih aktif dan berpikir kreatif (happy brain), serta ceria dan bersemangat untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjang perkembangannya sambil bermain bersama teman-teman (happy heart).


Referensi:

  1. Haryani, S., & Pd. (n.d.). Mencerdaskan Anak dengan Dongeng. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132318123/penelitian/Nnaskah+mencerdaskan+anak+dengan+dongeng.pdf
  2. ‌Harahap, D., & Pd, M. (2018). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed. http://digilib.unimed.ac.id/38757/1/6.%20Fulltext.pdf
  3. ‌Mcilroy, T. (2018, February 15). The Huge Benefits of Reading to Children. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/10-huge-benefits-reading-children-every-day/
  4. ‌Admin. (2021, July 12). Teaching children the importance of respecting others - Cambridge School Greater Noida. Cambridge School. https://gn.cambridgeschool.edu.in/teaching-children-the-importance-of-respecting-others/
  5. ‌The Importance of Fairy Tales to Preschool Development | Library. (2023). Fairfaxcounty.gov. https://www.fairfaxcounty.gov/library/branch-out/importance-fairy-tales-preschool-development
  6. ‌Raising Children. (2022, December 29). 5 Reasons Why Fairy Tales Are Important For Your Child. Raising Children 101. https://raisingchildren101.com/5-reasons-why-fairy-tales-are-important-for-your-childs-development/



 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait