5 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Dan Ketahui Penyebabnya

17 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi yang Ampuh

detail-fb detail-wa detail-twitter

Perut anak yang membuncit bisa dilatar belakangi dengan beberapa faktor. Salah satunya karena berisi udara atau yang dikenal dengan kembung atau istilah medisnya adalah meteorismus. Kondisi ini berkaitan dengan urusan saluran cerna. Ibu bingung mengapa bayi kembung tak kunjung sembuh? Berikut ini penyebab dan cara mengatasi kembung pada bayi yang perlu Ibu ketahui.[1]

5 Penyebab Perut Kembung pada Bayi

  • Gangguan pencernaan
    Adanya gangguan pencernaan dan penyerapan makanan atau terjadi infeksi sehingga memicu munculnya pertumbuhan bakteri usus yang berlebihan dan memicu terbentuknya gas secara berlebihan pada usus. Hal itu adalah penyebab kembung pada bayi.
  • Anak banyak menelan udara
    Biasanya ini terjadi karena bayi terlalu banyak menangis atau batuk sehingga terlalu banyak udara masuk ke dalam perutnya. Teknik menyusui yang salah juga bisa menjadi penyebab, misalnya puting yang kurang pas pada mulut bayi atau botol dot yang ujungnya terlalu kecil sehingga membuat bayi menyerap lebih banyak udara dan masuk ke perut bayi ketika sedang menggunakan dot
  • Kurang asupan kalium
    Bayi kembung tak kunjung sembuh bisa terjadi karena kumpulan gas yang ada pada usus yang disebabkan oleh kontraksi dan relaksasi otot di saluran pencernaan, yang bertugas mendorong makanan (peristaltik) melemah. Ini bisa jadi disebabkan bayi kekurangan asupan kalium setelah mengalami diare atau efek samping dari mengonsumsi obat yang mampu melemahkan peristaltik usus. Hal ini juga bisa menjadi penyebab kembung pada bayi.
  • Konsumsi makanan pemicu gas
    Kembung pada bayi bisa dipicu oleh produksi gas secara berlebihan, seperti brokoli, keju, kol, ubi, sawi, dan sejenisnya
  • Penyumbatan pada usus
    Penyebab bayi kembung yang terakhir, usus mengalami penyumbatan sehingga pengeluaran gas melalui anus terganggu dan menyebabkan gas menumpuk dan kembung terjadi. Jika anak Ibu mengalami sembelit yang tak kunjung sembuh juga bisa memicu perut kembung

Gejala Lain yang Menyertai Kembung pada Bayi[2]

Biasanya bayi yang sedang kembung akan disertai juga dengan gejala lain seperti buang air besar yang sulit, rewel, sering bersendawa, kolik atau banyak menangis, kentut, dan perutnya terasa keras.

17 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Ada beberapa cara menghilangkan perut kembung pada bayi yang bisa dilakukan oleh Ibu, seperti:

1. Angkat kepala bayi saat menyusui

Salah satu cara mengatasi kembung pada bayi adalah dengan membuat kepala bayi sedikit lebih tinggi untuk mempermudah susu masuk ke dalam perut dan udara naik ke atas sehingga lebih mudah untuk bersendawa. Ibu bisa memakai bantal untuk menyusui dan menyangga kepala bayi

2. Berikan susu dengan menggunakan puting

Salah satu cara menangani bayi kembung adalah memberikan susu dengan puting. Bila Ibu terbiasa memberikan susu memakai botol susu cobalah sementara untuk memberikan susu dengan memakai puting yang aliran susunya lebih lambat.

3. Buat bayi bersendawa setelah diberikan susu

Cara menghilangkan kembung pada bayi selanjutnya adalah dengan membuat bayi bersendawa setelah diberikan susu. Bila bayi tidak langsung bersendawa, cobalah untuk baringkan anak selama beberapa menit kemudian coba lakukan lagi. Cobalah buat anak bersendawa ketika sedang istirahat dengan posisi yang paling nyaman bagi bayi. Ada beberapa posisi yang bisa dicoba, yakni pertama tepuk dan gosok punggung bayi dengan perlahan dan letakkan bayi di atas bahu Ibu, kedua bayi didudukan di pangkuan Ibu sambil ditepuk punggungnya, bayi hadapkan ke luar atau ke samping dan punggungnya ditepuk-tepuk lembut, ketiga bisa juga berbaring telungkup di pangkuan Ibu[3]

4. Memandikan bayi dengan air hangat

Cara mengatasi bayi kembung adalah dengan memandikannya dengan air hangat juga bisa menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi. Hindari menggunakan obat perut kembung pada bayi dan gunakan bahan-bahan alami untuk mengobatinya.

5. Memijat bayi dengan lembut

Memijat lembut bayi dan baringkan bayi lalu gerakan kakinya ke arah depan dan belakang (seperti mengendarai sepeda)

6. Buat Bayi Sendawa

Membuat bayi sendawa adalah salah satu cara menghilangkan perut kembung pada bayi. Sendawa ternyata dapat mendorong udara masuk selama menyusui.

7. Cek Nutrisi Makanan Bayi

Cara menangani bayi kembung berikutnya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter terkait nutrisi makanan bayi.

8. Perhatikan Nutrisi Makanan Ibu

Salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak bayi adalah dengan memerhatikan asupan nutrisi Ibu. Makanan yang Ibu konsumsi tentu berpengaruh terhadap perut bayi. Jadi, pastikan Ibu mengonsumsi makanna tinggi serat.

9. Bayi Posisi Tengkurap

Saat bayi kembung, salah satu tips mengatasi bayi kembung yang bisa dilakukan adalah dengan memposisikan bayi tengkurap. Posisi ini dapat membantu mengeluarkan gas dari perut bayi.

10. Beri Bayi Susu atau Makanan sebelum Lapar

Perut kembung pada bayi bisa terjadi karena lambung bayi terlambat terisi makanan. Karena itu, sebaiknya Ibu memberikan makanan sebelum bayi merasa lapar.

11. Konsumsi Susu Mengandung Probiotik

Salah satu obat perut kembung pada bayi adalah dengan konsumsi susu. Probiotik adalah bakteri baik dalam pencernaan yang sering terkandung dalam susu. Probiotik adalah salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi karena mendukung kesehatan usus bayi.

12. Campurkan ASI dengan Susu Formula

Selain konsumsi air susu Ibu (ASI), Ibu juga bisa memberikan kombinasi susu formula. Namun, tetap pastikan susu formula tersebut dapat menjadi obat kembung bayi.

13. Angkat Kedua Kaki Bayi dan Ayunkan Seperti Naik Sepeda

Saat bayi kembung, Ibu bisa membantu bayi dengan memposisikan bayi di atas tempat tidur. Kemudian, angkat kedua kaki dan ayunkan kaki kiri dan kanan seperti sedang menaiki sepeda. Gerakan ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung pada bayi. Pasalnya, gerakan ini dapat mengurangi gas dalam perut.

14. Hisap Dot

Nyatanya, dot berguna untuk membantu mengatasi bayi kembung. Dot dapat dihisap oleh bayi sehingga gas akan keluar dari perut bayi. Namun, pastikan hisapan Si Kecil tidak terlalu kuat. Pasalnya, hisapan dot yang kuat justru akan memperparah kembung pada anak.

15. Coba Tetesi Sedikit Teh Chamomile

Sebelum memberikan teh chamomile sebagai salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak, pastikan Ibu sudah berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, teh chamomile dapat diberikan pada anak kembung dengan menggunakan pipet.

16. Pilih Jenis Dot Bayi yang Tepat

Salah memberikan ukuran jenis dot dapat memperburuk kondisi kembung pada anak. Hal ini menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung pada anak. Jadi, pastikan ukuran dot bayi sesuai dengan lingkar mulutnya.

17. Ajak Anak Bermain

Salah satu cara mengatasi kembung pada bayi adalah dengan mengajaknya bermain. DEengan bermain, kolik atau tangis terus menerus pad abayi akan reda. Pasalnya, bayi akan melupakan rasa sakitnya.

Itu tadi tips mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa dilakukan oleh Ibu. Ingatlah meski masalah pencernaan ini tidak terlalu parah, jika kembung pada bayi disertai dengan gejala yang menyertainya di atas, apalagi jika usianya di bawah tiga bulan, muntah, tidak buang air besar selama beberapa hari, dan feses yang dikeluarkan berdarah sebaiknya segera periksakan kondisinya pada dokter. Hindari memberikan obat kembung bayi secara sembarangan dan praktikkan beberapa cara mengatasi bayi kembung di atas.

Beri dukungan tepat agar mood bayi meningkat dan dapat tumbuh dengan otak gemilang dan pencernaan yang baik.

 

[1]Ikatan Dokter Anak Indonesia (10 November.2015). Kembung Pada Anak. Retrieved from http://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/kembung-pada-anak

[2] WebMD. Infant Gas: How to Prevent and Treat It. (2010, April 27). Retrieved from https://www.webmd.com/parenting/baby/features/infant-gas#1

 

[3] WebMD. (2006, March 15). Gas in Babies. Retrieved from https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-gas