Tekstur MPASI 10 Bulan yang Tepat dan Cara Mengenalkannya

Tekstur MPASI 10 bulan idealnya makanan yang dicincang kasar atau halus. Jangan sampai salah naik tekstur karena tidak baik untuk perkembangan dan kebiasaan makan si Kecil.

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH

4 min
12 Jun 2024
Profile Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, FRSPH
Tekstur MPASI 10 bulan - Bebeclub


Tekstur MPASI 10 bulan tentu berbeda dari bulan-bulan sebelumnya karena sebentar lagi si Kecil sudah bisa makan makanan padat yang sama seperti menu keluarga. Lalu, bagaimana cara naik teksturnya?

Seperti Apa Tekstur MPASI 10 Bulan yang Tepat?

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tekstur MPASI yang tepat untuk bayi 10 bulan adalah makanan cincang halus atau kasar agar ia semakin mahir mengunyah. 

Jadi, Ibu bisa sajikan nasi bertekstur lebih padat atau potongan-potongan makanan lebih padat yang sudah dihancurkan dengan tangan. 

Ibu juga dapat memberikan makanan seukuran jari tangan (finger food) untuk digenggam langsung. Pastikan jenis makanan ini tidak berisiko membuat si Kecil tersedak, ya. 

Apa Manfaat Naik Tekstur MPASI?

Selain agar terbiasa dengan makanan baru, naik tekstur MPASI memiliki manfaat yang sangat penting untuk perkembangan bayi, seperti:

  • Mengembangkan keterampilan motorik halus, seperti menjimpit dan mengangkat makanan dengan jari dan membawanya ke mulut untuk menstimulasi perkembangan rongga mulut, lidah, dan rahang.

  • Mengembangkan keterampilan mengunyah, juga membantu bayi mengasah keterampilan memindahkan makanan dari pipi kiri ke pipi kanan.

  • Belajar menerima beragam jenis makanan, sehingga mengurangi risiko picky eating (memilih-milih makanan).

Cara Naik Tekstur Baru pada Bayi Usia 10 Bulan

Mengenalkan tekstur makanan bayi 10 bulan perlu dilakukan hati-hati untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan bayi. Berikut panduan caranya:

1. Amati Kesiapannya

Bayi 10 bulan sudah mulai mahir mengunyah dan mampu menggigit makanan dengan tekstur lebih keras. 

Amati apakah bayi sudah mampu dan siap menggigit makanan yang lebih kasar menggunakan giginya (bukan lagi dengan gusi).

Bayi juga sudah mulai bisa dikenalkan tekstur baru apabila ia mulai tidak mau makan MPASI encer. Misalnya dengan memalingkan wajah, menumpahkan makanan, atau melepehnya. 

2. Kenalkan Secara Bertahap

Salah satu cara mengenalkan tekstur MPASI 10 bulan adalah dengan memberinya satu jenis makanan dalam satu waktu. Tunggu beberapa hari sebelum memperkenalkan jenis makanan lain. 

Langkah ini dapat membantu Ibu memantau respon bayi terhadap makanan baru dan mengidentifikasi adanya reaksi alergi ataupun intoleransi makanan.

Baca Juga: Cara Ampuh Atasi Bayi yang Susah Makan MPASI

3. Berikan Variasi Tekstur

Berikan variasi tekstur dalam makanan yang dihaluskan kepada bayi 10 bulan juga menjadi cara lain mengenalkan tekstur makanan baru. 

Jadi selain bubur halus, Ibu dapat memberikan potongan sayur dan buah untuk bayi usia 10 bulan, atau makanan dengan tekstur berbeda untuk merangsang perkembangan sensoriknya.

4. Coba dalam Porsi Kecil

Berikan makanan baru dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Lalu, amati reaksi bayi apakah ia menyukai tekstur baru tersebut atau tidak, sebelum meningkatkannya dalam jumlah banyak. 

Jika Ibu terburu-buru menyajikan tekstur baru dalam jumlah banyak, si Kecil bisa menjadi stres bahkan menolak yang diberikan. 

Ibu juga bisa mengenalkan tekstur baru dalam bantu camilan yang enak agar si Kecil tertarik makan.

5. Jadikan Pengalaman Makan yang Menyenangkan 

Buat juga pengalaman makan jadi menyenangkan dengan mengajaknya bicara, menyanyikan lagu, atau memberikan pujian saat ia mencoba makanan baru.

Biarkan bayi merasakan dan menjelajahi tekstur makanan dengan tangannya. Ini dapat bantu si Kecil mengembangkan hubungan positif dengan makanan, serta merangsang perkembangan motoriknya.

Baca Juga: Ragam Resep MPASI untuk Camilan Bayi 10 Bulan

6. Lakukan Secara Konsisten

Saat baru naik tekstur MPASI 10 bulan, pastikan Ibu tidak terburu-buru mengganti atau mengubah tekstur makanan yang diberikan. 

Pasalnya, Ibu perlu konsisten dalam mengenalkan tekstur baru supaya proses adaptasi si Kecil tidak terganggu. Dengan begitu, ia akan terbiasa makan makanan tekstur yang baru. 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai inspirasi resep MPASI sehat bergizi sesuai tahapan usia si Kecil, cek Panduan MPASI Lengkap di BebeJourney sekarang. Semoga si Kecil makannya lahap terus, ya!

Pilih Artikel Sesuai Kebutuhan Ibu


Temukan Topik Lainnya

  1. IDAI | Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). (2018). Idai.or.id. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi
  2. Solids by age: 10 to 12 months. (2022). BabyCenter. https://www.babycentre.co.uk/a9146/solids-by-age-10-to-12-months
  3. NHS Choices. (2024). 7 to 9 months. https://www.nhs.uk/start-for-life/baby/weaning/what-to-feed-your-baby/7-to-9-months/
  4. NHS Choices. (2024). 7 to 9 months. https://www.nhs.uk/start-for-life/baby/weaning/what-to-feed-your-baby/7-to-9-months/


Artikel Terkait