Ciri-Ciri Anak Berbakat atau Gifted Child yang Bisa Dilihat Sejak Dini, Apakah Termasuk Si Kecil?

Apakah Ibu sudah tahu ciri-ciri anak berbakat atau gifted child? Anak berbakat adalah anak spesial yang sering kali mempelajari berbagai...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
29 Sep 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK
ciri-ciri anak berbakat


Apakah Ibu sudah tahu ciri-ciri anak berbakat atau gifted child? Anak berbakat adalah anak spesial yang sering kali mempelajari berbagai hal dengan cepat, mengajukan banyak pertanyaan, dan memahami hal-hal yang biasanya diperuntukkan bagi anak-anak yang lebih besar. 

Karena anak berbakat sedikit berbeda dari teman sebayanya, penting bagi orang tua untuk mengetahui pola asuh yang tepat untuk mereka agar dapat mencapai potensi maksimalnya.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Cerdas, Apakah si Kecil Salah Satunya?

Ciri-Ciri Anak Berbakat

Berdasarkan National Association of Gifted Children (NAGC), anak berbakat adalah mereka yang menunjukkan kemampuan luar biasa untuk berpikir di atas rata-rata anak seusianya. Bakat dan kemampuan yang dimaksud misalnya dalam bidang matematika, musik, bahasa, atau keterampilan sensorimotor seperti melukis, menari, dan olahraga.

Ibu perlu mengetahui tanda-tanda anak berbakat, karena ini akan membantu mendukung si Kecil dengan cara yang paling sesuai. Berikut adalah beberapa ciri-ciri anak berbakat yang bisa diketahui sejak usia dini:

1. Memiliki IQ Lebih Tinggi

Anak berbakat seringkali menunjukkan kemampuan luar biasa yang membedakan mereka dari teman sebayanya. Si Kecil cenderung memiliki IQ lebih tinggi, yang berarti dapat memahami dan mempelajari berbagai hal dengan cepat.

Otak anak berbakat digambarkan seperti spons, Bu, karena bisa menyerap informasi dengan kecepatan yang mengesankan. Selain itu, anak berbakat memiliki ingatan yang sangat baik, memungkinkan untuk mengingat berbagai hal secara detail dan menerapkan pengetahuan mereka secara efektif.

2. Suka Tantangan dan Rasa Ingin Tahu Tinggi

Anak berbakat juga senang mengatasi tantangan dan memecahkan masalah. Mereka akan terlihat senang melakukan permainan seperti puzzle atau mengotak-atik angka.

Rentang perhatian si Kecil yang berbakat lebih panjang dibandingkan teman sebayanya, dapat berkonsentrasi secara intens pada hal-hal yang dianggap menarik.

Rasa ingin tahu juga adalah ciri khas anak-anak berbakat lho, Bu. Umumnya, anak berbakat akan mempunyai minat yang luas atau fokus yang spesifik dan intens pada satu bidang tertentu. Keingintahuan anak yang luar biasa akan mendorong untuk mendalami subjek yang membuat mereka penasaran. 

Selain itu, anak berbakat juga senang bereksperimen dan mencoba berbagai hal dengan cara baru.

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang Kreatif Ini Tak Dimiliki Si Kecil? Berikut 4 Cara untuk Menumbuhkannya

3. Keterampilan Bahasa yang Sangat Baik

Anak berbakat biasanya mempunyai kemampuan bahasa yang sangat baik sehingga membuat mereka menonjol.

Mereka tahu banyak kata dan dapat berbicara dengan cara yang lebih rumit dibandingkan anak-anak seusianya.

Namun, yang lebih mengesankan adalah anak berbakat dapat memahami perbedaan kecil dalam arti kata dan dapat memahami hal-hal rumit seperti metafora dan gagasan yang sulit dijelaskan.

Ini menunjukkan betapa cerdasnya mereka dan seberapa dalam mereka memikirkan kata-kata dan maknanya.

4. Kemampuan Sosial dan Emosional yang Tinggi

Ciri-ciri anak berbakat yang terakhir adalah kemampuan sosial dan emosional yang tinggi. Anak-anak berbakat menunjukkan emosi secara mendalam dan memiliki reaksi yang intens terhadap hal-hal di sekitar mereka, baik fisik maupun psikologis.

Sensitivitas yang meningkat ini akan berdampak pada pemahaman mereka tentang dunia dan lingkungan sekitarnya.

Si Kecil yang berbakat akan tumbuh dengan kehebatan pemahaman yang kuat mengenai apa yang benar dan salah, serta memiliki rasa keadilan yang tinggi sejak usia dini.

Tak hanya itu, selera humor mereka juga bisa sangat unik dan berbeda. Tak jarang, anak yang berbakat menemukan hal yang lucu dalam sesuatu yang tidak disangka-sangka.

Kemudian, anak-anak berbakat ini juga sering kali bersifat perfeksionis dan memiliki ekspektasi tinggi pada dirinya sendiri dan orang lain.

Terakhir, anak yang berbakat cenderung memiliki hubungan yang baik dengan orang dewasa. Mereka bisa dengan mudah bertukar pikiran dengan orang dewasa secara alami karena pemikiran mereka yang lebih matang dan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik

Anak-anak berbakat membutuhkan tantangan ekstra yang membuat mereka dapat berpikir dan belajar lebih banyak lagi, Bu. Ketika si Kecil yang berbakat diberikan tantangan, ia akan merasa bersemangat.

Pelajaran dari sekolah biasa mungkin terlalu mudah dan masih kurang cukup baginya, sehingga orang tua sebaiknya mencari cara untuk memberikan mereka tantangan baru misalnya melalui kelas khusus, buku, atau aktivitas tertentu.

Memahami ciri-ciri anak berbakat merupakan kunci pengasuhan yang efektif untuk si Kecil. Dengan menyediakan lingkungan dan dukungan tepat yang memenuhi kebutuhan intelektual, emosional, dan sosial anak berbakat, maka Ibu dapat membantu si Kecil yang berbakat berkembang dan mencapai potensi penuh mereka.

Dukung juga awal semua kehebatan si Kecil dengan mencari tahu tips-tips seputar tumbuh kembang anak dan parenting lainnya melalui laman Ibu Perlu Tahu. Pastikan si Kecil hanya mendapatkan yang terbaik, agar dapat tumbuh hebat di masa depan. Semoga bermanfaat, Bu!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Canon City School. (Diakses September 2023). What does being gifted mean? (n.d.). www.canoncityschools.org/departments/gifted-talented-education/what-does-being-gifted-mean
  2. Davidson Institute. (2022). Characteristics and Traits of Gifted Children. www.davidsongifted.org/prospective-families/gifted-traits-and-characteristics/
  3. National Association for Gifted Children. (Diakses September 2023). Common Characteristics of Gifted Individuals | (n.d.). dev.nagc.org/resources-publications/resources/my-child-gifted/common-characteristics-gifted-individuals
  4. Bainbridge, C. (2006, April 24). Common Traits and Characteristics of Gifted Children. Verywell Family; Verywell Family. www.verywellfamily.com/characteristics-of-gifted-children-1449114


Artikel Terkait

icon resep
2 Tahun Resep

Resep Bakso Goreng

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
4 min
01 Jan 1970