5 Cara Sederhana Mengajarkan Table Manner pada Anak Sejak Dini

Ibu pastinya sudah tidak asing dengan istilah table manner. Table manner adalah tata cara makan yang mengatur bagaimana cara duduk, meng...

Ditulis oleh : Tim Penulis

Ditinjau oleh : dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK

4 min
25 Sep 2023
Profile dr. Mikhael Yosia, DTM&H, BMedSci, PGCert, MKK
Tata cara makan


Ibu pastinya sudah tidak asing dengan istilah table manner. Table manner adalah tata cara makan yang mengatur bagaimana cara duduk, menggunakan peralatan makan, dan etika saat makan. Mengajarkan tata cara makan ini bisa Ibu mulai sejak dini karena akan sangat bermanfaat untuk si Kecil. 

Pentingnya Anak Belajar Tata Cara Makan atau Table Manner

Table manner mengajarkan si Kecil bagaimana berperilaku saat makan, seperti tidak berdecak saat makan, tidak membuang-buang makanan, dan lain sebagainya. Kebiasaan ini sangat penting ditanamkan agar ia bisa selalu menghargai makanan dan memahami bahwa proses menyiapkan makanan itu tidak mudah, Bu.

Ketika mengajarkan si Kecil tata krama saat makan ini, artinya Ibu telah mempersiapkan si Kecil untuk tumbuh menjadi orang yang sabar, baik, berhati besar, dan selalu percaya diri dalam berbagai situasi, lho.

Baca Juga: Tanda-Tanda Si Kecil Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik, Apa Saja?

Cara Mengajarkan Table Manner pada Anak

Table manner pada dasarnya adalah bagian dari sikap sopan santun yang perlu ditanamkan dalam diri anak secara berangsur dan tidak bisa instan, Bu. Maka itu, Ibu bisa memulai mengenalkan si Kecil pada etika makan dasar sejak dini. 

Ahli merekomendasikan si Kecil diajarkan tata cara makan atau table manner saat usianya sekitar 2-3 tahun. Sebab, di rentang usia ini, anak sudah bisa belajar mengamati sekitar. Berikut ini adalah table manner dasar yang bisa Ibu ajarkan pada si Kecil:

1. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan

Anak sering bermain di luar dan menyentuh apa saja yang bisa ia pegang. Mencuci tangan sebelum makan sangat penting dilakukan untuk mencegah agar kuman berbahaya tidak ikut termakan oleh si Kecil, Bu. 

Ibu bisa jelaskan kepada si Kecil pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, ingatkan ia untuk melakukannya secara rutin. Nantinya, ini akan membentuk kebiasaan pada anak sehingga Ibu tidak perlu selalu mengingatkannya lagi. 

2. Tidak Membawa Perangkat Elektronik ke Meja Makan

Melatih anak mindfulness atau mawas diri ketika makan juga bagian dari table manner lho, Bu. Salah satu hal penting untuk melatih keterampilan ini adalah dengan mengajarkan si Kecil untuk tidak menonton TV, bermain mainan, atau melakukan aktivitas lainnya selama makan. 

Sebuah penelitian menunjukkan, menonton televisi atau melakukan kegiatan lain saat makan dapat meningkatkan jumlah makanan yang dimakan si Kecil, terutama makanan tinggi lemak dan tinggi gula seperti gorengan, snack, junk food, dan makanan manis. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatannya. 

3. Jangan Melepeh Sembarangan dan Mengkritik Makanan

Beberapa anak kerap melepeh atau mengeluarkan lagi makanan yang ada di mulutnya ketika ia tidak menyukai rasa makanan. Ibu bisa mulai mengajarkan si Kecil agar tidak sembarangan melepeh makanan. Misalnya, jika memang ia tidak suka dengan rasa makanan, Ibu bisa mengajarkan ia melepeh menggunakan tisu agar makanannya tidak berserakan dan dilihat orang lain. 

Selain itu, ajarkan juga pada si Kecil untuk tidak mengkritik makanan selama di meja makan ya, Bu. Berikan pemahaman padanya, tidak suka dengan makanan tertentu boleh-boleh saja kok, tetapi tidak perlu dikatakan secara keras selama yang lain masih menikmati hidangan tersebut. Tidak mengkritik makanan terang-terangan saat waktu makan bisa menjadi bentuk menghargai usaha orang lain yang menyiapkan makanan tersebut, tanpa perlu menyukai rasanya. 

Baca Juga: Manfaat Anak Makan Sendiri dan Tips Mengajarkannya​​​​​​​

4. Bersikap Sopan

Mengajarkan kesopanan merupakan bagian penting dari table manner. Si Kecil harus belajar mengatakan ‘tolong’ dan ‘terima kasih’ saat di meja makan. Bahkan, ketika si Kecil sedang makan di rumah, dorong ia mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah menyiapkan makanan, sehingga nantinya ia juga belajar melakukannya saat berada di tempat lain seperti restoran ataupun rumah kerabat.

5. Ajarkan Prinsip Dasar

Dalam hal table manner, ada dua aturan terpenting, Bu. Di antaranya adalah makanan harus dikunyah dengan mulut tertutup dan tidak boleh berbicara saat mulut penuh. Aturan lain yang harus Ibu ajarkan adalah si Kecil tidak boleh menggigit lebih dari yang bisa ia kunyah. Itu karena tidak aman dan juga memungkinkan ia tersedak jauh lebih besar.

Selain itu, ajari si Kecil agar tidak menjangkau ke seberang meja untuk mendapatkan sesuatu. Ini akan membantu mencegah menumpahkan makanan atau minuman seseorang secara tidak sengaja. Ibu sebaiknya memberi tahu si Kecil, jika ingin mendapatkan sesuatu di atas meja dan barang tersebut tidak dekat, maka ia harus meminta tolong dengan sopan kepada orang yang duduk paling dekat dengannya.

Baca Juga: 8 Cara Jitu Mendidik Anak 2 Tahun agar Cerdas & Kreatif Sejak Dini

Itulah beberapa table manner dasar yang perlu Ibu ajarkan pada si Kecil. Pastikan saat mengajarinya, Ibu mengambil pendekatan yang menyenangkan ya, supaya si Kecil tidak takut dan cemas.

Sebagai upaya lain untuk mendukung awal kehebatan si Kecil, Ibu juga bisa mengunjungi laman Ibu Perlu Tahu. Di sini, ada banyak informasi seputar ide aktivitas seru untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, serta tips menarik lainnya seputar parenting. Semoga bermanfaat Bu!


Referensi:

  1. The Nourished Child. (2022). How To Teach Table Manners For Children. https://thenourishedchild.com/kids-develop-table-manners/
  2. Mom Junction. (2023). 15 Table Manners For Kids Of Every Age To Learn And Follow. https://www.momjunction.com/articles/teaching-kids-table-manners-etiquette_00697499/
  3. Verywell Family. (2021). Teaching Kids Good Table Manners. https://www.verywellfamily.com/teaching-kids-good-table-manners
  4. The Children’s Nutritionist. (2022). 15 Easy to Master Table Manners For Kids. https://childrensnutrition.co.uk/full-blog/kids-table-manners/


 
alt

Kenali apa itu

Kalkulator Nutrisi

Cek nutrisi si Kecil yuk! Sudah sesuaikah dengan kebutuhannya?

Artikel Terkait