Berat Badan Bayi 4 Bulan yang Ideal Menurut WHO

Berat bayi 4 bulan idealnya naik minimal 600 gram dari bulan sebelumnya. Untuk mencapai itu, Ibu harus tahu cara menaikkan BB bayi dengan sehat dan aman.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
03 Jul 2024
berat badan bayi 4 bulan - Bebeclub


 

Berat badan bayi 4 bulan akan bertambah secara signifikan dari bulan sebelumnya. Ketahui berat badan si Kecil beserta cara meningkatkan berat badannya pada ulasan berikut ini, yuk!

Berapa Berat Badan Ideal Bayi 4 Bulan? 

Di usia 4 bulan, berat badan bayi idealnya bertambah minimal 600 gram dari bulan lalu. Artinya, rata-rata BB bayi laki-laki di usia 4 bulan bisa naik ke kisaran 7 kg dan bayi perempuan di angka 6,4 kg. 

Berikut adalah rentang perkiraan berat bayi 4 bulan yang masih terbilang normal dari WHO:

  • Bayi laki-laki: 6,2 kg - 7,8 kg
  • Bayi perempuan: 5,7 kg - 7,3 kg

Setiap bayi bertumbuh dengan kecepatan yang berbeda. Jadi, bayi Ibu mungkin tidak memiliki berat badan yang sama persis dengan bayi lainnya meski sama-sama berumur 4 bulan.

Untuk bantu memonitor pertambahan berat dan tinggi badan bayi tiap bulan, yuk manfaatkan fitur Milestone Tumbuh Kembang di Bebejourney!

Baca Juga: Waspada Weight Faltering, Gagal Tumbuh yang Berisiko Stunting pada Bayi

Cara Menaikkan Berat Badan Bayi 4 Bulan agar Ideal 

Menambah berat badan bayi usia 4 bulan akan berfokus di cara Ibu memaksimalkan proses menyusui, karena si Kecil belum boleh makan makanan selain ASI. Berikut tipsnya:

1. Perbaiki Perlekatan

Jika mulut bayi tidak melekat dengan tepat pada puting Ibu, ia bisa tidak mendapatkan asupan ASI sebanyak yang ia perlukan. Jadi, cobalah perbaiki perlekatan menyusui dengan cara:

  • Cari posisi menggendong yang aman dan stabil.
  • Buka mulut bayi lebar-lebar dan arahkan menuju puting.
  • Pastikan seluruh puting Ibu masuk ke dalam mulut bayi dan posisi mulutnya terlipat keluar seperti dower (terlihat bagian merah dari bibir bayi).
  • Lihat apakah dagu bayi menyentuh payudara dan cek agar hidungnya tidak tertutup.

Posisi perlekatan sudah benar jika area areola atas lebih banyak terlihat dibanding bagian bawah mulut bayi.

Jika perlekatan sudah benar, pipi bayi tidak akan terlihat cekung saat mengisap susu. Ia juga akan mengeluarkan suara berdecak di setiap tegukannya.

2. Memastikan Bayi Cukup ASI

Bayi usia 4 bulan butuh sekitar 120–180 ml ASI setiap 4-6 jam sekali. Satu kali menyusui biasanya selama 10-15 menit.

Agar berat badan bayi 4 bulan naik ke angka ideal, Ibu harus rutin menyusui untuk memastikan bayi cukup ASI. Jika Ibu bekerja, rutin pompa ASI untuk menyediakan stok ASIP yang mencukupi kebutuhan si Kecil. 

Bayi yang cukup ASI biasanya akan BAB dengan teratur. Nah, Ibu bisa juga, lho, manfaatkan tools Poop Tracker yang berbasis AI untuk monitor kondisi pencernaan si Kecil!

3. Bangunkan Bayi untuk Menyusu

Apabila sudah waktunya menyusui tapi si Kecil masih tidur, Ibu boleh membangunkannya untuk menyusu. Bangunkan bayi pelan-pelan dengan mengusap lembut pipi atau telapak kakinya.

Pastikan menyusu selama 20 menit dengan gerakan menelan supaya asupan ASI-nya maksimal untuk menambah berat badan bayi 4 bulan.

Jika bayi tertidur di tengah waktu menyusui, bangunkan dengan cara yang sama. Bisa juga bangunkan dengan cara menyendawakan bayi atau ubah posisi menyusui dari bersandar ke duduk tegak. 

4. Meningkatkan Frekuensi Menyusui

Susuilah bayi 8-12 kali dalam satu hari. Jangan tunda-tunda menyusui sampai bayi terlihat kelaparan.

Jangan pula hentikan sesi menyusui di tengah jalan sebelum si Kecil menunjukkan tanda-tanda kenyang, seperti dengan sendirinya melepas puting Ibu dan mulai mengantuk.

Namun jangan juga memaksa si Kecil menyusui jika ia sudah menunjukkan tanda kenyang ASI. Sebab, paksaan ini malah bisa membuat bayi tidak mau menyusu

5. Meningkatkan Produksi ASI

Ibu dapat meningkatkan produksi ASI dengan terus menyusui si Kecil setiap 1 atau 2 jam sekali. 

Selain itu, Ibu juga dapat memancing produksi dengan memompa ASI disela-sela waktu menyusui. Usahakan juga mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI. 

Contohnya daun kelor, spirulina, jahe, bawang putih, daun adas, blessed thistle, dan masih banyak lagi.  

Baca Juga: Berapa Berat Badan Ideal Bayi 5 Bulan?

Apabila berat badan bayi 4 bulan masih sulit naik dan Ibu juga kesulitan menyusui, jangan ragu konsultasi ke dokter anak atau konsultan laktasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ibu juga bisa hubungi tim BebeCare yang siap memberikan respon cepat terhadap semua pertanyaan terkait cara menyusui dan tumbuh kembang bayi.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Weight-for-age GIRLS Birth to 5 years (z-scores). (n.d.). https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/wfa-girls-0-5-zscores.pdf?sfvrsn=810222cc_11
  2. Weight-for-age BOYS Birth to 5 years (z-scores). (n.d.). https://cdn.who.int/media/docs/default-source/child-growth/child-growth-standards/indicators/weight-for-age/wfa-boys-0-5-zscores.pdf?sfvrsn=be07c977_11
  3. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. (2022). Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana. https://dp3appkb.bantulkab.go.id/news/patokan-berat-badan-bayi-normal-sesuai-usianya
  4. IDAI | Posisi dan Perlekatan Menyusui dan Menyusu yang Benar. (2019). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/posisi-dan-perlekatan-menyusui-dan-menyusu-yang-benar
  5. Lewis, R. (2020, July 21). How To Increase Your Baby’s Weight. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/baby/how-to-increase-baby-weight#healthy-gains
  6. How much breast milk to express. (2022). HSE.ie. https://www2.hse.ie/babies-children/breastfeeding/expressing-pumping/how-much-breast-milk-express/
  7. Siraphat Fungtammasan, & Vorapong Phupong. (2022). The effect of Moringa oleifera capsule in increasing breast milk volume in early postpartum patients: A double-blind, randomized controlled trial. European Journal of Obstetrics & Gynecology and Reproductive Biology. X, 16, 100171–100171. https://doi.org/10.1016/j.eurox.2022.100171
  8. Santos-Longhurst, A. (2018, May 7). 5 Ways to Increase Breast Milk Production. Healthline; Healthline Media. https://www.healthline.com/health/parenting/how-to-increase-breast-milk#how-to


Artikel Terkait