Pilihan Mainan Bayi 8 Bulan yang Edukatif untuk Stimulasi si Kecil

Untuk mengoptimalkan semua perkembangan bayi di bulan ke 8-nya, Ibu boleh berikan mainan edukatif yang lebih beragam. Karena, mainan jug...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
04 Oct 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi sedang bermain.


Untuk mengoptimalkan semua perkembangan bayi di bulan ke 8-nya, Ibu boleh berikan mainan edukatif yang lebih beragam. Karena, mainan juga merupakan salah satu cara menstimulasi bayi yang menyenangkan. Melalui mainan, bayi bisa belajar dan mengembangkan berbagai keterampilan barunya.

Simak rekomendasi mainan untuk bayi 8 bulan di artikel ini, ya!

Ide Mainan Bayi 8 Bulan

Bayi usia 8 bulan semakin suka bermain karena banyak keterampilannya sudah banyak berkembang pesat. Mulai dari si Kecil yang mampu menggenggam dan mengoper benda, mengucapkan kata pertama yang berarti, sampai memiliki preferensi sendiri tentang hal yang disukai dan tidak.

Dengan semangat eksplorasinya yang tinggi, bayi akan terus bergerak untuk mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya.

Berikut ini beberapa rekomendasi mainan untuk bayi 8 bulan yang bisa Ibu berikan, antara lain:

1. Mainan Donat Susun

Salah satu pilihan mainan bayi 8 bulan yang edukatif adalah donat susun. Mainan ini memiliki tujuan untuk melatih keterampilan motorik halus dan kemampuan pengambilan keputusan pada bayi.

Donat susun memiliki bentuk seperti donat dengan berbagai ukuran yang disusun berurutan dari yang terbesar hingga yang terkecil. Bayi dapat memasukkan donat-donat ke dalam tiang sesuai dengan urutan ukurannya.

Dengan bermain permainan ini, bayi akan belajar mengenal bentuk dan ukuran yang berbeda, serta melatih kemampuan memecahkan masalah.

Pada umumnya, bayi usia 8 bulan sudah mampu duduk dengan sendirinya, sehingga permainan ini sangat cocok karena dapat dimainkan sambil duduk.

2. Mainan Balok

Bermain mainan balok tumpuk menjadi rekomendasi mainan yang bagus untuk bayi 8 bulan.

Mainan ini dapat membantu si Kecil meningkatkan keterampilan fokus dan melatih konsentrasinya. Saat bermain mungkin bayi akan lebih berkonsentrasi membangun bangunan setinggi mungkin dengan balok. 

Permainan ini juga penting untuk melatih motorik halus si Kecil, Bu. Sebab saat bermain, bayi akan mengembangkan koordinasi mata dan tangannya untuk menumpuk balok-balok menjadi satu.

Pastikan juga selalu mengawasi si Kecil saat bermain, karena pada usia ini, bayi cenderung suka memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya.

Baca Juga: Manfaat Playdate untuk Anak dan Ide Permainannya yang Seru

3. Mainan Boneka Tangan

Bermain dengan boneka merupakan salah satu aktivitas yang sangat mendidik ketika dilakukan bersama si Kecil. Menggunakan boneka dalam permainan dapat merangsang indra pendengaran si Kecil saat Ibu menceritakan sesuatu atau melakukan komunikasi kepadanya.

Meskipun bayi mungkin belum sepenuhnya memahami kata-kata yang diucapkan Ibu, pendekatan ini dapat membantu mendorong perkembangan bahasanya, Bu.

Boneka tangan bisa juga dibuat sendiri menggunakan kaus kaki atau sarung tangan. Ibu tinggal menambahkan kancing berukuran besar sebagai mata boneka dan benang wol untuk menjadi rambutnya.

4. Mainan Bola

Bisa dibilang, bola merupakan salah satu mainan yang selalu ada di dalam kotak mainan bayi. Tidak heran, Bu, karena mainan bola mempunyai banyak sekali manfaat. Ibu bisa memberikan mainan ini sejak usia dini karena mampu memperkuat keterampilan motoriknya dan membantu si Kecil beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Bermain bola membantu bayi dalam pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar. Saat bayi mencoba untuk meraih, melempar, atau menggulirkan bola, mereka berlatih koordinasi antara mata dan tangan, serta mengembangkan kekuatan otot-ototnya.

Ibu dapat mengajak bermain bola bersama si Kecil dengan menggulirkan ke arah berbeda agar dia berusaha untuk bergerak mengambilnya. Penting bagi Ibu untuk memilih bola yang sesuai dengan ukuran dan tekstur yang cocok untuk usia dan kemampuan si Kecil.

5. Alat Musik Mainan

Memberikan mainan kepada si Kecil yang meniru objek asli, seperti alat musik mainan, dapat menarik perhatiannya. Bayi sebenarnya sangat suka dengan benda-benda yang meniru objek-objek dunia nyata, sehingga memberikan pengalaman sensorik yang mirip dengan benda aslinya.

Alat musik mainan juga dapat merangsang minat bayi terhadap suara. Saat bermain, si Kecil mungkin akan berusaha memukul, menggoyangkan, atau menekan tombol-tombol yang ada pada mainan, sehingga akan mengeksplorasi berbagai suara yang dihasilkan. 

6. Pop It

Salah satu mainan bayi 8 bulan edukatif yang saat ini sedang tren yaitu pop it. Mainan ini terbuat dari silikon dan mempunyai berbagai macam bentuk yang lucu, beraneka ukuran, dan warna yang menarik.

Saat bermain pop it, si Kecil dapat merasakan dampak positif pada perkembangan keterampilan motorik mereka. Pop it melibatkan gerakan fisik seperti menekan gelembung yang ada di mainan, yang pada akhirnya membantu melatih kekuatan, koordinasi, dan ketepatan gerakan tangan.

7. Mobil Mainan

Mainan mobil-mobilan bukan hanya memberikan kesenangan pada bayi, tetapi juga bermanfaat untuk melatih logika si Kecil. Bermain dengan mobil-mobilan memberi kesempatan pada si Kecil untuk memahami konsep sebab dan akibat.

Sebab, ketika bermain mobil-mobilan, si Kecil akan belajar bahwa saat ia mendorong atau menggerakkan mobil, itu akan membuat mobil bergerak maju atau berbelok. Hal ini akan mengajarkan si Kecil bahwa tindakan tertentu dapat menyebabkan perubahan pergerakan objek. 

Baca Juga: Manfaat Bermain Flash Card untuk Anak dan Cara Membuatnya

8. Busy Board

Bayi sangat menyukai gerakan-gerakan seperti memutar, memelintir, dan mengeksplorasi objek di sekitar mereka dengan menggunakan tangan mungilnya. Indra peraba menjadi alat penting bagi bayi untuk memahami dunia di sekitar. Nah, untuk membantu perkembangan ini, busy board bisa menjadi solusi mainan edukasi yang tepat, Bu.

Sesuai dengan namanya, busy board terbuat dari papan kayu yang lebar dan aman untuk disentuh dan dijelajahi oleh tangan bayi. Papan ini diisi dengan berbagai aktivitas yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan bayi.

Barang sehari-hari seperti kancing, ritsleting, keran air, saklar lampu, dan tali sepatu diatur dengan acak di atas papan ini, mendorong bayi untuk berinteraksi dengan objek tersebut supaya lebih aman.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mainan bayi 8 bulan yang bisa Ibu berikan pada si Kecil. Saat melihat si Kecil menunjukkan perkembangan yang pesat sesuai dengan usianya, tentunya membuat Ibu merasa senang, bukan?

Jangan lupa kunjungi BebeJourney sebagai panduan untuk Ibu Hebat mengawali semua kehebatan si Kecil. Di sini, Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum, koleksi resep MPASI, juga mengecek grafik pertumbuhan sampai reminder jadwal vaksin. Gratis!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Hari, A. (2022, December 18). Busy Boards For Babies - How it Helps in Baby’s Development. Being the Parent. https://www.beingtheparent.com/busy-boards-for-babies-how-it-helps-in-babys-development/
  2. Pop It – What is it and Why Is It So Popular? (2021, December 8). Popitsensory.co.uk. https://www.popitsensory.co.uk/pop-it-just-a-new-fun-toy
  3. ‌https://www.facebook.com/parents. (2021). What Are Pop Its and Why Are They So Popular? Parents. https://www.parents.com/fun/toys/kid-toys/what-are-pop-it-fidget-toys-and-why-are-they-so-popular-right-now/
  4. ‌Mcilroy, T. (2022, January 21). 16 Benefits of Musical Instruments for Toddlers and Preschoolers. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-musical-instruments-for-toddlers/
  5. ‌Tian C. (2018, October 6). Toys for 8 Months Old Baby. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/toys-for-8-month-old-baby/
  6. Verywell. (2022). Playing With Balls: Benefits for Little Ones and Games to Try. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/why-your-child-should-be-playing-with-balls-289705
  7. ‌Mcilroy, T. (2020, January 6). The Amazing Benefits of Playing with Puppets in Early Childhood. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/playing-with-puppets/
  8. Verywell. (2023). The 27 Best Infant Toys of 2023. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/best-infant-toys-4165642


Artikel Terkait