5 Rekomendasi Buku Belajar Membaca yang Mengajarkan Kebaikan pada Anak

Pastilah tak sedikit Ibu yang selalu memberi tahu si Kecil untuk bersikap baik kepada orang lain. Namun, mengajarkan kebaikan pada anak ...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
25 Oct 2022
Buku belajar membaca untuk anak sarat dengan pesan-pesan kebaikan untuk si Kecil.


Pastilah tak sedikit Ibu yang selalu memberi tahu si Kecil untuk bersikap baik kepada orang lain. Namun, mengajarkan kebaikan pada anak sejak dini sebenarnya bisa dimulai dari hal-hal kecil, lho, Bu. Salah satunya lewat buku belajar membaca. 

Buku belajar membaca untuk anak-anak umumnya sarat dengan pesan-pesan kebaikan yang disampaikan dengan bahasa sederhana dan berlatar belakang kejadian sehari-hari. Hal ini membuat anak menjadi semakin mudah memahami arti berbuat baik dan manfaat yang akan didapatnya. Yuk, cari tahu lebih jauh, Bu!

Manfaat Mengajarkan Kebaikan pada Anak

Kebaikan mungkin tampak sebagai sesuatu yang abstrak, terutama bagi si Kecil. Meski begitu, tetap penting bagi Ibu untuk membiasakannya pada si Kecil sejak dini. Percayalah, Bu, meski si Kecil belum terlalu mengerti esensi dari kebaikan, ia bisa mengenali dan merasakan kebaikan ketika hal itu telah diperkenalkan kepadanya.1

Kebaikan adalah tindak lanjut dari empati. Kuncinya adalah, jika kita ingin bersikap baik, maka tak cukup hanya dengan sekadar peka pada kesulitan atau kesusahan orang lain, tetapi kita juga perlu melakukan sesuatu berdasarkan kepekaan tersebut.1

Lalu, apa manfaatnya mengajarkan kebaikan pada anak usia dini? Simak tiga manfaat utama yang bisa didapat si Kecil jika ia sudah terbiasa berbuat baik.

1. Anak lebih bahagia

Sikap baik si Kecil akan mencegahnya melakukan hal-hal negatif kelak.

Berbuat baik ternyata tak hanya membuat bahagia si penerima kebaikan. Kita sebagai pelaku pun bisa berbahagia karena kebaikan yang kita lakukan, lho. Sebuah studi menjelaskan, hanya dengan melihat sebuah aksi kebaikan, hal itu dapat meningkatkan emosi positif seseorang, yang dengan cepat akan meningkatkan perasaan tenang dan bahagia.2 

2. Anak menjadi pribadi yang lebih bersyukur

Melihat orang lain merasa bahagia karena kebaikan yang kita lakukan, tak hanya membuat diri kita ikut berbahagia, tapi juga menimbulkan perasaan bersyukur.2 Dengan berbuat kebaikan, si Kecil akan menyadari bahwa ia diberi kelebihan yang dapat membuatnya bisa berbagi. 

3. Mencegah perundungan

 Berbuat baik bisa membuat si Kecil bahagia, lho.

Kebaikan yang Ibu ajarkan sejak dini pada si Kecil, kelak akan terbawa dalam kesehariannya, baik di sekolah atau di lingkungan bermainnya. Sikap baik akan bantu melindungi si Kecil dari perilaku negatif di sekitarnya, seperti bullying atau perundungan, atau penindasan, dengan alasan apa pun.2

Mengajarkan Kebaikan pada Anak Lewat Buku Belajar Membaca

Ada banyak cara mengajarkan kebaikan pada anak. Ibu bisa memberinya contoh langsung yang dapat ditiru oleh si Kecil, atau melalui buku belajar membaca yang Ibu sering bacakan untuknya menjelang waktu tidur. Lewat membaca (atau bahkan menonton), Ibu bisa melakukan penanaman karakter anak, salah satunya tentang kebaikan.3

Sekarang, simak, yuk, buku belajar membaca apa saja yang bisa Ibu pilih sebagai sarana untuk mengajarkan kebaikan pada anak?

1. Seri Fun Cican: Hore Cican dan Cini Bisa Merapikan Mainan 

Serial Cican cocok sebagai buku belajar membaca untuk si Kecil. Jumlah kata yang digunakan tidak terlalu banyak, sehingga cocok untuk si Kecil yang masih harus mengeja. Selain itu, serial Cican ini sarat dengan nilai-nilai kebaikan di dalam setiap ceritanya. 

Di seri ini, Cican dan Cini berimajinasi menjadi petualang hutan. Mereka menyusuri hutan, masuk gua gelap, dan bertemu semutsaurus! Setelah itu, Cican dan Cini tak lupa melakukan kebaikan, yaitu dengan merapikan mainannya dengan riang gembira. Nah, sambil membacakan cerita, Ibu bisa ajak si Kecil seakan-akan terlibat bersama dengan Cican dan Cini  dengan mengajak si Kecil merapikan mainan bersama. 

2. Dongeng Tujuh Menit 7 Kisah Pengantar Tidur 

Buku berisi kumpulan dongeng tujuh menit karya Clara Ng ini bisa jadi andalan Ibu untuk membacakan dongeng pada si Kecil. Ceritanya pendek-pendek, sehingga mudah diikuti si Kecil. 

Beberapa kisah yang ditampilkan, misalnya Kancil yang Baik, Air Mata Buaya, Bugi Hiu Suka Senyum,  Ketahuan, Padi Merah Jambu, Upik Bermain Bola, dan Wayang Sebelum Tidur. Tak sekadar menjadi dongeng sebelum tidur, kisah-kisah di buku ini juga mengajarkan banyak sikap baik yang harus dilakukan oleh si Kecil. Oya, supaya tambah seru, Ibu juga bisa menggunakan boneka atau mainan binatang yang sesuai untuk mengajak si Kecil bermain peran, lho!

3. Fabel 34 Provinsi : Banten - Persahabatan Badak dan Jalak 

Buku ini merupakan bagian dari seri dongeng binatang 34 provinsi. Tokoh di dalam buku ini adalah binatang endemis dari seluruh provinsi di Indonesia.

Kali ini, kisahnya tentang badak dan jalak bersahabat baik. Jalak senang memakan kutu-kutu Badak, dan Badak senang kutu-kutunya hilang. Suatu hari, Jalak menyakiti Badak. Badak marah dan tidak mau memaafkan Jalak. Padahal, Jalak sudah menyesali perbuatannya. Bagaimana kisah persahabatan mereka selanjutnya? 

Saat bercerita, Ibu juga dapat menggunakan peta Indonesia untuk menunjukkan berbagai lokasi provinsi asal binatang-binatang tersebut, dan sekaligus mengajarkan keragaman yang ada di Indonesia.

4. Buku Motivasi untuk Anak Aku Sabar

Bukan hanya orang dewasa yang membutuhkan buku motivasi, anak-anak juga, lho. Buku ini berisi kata-kata bijak yang dapat membantu si Kecil mencapai bermacam-macam perubahan baik, seperti menjadi anak pemberani dan baik hati. Ada banyak ide-ide bermanfaat yang bisa dipraktikkan dalam keseharian si Kecil. Misal, Ibu bisa memberikan contoh-contoh dari kegiatan atau perilaku si Kecil yang belum lama terjadi.

5. Ayo Bersikap Baik: Beka yang Ramah

Seri Ayo Bersikap Baik karya Watiek Ideo ini akan mendorong anak-anak untuk mengembangkan sepuluh sikap positif, yaitu pemaaf, jujur, penyayang, gigih, pemberani, sabar, rendah hati, adil, ramah, dan murah hati. Melalui tokoh-tokoh satwa langka Indonesia dan cerita sederhana, si Kecil akan belajar mempraktikkan sikap baik tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk membuat si Kecil paham, Ibu bisa menjelaskan sikap si Kecil dalam keseharian yang relevan dengan salah satu sikap positif dalam buku cerita ini. Misal, “Wah, hari ini Adik gigih seperti gajah sudah mau belajar menulis selama 2 jam!” 

Nah, itulah lima buku belajar membaca yang bisa Ibu andalkan untuk mengajarkan kebaikan pada anak. Rutin membaca, ditambah asupan nutrisi tepat, bisa mendukung upaya Ibu dalam mengajarkan kebaikan pada si Kecil, lho. 

Oleh karena itu, selain makanan bernutrisi seimbang, lengkapi juga asupan si Kecil dengan segelas Bebelac 4, nutrisi optimal yang dukung si Kecil tumbuh hebat, berkat kandungan triple A dengan Asam Dokosaheksaenoat (DHA) lebih tinggi dibandingkan produk sejenis, juga dilengkapi dengan Asam Alfa Linolenat (ALA) dan Asam Linoleat (LA). 

Bebelac 4 juga dilengkapi dengan serat FOS dan GOS 1:9 yang mendukung saluran cerna si Kecil (happy tummy), sehingga ia akan tumbuh menjadi anak yang berhati besar (happy heart) dan memiliki perkembangan akal kreatif (happy brain). 

Bagaimana, Bu, sudah menyiapkan buku belajar membaca di atas untuk mengajarkan pada si Kecil tentang arti kebaikan? Supaya belajarnya maksimal, jangan lupa segelas susu Bebelac 4 sebelum memulai belajar membaca, ya!

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Nigel Mathers. 2016. Compassion and the science of kindness: Harvard Davis Lecture 2015. Diambil dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4917056/ [Diakses 15 Agustus 2022]
  2. David A. Fryburg. 2022. Kindness as a Stress Reduction–Health Promotion Intervention: A Review of the Psychobiology of Caring. Diambil dari: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8848115/  [Diakses 15 Agustus 2022]
  3. Mega Permata Sari dan Delfi Eliza. 2021. Pelaksanaan Penanaman Sharing Behaviour Terhadap Karakter Peduli Sosial Anak. Diambil dari: https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/tunascendekia/article/download/1984/1480 [Diakses 15 Agustus 2022]


Artikel Terkait

icon resep
3 Tahun ke Atas Resep

Resep Bala Bala Ayam Bayam

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
4 min
08 Jul 2024