8 Cara Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 8 Bulan

Wah, tidak terasa si Kecil sudah memasuki usia 8 bulan. Pada usia ini, akhirnya bayi sudah mulai bisa mengatakan "mama" dan "papa". Bayi...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
08 May 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi sedang bermain donat susun.


Wah, tidak terasa si Kecil sudah memasuki usia 8 bulan. Pada usia ini, akhirnya bayi sudah mulai bisa mengatakan "mama" dan "papa". Bayi juga ingin tahu tentang segala hal dan mempelajari keterampilan baru setiap hari. Sebagai orang tua, tentunya menjadi momen yang paling membahagiakan melihat si Kecil tumbuh secara fisik, mental, dan emosional sesuai dengan usianya. Lantas, bagaimana cara stimulasi yang tepat agar perkembangan bayi semakin optimal di bulan ke-8? Untuk mengetahui jawabannya, simak selengkapnya di artikel ini, ya, Bu.

Bayi Usia 8 Bulan Sudah Bisa Apa Saja?

Pada usia 8 bulan, si Kecilakan mengembangkan keterampilan kognitif, sosial, dan emosionalnya dengan cepat.

Bayi usia 8 bulan mungkin sudah ada yang bisa merangkak atau masih dalam tahap belajar merangkak. Si Kecil akan mendorong dirinya ke depan menggunakan tangannya dan mampu berdiri berlutut dengan memegang furniture sebagai penopang. 

Bermain dan bergerak di lantai akan meningkatkan mobilitasnya dan membangun otot bagian belakangnya. Jadi, biarkan si Kecil "berkeliaran" dan jauhkan kabel dan tali dari jangkauan atau apa saja yang membuatnya tersandung atau menghalangi jalannya.

Bayi 8 bulan juga biasanya dapat melihat mainan dari seberang ruangan, mengetahui bahwa ia menginginkannya, dan berusaha merangkak untuk mengambilnya. Saat bermain, kemampuannya pun mulai bervariasi, misalnya bisa membenturkan balok ke lantai, melempar bola, hingga menyusun rangkaian cangkir dengan ukuran yang berbeda. 

Si Kecil sudah bisa menjepit menggunakan ibu jari dan jari telunjuknya untuk mengambil benda yang sangat kecil. Karena hampir semua benda yang diambil akan masuk ke dalam mulutnya, jadi pastikan untuk menjauhkan mainan atau benda berukuran kecil. Misalnya, koin, baterai, kancing, manik-manik, dan lainnya.

Kemampuan bayi untuk berkomunikasi juga akan mengalami perkembangan. Si Kecil akan menggunakan suara, gerak tubuh, dan ekspresi wajah untuk menarik perhatian orang di sekitarnya dan memberi tahu apa yang sedang diinginkannya. Saat si Kecil mulai mengoceh, ia akan lebih banyak mengeluarkan suara vokal dan konsonan. Ibu mungkin akan mulai mendengar kata-kata asli seperti "Mama" dan "Dada".

Tentunya ada banyak sekali perkembangan bayi usia 8 bulan secara umum. Berikut daftarnya:

  • Menanggapi suara saat diajak bicara.

  • Memindahkan objek dari satu tangan ke tangan lainnya.

  • Mengambil benda menggunakan ibu jari dan telunjuk (menjepit).

  • Menarik tubuh ke posisi berdiri sambil pegangan furnitur.

  • Mengenali wajah-wajah yang dikenal.

  • Duduk tanpa bantuan.

  • Mengoceh dengan rangkaian suara yang panjang.

  • Suka bermain dengan orang lain.

Mengetahui seperti apa perkembangan bayi dari bulan ke bulan sangatlah penting, Bu. Karena, idealnya stimulasi yang Ibu berikan harus sesuai dengan usia bayi dan mengikuti tonggak pencapaian si Kecil di tiap bulan usianya.

Sebab, bayi yang mendapatkan stimulasi berlebih atau tidak sesuai usianya dapat menyebabkan stimulasi berlebihan atau overstimulation yang bisa membuat si Kecil cepat rewel atau menangis karena kelelahan menerima terlalu banyak rangsangan dan sensasi di luar batas kemampuannya. 

Untuk itu, stimulasi apa pun yang akan Bunda berikan ke bayi sebaiknya selalu disesuaikan dengan kemampuan di usianya, ya.

Jangan lupa kunjungi BebeJourney sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, koleksi resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!

Baca Juga: 12 Ide Sensory Play yang Seru untuk Bayi dan Manfaatnya

Cara Stimulasi Bayi Usia 8 Bulan

Setiap bulannya, si Kecil akan berkembang, dan sudah menjadi tanggung jawab Ibu sebagai orang tua untuk memberikan aktivitas yang menyenangkan untuk bayi. Kegiatan tersebut harus menyenangkan sekaligus bermanfaat untuk menstimulasi perkembangan si Kecil. Berikut ini telah dirangkum berbagai cara stimulasi yang tepat untuk bayi 8 bulan, yaitu:

1. Ngobrol dengan Si Kecil

Cara stimulasi yang baik untuk bayi usia 8 bulan yaitu dengan melakukan percakapan bersama si Kecil.

Luangkan waktu beberapa menit, dan bicarakan tentang berbagai hal. Misalnya saat memandikan bayi, Ibu bisa berkata "Nak, mandi itu gunanya biar badan kamu bersih bebas dari kuman. Yuk, pakai sabun dulu lalu kita bilas bersama."

Ketika si Kecil mendengar banyak kata yang berbeda dari Ibu, ia cenderung belajar dan memahami setiap kata-kata. Jadi, semakin banyak melakukan percakapan, justru semakin baik, Bu.

2. Biarkan Bayi Memanjat

Untuk menstimulasi motorik kasar bayi usia 8 bulan, Ibu bisa ajak si Kecil "memanjat" menggunakan bantal yang ditumpuk di atas tempat tidur.

Saat memanjat, Ibu bisa membantunya sesekali, tetapi biarkan si Kecil melakukannya sendiri. Latihan ini membantu si Kecil untuk mengembangkan lebih banyak keseimbangan, koordinasi, serta kekuatan otot-ototnya. Namun pastikan Ibu selalu mengawasi si Kecil saat "mendaki", ya.

3. Menari dan Bernyanyi

Selanjutnya, mengajak bayi usia 8 bulan untuk menari dan menyanyi juga termasuk cara stimulasi perkembangannya, lho. Ini akan mendorong aktivitas fisik dan meningkatkan keterampilan motorik si Kecil.

Selain itu, menyanyikan lagu anak-anak akan mendorong si Kecil untuk berbicara dan mempelajari kata-kata baru. Ibu juga bisa membuat si Kecil semakin terhibur dengan menirukan suara binatang yang berbeda atau menggunakan boneka tangan.

Wah, si Kecil pasti semakin bersemangat, Bu!

Baca Juga: Ketahui Umur Berapa Gigi Bayi Tumbuh dan Ciri-Cirinya

4. Merangkak Melalui Terowongan

Merangkak merupakan aktivitas yang penting untuk memperkuat otot si Kecil. Maka dari itu, Ibu bisa memberikan aktivitas yang mendorong bayi untuk merangkak, seperti membuat "terowongan". Gunakan beberapa kardus berukuran besar, letakkan beberapa mainan di dalamnya untuk mendorong si Kecil merangkak di dalam kardus. Tapi sebelum bermain, Ibu harus pastikan di dalam kardus tidak ada benda-benda berbahaya yang menghalangi jalannya.

5. Bertemu Orang Lain

Apakah si Kecil takut saat bertemu orang baru? Ibu bisa mengajak si Kecil bertemu orang lain yang jarang ditemuinya, misalnya bertemu dengan teman, maupun anggota keluarga. Cara ini dapat mengurangi kecemasan si Kecil saat bertemu dengan orang lain, Bu. Bersosialisasi juga merupakan cara yang bagus untuk melatih ingatan visual dan meningkatkan keterampilan sosial si Kecil.

6. Bacakan Buku Sebelum Tidur

Usia 8 bulan merupakan usia yang baik untuk mengeksplorasi buku bersama si Kecil, Bu. Sebab, otak si Kecil ibarat seperti spons yang dapat menyerap, mengambil, dan belajar dari apa saja yang terjadi di sekitarnya. Oleh karena itu, jadikan membaca buku sebagai bagian rutin dari aktivitas si Kecil.

Bayi menyukai buku dengan gambar-gambar berukuran besar dan berwarna cerah. Ini akan merangsang indera penglihatan bayi mengenai persepsi warna dan meningkatkan kemampuan bahasanya juga. 

Gunakan suara ekspresif saat membacakan buku atau buat suara yang berbeda untuk setiap karakternya. Ibu juga harus menunjuk ke gambar dan berbicara mengenai apa yang Ibu lihat di gambar itu. Misalnya, "Wah, ini ada gambar kucing. Suara kucing meooong". Dorong bayi untuk meniru, karena meniru merupakan bagian dari perkembangannya, Bu. 

7. Ajak Si Kecil Bermain di Taman

Yang terakhir, mengajak si Kecil bermain di luar ruangan juga termasuk stimulasi yang bagus, Bu. Karena berada di luar ruangan seperti taman bermain dapat memberikan pengalaman baru untuk bayi.

Ada banyak sekali hal untuk dilihat, dicium, didengar, dan disentuh yang tentunya baik untuk stimulasi sensoriknya. Ibu juga bisa menyebutkan berbagai hal yang baru di sana pada si Kecil, misalnya "Nak, itu namanya pohon. Wah, pohonnya tinggi sekali, ya!"

Baca Juga: Bayi 9 Bulan Bisa Apa? Cek Tahapan Perkembangannya di Sini!

Nah, itu dia berbagai stimulasi yang dapat Ibu berikan untuk bayi usia 8 bulan. Jangan lupa untuk menstimulasi bayi dengan rutin agar perkembangannya semakin optimal.

Tapi selain memberikan stimulasi yang cukup, Ibu juga perlu memastikan kebutuhan gizi si Kecil selalu terpenuhi dengan baik untuk mengawali semua kehebatannya. Jadi, pastikan menu MPASI si Kecil selalu tinggi DHA yang terbukti optimalkan daya pikir, prebiotik FOS: GOS untuk menjaga pencernaan dan memperkuat daya tahan tubuhnya, serta protein, kalsium, dan zat besi. 

Ingat, Bu, 1000 hari pertama kehidupan merupakan momen yang paling penting dalam perkembangan si Kecil, baik dari segi pematangan fungsi kognitif, fisik, psikologis, sampai perilaku dan pematangan fungsi kognitifnya.

Jadi, ini adalah kesempatan terbaik Ibu untuk semaksimal mungkin mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil sampai setidaknya di tahun pertama usianya nanti.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  • Earley, B. (2021, September 20). Best Activities for an 8-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/play-and-activities/best-activities-for-8-month-old-baby
  • ‌Harshita Makvana. (2014, November 7). Activities For 8 Month Old Baby - 10 Fun And Interesting Ones. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/fun-and-interesting-activities-for-8th-month-old-baby_00104542/
  • ‌Verywell. (2018). Your 8-Month-Old Baby’s Milestones and Development. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-8-month-old-baby-development-and-milestones-4173159
  • ‌8-month-old baby: Development, Milestones & Growth. (2021). BabyCenter. https://www.babycenter.com/baby/month-by-month/8-month-old-baby-milestones-and-development_725
  • ‌Watson, S. (2009, October 22). Baby Development: Your 8-Month-Old. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-development-8-month-old
  • ‌Masters, M. (2018, December 27). 8-Month-Old Baby. What to Expect; WhattoExpect. https://www.whattoexpect.com/first-year/month-by-month/month-8.aspx
  • ‌Arora, M. (2019, June 17). 8 Months Old Baby Milestones. FirstCry Parenting; FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/8-month-old-baby-milestones/
  • Mrunal. (2018, April 20). Your 8 Months Old Baby Growth and Development. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/your-8-months-old-baby-growth-and-development/
  • ‌8-9 months: baby development. (2022, December 14). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/development/development-tracker-3-12-months/8-9-months
  • Communication and talking: babies and toddlers. (2022, November 25). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/babies/connecting-communicating/communicating/talking-with-babies-toddlers


Artikel Terkait