Manfaat Playdate untuk Anak dan Ide Permainannya yang Seru

Bermain merupakan kegiatan penting bagi anak. Dalam proses bermain, anak dapat mengeksplorasi dunia di sekitarnya, mempelajari keterampi...

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
27 Jul 2023
Playdate anak.


Bermain merupakan kegiatan penting bagi anak. Dalam proses bermain, anak dapat mengeksplorasi dunia di sekitarnya, mempelajari keterampilan baru, dan mengembangkan imajinasi. Salah satu bentuk permainan yang bisa dilakukan bersama-sama adalah playdate. Apa saja manfaat playdate bagi perkembangan anak? Ketahui selengkapnya dalam simak artikel ini ya, Bu.

Apa Itu Playdate?

Pada dasarnya, playdate adalah sesi bermain untuk anak-anak yang usianya sebaya sebagai kesempatan berinteraksi, bermain, dan belajar bersama anak-anak lain. Playdate dapat diadakan di rumah salah satu orangtua atau di tempat umum seperti taman bermain.

Playdate anak menjadi semakin populer di zaman sekarang, Bu. Jika Ibu membandingkan dengan generasi sebelumnya, mencari teman bermain dulu hanya memerlukan langkah sederhana yaitu keluar ke lingkungan sekitar, dan teman-teman sudah ada di sana.

Namun, dengan kemajuan teknologi dan gaya hidup, cara anak-anak berinteraksi dan bermain telah berubah secara signifikan. Ini juga berpengaruh pada waktu anak bermain tatap muka dengan anak lain yang sebayanya.

Playdate di rumah seringkali memberikan suasana yang lebih akrab. Anak-anak dapat merasa lebih santai dan bebas untuk bermain dan berinteraksi. Di rumah, anak dapat menggunakan mainannya sendiri, berbagi kegiatan yang disukai, atau melakukan kegiatan seperti bermain peran, puzzle, board games, dan permainan seru lainnya.

Baca Juga: 11 Contoh Permainan Kreatif untuk Anak Usia 4-5 Tahun 

Manfaat Playdate bagi Anak

Playdate memiliki banyak manfaat kesehatan bagi anak-anak, baik secara fisik, sosial, mental, maupun emosional. American Academy of Pediatrics (AAP) menyatakan bahwa bermain merupakan kegiatan yang mendorong berbagai keterampilan penting bagi perkembangan anak.

Melalui playdate, anak dapat mengembangkan keterampilan bahasa, keterampilan sosial-emosional, kemampuan pemecahan masalah, kolaborasi, dan kreativitas.

Playdate memiliki peran yang penting dalam perkembangan setiap anak. Ketika berinteraksi dan bermain dengan orang lain, si Kecil memperoleh sejumlah keterampilan dan pengalaman yang akan membantunya dalam kehidupan sehari-hari dan di masa depan.

Berikut ini penjelasan lengkap seputar manfaat playdate bagi anak.

1. Mengasah Keterampilan Sosial

Playdate memiliki manfaat yang signifikan untuk perkembangan sosial anak. Selama playdate, anak memiliki kesempatan untuk bertemu dengan wajah-wajah baru dan belajar bagaimana menghadapi orang asing, baik itu anak yang sebaya maupun orang dewasa.

Playdate juga membantu anak-anak belajar menjadi nyaman di sekitar orang lain. Dalam situasi ini, si Kecil secara bertahap mengatasi hambatan yang ada dan menjadi lebih terbuka.

2. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Selama bermain, anak-anak tidak hanya mengembangkan keterampilan sosial, tetapi juga mulai berlatih dalam berkomunikasi secara verbal dengan orang lain. Dalam playdate, anak memanfaatkan keterampilan bahasa dan komunikasi mereka dengan berbagi, berbicara, dan mendengarkan satu sama lain.

Anak berinteraksi dengan teman-teman bermainnya untuk menyampaikan pikiran, perasaan, dan ide-ide. Selama playdate, si Kecil mungkin akan mempelajari beberapa kata baru, Bu.

3. Mengembangkan Motorik Kasar dan Halus

Ketika si Kecil bermain sendirian, perkembangan keterampilan dan eksplorasi bisa jadi terbatas, Bu.

Nah, melalui playdate, anak mungkin akan meniru teman-temannya dan mulai menjelajahi lingkungan sekitar dengan cara yang lebih aktif. Mereka melihat bagaimana orang dewasa atau teman sebayanya berinteraksi dengan objek dan lingkungan di sekitarnya.

Sebagai contoh, saat anak melihat temannya melempar bola, si Kecil mungkin akan mencoba untuk mempelajari sendiri bagaimana melakukan gerakan melempar bola tersebut. Melalui proses ini, anak belajar mengasah keterampilan motoriknya, seperti koordinasi mata dan tangan, kekuatan otot, dan kontrol gerakan.

4. Mengekspresikan Keinginan dan Emosi

Playdate memiliki manfaat bagi anak dalam mengekspresikan emosi dan keinginannya. Selama playdate, anak-anak memiliki kesempatan untuk merasakan berbagai emosi dan belajar mengungkapkannya.

Ketika bermain, anak-anak sering mengalami momen kegembiraan setelah menang dalam permainan. Anak dapat mengekspresikan kegembiraan melalui senyuman, tawa, atau bahkan sorak-sorai. Dalam playdate juga mungkin terjadi situasi di mana anak mengalami kesedihan, seperti jatuh atau mengalami kekalahan dalam permainan. 

Playdate memberikan ruang yang aman bagi si Kecil untuk mengungkapkan emosinya dengan bebas. Anak belajar memahami bahwa emosi yang dirasakan adalah hal yang normal.

Baca Juga: 10 Ide Mainan DIY Kreatif untuk Anak Usia 2 Tahun

5. Belajar Berbagi

Playdate juga mengajarkan anak tentang makna berbagi. Saat bermain, sering kali Ibu melihat si Kecil tertarik dengan mainan yang sedang dimainkan oleh orang lain.

Awalnya, anak mungkin bersikap posesif terhadap mainannya sendiri dan cenderung bersikeras untuk memilikinya sendiri. Namun, inilah saatnya Ibu dapat ikut campur dan mengajari si Kecil tentang pentingnya berbagi.

Melalui interaksi dengan teman sebaya dalam playdate, anak-anak secara alami belajar keterampilan berharga, termasuk kemampuan berbagi mainan dan ruang dengan teman-temannya. 

6. Mengasah Keterampilan Kognitif

Playdate memiliki manfaat yang signifikan dalam perkembangan keterampilan kognitif anak. Selama bermain, anak akan menggunakan keterampilan berpikir yang membantunya untuk memecahkan masalah.

Contoh ketika bermain petak umpet, anak dihadapkan pada situasi yang memerlukan pemikiran kreatif untuk memecahkan masalah dengan mandiri. Ia harus mencari tempat bersembunyi yang strategis supaya tidak "tertangkap". Dalam proses ini, anak belajar berpikir kreatif, mengembangkan strategi, dan mengeksplorasi berbagai solusi tanpa harus bergantung pada orangtua.

7. Belajar Empati dan Memahami Orang Lain

Playdate memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk memahami dan mengembangkan pemahaman tentang aturan dan batasan yang berlaku di lingkungan yang lebih luas. Meskipun seorang anak mungkin memiliki aturan dan tindakan yang berlaku di rumah, ia perlu belajar bahwa ada peraturan yang berbeda saat berada di luar rumah.

Selama playdate, anak-anak dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan memperhatikan tindakan dan perilaku orang lain. Dalam proses ini, anak belajar untuk mengenali perbedaan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

Baca Juga: Manfaat Smell Sensory Play dan Ide Permainannya 

Ide Playdate Anak yang Seru dan Bermanfaat

Pada dasarnya, tidak ada batasan ide permainan untuk playdate. Yang terpenting adalah mempertimbangkan usia, kemampuan, dan minat anak-anak saat merencanakan playdate. Tujuannya adalah membuat permainan menyenangkan dan bermanfaat bagi mereka.

Namun, jika Ibu bingung, berikut ini beberapa ide playdate anak yang seru dan bermanfaat.

1. Bermain Peran

Bermain peran atau pretend play bisa menjadi ide playdate untuk anak, Bu. Selain menyenangkan, bermain peran juga memberikan banyak manfaat dalam berbagai aspek perkembangan anak.

Pada saat anak-anak bermain peran, mereka menggunakan imajinasi dan kreativitasnya untuk membangun situasi dan peran yang berbeda. Maka tidaklah heran jika bermain peran disebut juga permainan imajinasi. 

2. Membuat Playdough

Playdough dapat dibentuk dengan berbagai cara sehingga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengekspresikan kreativitas. Mereka dapat menciptakan berbagai bentuk sesuai imajinasinya. Mereka dapat menggulung, membentuk, dan mengubah playdough menjadi apa pun yang diinginkan.

Ibu juga bisa membuat playdough sendiri di rumah dari bahan-bahan yang aman untuk anak. Pertama, masukkan tepung terigu dan garam dalam sebuah wadah.

Setelah itu aduk hingga rata. Kemudian tuang beberapa tetes pewarna makanan ke air matang. Tuangkan air pewarna tadi ke dalam wadah terigu secara perlahan sambil diuleni. Uleni adonan playdough homemade tersebut sampai kalis. Mudah, bukan?

3. Menyusun Puzzle

Selanjutnya, ide playdate anak yang bermanfaat adalah puzzle. Bermain puzzle bersama-sama melibatkan kerja sama dan kolaborasi antara anak-anak. Ketika bermain puzzle bersama, mereka harus bekerja sebagai tim untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu menyelesaikan puzzle tersebut.

Selama bermain puzzle, anak belajar untuk saling berbagi ide dan pendapat. Mereka dapat berdiskusi tentang bagaimana memecahkan puzzle, mencari pola, dan menentukan bagian yang sesuai. Selain itu, bermain puzzle bisa meningkatkan konsentrasi pada si Kecil agar bisa fokus dalam jangka waktu lama.

Nah, itulah berbagai manfaat serta ide seru permainan untuk playdate anak. Dari rekomendasi di atas, kira-kira permainan mana yang paling seru, Bu? Selagi si Kecil bermain dengan teman-temannya, jangan lupa dukung Awal Semua Kehebatan si Kecil dengan Bebelac 3 GroGreat+ ya!

Bebelac 3 GroGreat+ dilengkapi kandungan FOS:GOS 1:9 yang teruji klinis serta Triple A (DHA, LA, ALA) agar si Kecil tumbuh hebat dengan pencernaan yang sehat, akal kreatif dan hati yang besar! 

Ketika pencernaannya baik, anak juga akan bisa lebih aktif dan berpikir kreatif (happy brain), serta ceria dan bersemangat untuk melakukan berbagai kegiatan yang menunjang perkembangannya sambil bermain bersama teman-teman (happy heart).

Ibu juga bisa mengasah kemampuan berhitung dasar pada si Kecil dengan mengenali bentuk, mengelompokkan benda, mengenal konsep angka, serta letak dan ukuran melalui flash card eksklusif Bermain Bentuk & Angka secara gratis. Yuk, download sekarang juga untuk dimainkan bersama saat playdate anak, Bu!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Parents. (2022). 5 Benefits of Pretend Play. Parents. https://www.parents.com/benefits-of-pretend-play-6828493
  2. ‌Mcilroy, T. (2021, August 24). 13 Benefits of Puzzles for Child Development. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/benefits-of-puzzles/
  3. Grucza, A. (2022, August 19). What to Know About Playdates for Kids. WebMD; WebMD. https://www.webmd.com/parenting/what-to-know-about-playdates-kids
  4. ‌8 Benefits of Playdates for Kids | Mrs. Myers’ Learning Lab. (2021). Mrsmyersrr.com. https://mrsmyersrr.com/news/8-benefits-playdates-kids
  5. ‌Mcilroy, T. (2021, May 12). 7 Benefits of Playdough in Early Childhood. Empowered Parents. https://empoweredparents.co/7-benefits-of-playdough-in-early-childhood/
  6. ‌Aparna. (2018, October 4). How to Arrange the Perfect Play Date For your Toddlers. FirstCry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-arrange-the-perfect-play-date-for-your-toddlers/
  7. Rohit Garoo. (2020, November 27). What Is Parallel Play? Benefits & Activities To Encourage It. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/parallel-play-toddlers-benefits-activities_00680826/


Artikel Terkait

icon resep
3 Tahun ke Atas Resep

Resep Sate Buntel

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
4 min
20 Apr 2022