Tips Dan Cara Mengatasi Balita Susah Minum Susu

Cara Jitu dan Tepat Mengatasi Balita Susah Minum Susu

detail-fb detail-wa detail-twitter

Susu merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Susu memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi tidak semua balita suka susu. Jika balita tidak mau minum susu ada beberapa tips cara mengatasinya. Beberapa tips cara mengatasi bayi tidak suka minum susu sebagai berikut:

Apa Susu Masih Penting untuk Balita?

Balita membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat. Meskipun balita Ibu sudah makan tiga kali sehari dengan menu diet sehat berimbang, susu dan produk olahannya tetap menjadi salah satu sumber kalsium terbaik baginya. Selain itu ternyata susu memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil lho Bu. Susu mengandung kalsium, Kalium, vitamin D, dan protein yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Sangat disayangkan jika balita tidak mau minum susu karena susu baik untuk kesehatan tulang dan giginya. Susu baik untuk pembentukan kepadatan tulang di saat masa pertumbuhannya. Kalsium pada susu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi si kecil. Kualitas susu yang baik juga baik untuk menjaga kesehatan tekanan darah Si Kecil.

Susu juga mengandung vitamin D yang berfungsi mengatur kebutuhan fosfor dan protein dalam tubuh. Fosfor dan kalsium merupakan salah salah satu zat yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang si kecil.

Kebutuhan Harian Susu pada Anak

Jumlah asupan kalsium yang disarankan bagi batita (1 - 3 tahun) adalah 650 mg per hari. Itu setara dengan 2-3 gelas susu atau produk olahannya per hari. Takaran pemberian susu bagi balita adalah gelas/ cangkir kecil, yang bisa diiringi dengan dua lembar keju atau semangkuk yoghurt. Tapi, jangan juga memberikan susu secara berlebihan di atas 500 ml per hari lho, Bu. Supaya mereka tidak kekenyangan dan tetap memiliki selera makan yang baik. Meskipun demikan, ada beragam penyebab balita tidak mau minum susu, seperti gangguan kesehatan.

Tips Memberikan Susu bagi Balita

Hampir sebagian besar balita akan mengalami fase sulit makan ataupun sulit minum. Termasuk keengganan untuk minum susu. Tapi, tentunya Ibu tak boleh begitu saja menyerah. Sedikit memutar akal untuk menyiasati si kecil adalah bagian dari tugas seorang Ibu.

Jika tiba-tiba balita tidak mau minum susu, Ibu bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

  • Ibu bisa memberikan gelas khusus susu dengan desain dan warna menarik agar si kecil bisa tertarik meminum susunya. Bila perlu, gelas dengan gambar tokoh kartun favoritnya agar acara minum susu berubah menjadi ritual menyenangkan bagi si Kecil
  • Ibu bisa mencoba merubah cara pemberian susu pada si Kecil. Misalnya, jika biasanya ia minum susu hangat, sesekali coba beri susu dingin. Atau Ibu juga bisa "mengemasnya" dalam bentuk lain seperti milkshake, fruit smoothie, atau puding
  • Tambahkan susu pada menu sereal makan paginya atau pada jus buahnya
  • Coba berkreasi aneka menu makanan atau snack yang menggunakan susu, misalnya krim sup, salad, aneka pasta, dsb. Jangan bosan mampir ke toko buku atau browsing resep-resep balita agar Ibu makin kreatif

Coba Produk Olahan Susu

Jika balita tidak mau minum susu ada beberapa cara yang bisa ibu lakukan, salah satunya adalah ibu bisa memberikan Si Kecil produk olahan susu. Ada beberapa produk olahan susu yang Ibu bisa berikan untuk si kecil seperti yogurt, keju, dan mentega.

Keju adalah salah satu makanan favorit anak-anak. Asal Ibu kreatif, keju sangat mudah lho diolah menjadi berbagai bentuk makanan. Mulai dari makaroni saus keju, hingga sandwich mini. Semua mengundang selera si kecil untuk makan. Ternyata selain rasanya enak, ternyata keju memiliki kandungan vitamin D, vitamin B12, protein, dan kalsium. Kalsium pada keju baik untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil lho bu. Selain itu keju juga baik untuk meningkatkan berat badan Si Kecil, jika kekurangan berat badan.

Yogurt dapat menjadi alternatif snack yang sehat, bahkan bisa jadi bagian dari menu sarapan. Ibu bisa membuat sereal ditambah dengan yogurt. Selain itu ibu juga bisa memberikan yogurt yang dicampur dengan irisan buah-buahan. Yogurt merupakan alternatif untuk balita tidak mau minum susu karena yogurt banyak mengandung beberapa zat yang baik untuk si kecil seperti kalsium, vitamin B-2, vitamin B-12, potasium dan Magnesium. Yogurt juga mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan si kecil.

Butter adalah salah satu alternatif untuk balita tidak mau minum susu karena mentega bisa diubah menjadi beberapa jenis makanan seperti roti atau kue. Ibu juga bisa mengoleskan butter ke dalam roti isi atau sandwich untuk Si Kecil. Selain menjadi sumber makanan yang mudah didapatkan, butter juga memiliki beberapa kandungan yang baik untuk Si Kecil seperti Vitamin A dan lemak baik. Beberapa manfaat butter untuk si kecil adalah bagus untuk kesehatan jantung dan meningkatkan energi untuk membuat Si Kecil kenyang lebih lama. Selain itu, ada beragam vitamin untuk bayi susah minum susu yang bisa Ibu pilih dan eksplor.

Ibu juga bisa mempelajari lebih banyak tentang seluk beluk balita susah makan di website Bebeclub ini. Tapi, hal penting lain yang sebaiknya Ibu ingat adalah tetap sabar dan rileks menghadapinya. Lihat saja kendala ini sebagai bagian dari tahap tumbuh kembang si kecil. Jika Ibu rileks, kreatifitas akan melesat dan si kecil perlahan pasti akan kembali mau mengkonsumsi susu dengan cara-cara ajaib dari Ibu!

Tapi, jika Ibu curiga kondisi susah minum susu ini disebabkan oleh gangguan kesehatan, sebaiknya periksakan ke dokter ya, Bu. Jika ingin konsultasi tambahan, Ibu juga boleh kok menghubungi tim ahli Bebeclub di Nutricia Care Center (0800 1821059) atau email: careline@nutricia.com.