10 Mainan Bayi 4 Bulan yang Bagus untuk Stimulasinya

Daripada membelikan mainan bayi 4 bulan yang serba mahal, pilih mainan yang manfaatnya tepat untuk menstimulasi perkembangan bayi agar mainannya tidak mubazir.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
31 Aug 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
mainan bayi 4 bulan - Bebeclub


Mainan bayi 4 bulan seperti apa yang cocok untuk mendukung perkembangan bayi pada bulan ini? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Bu!

Rekomendasi Mainan Bayi 4 Bulan yang Bagus

Bayi 4 bulan sudah mulai bisa didudukkan. Si Kecil juga mulai lebih sering mengoceh dan makin suka berinteraksi dengan orang sekitarnya. Lalu, mainan apa yang cocok untuk bayi 4 bulan?

1. Boneka Tangan

Mengajak bayi bermain dengan boneka tangan membuka kesempatan si Kecil belajar bahasa serta mengenal berbagai emosi dan intonasi suara mulai dari bahagia, sedih, dan marah.

Ini baik untuk perkembangan sosial dan emosional bayi, mengingat si Kecil sudah dapat berempati. Berinteraksi dengan boneka tangan juga melatih keterampilannya mendengarkan.

Pada usia ini, ia mungkin hanya memperhatikan gerakan boneka yang dilakukan Ibu. Namun, seiring waktu ia mungkin akan ikut merespon dengan ocehan atau babbling.

2. Teether (Mainan Gigit)

Bayi 4 bulan sedang senang-senangnya memasukkan tangan ke dalam mulut sebagai caranya belajar mengeksplorasi.

Ibu tidak perlu cemas karena ini merupakan fase normal dari perkembangannya. Namun agar aman, berikanlah mainan bayi 4 bulan yang berupa teether, yaitu mainan bertekstur lunak khusus untuk digigit bayi.

Gerakan menggigit dan mengunyah teether juga bisa mendukung perkembangan otot wajah, rahang, dan lidah yang akan bermanfaat agar bayi bisa bicara nanti. Pilih ukuran yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

3. Mainan Musik

Memberikan mainan musik untuk bayi tujuannya bukan agar si Kecil pandai menguasai instrumen tertentu sejak dini, tapi untuk mengasah keterampilan motorik bayi melalui pengalaman memainkannya.

Misalnya, ketika bayi meraih dan menggenggam mainan marakas sebenarnya ia sedang melatih koordinasi mata dan tangannya.

Ia pun belajar mengontrol gerakan tangannya agar bisa menghasilkan suara yang diinginkan juga agar genggamannya tidak lepas.

Baca Juga: 15 Cara Stimulasi Bayi 4 Bulan agar Cerdas

4. Buku Timbul atau Bertekstur

Memperkenalkan bayi pada buku timbul atau bertekstur merupakan salah satu bentuk cara stimulasi motorik bayi.

Melibatkannya dalam aktivitas seperti ini membantu mendorong perkembangan fungsi kognitif dan memungkinkan ia belajar dari lingkungan sekitar.

Ketika si Kecil merasakan berbagai tekstur melalui sentuhan pada buku, ia akan terdorong ingin terlibat dalam berbagai pengalaman sensorik dan menghadapi berbagai tantangan yang muncul.

5. Cermin Mainan

Memandang pantulan wajah di cermin dapat memberikan pengalaman menyenangkan buat bayi, sekaligus bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

Ketika bayi memandang cermin, si Kecil akan memberikan respons seperti tersenyum, tertawa, bahkan mengoceh, yang baik untuk perkembangan aspek sosial dan emosional si Kecil.

Ibu dapat meletakkan cermin mainan bayi 4 bulan di depan bayi saat ia berada dalam posisi tummy time. 

6. Playmat

Playmat umumnya merupakan “paket lengkap”, terdiri dari matras dengan piano, cermin, plus gantungan berisi mainan tepat di atas kepala bayi.

Ketika bayi merasa tertarik dengan suara yang dihasilkan piano atau mainan lain pada playmat, ia mungkin akan merespons dengan tertawa sambil menendang-nendangkan kaki.

Tentunya, reaksi ini dapat berguna dalam perkembangan otot-otot di area kaki, lengan, leher, dan perutnya.

7. Mainan Kerincing

Kerincingan merupakan salah satu mainan bayi 4 bulan yang bagus karena bermanfaat merangsang keterampilan motorik halus.

Ketika memegang mainan rattle, bayi menggunakan otot-otot kecil di lengan dan pergelangan tangannya. Ini akan membantu dalam mengembangkan kekuatan, koordinasi, dan keterampilan motorik halus.

Tidak hanya itu, si Kecil dapat menggerakkan mainan rattle sehingga menimbulkan suara serta menarik minatnya.

8. Bermain Gelembung

Bukan bayi, tapi Ibu yang meniupkan gelembung balon dan biarkan si Kecil menikmatinya!

Meski tidak ikut meniup, namun ada keterampilan yang tengah diasah, yaitu koordinasi tangan dan mata karena ingin menggapai gelembung balon, rasa ingin tahu bayi, serta perkembangan kognitif.

Meski ingin si Kecil dapat menyentuh gelembung balon, pastikan Ibu tidak meniup ke arah mata dan dan mulutnya, ya!

9. Soft Blocks

Mainan bayi 4 bulan yang bagus berikutnya adalah soft blocks atau balok lembut.

Cocok karena pada usia ini, si Kecil tengah mengembangkan keterampilan memegang, menggenggam, memindahkan, juga belajar menumpuk.

Sambil memposisikan bayi duduk, sediakan aneka warna soft blocks di hadapannya, sehingga ia tak cuma akan belajar tekstur, tapi juga warna dan bentuk.

Baca Juga: Normalkah Bayi 4 Bulan Belum Bisa Tengkurap? Ini 4 Cara Stimulasinya

10. Mainan Bebek Mandi

Waktu mandi bisa jadi momen bonding sekaligus belajar yang menyenangkan bagi bayi. Caranya, siapkan bebek mandi atau mainan lain yang bisa mengapung di bak.

Si Kecil yang lagi dimandikan, pasti senang saat mencoba meraih mainan di hadapannya. Kegiatan ini akan mengasah keterampilan motorik serta koordinasi antara tangan dan mata.

Tips Memilih Mainan Bayi

Di antara banyak mainan bayi lucu yang tersedia di etalase toko, sebaiknya ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli:

  • Selalu cek rekomendasi peruntukan usia pada kemasan sebelum membeli, demi mendukung stimulasi yang dibutuhkan.
  • Pastikan materialnya aman, ada label phthalate-free, PVC-free dan BPA-free.
  • Perhatikan bagian mainan, tidak ada yang tajam, tidak mudah pecah, tidak ada partikel atau atribut yang mudah terlepas.
  • Pilih mainan yang mudah dibersihkan, agar si Kecil terbebas dari infeksi bakteri/virus.

Itulah ulasan dan pilihan mainan bayi 4 bulan untuk mendukung stimulasi yang dibutuhkan. Jadi mainan mana yang ingin Ibu coba buat si Kecil?

Baca Juga: 11 Mainan Bayi 5 Bulan untuk Stimulasi Perkembangannya

Jangan lupa juga kunjungi Bebe Journey sebagai panduan Ibu Hebat dalam mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek kondisi pencernaan dan milestone si Kecil, hingga memantau grafik pertumbuhan sesuai acuan WHO. Yuk, cek sekarang!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Mcilroy, T. (2020, January 6). The Amazing Benefits of Playing with Puppets in Early Childhood. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/playing-with-puppets/
  2. Verywell. (2020). Why Do Babies Like Teethers? Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-do-babies-like-teethers-3255327
  3. What Is Sensory Play? The Benefits for Your Child and Sensory Play Ideas. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-sensory-play-ideas/
  4. Mcilroy, T. (2022, January 21). 16 Benefits of Musical Instruments for Toddlers and Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-musical-instruments-for-toddlers/
  5. Suma rp. (2022, October 13). Why is Mirror Play Important For Babies? Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/why-is-mirror-play-important-for-babies/
  6. Nair, A. (2018, September 26). Does Your Baby Need a Play Gym? These 4 Reasons Are Too Good To Ignore! FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/does-your-baby-need-a-play-gym-these-4-reasons-are-too-good-to-ignore/
  7. Mishra, S. (2022, June 22). Reasons Why Rattles Are The Best Toys For Babies! - Firstcry Intelli Education. Firstcry Intelli Education. https://www.firstcry.com/intelli/articles/reasons-why-rattles-are-the-best-toys-for-babies/
  8. Rohit Garoo. (2014, September 11). 10 Learning Games And Activities For 4 Month Old Baby. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/learning-activities-for-your-4-month-old-baby_0091527/
  9. Activities for 4 Month Old: Fun and Developmental Ideas. (2024). Healthyyoungminds.com. https://www.healthyyoungminds.com/activities-for-4-month-old/
  10. Safety Resources: Toy Safety - Seattle Children’s. (2019). Seattle Children’s Hospital. https://www.seattlechildrens.org/health-safety/injury-prevention/toy-safety/


Artikel Terkait