Bayi 2 Bulan Susah BAB? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bayi 2 bulan susah BAB bisa karena perubahan fungsi saluran cerna dan kurangnya asupan cairan dalam tubuh si Kecil. Tapi, Ibu bisa atasi sembelit si Kecil dengan perawatan rumahan yang mudah.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Attila Dewanti, SpA (K)

4 min
17 Jun 2022
Profile dr. Attila Dewanti, SpA (K)
Bayi 2 bulan susah bab - Bebeclub


Umumnya, bayi baru lahir cukup sering BAB dalam sehari, dan frekuensinya mulai berkurang di usia 2 bulan. Namun, apakah normal bayi 2 bulan susah BAB dan apa penyebabnya?

Apakah Normal Bayi Usia 2 Bulan Susah BAB?

Bayi usia 2 bulan susah BAB merupakan hal yang normal. Di usia ini, bayi biasanya masih dalam proses penyesuaian dengan sistem cernanya yang berkembang. 

Akibatnya beberapa bayi mungkin mengalami kesulitan BAB sesekali, atau terkadang memiliki pola buang air besar yang tidak teratur. 

Jika sebelumnya bayi baru lahir BAB setiap hari, menginjak usia 2 bulan bayi Ibu bisa saja tidak BAB selama 5 hingga 7 hari.

Penyebab Bayi 2 Bulan Susah BAB

Bayi usia 2 bulan susah BAB bukan berarti ia mengalami sembelit. Terlebih, bayi yang mendapat ASI eksklusif sangat jarang mengalami masalah sembelit. 

Berikut adalah beberapa penyebab bayi susah BAB di usia 2 bulan:

1. Pencernaan Bayi Belum Bekerja Optimal

Salah satu penyebab bayi 2 bulan susah BAB yang utama adalah sistem pencernaan bayi yang belum matang dan masih berkembang. 

Ini terutama dapat terjadi pada bayi prematur. Makanan bergerak lebih lambat di dalam saluran pencernaan dan belum dapat terserap secara sempurna sehingga feses bayi kering dan keras.

Selain itu, ini juga menandakan sistem pencernaan bayi sudah beradaptasi untuk mencerna dengan lebih baik sehingga si Kecil tak lagi mudah BAB setiap ketika lambungnya mulai terisi.

2. Bayi Kurang Aktif Bergerak

Bayi usia 2 bulan yang kurang aktif atau jarang bergerak mungkin mengalami kesulitan BAB. Ini bisa terjadi karena kurangnya stimulasi fisik yang diperlukan untuk merangsang pergerakan usus.

3. Kurang ASI

Penyebab bayi 2 bulan susah BAB berikutnya adalah kurangnya asupan cairan tubuh, termasuk melalui ASI. 

Jika tidak segera diganti dengan asupan ASI yang cukup, dehidrasi pada bayi bisa menyebabkan feses menjadi kering dan keras sehingga sulit untuk dikeluarkan. 

4. Kondisi Medis Tertentu

Pada beberapa kasus, bayi usia 2 bulan susah BAB juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. 

Misalnya, gangguan saraf pada usus, gangguan berhubungan sumsum tulang belakang, gangguan tiroid, hingga gangguan metabolisme tubuh lainnya.

Apabila Ibu curiga si Kecil mengalami masalah ini dan tidak kunjung membaik kondisinya setelah melakukan berbagai penanganan dasar di rumah, segera konsultasikan ke dokter. 

5. Penyakit Hirschsprung

Pada kondisi yang jarang terjadi, bayi 2 bulan jarang BAB bisa disebabkan penyakit Hirschsprung.

Hirschsprung adalah kelainan bawaan ketika sebagian besar saraf di usus besar tidak berkembang baik. Saraf ini bertanggung jawab untuk menggerakkan tinja melalui usus besar.

Pada bayi dengan kondisi ini, sebagian atau seluruh usus besar mungkin tidak dapat berkontraksi dengan benar, menyebabkan penumpukan tinja yang mengeras di usus. 

Baca Juga: Bayi Sering BAB Sedikit-Sedikit, Apakah Normal?

Frekuensi BAB yang jarang masih belum bisa diartikan susah BAB selama bentuk feses bayi  masih lunak menyerupai pasta. Nah, Ibu bisa cek kondisi pupnya lewat Tummypedia. Hasilnya bisa diunduh untuk dikonsultasikan ke dokter, lho! 

Bagaimana Cara agar Bayi 2 Bulan Lancar BAB?

Lalu, adakah hal yang bisa Ibu lakukan untuk memperlancar BAB bayi?

1. Ajak si Kecil Tummy Time

Salah satu cara mengatasi bayi 2 bulan susah BAB bisa dengan mengajaknya tummy time. 

Ibu bisa coba tengkurapkan bayi di atas matras busa tipis atau selimut. Tekanan ringan pada perutnya memicu otot-otot usus besar bergerak mengeluarkan feses. 

2. Berikan ASI Lebih Banyak

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa kurangnya asupan cairan ASI dalam tubuh bisa membuat BAB bayi keras dan sulit untuk dikeluarkan.

Oleh karena itu, penting bagi Ibu untuk memastikan kebutuhan cairan tubuhnya tetap tercukupi, yakni dengan mencukupi kebutuhan ASI bayi

3. Mandikan Bayi dengan Air Hangat

Memandikan bayi dengan air hangat juga menjadi cara mengatasi bayi 2 bulan susah BAB yang bisa dicoba. 

Kegiatan ini juga bisa bantu mengatasi perut kembung, sakit perut, dan kolik yang disebabkan gangguan pencernaan.

Pastikan Ibu memandikan bayi dengan air hangat suam-suam kuku supaya tidak melukai kulit tubuh si Kecil.

Baca Juga: Mengenali Kesehatan Pencernaan Bayi dari Warna Pupnya

4. Berikan Stimulasi Fisik

Pemberian stimulasi fisik bisa dilakukan pada bayi yang kesulitan BAB, tetapi memilih bentuk feses yang masih terbilang lunak.

Caranya, gunakan termometer air raksa (termometer dubur) yang ujungnya sudah diberi pelicin berupa sabun. Masukkan ujung termometer yang tumpul pada anus bayi sedalam kira-kira 2 cm.

Cara ini bisa merangsang usus besar bergerak. Supaya aman, baiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan ini, ya.

5. Pijat Perut Bayi dengan Lembut

Dinding perut bayi berusia beberapa bulan masih tipis dan lembut. Jadi, Ibu bisa meraba area bagian kiri bawah untuk mencari posisi feses menumpuk, yang menyebabkannya sulit BAB.

Pijatan memutar lembut di area ini bisa membantu merangsang usus besar bergerak untuk mengeluarkan feses. 

Pijat bayi juga efektif bantu meningkatkan frekuensi BAB sekaligus mengurangi keluhan tidak nyaman dan meredakan rewel pada bayi yang sulit BAB.

6. Kayuh Kaki Bayi Seperti Bersepeda

Jika bayi 2 bulan susah BAB, cobalah gerakkan kaki bayi seolah sedang bersepeda. Gerakan ini dapat menstimulasi gerakan usus bayi lebih aktif sehingga memicu feses keluar lebih lancar.

Ibu bisa membaringkannya di atas kasur. Lalu, pegang kaki bayi dan gerakkan kakinya mengikuti gerakan mengayuh sepeda. 

Langkah ini bisa bantu menstimulasi gerakan usus besar sehingga dapat mengeluarkan feses dengan lebih mudah.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi dan Penyebabnya

Nah, itu tadi Bu penjelasan mengenai penyebab bayi 2 bulan yang susah BAB dan cara mengatasinya yang bisa Ibu lakukan di rumah agar sistem pencernaannya kembali lancar. 

Jika bayi masih susah BAB dan disertai gejala feses berdarah atau si Kecil jadi tidak mau menyusu, segera konsultasikan dengan dokter ya. 

Ibu juga bisa bertanya langsung ke tim BebeCare jika ada concern tertentu mengenai pencernaan si Kecil. Semoga artikel ini membantu, ya!

 


 

Referensi: 

  1. IDAI (2015). Tinja Bayi: Normal atau Tidak? (Bagian 1). https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/tinja-bayi-normal-atau-tidak-bagian-1. 
  2. Benninga MA, et al (2019). The Magnesium-Rich Formula for Functional Constipation in Infants: a Randomized Comparator-Controlled Study. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles /PMC6506425/. 
  3. Liu Z, et al (2021). Clinical Efficacy of Infantile Massage in the Treatment of Infant Functional Constipation: A Meta-Analysis. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles /PMC8232057/. 
  4. Hewitt L, et al (2020). Tummy Time and Infant Health Outcomes: A Systematic Review. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32371428 /
  5. Huizen, J. (2020, January 27). Which foods are good for constipation? Medicalnewstoday.com; Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322382
  6. NHS Choices. (2024). Constipation and breastfeeding. https://www.nhs.uk/start-for-life/baby/feeding-your-baby/breastfeeding/breastfeeding-challenges/constipation/#how-often
  7. Constipation in Infants | Nationwide Children’s Hospital. (2022). Nationwidechildrens.org. https://www.nationwidechildrens.org/conditions/constipation-infant
  8. WebMD. (2023). Your Baby’s Bowels and Constipation. WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-constipation
  9. What’s Best for My Baby to Drink? (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2023). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/babies-drink.html
  10. Constipation in babies. (2024, January 23). Pregnancybirthbaby.org.au; Healthdirect Australia. https://www.pregnancybirthbaby.org.au/constipation-in-babies
  11. NHS Choices. (2024). Hirschsprung’s disease. https://www.nhs.uk/conditions/hirschsprungs-disease/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait