Bayi 10 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Apakah Normal?

Biasanya, gigi pertama bayi akan mulai muncul saat bayi berusia 6 bulan, tetapi perlu diingat bahwa setiap bayi memiliki perkembangan ya...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
24 Dec 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi 10 bulan belum tumbuh gigi - Bebeclub


Biasanya, gigi pertama bayi akan mulai muncul saat bayi berusia 6 bulan, tetapi perlu diingat bahwa setiap bayi memiliki perkembangan yang berbeda, sehingga ada kemungkinan beberapa bayi mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan giginya. Namun, apakah normal bila bayi 10 bulan belum tumbuh gigi dan tidak menunjukkan tanda-tandanya?

Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini, Bu!

Apakah Normal Bayi 10 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

Ibu jangan khawatir apabila bayi 10 bulan belum tumbuh gigi. Sebab, gigi pertama yang baru tumbuh pada usia 10 bulan atau lebih masih dianggap normal. Bahkan, ada beberapa bayi yang mungkin mengalami tumbuh gigi pertamanya ketika berusia 17 bulan.

Keterlambatan tumbuh gigi sebenarnya tidak selalu menandakan adanya masalah pada perkembangan bayi.

Perlu Ibu ketahui bahwa pertumbuhan gigi mempunyai dua masa periode yaitu pertumbuhan gigi sulung atau gigi susu dan pertumbuhan gigi permanen atau gigi tetap.

Mengutip dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, pertumbuhan gigi bahkan dimulai selama bayi masih dalam kandungan, tepatnya mulai dari minggu ke-6 kehamilan hingga saat bayi dilahirkan. Selama proses ini, pertumbuhan gigi terjadi di dalam rahang bayi dan tidak terlihat dari luar.

Meskipun demikian, biasanya gigi bayi pertama mulai tumbuh sekitar usia 8-14 bulan. Setelah gigi pertama muncul, dibutuhkan sekitar dua tahun sebelum semua gigi susu bayi tumbuh sepenuhnya. Barulah pada usia 3 tahun, seluruh rangkaian gigi susu selesai tumbuh.

Namun perlu Ibu ingat, bahwa ini hanyalah patokan secara umum pertumbuhan gigi pada si Kecil. Setiap bayi mempunyai waktu tumbuh dan berkembang yang berbeda-beda.

Hal yang perlu Ibu khawatirkan adalah jika si Kecil pada usia 18 bulan belum juga menunjukkan adanya tanda-tanda tumbuh gigi. Segeralah berkonsultasi pada dokter anak atau ahli kesehatan lain untuk mencari tahu apakah ada masalah kesehatan pada si Kecil.

Sebab, bayi yang terlambat tumbuh gigi bisa disebabkan adanya gangguan fisik pada gusi atau tulang rahang sehingga tidak dapat membuat gigi untuk tumbuh.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Bayi Mau Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasi Sakitnya

Kenapa Bayi 10 Bulan Belum Tumbuh Gigi?

Bayi 10 bulan belum tumbuh gigi adalah hal yang biasa dan dapat dianggap normal. Proses pertumbuhan gigi pada bayi bervariasi sehingga umur bayi tidak bisa dijadikan patokan yang pasti. Namun, ada beberapa kondisi yang mungkin menjadi alasan kenapa bayi 10 bulan belum tumbuh gigi sebagai berikut.

  • Faktor keturunan. Mungkin Ibu dan Ayah mengalami masalah terlambat tumbuh gigi saat masih kecil, sehingga kemungkinan besar si Kecil juga bisa mengalami hal serupa.

  • Kurangnya asupan nutrisi. Kekurangan kalsium, vitamin D, vitamin C, vitamin B, dan vitamin A bisa berdampak pada pertumbuhan gigi bayi.

  • Bayi mengalami fibrosis. Ini merupakan kondisi yang ditandai dengan menebalnya gusi sehingga menghambat gigi untuk tumbuh.

  • Bayi yang mengalami cedera rahang. Kondisi ini bisa mengganggu tunas gigi sehingga menunda proses tumbuh gigi.

  • Bayi mengalami impaksi gigi. Ini adalah kondisi yang terjadi ketika gigi tertanam di dalam gusi dan tidak mampu tumbuh dengan normal.

  • Adanya kondisi medis tertentu. Salah satunya kelainan hipotiroidisme, yaitu ketika kelenjar tiroid dalam tubuh tidak dapat menghasilkan hormon tiroid dengan cukup. Kondisi ini dapat memengaruhi perkembangan bayi, termasuk tumbuh gigi.

Baca Juga: 9 Cara Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 10 Bulan 

Bagaimana Cara agar Bayi 10 Bulan Cepat Tumbuh Gigi?

Sudah sewajarnya apabila Ibu merasa khawatir apabila bayi 10 bulan belum tumbuh gigi atau mengalami keterlambatan milestone (pencapaian). Perasaan khawatir tersebut adalah bagian dari peran Ibu dalam merawat si Kecil. Terutama, ketika dibandingkan dengan perkembangan gigi bayi lain yang mungkin lebih cepat.

Setiap bayi memiliki waktu yang berbeda dalam mencapai tonggak pertumbuhan tertentu, termasuk tumbuh gigi. Namun, Ibu bisa bantu dengan memberikan berbagai stimulasi agar bayi 10 bulan cepat tumbuh gigi.

1. Meningkatkan Asupan Kalsium

Untuk bayi usia 10 bulan, sudah seharusnya diberikan asupan makanan yang kaya akan kalsium. Memberikan makanan yang mengandung kalsium akan mendorong pertumbuhan gigi pada si Kecil.

Nutrisi ini memiliki peran penting dalam perkembangan tulang dan gigi bayi. Untuk memastikan asupan nutrisi kalsium, Ibu bisa menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) bayi 10 bulan yang mencakup beragam makanan seperti brokoli, yogurt, kedelai, keju, tahu, dan jeruk.

2. Rutin Memberikan Finger Food

Kemampuan makan bayi usia 10 bulan sudah mulai meningkat, mulai dari tingkat tekstur yang lebih kasar hingga mampu untuk menggenggam makanan.

Meskipun bayi belum mempunyai gigi, tidak ada salahnya untuk memberikan cemilan untuk bayi 10 bulan berupa finger food pada si Kecil, Bu.

Pemberian finger food akan membantu pertumbuhan gigi dan memperkuat kemampuan mengunyah bayi ketika makan. Berikanlah potongan-potongan kecil buah atau camilan yang bisa digenggam oleh bayi. 

3. Menjemur Bayi

Ternyata, paparan sinar matahari dapat memenuhi kebutuhan tubuh bayi akan vitamin D. Terkena sinar matahari yang cukup membantu tubuh si Kecil dalam menyerap kalsium, sehingga dapat memperkuat tulang dan mendukung pertumbuhan gigi yang lebih cepat.

Akan tetapi, penting untuk tidak sembarangan saat menjemur bayi. Di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, Ibu disarankan untuk menjemur bayi antara jam 7 pagi hingga 10 pagi selama sekitar 10-15 menit saja agar mendapatkan manfaat yang optimal.

4. Stimulasi dengan Mainan Teether

Untuk mendukung bayi 10 bulan yang belum tumbuh gigi, Ibu dapat memberikan mainan teether. Apalagi bayi sangat suka sekali memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya pada usia ini.

Mainan yang terbuat dari bahan karet ini dirancang khusus untuk membantu meningkatkan pertumbuhan gigi pada bayi dengan aman dan nyaman.

Mainan ini juga membantu meredakan rasa gatal pada gusi bayi saat gigi baru mulai tumbuh, serta memberikan rangsangan pada gusi untuk mempercepat proses tumbuh gigi.

5. Pijat Gusi dengan Lembut

Selain itu, Ibu bisa melakukan pijatan lembut pada gusi. Tidak hanya membantu pertumbuhan gigi, pijatan ini juga dapat membantu si Kecil tidur nyenyak di malam hari.

Caranya, Ibu dapat melilitkan jari telunjuk dengan kain steril yang telah dibasahi air matang. Pijatan dilakukan dengan lembut di setiap sisi gusi dan bisa diulang setiap malam sebelum tidur.

Memberikan pijatan pada gusi bayi juga bisa memberikan rasa nyaman, apalagi ketika si Kecil sedang mengalami masa pertumbuhan gigi.

Baca Juga: Apakah Normal Bayi 10 Bulan Belum Bisa Duduk Sendiri? 

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai bayi 10 bulan belum tumbuh gigi. Ibu tidak perlu khawatir apabila si Kecil belum juga tumbuh gigi pada usia ini, karena setiap bayi tumbuh dan berkembang dengan kecepatan masing-masing.

Namun, jika Ibu memiliki kecurigaan bayi 10 bulan belum tumbuh gigi atau khawatir terkait perkembangan si Kecil, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu jawabannya. Semakin cepat masalah tersebut ditangani, semakin baik untuk perkembangan si Kecil.

Ibu bisa juga kunjungi BebeJourney sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, kumpulan resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!


Referensi:

  1. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/619/gigi-geraham-bungsu
  2. ‌Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. (2022). Kemkes.go.id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/765/jaga-kesehatan-gigi-anak-sejak-dini
  3. ‌Clinic, C. (2023). Teeth: Anatomy, Types, Function & Care. Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/body/24655-teeth
  4. ‌‌Is it normal that my baby doesn’t have teeth yet? (2022). BabyCenter. https://www.babycenter.com/health/teething-and-tooth-care/is-it-normal-that-my-baby-doesnt-have-teeth-yet_10329253
  5. 13 Finger Foods for Babies With No Teeth. Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/solid-foods/15-easy-finger-foods-for-babies-with-no-teeth/
  6. Late Teething In Babies: 10 Reasons And Complications. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/delayed-late-teething-in-babies-causes-complications_00708872/
  7. Nunez, K. (2021, October 13). When to Worry About Baby Teeth Not Coming In. Healthline. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/when-to-worry-about-baby-teeth-not-coming-in
  8. Dental care for babies. (2022, August 16). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/health-daily-care/dental-care/dental-care-babies
  9. Verywell. (2016). Survival Tips for a Teething Baby. Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/a-guide-to-infant-teething-4047462
  10. ‌NHS Choices. (2023). Tips for helping your teething baby. https://www.nhs.uk/conditions/baby/babys-development/teething/tips-for-helping-your-teething-baby/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait