Ternyata, Bergelantungan Punya Banyak Manfaat untuk Anak!

Apakah Ibu kerap menjumpai pull-up bar atau alat bergelantungan di sejumlah taman bermain anak? Beberapa Ibu mungkin agak ragu memperke...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
29 Sep 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
efek bergelantungan pada anak


Apakah Ibu kerap menjumpai pull-up bar atau alat bergelantungan di sejumlah taman bermain anak?

Beberapa Ibu mungkin agak ragu memperkenalkan area bergelantungan karena faktor keamanan. Namun, tahukah Ibu, ternyata bergelantungan juga mempunyai manfaat untuk si Kecil, lho. 

Baca Juga: 8 Ide Sensory Play untuk Anak 1-3 Tahun di Rumah, Seru Banget!

Manfaat Bergelantungan pada Anak

Bergelantungan di taman bermain atau ruangan yang aman adalah bentuk aktivitas fisik menyenangkan yang bisa dilakukan bersama si Kecil. Ini membantu anak tetap aktif dan mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari aktivitas bergelantungan pada anak yang perlu Ibu ketahui:

1. Pengembangan Otot dan Kekuatan

Tahukah Ibu, aktivitas bergelantungan (pull-up bar), seperti bermain di taman bermain yang melibatkan tali anyaman yang kuat atau palang besi, dapat membantu mengembangkan otot tubuh si Kecil. Ini membantu meningkatkan kekuatan fisiknya, meluruskan tulang belakang, lengan, dan tangan, serta membantu membentuk postur tubuh yang baik.

2. Membantu Koordinasi Motorik

Bergelantungan juga membantu meningkatkan koordinasi motorik si Kecil lho, Bu. Mereka harus mengkoordinasikan gerakan tangan dan kaki untuk berpegangan dan bergerak di atas perangkat bergelantung. Ini dapat membantu si Kecil dalam mengembangkan keterampilan motorik halus dan kasar.

3. Peningkatan Keseimbangan

Aktivitas bergelantungan dapat membantu si Kecil memahami konsep keseimbangan. Ini bisa membantu mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari yang lebih aktif dan menghindari cedera yang mungkin terjadi akibat kehilangan keseimbangan.

4. Meningkatkan Kemandirian

Bergelantungan pada anak juga dapat meningkatkan rasa kemandirian mereka. Si Kecil akan belajar cara mengatasi tantangan sendiri, yang berujung pada peningkatan rasa percaya diri. Menarik kan, Bu!

5. Hiburan yang Menyenangkan

Tidak kalah penting nih Bu, bergelantungan adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Si Kecil dapat menikmati waktu bermain dengan teman-teman di taman bermain atau di rumah, sambil mengembangkan keterampilan fisik dan sosial mereka. 

Baca Juga: Cara Membiasakan Hidup Sehat pada si Kecil

Cara Tepat Menggunakan Pull-up Bar (Alat Bergelantungan) untuk Anak 

Setelah mengetahui manfaatnya, Ibu juga perlu mengetahui cara tepat menggunakan alat bergelantungan untuk anak. 

Salah satu alat yang dapat dipakai sebagai sarana bergelantungan anak adalah Pull-up bar. Pull-up bar adalah alat yang dirancang khusus untuk memungkinkan anak-anak berlatih latihan pull-up atau bergelantung di dalam rumah atau taman, Bu. 

Biasanya, pull-up bar ini didesain dengan ukuran yang sesuai untuk anak agar aman digunakan. Selain itu, penggunaan pull-up bar juga disesuaikan dengan usia, tinggi badan, serta kemampuan fisik anak. 

Meski begitu, risiko cedera saat menggunakan alat ini kemungkinan tetap ada, Bu. Maka itu, kegiatan pull-up bar perlu dilakukan dengan pengawasan yang ketat dari orang tua untuk menghindari kejadian seperti terjatuh dari palang/tali, serta risiko otot terkilir akibat terjatuh. 

Berikut adalah panduan tentang cara menggunakan pull-up bar untuk si Kecil:

1. Pilih Perangkat yang Sesuai

Pastikan menggunakan pull-up bar yang dirancang khusus untuk anak-anak. Perangkat ini biasanya memiliki ukuran, bahan, dan fitur keselamatan yang sesuai untuk si Kecil. 

2. Pengawasan yang Ketat

Jangan biarkan si Kecil bermain dengan perangkat ini tanpa pengawasan langsung dari orang dewasa ya, Bu. Ini sangat penting untuk menghindari risiko cedera atau kecelakaan.

3. Pasang Alat dengan Aman

Pastikan pull-up bar terpasang dengan kuat dan aman di tempat yang tepat. Ikuti petunjuk pemasangan yang disediakan oleh produsen dengan benar. Pastikan bahwa perangkat tersebut tidak akan jatuh atau longgar saat si Kecil menggunakannya.

4. Gunakan Alas yang Aman

Tempatkan alas yang lembut dan empuk di bawah pull-up bar. Ini dapat membantu melindungi anak jika jatuh saat bermain. 

5. Jaga Anak agar Tidak Melakukan Gerakan yang Berisiko

Hindari memaksakan si Kecil melakukan gerakan yang susah. Biarkan mereka bergantung atau meraih bar dengan tangan sambil mendukung berat badan dengan kaki di lantai. Ini adalah bentuk latihan yang lebih aman dan sesuai untuk si Kecil ya, Bu.

6. Batasi Waktu Bermain

Anak tidak perlu bermain pull-up bar terlalu lama, Bu. Batasi waktu mereka bermain sesuai dengan tingkat kenyamanan dan pastikan si Kecil memiliki istirahat yang cukup.

7. Hentikan Jika Terjadi Kecelakaan atau Cedera

Jika anak terjatuh atau mengalami cedera saat menggunakan pull-up bar, segera hentikan aktivitas dan berikan perawatan medis yang diperlukan.

Ingatlah bahwa tujuan utama penggunaan pull-up bar untuk anak adalah memberikan pengalaman bermain yang aman dan menyenangkan sambil mengembangkan keterampilan motorik dan kekuatan fisik si Kecil. Tetaplah waspada dan perhatikan keselamatan si Kecil selama menggunakan perangkat ini.

Baca Juga: Melatih Keseimbangan Si Kecil Melalui Permainan Menyenangkan

Apakah Benar Pull-up Bar Dapat Membantu Anak Tumbuh Lebih Tinggi?

Pernahkah Ibu mendengar, salah satu efek bergelantungan pada anak adalah dapat menambah tinggi badan si Kecil? Benarkah demikian? 

Perlu diketahui, tinggi badan anak lebih dipengaruhi oleh faktor genetik, nutrisi, kesehatan umum, dan hormon pertumbuhan daripada aktivitas fisik seperti berlatih pull-up ya, Bu. 

Jadi, aktivitas bergelantungan memang tidak akan langsung meningkatkan tinggi badan anak. Namun, aktivitas ini dapat membantu mereka dalam pengembangan fisik, seperti perkembangan otot-otot si Kecil, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Itu dia manfaat bergelantungan pada anak dan cara aman melakukannya. Semoga bermanfaat, Bu!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

Times of India. (2020). Can hanging from pull-up bars help the children grow taller? Here's all you need to know. timesofindia.indiatimes.com/life-style/parenting/toddler-year-and-beyond/can-hanging-from-pull-up-bars-help-the-children-grow-taller-heres-all-you-need-to-know/photostory/77875492.cms?from=mdr



Artikel Terkait