10 Mainan Bayi 8 Bulan yang Bagus dan Edukatif

Ada banyak mainan bayi 8 bulan yang edukatif seperti donat susun, balok, boneka tangan, bola, alat musik, mobil-mobilan, dan masih banyak lagi.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
04 Oct 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Bayi sedang bermain.


Ada banyak pilihan mainan bayi 8 bulan yang bisa menjadi media stimulasi menyenangkan. Apa saja, ya, mainan yang cocok untuk usia ini? Ibu bisa temukan rekomendasinya di sini!

Rekomendasi Mainan Bayi 8 Bulan

Bayi 8 bulan biasanya sudah mulai belajar merangkak dan berdiri. Melalui mainan, bayi bisa belajar dan mengembangkan berbagai keterampilan baru. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Mainan Donat Susun

Donat susun memiliki banyak ukuran dan perlu disusun berurutan, mulai dari terbesar hingga terkecil.

Bermain donat susun akan membantu bayi belajar mengenal bentuk dan ukuran yang berbeda, serta mengembangkan keterampilan berpikir agar bisa menyusun semua donat dengan baik.

Proses mencapit dan memindahkan donat dari lantai ke tiangnya pun membantu mengasah koordinasi mata dan tangannya. 

2. Mainan Balok

Bayi 8 bulan sudah bisa mengambil dan memegang benda dengan satu tangan lalu memindahkannya ke tangan yang lain. 

Jadi selain dengan donat susun, Ibu bisa memberikan mainan bayi 8 bulan berupa balok warna-warni untuk mengasah keterampilan motorik halusnya ini.

Aktivitas menyusun balok juga membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi bayi saat berusaha menumpuk kepingan balok setinggi mungkin tanpa terjatuh. 

Baca Juga: 8 Cara Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 8 Bulan

3. Mainan Boneka Tangan

Bermain dengan boneka dapat merangsang kemampuan sosial dan kemampuan berempati sejak dini. 

Terlebih lagi jika Ibu ikut bermain bersama si Kecil dan menarasikan sebuah cerita bermakna padanya. 

Meskipun ia belum sepenuhnya memahami kata-kata yang diucapkan Ibu, pendekatan ini dapat membantu mendorong perkembangan bahasa dan memperkaya kosakata bayi.

4. Bola Plastik

Saat bayi mencoba untuk meraih, melempar, atau menggulirkan bola, ia sedang melatih keterampilan koordinasi antara mata-tangan dan membangun kekuatan otot-ototnya.

Ibu dapat mengajak si Kecil bermain bola bersama dengan menggulirkan ke arah yang berbeda supaya ia berusaha untuk bergerak mengambilnya. 

Sediakan bola empuk dengan permukaan halus dalam berbagai ukuran. Jika ingin memberikan bola bertekstur, pastikan teksturnya tumpul dan tidak berisiko menimbulkan cedera. 

5. Alat Musik Mainan

Alat musik bagus untuk mainan bayi 8 bulan karena dapat merangsang kepekaan indra pendengaran si Kecil terhadap nada dan ritme suara. 

Proses memukul, menggoyangkan, atau menjentikkan alat musik juga akan meningkatkan keterampilan koordinasi mata dan tangan si Kecil. 

Sambil memukul alat musik, mungkin ia akan mulai menggoyangkan badannya mengikuti irama. Dengan begitu, keterampilan motorik kasar bayi ikut terstimulasi. 

6. Pop It

Pop it adalah mainan yang terbuat dari silikon. Mainan ini tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna yang menarik. 

Saat memainkan pop it, si Kecil perlu menekan gelembung-gelembungnya sampai terbalik. Hal ini membantu melatih kekuatan, koordinasi, dan ketepatan gerakan tangan.

Di sisi lain, tekstur silikon yang kenyal dan empuk bertindak sebagai sensory play untuk mengasah indera peraba bayi. 

7. Mobil Mainan

Bermain dengan mobil-mobilan membantu bayi belajar tentang prinsip sebab-akibat. 

Si Kecil akan mendorong mobil mainannya sehingga mobil akan bergerak maju. Ia mungkin juga akan melemparnya dan melihat mobilnya melayang di udara. 

Ia mungkin akan melakukan hal tersebut secara berulang dan perlahan ia akan belajar bahwa tindakan tertentu dapat menyebabkan perubahan gerakan pada objek. 

Baca Juga: 16 Ide Aktivitas Bayi di Rumah dengan Space Terbatas yang Perlu Ibu Tahu

8. Busy Board

Untuk mendukung keinginan eksplorasi dan meningkatkan sensitivitas indera peraba bayi, Ibu bisa menyediakan busy board

Busy board adalah papan yang diisi dengan berbagai alat yang dapat diraba, ditarik, diputar, dipelintir, hingga di lepas pasang oleh bayi. 

Ibu bisa membuat busy board sendiri atau membelinya di toko. Pilih busy board yang sesuai dengan usia bayi dan kokoh. Ini penting untuk mengurangi risiko cedera. 

9. Busy Jars

Selain busy board, Ibu juga bisa memberikan busy jars sebagai mainan bayi 8 bulan. Ibu bisa membelinya di toko atau marketplace

Mainan ini sangat bagus untuk menstimulasi koordinasi mata-tangan, motorik halus, indera peraba, hingga indera penglihatan. 

Ada beraneka macam busy jars yang tersedia, diantaranya adalah menarik tali, memasukkan pom-pom kain, memasukkan sedotan besar ke lubang, dan masih banyak lagi. 

10. Edible Slime

Ibu bisa membuat edible slime dari chia seeds. Mainan ini dapat melatih fokus serta menstimulasi kepekaan indra peraba dan visual si Kecil.  

Cara membuatnya pun mudah. Ibu hanya perlu merendam chia seeds dalam air matang selama 20 menit lalu campur dengan 1 cup kanji, 1 cup air matang, dan pewarna makanan alami beraneka warna.

Karena terbuat dari chia seed, tidak apa-apa jika tak sengaja termakan.

Baca Juga: Cara Stimulasi Bayi 8 Bulan agar Bisa Duduk Sendiri

Tips Memilih Mainan untuk Bayi

Supaya mainan yang Ibu berikan tidak membahayakan keselamatan si Kecil, pastikan perhatikan hal-hal ini saat akan membelinya: 

  • Selalu pilih yang sesuai dengan kelompok usia bayi. Lihat keterangan pada kemasan.
  • Pastikan ukuran mainan cukup besar: minimal diameter 3 cm dan lebarnya 6 cm. 
  • Jangan berikan bola dengan diameter kurang dari 4,4 cm karena rawan risiko tersedak. 
  • Jangan berikan mainan dengan tali yang panjangnya lebih dari 18 cm.
  • Mainan harus memiliki tempat baterai yang tersegel erat. Baterai beracun bagi anak. 
  • Pastikan mainan tidak mudah hancur saat digigit, digenggam, dipukul, atau dilempar.
  • Tidak memiliki sisi yang tajam.
  • Tidak memiliki bagian kecil yang dapat masuk dan tersangkut dalam mulut si Kecil.
  • Tidak memiliki celah yang dapat menjepit jari bayi. 
  • Pastikan mainan plastik berlabel BPA Free.
  • Jangan berikan balon karena mudah meledak. 
  • Pastikan mainan kokoh dan bagian-bagiannya tidak mudah lepas. 

Itulah beberapa rekomendasi mainan bayi 8 bulan yang bisa menstimulasi keterampilan si Kecil sehingga tumbuh kembangnya lebih optimal.

Jangan lupa siap-siap belajar caranya stimulasi bayi di usia 9 bulan agar di bulan depan si Kecil jadi makin hebat! Selain itu, Ibu bisa cek milestone bulanan lewat grafik pertumbuhan di Bebe Journey, lho.

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Hari, A. (2022, December 18). Busy Boards For Babies - How it Helps in Baby’s Development. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/busy-boards-for-babies-how-it-helps-in-babys-development/
  2. Pop It – What is it and Why Is It So Popular? (2021, December 8). Popitsensory.co.uk. https://www.popitsensory.co.uk/pop-it-just-a-new-fun-toy
  3. ‌https://www.facebook.com/parents. (2021). What Are Pop Its and Why Are They So Popular? Parents. https://www.parents.com/fun/toys/kid-toys/what-are-pop-it-fidget-toys-and-why-are-they-so-popular-right-now/
  4. ‌Mcilroy, T. (2022, January 21). 16 Benefits of Musical Instruments for Toddlers and Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-musical-instruments-for-toddlers/
  5. ‌Tian C. (2018, October 6). Toys for 8 Months Old Baby. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/toys-for-8-month-old-baby/
  6. Verywell. (2022). Playing With Balls: Benefits for Little Ones and Games to Try. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-your-child-should-be-playing-with-balls-289705
  7. ‌Mcilroy, T. (2020, January 6). The Amazing Benefits of Playing with Puppets in Early Childhood. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/playing-with-puppets/
  8. Verywell. (2023). The 27 Best Infant Toys of 2023. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-infant-toys-4165642
  9. New study shows that playing with dolls allows children to develop empathy and social processing skills. (2020). Frontiers Science News. https://www.frontiersin.org/news/2020/10/01/human-neuroscience-child-play-dolls-cognitive-social-benefits-children/
  10. The Value of Musical Instruments for Babies and Toddlers - Puddle Lane. (2022). Puddle Lane. https://puddlelane.org/the-value-of-musical-instruments-for-babies-and-toddlers/
  11. Heng, S., & Heng, S. (2023, December 13). 5 Benefits of Playing with Slime - Special Education Cambodia. Special Education Cambodia. https://specialeducationcambodia.com/five-benefits-playing-with-slime/
  12. Choosing Safe Toys for Babies (for Parents). (2024). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/products-toys.html


Artikel Terkait