8 Pilihan Buah yang Bagus untuk Bayi 10 Bulan

Memasuki usia 10 bulan, MPASI untuk si Kecil sudah tidak sama lagi, Bu. Sebab pada usia ini, Ibu pasti memperhatikan banyak sekali perub...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
03 Jul 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi sedang makan buah naga.


Memasuki usia 10 bulan, MPASI untuk si Kecil sudah tidak sama lagi, Bu. Sebab pada usia ini, Ibu pasti memperhatikan banyak sekali perubahan pada bayi. Si Kecil mulai semakin menunjukkan perubahan mulai dari bisa merangkak, duduk tanpa bantuan, dan mulai mengoceh.

Semakin meningkatnya kemampuan bayi, kebutuhan nutrisinya juga akan semakin bertambah. Untuk itu, si Kecil perlu tambahan nutrisi yang bisa Ibu berikan lewat camilan sehat seperti buah-buahan. Lantas, apa saja macam-macam buah yang cocok untuk bayi usia 10 bulan. Yuk, simak penjelasan lengkapnya, Bu!

Rekomendasi Buah untuk Bayi Usia 10 Bulan

Sama seperti orang dewasa, bayi juga sangat membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk mencapai pertumbuhan yang optimal. Maka dari itu, Ibu dapat memberikan si Kecil berbagai macam makanan yang berbeda agar energi dan nutrisinya tercukupi.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kebutuhan energi dan nutrisi bayi usia 10 bulan berkisar 750 kkal dalam sehari. Itu artinya, nutrisi yang didapat oleh si Kecil sekitar 400 kkal dari ASI, dan sisanya bisa didapati dari MPASI yang sesuai untuknya.

Salah satu makanan yang bernutrisi tinggi bisa Ibu dapatkan dari buah-buahan. Setiap buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Jika Ibu sudah mulai mengajarkan si Kecil makan buah sejak awal MPASI, hal ini sangat baik dilakukan sehingga bayi akan terbiasa untuk mengonsumsi buah hingga besar nanti guna memenuhi asupan nutrisinya.

Di usia 10 bulan, kemampuan makan si Kecil juga semakin berkembang. Seperti kemampuan menggenggam makanan menggunakan ibu jari dan telunjuknya, hingga mulai tumbuh gigi. Untuk itu, Ibu dapat memberikan si Kecil finger food dari buah-buahan untuk camilan sehatnya.

Inilah beberapa buah yang cocok menjadi camilan sehat bayi usia 10 bulan:

1. Melon

Melon memiliki cita rasa manis dan cocok menjadi camilan sehat bayi 10 bulan. Buah ini kaya akan nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi, antara lain kalium, asam folat, vitamin B6, dan vitamin C. Bahkan, melon juga mengandung antioksidan yang tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalam melon dapat mendukung sistem kekebalan tubuh si Kecil secara keseluruhan, keseimbangan elektrolit, dan menjaga sistem saraf.

Kandungan air pada melon juga terbilang tinggi lho, Bu. Bahkan, per 35 gram melon mengandung 31,6 gram air sehingga dapat memberikan hidrasi tambahan pada bayi. 

Jika ingin menyajikan melon sebagai buah untuk bayi 10 bulan, Ibu perlu memotongnya berukuran sangat kecil untuk mengurangi risiko bayi tersedak. Tak ada salahnya memotong seukuran jari tangan, agar ia bisa menikmatinya sebagai finger food. 

2. Semangka

Memberikan semangka sebagai buah untuk bayi 10 bulan sangatlah tepat, Bu. Sebab semangka merupakan buah yang kaya akan air, serat, dan zat besi. Semangka mengandung 93% air dan beberapa mikronutrien, seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, dan kalsium yang dapat memberikan kesehatan pada tubuh si Kecil. 

Nutrisi yang terkandung pada semangka dapat meningkatkan kekebalan tubuh, perkembangan tulang, hingga membantu pencernaan karena memiliki serat yang tinggi.

Selain itu, semangka juga mengandung likopen, yakni antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Ibu dapat memberikan semangka pada si Kecil dengan memotongnya menjadi dadu atau persegi agar mudah digenggamnya. 

3. Jeruk

Pada umumnya jeruk memang mempunyai rasa yang asam, tetapi menyegarkan. Untuk itu, memperkenalkan buah satu ini baiknya pada mulai usia 10 bulan saat pencernaan bayi mulai matang. Jeruk mempunyai beragam kandungan nutrisi penting untuk meningkatkan tumbuh kembang si Kecil, seperti kalium, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin C, hingga folat.

Kandungan nutrisi tersebut dapat meningkatkan perkembangan fisik, pencernaan si Kecil lancar, dan memperkuat tulangnya. 

Bahkan, jika ia sedang mengalami batuk dan pilek, mengonsumsi buah jeruk dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk meredakannya. Saat memberikan jeruk pada si Kecil, Ibu harus memastikan tingkat keasamannya, ya, carilah jeruk yang cukup manis dan buang biji di dalamnya.

4. Pisang

Pisang merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat baik untuk membantu pertumbuhan bayi. Ibu dapat memberikan pisang yang matang karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga sangat cocok sebagai sumber energi yang baik untuk si Kecil. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, dan sumber kalium untuk membantu menjaga daya tahan tubuh bayi.

Pisang menjadi pilihan yang baik sebagai camilan sehat bayi usia 10 bulan karena tekstur yang lembut dan mudah digenggam si Kecil. Ibu dapat memberikan pisang yang dipotong-potong kecil seukuran koin agar si Kecil mudah untuk memakannya. Namun, Ibu disarankan untuk memberikan pisang yang matang atau berkulit bintik-bintik karena lebih mudah dicerna dan terbukti mengurangi sembelit pada bayi.

Baca Juga: Resep Smoothie Pisang dan Alpukat yang Pasti Disukai Si Kecil

5. Pepaya

Buah satu ini juga cocok menjadi camilan sehat bagi bayi usia 10 bulan. Buah pepaya yang matang mengandung vitamin A dan C, nutrisi yang penting untuk mendukung penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu si Kecil menyerap zat besi di dalam tubuh.

Bahkan, kandungan vitamin C dalam pepaya juga sangat tinggi dibanding apel, pisang, dan jeruk. Tak hanya itu, buah ini juga menawarkan banyak vitamin B untuk penambah energi, vitamin E untuk memperkuat sel di dalam tubuh, dan serat yang tinggi untuk menyehatkan usus. Pastikan Ibu memilih buah pepaya yang matang, karena tekstur pepaya matang lebih lembut sehingga mudah untuk dicerna oleh bayi. 

6. Mangga

Mangga dapat memberikan nutrisi yang penting untuk bayi sehingga cocok diberikan sebagai buah untuk bayi 10 bulan. Buah ini kaya akan senyawa bioaktif untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan. Buah ini mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, kalsium, magnesium, folat, dan serat yang tinggi.

Kandungan nutrisi tersebut akan memberikan si Kecil tambahan energi, menjaga kesehatan kulit, dan memperlancar pencernaan. Ibu dapat memberikan si Kecil mangga yang matang, karena rasanya yang dominan manis dan bertekstur lembut. Berikan mangga dalam potongan kecil agar si Kecil mudah menggenggamnya ya, Bu.

7. Pir

Buah yang mirip seperti lonceng ini memberikan banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan pada bayi. Buah pir yang segar merupakan sumber serat makanan dengan beberapa zat gizi mikro seperti vitamin C, vitamin K, zinc, kalium, dan senyawa fungsional yang menawarkan manfaat kesehatan jangka panjang. 

Pir juga mengandung asam lemak esensial yang fungsinya sebagai pelindung tubuh dari berbagai macam penyakit. Pektin yang terkandung pada pir merupakan serat yang larut dalam air untuk mencegah masalah lambung seperti sembelit. Untuk menyajikan buah ini, Ibu dapat mengupasnya terlebih dahulu lalu memotongnya kecil-kecil agar mudah dimakan si Kecil. 

8. Buah Naga

Pilihan buah untuk bayi 10 bulan adalah buah naga. Buah naga memiliki kulit tebal berwarna cerah yang melindungi bagian dalamnya yang berupa biji putih yang lembut. Tekstur buah naga ini sangat mirip dengan kiwi, yang juga memiliki biji kecil yang halus. Meskipun kulit buah naga lebih tebal, bagian dalamnya sangatlah lembut untuk dikonsumsi. 

Buah ini mengandung antioksidan serta kandungan karoten di dalamnya yang baik untuk kesehatan mata,serta sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah naga juga mengandung kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat, serta zat besi untuk mencegah anemia. Mengonsumsi buah naga dapat menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting bagi bayi dalam fase pertumbuhan ini.

Baca Juga: Resep MPASI Bayi 10 Bulan dan Aturan Pemberiannya

Nah, itulah berbagai pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi bayi 10 bulan. Dari rekomendasi buah di atas, kira-kira mana yang paling disukai si Kecil?

Jangan lupa kunjungi BebeJourney sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, kumpulan resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!


Referensi:

  1. 10 Months Old Baby Food Chart. (n.d.). Parenting.firstcry.com. Retrieved June 7, 2023, from https://parenting.firstcry.com/articles/10-month-old-baby-food-amazing-ideas-chart-recipes-and-more/
  2. ‌Parents. (2022). Baby Feeding Schedule: 9 to 12 Months Old. Parents. https://www.parents.com/baby/feeding/solid-foods/feeding-9-12-month-old-baby/
  3. ‌IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
  4. ‌Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. https://promkes.kemkes.go.id/?p=8904
  5. ‌Developmental milestones: grasping. (2023). BabyCentre UK. https://www.babycentre.co.uk/a6578/developmental-milestones-grasping
  6. ‌Honeydew Melon - First Foods for Baby - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/honeydew-melon/
  7. ‌Swati Patwal. (2021, May 2). Cantaloupe (Muskmelon) For Babies: Benefits And When To Give. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/muskmelon-cantaloupe-for-babies-benefits-right-age_00729403/
  8. Swati Patwal. (2014, December 31). 7 Amazing Health Benefits Of Watermelon For Babies. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/health-benefits-of-watermelon-for-babies_00120447/
  9. Arora, M. (2018, May 9). Oranges for Babies – Benefits and Recipes. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/oranges-for-babies-benefits-and-recipes/
  10. ‌Swati Patwal. (2020, October 27). Banana For Babies: Benefits, Precautions, & 6 Recipes to Try. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/banana-recipes-for-babies-benefits-precautions_00667509/
  11. ‌Dragon Fruit (Pitaya) for Babies - First Foods for Baby - Solid Starts. (2023). Solidstarts.com. https://solidstarts.com/foods/dragon-fruit-pitaya/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait