8 Stimulasi yang Tepat untuk Bayi Usia 2 Bulan

Di usia 2 bulan, si Kecil memang menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur. Meski begitu, ia mulai ingin tahu tentang lingkungan sekit...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK

4 min
27 Apr 2023
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
Bayi sedang tersenyum.


Di usia 2 bulan, si Kecil memang menghabiskan waktu lebih banyak untuk tidur. Meski begitu, ia mulai ingin tahu tentang lingkungan sekitarnya. Si Kecil juga semakin kuat untuk mengkoordinasikan gerakan tangan dan kakinya. Penasaran apa saja stimulasi yang tepat untuk mengoptimalkan perkembangan bayi di usia 2 bulan? 

Namun sebelum melakukan stimulasi yang tepat untuk bayi usia 2 bulan, Ibu harus ketahui dulu milestone apa saja yang diraih si Kecil di bulan ini.

Sebab, stimulasi harus disesuaikan dengan usia dan mengikuti perkembangan yang ia capai setiap bulannya. Memberi stimulasi yang tidak sesuai usianya dapat menyebabkan si Kecil jadi lebih rewel dan cepat lelah karena kewalahan menerima terlalu banyak sensasi di luar batas toleransinya. 

Ibu bisa simak penjelasannya di artikel ini.

Bayi 2 Bulan Sudah Bisa Apa?

Perkembangan bayi memang sangat pesat, Bu. Setiap bulannya selalu saja ada hal baru yang ditunjukkan si Kecil. Momen inilah yang akan membuat Ibu bangga dan semakin gemas melihat tingkahnya yang semakin beragam.  Berikut milestone perkembangan bayi usia 2 bulan yang perlu Ibu ketahui.

  • Mulai bisa tersenyum kepada Ibu, Ayah, atau orang lain di sekitarnya.

  • Menenangkan diri dengan mengisap ibu jarinya.

  • Mulai bisa menatap wajah Ibu dan Ayah.

  • Penglihatan bayi sudah semakin jelas, matanya mulai lebih fokus pada objek dan mulai melihat warna dengan jelas, terutama warna cerah.

  • Bereaksi jika mendengar suara yang keras, biasanya si Kecil akan kaget dan menangis.

  • Mengeluarkan suara selain menangis.

  • Mulai memperhatikan mainannya meskipun hanya beberapa detik saja.

  • Mulai bisa mengangkat kepala saat tengkurap.

  • Menggerakkan kedua tangan dan kedua kakinya.

Baca Juga: Cara Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini (0-12 Bulan) 

Contoh Stimulasi Bayi Usia 2 Bulan

Pada usia 2 bulan, bayi mulai merasa penasaran pada orang-orang yang ada di sekitarnya. Si Kecil mulai memberi respon tersenyum jika ia mendengar suara yang dikenalinya.

Begitu cepatnya perkembangan bayi 2 bulan, Ibu perlu melakukan stimulasi agar tumbuh kembangnya semakin optimal. Berikut berbagai stimulasi yang tepat untuk bayi usia 2 bulan. 

1. Bernyanyi untuk si Kecil

Stimulasi yang bisa Ibu lakukan pada bayi 2 bulan adalah bernyanyi untuknya. Saat bernyanyi, si Kecil akan mencoba untuk fokus dan coba merespon suara Ibu. 

Coba lihat seperti apa ekspresi si Kecil saat Ibu bernyanyi, apakah dia akan tersenyum atau melihat wajah Ibu. Bernyanyi bisa dilakukan kapan saja, tapi menurut para ahli, menyanyikan lagu sebelum tidur membantu menenangkan bayi untuk tidur.

2. Lakukan Eye-Contact dengan si Kecil

Stimulasi ini terlihat sederhana, tapi sangat berguna untuk perkembangan si Kecil. Ibu bisa melakukan eye-contact dengan si Kecil sampai matanya mengikuti mata Ibu. Hal ini dapat mendorong si Kecil untuk menoleh, yang tentunya bisa memperkuat leher dan kontrol kepalanya.

3. Tummy Time

Tummy time termasuk salah satu stimulasi untuk bayi usia 2 bulan. Ibu bisa melakukannya dengan cara memposisikan bayi tengkurap di atas dada Ibu.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan untuk memulainya selama beberapa menit, dua hingga tiga kali sehari. Waktu yang dilakukan juga harus bertahap, hingga mencapai 20 menit setiap sesinya. Tummy time ini berguna untuk menguatkan otot leher si Kecil, Bu.

4. Menggerakkan Mainan

Pilihlah mainan dengan warna yang cerah dan berbahan lunak yang tentunya aman untuk si Kecil. Permainan dengan warna cerah dan memiliki bunyi membuat bayi lebih tertarik dan bisa membantu mengembangkan penglihatannya. 

Ibu bisa menggerakkan mainan tersebut secara perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya agar si Kecil dapat mengikuti dengan matanya. Bayi akan fokus pada mainannya, bahkan si Kecil akan menunjukkan ekspresi.

Baca Juga: 10 Ide Mainan Edukatif Buatan Sendiri, Mudah dan Praktis 

5. Ajak si Kecil Bicara

Mengajak bicara si Kecil juga bisa menjadi stimulasi yang tepat untuk bayi usia 2 bulan. Cobalah berbicara dengan lebih ekspresif, Bu. Walaupun si Kecil belum memahami kata-kata, tapi ia mengerti kalau Ibu sedang berbicara dengannya. Saat mendengar suara Ibu, terkadang bayi akan memberi respon dengan tersenyum.

6. Biarkan si Kecil Memegang Jari Ibu

Pada usia ini, si Kecil mulai bisa menggenggam jari Ibu dengan erat. Aktivitas ini termasuk stimulasi yang bagus untuk meningkatkan kemampuan menggenggamnya. Selain itu, bisa menciptakan bonding antara si Kecil dan Ibu serta memberikan rasa aman dan nyaman untuk bayi.

7. Membacakan Buku

Membacakan buku cerita membantu si Kecil untuk mengembangkan kosakata dan berkonsentrasi. Pilih buku yang bergambar dan berwarna cerah. Ibu bisa membacakan buku sebelum si Kecil tidur. Tunjukkan gambar dengan warna-warna cerah dan jelaskan apa yang ada di dalam buku itu. 

8. Sering Gendong dan Peluk si Kecil

Sering-seringlah menggendong dan memeluk si Kecil, karena ini akan membuatnya merasa aman dan diperhatikan. Menggendong dan memeluk bayi juga termasuk stimulasi untuk membantu perkembangan emosi si Kecil. Selain itu, Ibu dan si Kecil juga akan memiliki ikatan emosional yang semakin kuat.

Tanda Keterlambatan Perkembangan yang Perlu Diwaspadai di Usia 2 Bulan

Perkembangan pada bayi memang berbeda-beda. Untuk itu, Ibu jangan khawatir dan harus terus menstimulasi perkembangan si Kecil sejak dini. Namun, ada beberapa hal yang Ibu harus mulai waspadai pada bayi usia 2 bulan di bawah ini.

  • Mengepalkan tangan sepanjang waktu.

  • Tidak fokus melihat mata Ibu atau Ayah, bahkan untuk waktu yang singkat.

  • Tidak bereaksi terhadap suara keras.

  • Tidak melacak orang atau objek saat sedang bergerak.

  • Tidak membuat suara ketika Ibu berbicara dengan si Kecil.

  • Tidak tersenyum ketika Ibu berbicara atau bermain dengan si Kecil.

Jika si Kecil mengalami tanda-tanda seperti di atas, Ibu perlu waspada. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak apabila bayi 2 bulan Ibu mempunyai perkembangan berbeda dengan bayi seusianya.

Jangan lupa kunjungi BebeJourney untuk panduan perjalanan Ibu di setiap momen pertama si Kecil. Ibu bisa cek milestone bulanan si Kecil apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum. Yuk, daftar sekarang juga, Bu.

Baca Juga: 10 Aktivitas Stimulasi untuk Dukung Perkembangan Bayi 3 Bulan

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Learning, Play, and Your 1- to 3-Month-Old (for Parents) - Nemours KidsHealth. (2022). Kidshealth.org. https://kidshealth.org/en/parents/learn13m.html
     
  2. ‌Rohit Garoo. (2016, March 18). Interesting Activities For Two-Month Old Baby : Yes, We’re Serious. MomJunction. https://www.momjunction.com/articles/two-month-old-baby-activities_00394343/
     
  3. ‌2-3 months: newborn development. (2022, December 13). Raising Children Network. https://raisingchildren.net.au/newborns/development/development-tracker/2-3-months
     
  4. ‌Your baby’s developmental milestones at 2 months. (2020). Unicef.org. https://www.unicef.org/parenting/child-development/your-babys-developmental-milestones-2-months#:~:text=Social%20and%20emotional%20milestones%20at,to%20look%20at%20her%20parents.
     
  5. ‌Your 2-Month-Old Baby’s Milestones & Development. Verywell Family. https://www.verywellfamily.com/your-2-month-old-baby-development-and-milestones-4171959
     
  6. ‌CDC. (2023, January 9). Important Milestones: Your Baby By Two Months. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/ncbddd/actearly/milestones/milestones-2mo.html
     
  7. ‌IDAI | Pemilihan Mainan Anak sesuai Fase Perkembangan. (2017). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/cerdas-memilih-mainan-anak


Artikel Terkait

icon tumbuh kembang
0 - 3 Bulan Tumbuh Kembang

Rutinitas Bayi Baru Lahir

Ditulis oleh:
Tim Penulis

Ditinjau oleh:
Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK
not yet estimated
01 Jan 1970