Bayi 10 Bulan Susah Makan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bayi 10 bulan bisa tiba-tiba susah makan karena sedang tumbuh gigi atau sensitif terhadap makanan tertentu. Terus-terusan susah makan bisa menyebabkan berat badan bayi turun.

Ditulis oleh : Tim Penulis

4 min
10 Jul 2024
bayi 10 bulan susah makan-bebeclub


Melihat bayi 10 bulan susah makan pasti membuat Ibu bingung. Apakah karena ia tidak suka menu makannya atau ada masalah kesehatan tertentu? Yuk, cari tahu penyebab dan dan cara mengatasinya! 

Penyebab Bayi 10 Bulan Susah Makan

Bayi susah makan tidak hanya disebabkan oleh satu atau dua faktor. Nah, di bawah ini adalah penyebab-penyebab bayi tidak mau makan:

1. Bosan dengan MPASI Itu-Itu Saja 

Si Kecil mungkin susah makan jika menu yang disajikan tidak variatif. Bayi pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka ingin mengeksplorasi dan mencoba makanan baru. 

Melihat menu makan yang itu-itu saja bisa membuat bayi susah makan karena si Kecil bosan dengan rasa dan teksturnya.

2. Picky Eater 

Picky eater adalah penyebab paling umum bayi 10 bulan susah makan. Hal ini biasanya terjadi jika si Kecil sudah punya preferensi jenis makanannya sendiri sehingga tidak mau mencoba makanan baru.

Bayi picky eater biasanya menolak makanan baru dengan cara mendorong-dorong makanan pakai sendok atau memalingkan kepalanya saat disuapi. 

3. Terlambat Naik Tekstur MPASI

Tekstur MPASI 10 bulan harus naik untuk mengasah keterampilan makan bayi. Naik tekstur juga penting untuk membiasakan bayi makan berbagai jenis makanan baru.

Sebuah penelitian menunjukkan, bayi yang tidak naik tekstur ke makanan cincang kasar di usia 9 bulan cenderung memiliki kebiasaan pilih-pilih makan yang bertahan hingga usia 7 tahun.

4. Tertekan Selama Makan 

Mungkin Ibu tidak sadar kalau suka marah-marah ketika si Kecil makannya cuma sedikit, memburu-burunya makan, atau justru memaksanya menghabiskan makanan padahal sudah kenyang.

Efek omelan dan paksaan ini tidak baik untuk psikologis bayi, lho, karena ia akan menganggap waktu makan sebagai hal yang negatif. Alhasil, si Kecil justru tidak mau makan.

Baca Juga: 5 Cara Bijak Bujuk Bayi yang Rewel Ketika Disuruh Makan

5. Kelelahan 

Kadang, bayi 10 bulan susah makan bisa terjadi karena ia sudah kelelahan dan hanya ingin tidur.

Memaksa memberikan makan di saat bayi sudah mengantuk justru bisa membuatnya susah makan. Sebab, si Kecil mungkin tidak punya cukup energi untuk bisa tetap terjaga dan mengunyah makanan.

Lebih baik berikan makan setelah si Kecil bangun tidur.

6. Banyak Distraksi 

Distraksi menyebabkan bayi susah makan karena ia jadi tidak fokus dengan makanannya. Distraksi dapat berupa gadget, mainan, menonton TV, dan terlalu banyak orang di sekitarnya.

7. Teething 

Nyeri tumbuh gigi alias teething dapat menjadi penyebab bayi 10 bulan susah makan

Proses mencuatnya gigi dari dalam gusi bisa mengakibatkan gusi bengkak dan terasa sakit sehingga bayi susah mengunyah. Rasa nyeri di mulut akhirnya membuat si Kecil kehilangan nafsu makan. 

8. Bayi Sedang Sakit 

Sakit tenggorokan, flu dan bapil, sembelit, muntaber, hingga diare bisa membuat nafsu makan bayi berkurang.

Sebab saat sedang sakit atau terinfeksi, tubuh akan menekan produksi bahan kimia bernama sitokin yang mengatur nafsu makan sehingga membuat si Kecil kurang berminat untuk makan.

Pencernaan yang sehat akan mendukung proses penyerapan gizi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, lho, Bu. Jadi jika pencernaan si Kecil sedang bermasalah, yuk cek kondisinya secara real time lewat Poop Tracker di Bebe Journey.

9. Alergi Makanan 

Intoleransi terhadap makanan tertentu membuat bayi kesulitan makan. Alergi menyebabkan bayi diare dan mengalami gejala tidak nyaman lainnya sehingga ia jadi menghindari makanan-makanan tertentu. 

Biasanya bayi sensitif dan alergi terhadap susu sapi dan telur.

10. Sensitivitas Sensori 

Beberapa bayi memiliki indra yang sangat sensitif. Hal itu menyebabkan bayi tidak suka dengan beberapa tekstur dan bau makanan tertentu. 

Masalah sensori ini bisa membuat bayi 10 bulan susah makan sekalipun diberi makanan bertekstur halus.

Cara Mengatasi Bayi 10 Bulan yang Susah Makan

Selama berat badan bayi masih bertambah, masalah susah makan biasanya tidak perlu terlalu dicemaskan. Berikut beberapa cara untuk membantu si Kecil mau makan lahap:

1. Pelan-Pelan Kenalkan Makanan Baru 

Untuk menangani bayi yang memilih-milih makanan, kenalkan ia makanan baru secara bertahap dengan porsi kecil.

Sebagai contoh, kenalkan buah untuk bayi 10 bulan dengan potongan kecil atau sajikan dalam bentuk yang menarik seperti es loli

Berikan bayi tekstur dan rasa yang berbeda supaya Ibu bisa tahu mana makanan yang ia suka. Campurkan makanan baru dengan makanan favoritnya agar ia mau mencobanya. 

2. Pastikan Bayi dalam Mood yang Baik 

Kalau bayi sedang rewel dan menangis sebelum waktu makan, tenangkan ia terlebih dahulu. 

Dudukkan ia di pangkuan Ibu atau buatlah piknik mini di lantai rumah. Kalau mood bayi baik, ia akan lebih semangat makan.

Baca Juga: Aturan dan Jadwal Pemberian MPASI untuk Bayi 10 Bulan

3. Pusatkan Perhatian Bayi pada Makanan 

Tepuk-tepuk piring bayi supaya ia melihat dan memusatkan perhatiannya pada makanan. 

Saat bayi sudah fokus, ia akan mulai menyentuh dan makan makanan di hadapannya. 

4. Redakan Sakit Teething 

Bayi 10 bulan susah makan akibat teething bisa diatasi dengan cara meredakan nyeri di gusinya. 

Usap gusinya menggunakan waslap lembap atau dengan finger pad. Serta berikan ia makanan yang familiar untuk meningkatkan kenyamanannya. 

5. Jauhi Sumber Distraksi 

Untuk mengatasi bayi susah makan, hindari sumber distraksi seperti handphone, mainan, dan suara berisik yang dapat mengganggu perhatiannya.

Berikan makan di ruangan yang tenang dan hindari terlalu banyak orang karena bisa mengalihkan perhatiannya.

6. Jangan Paksa Bayi Makan

Meski bayi usia 10 bulan susah makan, jangan paksa dia ya, Bu! Kecemasan dan tekanan bisa membuatnya hilang nafsu makan. 

Biasakan makan keluarga di meja makan, mengobrol, dan bonding bersama supaya pengalaman makan si Kecil jadi menyenangkan. 

Baca Juga: 5 Resep Camilan Sehat untuk Bayi 10 Bulan

7. Biarkan Bayi Makan dengan Berantakan 

Ibu tidak perlu terburu-buru mengelap wajah si Kecil saat ia makan berantakan atau memegang-megang makanannya.

Biarkan bayi mengeksplorasi tekstur dengan semua indranya agar ia terbiasa dengan makanan tersebut. 

Bila Ibu sudah melakukan cara-cara di atas untuk mengatasi bayi 10 bulan susah makan, tapi tidak kunjung ada perubahan, konsultasikan pada dokter. Begitu juga jika Ibu mencurigai ada penyakit serius yang membuat bayi tidak mau makan, ya. 

Untuk dapatkan respon yang lebih cepat terkait solusi menghadapi bayi 10 bulan susah makan, Ibu bisa langsung hubungi tim Bebecare yang siap 24/7 mendampingi perjalanan Ibu jadi Ibu Hebat!

 

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. Flo.health. “Baby Doesn’t Want to Eat? Painless Tips and Tricks.” Flo.health - #1 Mobile Product for Women’s Health, flo.health/being-a-mom/your-baby/baby-care-and-feeding/if-baby-does-not-want-to-eat. Accessed 7 June 2024.
  2. Parents. “15 Ways to Help Your Baby Love Food as Much as You Do.” Parents, www.parents.com/recipes/tips/ways-to-make-your-baby-love-food-as-much-as-you-do/.
  3. Solid Starts. “What to Do When Baby Won’t Touch Food - Solid Starts.” Solidstarts.com, solidstarts.com/troubleshooting/. Accessed 7 June 2024.
  4. The Nourished Child. “5 Reasons Your Baby Refuses to Eat.” The Nourished Child, 17 Jan. 2021, thenourishedchild.com/baby-refuses-to-eat/.


Artikel Terkait