7 Pilihan Mainan untuk Stimulasi Bayi Usia 4 Bulan

Tahukah Ibu, bermain tidak hanya menghibur bayi tapi juga membantunya belajar memahami lingkungan baru di sekitarnya? Ketika bermain, ba...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
31 Aug 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Mainan bayi 4 bulan.


Tahukah Ibu, bermain tidak hanya menghibur bayi tapi juga membantunya belajar memahami lingkungan baru di sekitarnya? Ketika bermain, bayi secara aktif menggunakan seluruh panca indranya untuk menemukan hal yang menarik di sekitar.

Maka dari itu, Ibu perlu memilih mainan yang tepat untuk dapat menstimulasi tumbuh kembang si Kecil. Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui beragam rekomendasi mainan edukasi bayi usia 4 bulan.

Rekomendasi Mainan untuk Bayi Usia 4 Bulan

Ketika mencapai usia 4 bulan, bayi sudah semakin siap untuk bermain dan berinteraksi dengan orang di sekitarnya, terutama dengan Ibu.

Pada fase ini, si Kecil menunjukkan banyak kemampuan baru yang menarik, Bu. Bayi usia 4 bulan sudah mampu mengangkat lengannya saat berada dalam posisi tummy time atau tengkurap. Bayi juga dapat mengendalikan posisi kepalanya dengan lebih tegak saat ditopang dalam posisi duduk.

Tidak hanya kemampuan motoriknya yang mengalami perkembangan, tetapi kemampuan bicaranya juga mulai menunjukkan peningkatan. Bayi usia 4 bulan sering kali akan banyak mengeluarkan ocehan.

Mungkin Ibu akan sering mendengar bayi mengoceh dengan kata-kata seperti "da-da-da" atau "ba-ba-ba". Hal ini menunjukkan awal dari kemampuan bicara si Kecil.

Nah, sebagai orangtua, Ibu bisa memberikan stimulasi yang tepat untuk membantu mendorong perkembangan si Kecil. Salah satunya yaitu dengan menggunakan mainan. Berikut ini berbagai pilihan mainan edukasi yang bagus untuk bayi usia 4 bulan. Apa saja?

1. Boneka Tangan

Bu, bermain boneka ternyata dapat membantu perkembangan bayi. Saat bermain dengan boneka, bayi memiliki kesempatan untuk belajar berbagai emosi, mulai dari bahagia, sedih, dan marah. Ini tentu baik untuk perkembangan sosial dan emosional bayi sejak dini.

Selain itu, berinteraksi dengan boneka tangan bisa melatih keterampilan mendengarkan si Kecil. Pada usia 4 bulan, bayi mungkin hanya dapat memperhatikan gerakan boneka yang dilakukan oleh Ibu.

Namun, seiring pertumbuhan dan perkembangannya, bayi akan merespons dengan lebih aktif, bahkan ikut bercerita menggunakan boneka tangan tersebut.

Baca Juga: Umur Berapa Bayi Bisa Bicara? Kenali Tahapannya

2. Teether

Mainan yang bisa mendukung perkembangan bayi usia 4 bulan berikutnya adalah teether. Biasanya, bayi usia segini cenderung senang memasukkan tangan ke dalam mulutnya. Ibu tidak perlu merasa cemas karena tindakan ini merupakan bagian dari perkembangan yang umum terjadi pada setiap bayi.

Ketika bayi menggigit dan mengunyah teether, gerakan ini dapat berkontribusi pada perkembangan otot-otot wajah dan lidah bayi. Aktivitas ini melibatkan gerakan lidah yang akhirnya akan memperkuat otot-otot yang penting bagi proses pembelajaran bicara bayi.

Oleh karena itu, Ibu bisa memberikan teether kepada si Kecil untuk menstimulasinya. Pilihlah teether dengan bentuk bulat dan memiliki tekstur yang mudah digenggam oleh bayi. Tetap berhati-hati dalam memilih teether, hindari yang terlalu besar atau terlalu kecil agar tidak menimbulkan risiko bagi bayi.

3. Mainan Musik

Pada usia dini, bermain dengan alat musik tidak bertujuan untuk menguasai instrumen tertentu, tetapi untuk memperoleh berbagai keterampilan melalui pengalaman memainkannya.

Misalnya, ketika bayi menggenggam mainan marakas, hal ini sebenarnya adalah latihan untuk mengembangkan keterampilan motorik bayi. Si Kecil perlu belajar untuk mengoordinasikan jari-jarinya dan mengontrol gerakan agar bisa menghasilkan suara yang diinginkan.

Selain manfaat motorik, bermain musik juga memberikan pelajaran kepada bayi tentang hubungan sebab dan akibat. Ketika ia menggerakkan marakas, si Kecil akan mendengar suara yang dihasilkan oleh alat musik tersebut. Aktivitas semacam ini memiliki peran penting dalam mengembangkan aspek kognitif si Kecil.

4. Buku Timbul atau Bertekstur

Memperkenalkan bayi pada buku-buku yang timbul atau bertekstur adalah salah satu bentuk stimulasi sensorik yang memiliki peranan penting dalam tahap perkembangan anak sejak lahir hingga masa kanak-kanak, Bu. 

Melibatkan bayi dalam aktivitas sensorik seperti ini membantu mendorong perkembangan fungsi kognitif dan memungkinkan ia belajar dari lingkungan sekitar.

Buku bertekstur umumnya memiliki keragaman, mulai dari yang kasar, halus, bergelombang, hingga yang licin. Ketika si Kecil merasakan berbagai tekstur melalui sentuhan, ia akan terdorong untuk terlibat dalam berbagai pengalaman sensorik dan menghadapi berbagai tantangan yang muncul.

5. Cermin Mainan

Ternyata, cermin memiliki manfaat yang tak terduga bagi pertumbuhan bayi usia 4 bulan, Bu.

Ketika bayi memandang cermin, si Kecil akan merasa tertarik dengan pantulan dirinya dan akan memberikan respons seperti tersenyum, tertawa, bahkan mengoceh. Ini adalah salah satu pengalaman menarik dan bermanfaat untuk perkembangan aspek sosial dan emosional pada bayi.

Karena itulah, Ibu bisa meletakkan cermin mainan di depan bayi saat ia berada dalam posisi tummy time. Melihat pantulannya di cermin akan mendorong bayi untuk tetap berada dalam posisi ini lebih lama.

Baca Juga: Mengenal Growth Spurt, Satu dari Sekian Penyebab Bayi Rewel

6. Playmat

Playmat umumnya dilengkapi dengan variasi mainan seperti piano, cermin, dan mainan lain yang khusus dirancang untuk bayi. Mainan ini ditempatkan di atas matras empuk yang memiliki dua lengkungan di sisi-sisinya untuk menggantungkan mainan di atas kepala bayi.

Bisa dikatakan, playmat merupakan sebuah paket lengkap yang menyajikan berbagai manfaat yang penting dalam perkembangan si Kecil.

Ketika bayi merasa tertarik dengan suara yang dihasilkan oleh piano atau mainan lainnya yang terdapat pada playmat, ia mungkin akan merespons dengan menendang-nendangkan kakinya. Tentunya, reaksi ini dapat berguna dalam perkembangan otot-otot di area kaki, lengan, leher, dan perutnya.

7. Rattle (Mainan Kerincing)

Mainan rattle merupakan salah satu permainan yang memiliki manfaat dalam merangsang perkembangan keterampilan motorik halus pada bayi berusia 4 bulan. Mainan kerincing umumnya didesain dengan bentuk yang mudah dipegang oleh tangan mungil bayi.

Ketika memegang mainan rattle, bayi menggunakan otot-otot kecil di lengan dan pergelangan tangannya. Ini akan membantu dalam mengembangkan kekuatan, koordinasi, dan keterampilan motorik halus.

Tidak hanya itu, si Kecil dapat menggerakkan mainan rattle sehingga menimbulkan suara dan menarik minat bayi. Ia akan menyadari bahwa menggerakkan mainan ini mampu menciptakan suara yang menyenangkan.

Nah, itulah berbagai pilihan mainan edukasi untuk dapat menstimulasi perkembangan bayi 4 bulan. Yang perlu diingat, penting untuk selalu memilih mainan yang sesuai dengan usia dan aman bagi bayi. Sehingga, ia dapat mengembangkan keterampilan baru tanpa risiko yang tidak diinginkan.

Jadi, dari pilihan-pilihan tersebut, mainan mana yang paling sesuai untuk si Kecil, Bu? Jangan lupa kunjungi BebeJourney sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, koleksi resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!


Referensi:

  1. Mcilroy, T. (2020, January 6). The Amazing Benefits of Playing with Puppets in Early Childhood. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/playing-with-puppets/
  2. Verywell. (2020). Why Do Babies Like Teethers? Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-do-babies-like-teethers-3255327
  3. What Is Sensory Play? The Benefits for Your Child and Sensory Play Ideas. Cleveland Clinic; Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/benefits-of-sensory-play-ideas/
  4. ‌Mcilroy, T. (2022, January 21). 16 Benefits of Musical Instruments for Toddlers and Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-musical-instruments-for-toddlers/
  5. ‌Suma rp. (2022, October 13). Why is Mirror Play Important For Babies? Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/why-is-mirror-play-important-for-babies/
  6. ‌Nair, A. (2018, September 26). Does Your Baby Need a Play Gym? These 4 Reasons Are Too Good To Ignore! FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/does-your-baby-need-a-play-gym-these-4-reasons-are-too-good-to-ignore/
  7. ‌Mishra, S. (2022, June 22). Reasons Why Rattles Are The Best Toys For Babies! - Firstcry Intelli Education. Firstcry Intelli Education. https://www.firstcry.com/intelli/articles/reasons-why-rattles-are-the-best-toys-for-babies/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait