9 Ide Permainan dalam Ruangan yang Seru untuk Anak 3 Tahun

Memasuki usia 3 tahun, si Kecil akan semakin suka bermain untuk belajar banyak hal dan mengeksplorasi dunia sekitarnya. Nah, ketika cuac...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
05 Jun 2023
Ibu dan anak sedang bermain bersama.


Memasuki usia 3 tahun, si Kecil akan semakin suka bermain untuk belajar banyak hal dan mengeksplorasi dunia sekitarnya. Nah, ketika cuaca sedang tidak menentu atau Ibu sedang kelelahan mendampingi si Kecil bermain dengan bebas di luar, Ibu tentu harus “putar otak” mencari cara agar anak tetap bisa bermain dengan seru meski hanya di dalam ruangan. Yuk, simak beragam ide permainan indoor yang menyenangkan untuk si Kecil di bawah ini, ya, Bu!

Ide Permainan dalam Ruangan yang Seru untuk Anak

Pada usia 3 tahun anak sedang aktif-aktifnya. Ibu mungkin sering merasa kewalahan, ya melihat si Kecil yang tidak ada lelahnya untuk bermain di mana dan kapan saja?

Capek menemani anak bermain itu wajar, kok, Bu. Tapi bermain itu salah satu kebutuhan anak yang memiliki banyak manfaat. Selain menyenangkan hatinya, bermain juga ternyata bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil dari segi keterampilan kognitif, motorik, sampai bahasa dan emosionalnya. Dengan bermain yang menyenangkan, si Kecil pun dapat memuaskan imajinasi dan rasa ingin tahunya terhadap sesuatu.

Di sisi lain, anak juga masih membutuhkan koneksi dan perhatian dari Ayah dan Ibunya setiap hari yang tidak boleh diabaikan karena penting untuk perkembangan psikologisnya.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi ide permainan dalam ruangan yang seru untuk anak usia 3 tahun dan tidak menguras energi Ibu terlalu banyak:

1. Role Play

Jika Ibu sedang kecapekan tapi si Kecil minta bermain bersama, role play alias bermain peran bisa jadi solusinya.

Ibu bisa mengajak si Kecil main masak-masakan dengan jadi koki restoran dan Ibu yang berpura-pura jadi pengunjung restoran. Ibu bisa duduk di meja makan dan berpura-pura menikmati makanan buatan si Kecil. Atau, tawarkan bermain dokter-dokteran. Si Kecil yang jadi dokter dan Ibu yang jadi pasien berbaring di atas kasur.

Dengan roleplay, si Kecil jadi belajar tentang bagaimana sebuah profesi bisa melakukan pekerjaannya atau memahami konsep kompleks peran manusia dalam kehidupan nyata mulai dari perbedaan cara bicara, jenis bahasa yang digunakan, gesture tubuh, ekspresi wajah, hingga emosi yang ditunjukkan masing-masing orang.

2. Cari Harta Karun

Permainan mencari harta karun tidak harus dimainkan di luar ruangan, tapi juga bisa di dalam ruangan, lho, Bu.

Pertama-tama, sembunyikan dulu "harta karun" di area tertentu dalam rumah. Lalu, minta si Kecil berburu harta karun tersebut dengan menyediakan beberapa petunjuk untuknya, bisa berupa potongan gambar atau berupa kata-kata sederhana. Misalnya “Benda ini berbentuk bundar dan bisa pergi jauh kalau Adik tendang” untuk menunjuk bola.

Jika anak merasa kesulitan, Ibu dapat membantu memberikan clue, misalnya, "Warnanya kuning, kesukaan Adik. Biasanya Adik suka bawa main sore-sore ke taman. Hayoo… Coba cari di mana ya?" Biarkan anak mencari bola tersebut di tempat-tempat yang biasa ia pikirkan dan menemukan petunjuk selanjutnya.

Nantinya, petunjuk terakhir akan mengarah ke tempat di mana "harta karun" itu disembunyikan. Gunakan huruf "X" untuk menandai tempat Ibu menyembunyikan harta karun supaya anak lebih mudah menemukannya.

3. Sensory Play

Belakangan, istilah sensory play sedang sangat populer di dunia parenting, lho! Tidak sedikit orang tua yang mempertunjukkan keseruan anak-anak mereka bermain permainan sensorik lewat sosial media. Ibu juga mau? Tenang, pilihan permainannya banyak, kok!

Ibu bisa sediakan wadah atau baskom yang diisi es batu dan pewarna makanan, serta kertas atau kain putih lebar. Minta si Kecil untuk memasukkan spons kering ke dalam baskom berisi es, dan biarkan ia merasakan sensasi dingin dan melihat perubahan warna spons. Kemudian minta si Kecil untuk membuat cap di atas kain bersih dengan spons yang sudah berwarna itu.

Contoh permainan sensori lainnya adalah tebak aroma. Tak perlu ribet, karena Ibu bisa menyiapkan beberapa makanan dengan aroma yang berbeda, misalnya kopi, pepaya, jeruk, atau jenis makanan lain yang memiliki aroma. Kemudian, minta si Kecil menutup mata dan menebak makanan tersebut dengan mendeskripsikan aroma yang ia cium.

4. Televisi dari Kardus

Punya kardus bekas berukuran besar di rumah? Jangan dibuang dulu, karena bisa dibuat jadi mainan anak, Bu. Salah satu permainan indoor yang bisa dilakukan yaitu membuat televisi dari kardus.

Untuk membuat televisi mainan, Ibu membutuhkan kardus berukuran besar supaya si Kecil dapat masuk ke dalamnya. Selanjutnya, potong bagian luar kardus berbentuk persegi panjang menyerupai televisi tabung.

Jika televisi kardus sudah jadi, minta anak untuk pura-pura bernyanyi atau menari di sana. Setelah itu, jangan lupa untuk memberikan pujian atas penampilan anak. Sebab, memuji anak dapat meningkatkan percaya diri si Kecil, Bu.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Keberanian Si Kecil 

5. Halang Rintang

Selanjutnya, bermain halang rintang yang cocok dimainkan di dalam ruangan. Permainan ini bermanfaat untuk melatih motorik kasar anak, Bu. Sebab, dalam permainan ini, anak akan melewati rintangan dengan berbagai cara seperti merangkak, melompat, dan melempar bola.

Diperlukan kreativitas untuk membuat permainan halang rintang ini, Bu. Buatlah cara berbeda untuk melewati setiap rintangan.

Misalnya, minta anak untuk melewati dari bawah kursi atau melewati terowongan selimut sebelum si Kecil dapat melanjutkan ke rintangan berikutnya. 

6. Kotak Misterius

Permainan indoor untuk si Kecil ini dapat melibatkan indera anak seperti peraba, penciuman, penglihatan, pendengaran, dan pengecap.

Caranya, Ibu bisa memanfaatkan kotak bekas yang memiliki penutup. Kemudian beri lubang di salah satu sisi kotak. Usahakan lubang tersebut cukup besar agar tangan anak bisa masuk. Jika kotak sudah siap, masukkan benda ke dalamnya, minta anak untuk meraba benda dalam kotak, kemudian tebak apa isinya.

Ibu bisa menggunakan benda-benda sederhana yang sering dilihat si Kecil, misalnya sendok, pensil, remote televisi, atau sepotong buah dingin.

Baca Juga: Manfaat Smell Sensory Play dan Ide Permainannya 

7. Sortir Warna

Warna merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari anak, Bu. Belajar tentang warna merupakan hal penting dalam perkembangan anak usia dini yang mencerminkan pemahaman kognitif si Kecil. Salah satu cara untuk mengenalkan warna pada anak, yaitu dengan bermain sortir warna.

Permainan ini dapat membantu meningkatkan persepsi visual si Kecil, yaitu kemampuan otak untuk memahami apa yang terlihat oleh mata dengan benar. Kemampuan ini menjadi dasar yang penting sebelum anak belajar membaca.

Cara bermainnya, siapkan kancing warna-warni dan beberapa mangkuk. Setelah itu, minta si Kecil untuk mengelompokkan kancing sesuai dengan warnanya. Pilihlah kancing dengan warna cerah seperti merah, kuning, biru, dan hijau agar anak lebih mudah mempelajarinya.

8. Bowling

Terakhir, ide permainan dalam ruangan yang seru yaitu bermain bowling. Tentunya bowling yang dimainkan harus aman untuk si Kecil, ya.

Ibu bisa memanfaatkan beberapa botol plastik bekas sebagai sasarannya. Kemudian susun botol tersebut sama seperti permainan bowling pada umumnya. Minta anak untuk menggelindingkan bola ke arah botol sampai susunan botol tersebut terjatuh.

Permainan bola yang mengharuskan anak untuk melempar, menangkap, menendang, dan menggelindingkan ini bagus untuk perkembangan otot, serta koordinasi antara tangan dan mata si Kecil, Bu.

Nah, itu dia berbagai ide permainan dalam ruangan yang seru untuk anak, Bu. Kira-kira mana, nih, yang mau dimainkan bersama si Kecil hari ini?

Baca Juga: Hobi yang Bermanfaat untuk Tumbuhkan Jiwa Leadership Anak 

Ibu juga bisa menstimulasi kognitif, fisik, sosial emosional si Kecil semakin tumbuh hebat di usia 3 tahun ini dengan men-download flashcard eksklusif Belajar di Rumah secara gratis! 

Sambil menemani anak bermain, jangan lupa juga berikan segelas Susu Bebelac 3 GroGreat+ untuk si Kecil. Susu Bebelac 3 GroGreat+ adalah partner tepat Ibu Hebat untuk mendukung awal semua kehebatan si Kecil karena sudah dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat (happy tummy), akal kreatif (happy brain), dan hati yang besar (happy heart)! 

Tertarik mencoba? Yuk, daftarkan diri Ibu di Bebeclub untuk dapatkan beragam promo dan penawaran menarik seputar susu Bebelac. Ibu juga bisa dapatkan lebih banyak tips dan informasi parenting terbaru menyambut masa prasekolah si Kecil!


Referensi:

  1. Cetin Dag, N. (2020). Children’s Only Profession: Playing with Toys. Northern Clinics of Istanbul. https://doi.org/10.14744/nci.2020.48243
  2. ‌Stacking and building games: children 3-6 years. (2020, May 11). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/making-and-building/stacking-and-building-games
  3. ‌Self-esteem in children: 1-8 years. (2021, May 7). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/toddlers/behaviour/understanding-behaviour/about-self-esteem
  4. ‌Treasure hunt: activity for children 3-6 years. (2020, May 11). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/preschoolers/play-learning/active-play/treasure-hunt-activity-for-children-3-6-years
  5. ‌Verywell. (2023). We Researched the Best Flashcards for Kids That Make Learning Fun. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-flashcards-for-kids-5104847
  6. ‌Best Indoor Games for Kids - Today’s Parent. (2019, November 12). Today’s Parent. https://www.todaysparent.com/toddler/20-fun-indoor-games/
  7. Chitnis, R. (2018, April 11). Top 45 Indoor Games for Kids To Play. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/top-40-fun-indoor-games-for-kids/
  8. ‌Playing with balls: activities for children 3-6 years. (2020, May 11). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/guides/activity-guides/movement/playing-with-balls-activity
  9. ‌Mcilroy, T. (2021, November 12). Learning About Colours: 31 Activities for Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/learning-about-colours/
  10. ‌Mcilroy, T. (2021, September 30). 13 Hide and Seek Games for Preschoolers and Kindergarteners. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/hide-and-seek-games/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait